Amankah Yogurt diberikan pada Bayi?

4 bulan lalu, by duniabunda

manfaat yogurt bagi bayi

Setelah berusia 6 bulan, merupakan saat yang tepat memperkenalkan bayi anda dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Salah satu makanan yang bisa anda perkenalkan yaitu yogurt.

Yogurt sendiri berasal dari susu, hal ini menyebabkan zat-zat yang terkandung hampir sama halnya dengan susu yaitu berupa kalsium, beragam vitamin untuk imunitas bayi dan protein. Jika dibandingkan dengan susu, yogurt memiliki daya cerna yang lebih baik sehingga baik untuk kesehatan pencernaan.

Lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus adalah salah satu bakteri baik yang terkandung di dalam yogurt. Fungsi daripada bakteri ini adalah untuk menjaga keseimbangan flora pada saluran pencernaan si kecil.

Manfaat yogurt bagi bayi

Kebiasaan mengonsumsi yogurt setiap hari sejak kecil akan membuat keseimbangan saluran cernanya akan terjaga.

Dengan terjaganya keseimbangan flora pada usus si kecil, kesehatan usus akan terjaga dan metabolisme menjadi lancar. Hal ini juga akan berdampak pada meningkatnya kekebalan tubuh si kecil.

Manfaat tambahan lainnya dari yogurt adalah untuk menjaga saluran pencernaan bayi dari bakteri penyebab penyakit tifus dan muntaber.

Yogurt juga bisa membantu mengatasi bayi yang punya masalah sembelit.

Yogurt yang manakah aman untuk bayi?

Yogurt sebagai makanan variasi mulai bisa dikonsumsi bayi selepas ASI eksklusif, yaitu setelah berusia lebih dari 6 bulan.

Namun, perlu bunda ketahui bahwa bayi tidak boleh menkonsumsi sembarang yogurt. Jika bayi bunda masih berusia dibawah 1 tahun, maka Bunda dapat memilih yogurt dengan kandungan Bifidobacterium ps , kandungan ini memeproduksi asam laktat tipe L(+). Jenis Yoghurt yang mengandung asam laktat tipe D ( -) tidak cocok diberikan pada bayi karena justru memperlambat metabolisme.

Selain itu pilihlah yogurt yang tanpa gula/sugar free (benar-benar tidak mengandung gula ya, untuk mengeceknya anda bisa melihat label kemasan yogurt terlebih dahulu, hindari yogurt yang didalam labelnya tercantum kalau salah satu bahannya adalah gula/mengandung pemanis, lebih baik Bunda mencari produk yogurt yang lain saja.

Dan pada usia ini bunda sebaiknya jangan dulu memberikan yoghurt dengan rasa buah-buahan. Bunda cukup memperkenalkan yogurt yang plain saja.
Setelah berusia setahun barulah anak anda dapat mengonsumsi semua jenis yogurt.

Jangan dipanaskan

Perhatikan juga cara menyimpan yogurt yang baik ya Bun, pastikan yogurt tersimpan dalam suhu rendah, antara suhu 4-6 derajat celcius. Dan yogurt idealnya dapat disimpan paling lama 40 hari.

Bisa juga, yogurt disimpan dalam suhu beku ( freezer ), karena pembekuan tidak secara nyata mempengaruhi kultur bakteri yogurt. Namun, lelehkan dulu yoghurt beku sebelum dikonsumsi. Caranya? Diletakkan dulu di ruang refrigerasi agar meleleh secara perlahan-lahan. Bakteri yogurt sangat sensitif terhadap panas. Agar tetap “hidup”, sebaiknya yogurt tidak dipanaskan.

Cara menyajikan Yoghurt

Bunda bisa langsung menyajikan yogurt pada bayi, tanpa perlu di berikan tambahan apapun.

Memang sedikit asam tapi biasanya bayi akan menyukainya. Sebagai variasi, anda juga bisa menambahkan buah-buahan yang dipotong-potong lalu dicampur yogurt.

Bayi saya sangat suka yogurt bahkan sejak pertama kali saya berikan. Kalau saya bilang “saatnya makan yogurt!!”, dia pasti noleh sambil tersenyum lebar. Apapun makanan yang saya berikan, kalau sudah ditambah yogurt, dia pasti senang, termasuk dicampur ke bubur tim nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *