12 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik untuk Panduan Bunda Mengasuh Anak

2 bulan lalu, by duniabunda

rekomendasi buku parenting terbaik untuk orang tua

Bagi anak-anak, orang tua adalah sosok panutan yang akan ditiru dan dijadikan contoh dalam bersikap, baik kepada dirinya sendiri maupun orang lain. Dengan berkaca pada hal tersebut, pola asuh yang tepat harus segera Bunda terapkan dalam membesarkan anak sejak dini. Penting bagi Bunda untuk memiliki sebuah panduan untuk mendapatkan pengetahuan tentang cara pengasuhan yang benar.  Hal tersebut juga bisa didukung oleh beragam rekomendasi buku parenting terbaik yang memberikan banyak wawasan seputar mendidik serta mengasuh anak-anak.

Sue Atkins pernah berkata, “Tidak ada orang tua yang sempurna, jadilah orang tua yang nyata.” Jadi kita tidak perlu menjadi orang tua yang paling sempurna, karena sesungguhnya tidak ada orang tua yang benar-benar sempurna dalam mengasuh anaknya. Yang terpenting merupakan keberadaan kita dalam mendampingi tumbuh kembangnya dengan cinta dan kasih sayang sambil mengajarkan nilai nilai kebaikan dalam kehidupan yang kelak akan digunakan sebagai bekal untuknya saat menjalani kehidupan setelah dewasa.

Mengapa Bunda Masih Membutuhkan Buku Parenting?

Mungkin Bunda masih mempertimbangkan kembali  penggunaan buku parenting terbaik sebagai pendamping yang pas dalam mengasuh anak. Namun, ternyata ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan buku parenting.

1. Bunda lebih menguasai dasar-dasar dari parenting

Sebagian besar Bunda pasti masih merasakan keraguan, apakah asuhan dan didikan yang diberikan kepada anak sudah tepat?

Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Bunda ketika mendidik anak dan tentunya Bunda memerlukan sebuah panduan dalam menerapkan pola pengasuhan yang terbaik.

Hal ini bisa Bunda dapatkan melalui pengetahuan dan tips yang diberikan oleh buku parenting dalam membantu Bunda setiap hari.

2. Mampu mendapatkan ilmu terbaru seputar mengasuh anak

Semakin berkembangnya zaman, maka perkembangan pola asuhan anak juga ikut-ikut berkembang. Kemajuan teknologi juga mendukung terjadinya perubahan yang cukup signifikan.

Pola pengasuhan anak zaman sekarang sangat berbeda dengan pola asuhan jaman dulu. Jadi Bunda jangan terlalu terpatok dengan cara didik konvensional. Misalnya, saat ini sudah ada banyak perkembangan ilmu mengenai hubungan antara pendidikan dan kesehatan anak. Selain itu, Bunda akan mendapatkan tips untuk mengatasi hal-hal yang masih belum dicapai bersama anak.

Banyak ahli yang juga mulai menulis dan menyusun buku parenting untuk memberikan informasi terbaru seputar pola asuhan anak sesuai dengan kondisi modern atau terkini.

3. Bunda bisa menemukan cara paling efektif dalam mendidik anak

Anak-anak mampu meningkatkan potensinya secara optimal apabila ada pendampingan orang tua yang maksimal.

Potensi optimal bisa dicapai dengan menerapkan cara-cara yang efektif dan sesuai dengan kepribadian anak. Bunda bisa menggunakan banyak alternatif yang bisa didapatkan di buku parenting untuk menerapkan pola pengasuhan yang tepat untuknya sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang bahagia  dan percaya diri. Dan hal ini pastinya akan menunjang pengembangan potensi emas anak.

Rekomendasi Buku Parenting Terbaik

1. Seni Berbicara Pada Anak: Panduan Mendidik Anak Tanpa Ngegas!

Seni Berbicara Pada Anak: Panduan Mendidik Anak Tanpa Ngegas!

Seni Berbicara Pada Anak: Panduan Mendidik Anak Tanpa Ngegas! photo via shopee.co.id

Penulis: Joanna Faber dan Julie King

Harga: Rp115.000,00

Buku yang satu ini dirancang secara khusus bagi Bunda yang ingin mendapatkan strategi komunikasi dalam mengasuh anak-anak dengan autisme atau berkebutuhan khusus.

Apakah si kecil senang bertingkah berlebihan sehingga Bunda jadi kewalahan menghadapinya? Maka, buku ini merupakan solusi pendampingan yang tepat dalam membantu Bunda mengatasinya.

Bunda atau pengasuh dapat memberdayakan beragam cara yang ramah dan menyenangkan bagi anak-anak yang cenderung kasar, tidak bisa diatur, galak, egois, atau tidak patuh.

Manfaatkan beragam tips dan cara terbaik yang mendukung sikap serta karakter anak menjadi lebih mandiri, mudah diajak kerja sama, serta mau menjalin hubungan yang baik dengan orang tua, guru, maupun orang lain di sekitarnya.

2. Jatuh Hati Pada Montessori

Jatuh Hati Pada Montessori

Jatuh Hati Pada Montessori photo via bentangpustaka.com

Penulis: Vidya Dwina Paramita

Harga: Rp59.000,00

Apakah Bunda ingin mengulik seputar bentuk disiplin yang tidak akan membuat anak tumbuh dengan amarah? Ingin merasakan pertumbuhan si kecil yang lebih cerdas, bahagia, mandiri, sekaligus berpendirian teguh?

Melalui salah satu rekomendasi buku parenting terbaik ini, Bunda akan belajar mengenai metode Montessori.

Metode ini mampu membantu Bunda mendidik anak dengan cara relevan yang sudah ditemukan sejak 100 tahun lalu. Buku cocok untuk semua kalangan orang tua yang ingin membesarkan si kecil penuh cinta.

Berikut beberapa intisari yang akan Bunda pelajari pada buku ini:

  • Masa kepekaan anak penting untuk diperhatikan
  • Lima area penting dalam Montessori
  • Ide aktivitas dengan material Montessori

3. Media Moms and Digital Dad: Menjadi Orang Tua Bijak

Media Moms and Digital Dad: Menjadi Orang Tua Bijak

Media Moms and Digital Dad: Menjadi Orang Tua Bijak photo via bukalapak.com

Penulis: Yalda T. Uhls., MBA., Ph. D

Harga: Rp75.000,00

Mau tidak mau, anak-anak akan menyerap perkembangan media dan teknologi sejak kecil. Kondisi ini justru membuat kebanyakan orang tua was-was akan perubahan yang terjadi atau terjerumusnya si kecil ke dunia yang cenderung negatif.

Nyatanya, buku ini juga membantu membuka pikiran Bunda bahwa tidak hanya anak saja yang mengalami perubahan, namun orang tuanya juga.

Disamping itu, Bunda akan mendapatkan beragam jawaban dari pertanyaan seputar perkembangan anak-anak supaya mereka dapat memanfaatkan media digital dengan lebih aman dan sehat.

Bunda jadi lebih tahu banyak hal dengan mengandalkan fakta ilmiah dan bukan hanya mitos saja. Tidak perlu khawatir dengan bahasa yang terlalu berat. Bunda akan keasyikan mengikuti buku ini karena pemilihan katanya mudah dipahami.

4. The Danish Way of Parenting

The Danish Way of Parenting

The Danish Way of Parenting photo via amazon.com

Penulis: Jessica Joelle Alexander dan Iben Dissin Sandahl

Harga: Rp59.000,00

Denmark menjadi salah satu negara yang berada di posisi teratas selama 40 tahun berturut-turut dalam daftar negara berpenduduk paling bahagia sedunia, dilansir dari World Happiness Report oleh PBB dan OECD.

Ternyata, prestasi ini bisa terus berkembang pesat akibat pola asuhan anak yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Melalui buku ini, Bunda akan mengupas tuntas asuhan terhadap anak dengan prinsip parent PARENT.

PARENT sendiri merupakan akronim dari Play, Authenticity, Reframing, Empathy, No Ultimatums, dan Togetherness.

Selain mengulik secara langsung prinsip parenting tersebut, Bunda akan mendapatkan beragam tips tambahan dalam mempraktikkan ide dan gagasan seputar prinsip tersebut.

5. Buku Ayah Edy, 37 Kebiasaan Orang Tua yang Menghasilkan Perilaku Buruk Pada Anak

Buku Ayah Edy, 37 Kebiasaan Orang Tua yang Menghasilkan Perilaku Buruk Pada Anak

Buku Ayah Edy, 37 Kebiasaan Orang Tua yang Menghasilkan Perilaku Buruk Pada Anak Photo via sayangianak.com

Penulis: Ayah Edy

Harga: Rp35.000,00

Seperti judulnya, buku ini berisi 37 kebiasaan orang tua yang mungkin tidak Bunda sadari, telah berperan dalam menanamkan perilaku buruk pada anak-anak. Tahukah Bunda kalau membiasakan kakak selalu mengalah merupakan salah satunya?

Kebiasaan-kebiasaan ini tentunya harus bisa dihindari sejak dini, mengingat pendampingan orang tua masih besar bagi anak dalam masa pertumbuhannya.

Selain memaparkan kebiasaan-kebiasaan tersebut, Bunda juga akan memperoleh solusi terbaik dalam mengatasi kondisi yang tidak diinginkan.

Apakah si kecil masih suka mendahulukan emosi dan marah secara tidak wajar? Bunda bisa mengkaji kembali penyebabnya melalui sudut pandang berbeda sekaligus menerapkan kebiasaan yang lebih baik setiap hari.

6. Apa Namanya? Kamus Perasaan Anak

Apa Namanya? Kamus Perasaan Anak

Apa Namanya? Kamus Perasaan Anak photo via shopee.co.id

Penulis: Park Sung Woo dan Kim Hyo-Eun

Harga: Rp85.000,00

Ingin belajar parenting menggunakan buku yang atraktif dan tidak membosankan? Bunda bisa memiliki buku yang satu ini sebagai pegangan.

Buku ini akan membantu Bunda membuka pikiran bahwa perasaan tidak hanyalah dalam bentuk senang atau sedih. Ada banyak cabang dari perasaan yang harus bisa Bunda pahami, terutama ketika menelaah perasaan anak-anak sebenarnya.

Bahasa yang sederhana dan ilustrasi yang unik akan membawa Bunda masuk ke dalam dunia perasaan yang luar biasa.

Seusai membaca buku ini, Bunda bisa langsung mempraktikkannya dalam menebak perasaan si kecil sekaligus sambil mendiskusikan hal itu bersamanya. Tertarik untuk mencoba?

7. How to Deal with Your Child

How to Deal with Your Child

How to Deal with Your Child photo via ebooks.gramedia.com

Penulis: Hanlie Muliani, M. Psi., Psi

Harga: Rp74.800,00

Rekomendasi buku parenting terbaik ini akan membuka wawasan Bunda bahwa orang tua juga harus bisa nyambung dengan anak-anak.

Semakin berkembangnya zaman, maka pengetahuan juga harus semakin bertumbuh. Orang tua turut menyadari bahwa segala sesuatu di sekitarnya ikut berubah.

Apabila Bunda membaca buku ini dan mulai memahami tentang perubahan tersebut, maka prinsip pola asuh terbaik pun bisa segera diterapkan pada anak. Mengingat dewasa ini, karakter anak-anak juga cenderung ikut berubah.

Bunda akan menjadi orang tua yang lebih asyik sekaligus tahu apa saja yang disukai oleh anak-anak. Bangunlah jarak dan hubungan yang dekat dengan anak-anak Bunda dengan bantuan dari buku parenting yang satu ini!

8. The Awakened Family: Revolusi Dalam Pola Asuh

The Awakened Family: Revolusi Dalam Pola Asuh

The Awakened Family: Revolusi Dalam Pola Asuh photo via gpu.id

Penulis: Shefali Tsabary, Ph. D

Harga: Rp125.000,00

Shefali Tsabary merupakan seorang penulis buku terlaris menurut New York Times. Ia akan menunjukkan Bunda sebuah perubahan rencana pola asuh paling mendasar.

Dengan adanya revolusi pengasuhan, Bunda mampu membesarkan anak-anak yang tangguh dan akrab secara emosional. Buku ini juga akan mengatasi ketakutan Bunda yang selama ini mengganggu mengenai asuhan yang tepat.

Bunda yang tenang, peduli, dan bijaksana akan mudah sehati dengan anak-anak yang dapat berkembang setiap saat.

Setelah mengikuti alur buku ini, Bunda tidak akan mudah mengalami stres atau cemas. Pola asuh yang sesuai kepribadian anak juga akan mudah ditangani dengan baik.

9. Happy Little Soul

Happy Little Soul

Happy Little Soul photo via shopee.co.id

Penulis: Retno Hening

Harga: Rp59.000,00

Dengan menggunakan gaya bahasa sharing, Bunda bisa membaca buku parenting ini dengan gugahan emosi yang juga tidak karuan.

Disini, Bunda akan belajar bahwa ada perjuangan besar yang dilakukan orang tua dalam membesarkan anak. Si kecil merupakan agen pembawa kebahagiaan yang mampu melepas seluruh lelah Bunda dalam peristiwa apapun.

Dengan bahasa yang mudah dipahami, Bunda jadi semakin mudah mempelajari maksud yang ingin disampaikan penulis dalam mengasuh anak.

Ide-ide yang diberikan cenderung banyak ditegaskan kembali supaya Bunda semakin paham bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang penting dan harus diperhatikan.

10. Parenthink

Parenthink: Karena Hanya Orang Tua Cerdas

Parenthink: Karena Hanya Orang Tua Cerdas photo via goodreads.com

Penulis: Mona Ratuliu

Harga: Rp58.000,00

Mengasuh anak merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu banyak orang tua. Namun, alih-alih merasa percaya diri, masih ada rasa takut atau cemas dari orang tua kalau kalau memberikan asuhan yang salah.

Buku ini mengusung ilmu parenting ala Indonesia yang mengacu pada Ki Hajar Dewantara sejak dulu. Orang tua harus mampu menjadi teman yang suka memberikan semangat, menjadi teladan, sekaligus mendorong pertumbuhan anak.

Melalui buku ini, Bunda akan belajar bersama anak supaya ada timbal balik yang optimal ketika memberikan didikan setiap hari.

Ciptakan karakter anak yang lebih mandiri, tangguh, dan penuh tanggung jawab tanpa ada rasa takut melakukan kesalahan, baik dari Ayah atau Bunda.

11. Bringing Up Bebe

Bringing Up Bebe

Bringing Up Bebe photo via amazon.com

Penulis: Pamela Druckerman

Harga: Rp90.000,00

Dengan berkiblat pada gaya asuhan orang tua Perancis, Bunda akan segera takjub setelah mempelajari setiap bagian dari buku parenting ini.

Akan ada keseimbangan yang muncul melalui peran Bunda sebagai istri, ibu, serta seorang pribadi yang mampu menjalankan tugasnya masing-masing.

Adanya batasan akan mengatur kebiasaan anak akan meningkatkan kepercayaan diri dan memberikan irama asuhan yang cocok sekaligus mau menghargai, baik itu antara anak maupun orang tua.

Melalui buku ini, Bunda akan belajar prinsip parenting yang tidak melulu itu itu saja. Pandangan dan kultur dari belahan dunia yang lain terkadang memberikan banyak benefit untuk diambil, dipahami, serta dipraktekkan saat Bunda mengasuh anak-anak.

12. Smart Parenting for Smart Kids: Nurturing Your Child’s True Potential

 Smart Parenting for Smart Kids: Nurturing Your Child’s True Potential

Smart Parenting for Smart Kids: Nurturing Your Child’s True Potential photo via amazon.com

Penulis: Mark S. Lowenthal, Psy. D dan Eileen Kennedy Moore, Ph. D

Harga: Rp. 100.000-an

Pada buku ini, Bunda akan belajar bahwa ada 4 cara cerdas dalam menyaring parenting menjadi berbagai komponen penting, antara lain:

  • Welas asih dalam melihat dunia melalui mata anak-anak
  • Percaya diri dalam menetapkan batasan yang bijaksana
  • Menjadi pendamping anak-anak tanpa meninggalkannya
  • Keyakinan bahwa si kecil mampu belajar dan bertumbuh

Buku ini juga menawarkan strategi dan wawasan yang profesional. Penerapannya praktis dan bisa Bunda coba untuk asuhan anak sehari-hari.

Strategi bukan berarti Bunda bebas mengendalikan anak-anak sebagai pribadi yang berkembang dengan sendirinya. Namun, strategi menjadi orang tua adalah sebuah contoh positif dalam memberikan pengalaman asuhan terbaik setiap hari.

 

Bunda bisa mendapatkan beragam rekomendasi buku parenting terbaik di toko buku atau perpustakan terdekat. Melalui buku parenting, Bunda akan melihat wawasan dari perspektif yang baru dan senantiasa berkembang sesuai pembaharuan zaman.

Selamat mengasuh dan mendidik anak, Bun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *