Bunda Ingin Hamil Bayi Kembar? Ini Dia 11 Cara Meningkatkan Peluang Hamil Bayi Kembar, Bun!

2 minggu lalu, by duniabunda

cara agar bisa hamil bayi kembar

Bunda kali ini kita akan mengulas tentang cara meningkatkan peluang untuk hamil bayi kembar. Ayo kita simak tips-tipsnya disini bun…

Apakah Bunda saat ini sedang merencanakan kehamilan yang kesekian? Atau kehamilan pertama?

Memiliki anak adalah anugerah terbesar yang di impikan seluruh pasangan. Tentu Ayah dan Bunda yang sudah membesarkan seorang atau beberapa anak memahami rasanya.

Diantara Bunda saat ini, adakah yang sudah memiliki anak kembar? Atau justru sedang mengandung janin kembar?

Menjadi orang tua dari anak kembar tentu tidak mudah.Bunda harus mengeluarkan tenaga dan pikiran dua kali lipat daripada biasanya.

Begitu pula dengan biaya dan kebutuhan dasar yang harus dipersiapkan dengan matang.

Kira-kira apa saja yang yang menyebabkan Bunda sangat ingin memiliki bayi kembar?

Lalu, apa saja upaya yang dapat dilakukan Bunda dan keluarga untuk hamil bayi kembar?

Mari kita simak beberapa hal di bawah ini.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Untuk Bayi Kembar?

Dikutip dari thetot.com, ada beberapa hal yang bisa Ayah dan Bunda lakukan untuk mempersiapkan kedatangan si kembar

  • Membeli perlengkapan bayi yang bermanfaat selama 30 minggu. Bunda dapat memanfaatkan waktu kehamilan untuk menyiapkan perlengkapan penting, seperti baju, pakaian dalam, kaus kaki, dan lain-lain.
  • Jangan cenderung impulsif dengan selalu berbelanja “semua harus dua buah”. Mungkin Karena akan mengurus dua bayi, Bunda malah jadi kepikiran kalau setiap jenis barang harus ada dua buah, padahal bisa disesuaikan untuk menekan budget, lho Bun.
  • Komunikasikan dan curahkan isi pikiran kepada sesama Bunda, ibu, atau ibu mertua. Bunda akan jadi lega dan mendapatkan motivasi dari banyak pihak.
  • Pilih dukungan tim medis yang berpengalaman menangani persalinan kembar. Dengan tim yang berpengalaman, persalinan akan berpeluang besar terjadi secara aman dan lancar.
  • Catat dan persiapkan kebutuhan nifas jauh-jauh hari sebelum melahirkan. Kebutuhan postnatal lainnya juga penting, Bun. Jangan sampai dilewatkan, ya.
  • Tetap yakin dan percaya kalau Bunda tidak sendirian dan memperoleh banyak dukungan dari sekitar, termasuk Ayah yang senantiasa mendampingi sejak awal hingga saat ini.

Mengapa Bunda Ingin Hamil Bayi Kembar?

Ayah dan Bunda tentu akan mengalami banyak tantangan, suka, dan duka ketika mengurus bayi kembar.Banyak pula hal-hal kecil yang memberikan kepuasan saat membesarkan si kembar.

Dilansir dari verywellfamily.com, berikut beberapa alasan Bunda ingin mengandung dan melahirkan bayi kembar

1. Penuh Kehangatan dan Pelukan

Orang tua akan selalu bahagia ketika mendekap mereka dalam rengkuhan.

Bayi kembar akan memberikan sensasi yang berbeda ketika menggendongnya. Di kanan dan kiri Bunda bisa memeluk dua bayi yang lucu dalam dekapan.

Dua kecupan dan dua tangan yang menggandeng akan memberikan rasa bahagia yang mendalam untuk seorang Bunda.

2. Anak kembar akan bertumbuh dan berkembang bersama

Ketika Bunda membesarkan dua anak dengan umur yang sama, beban pikirannya hanya ada satu dan tidak perlu pusing mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Beda lagi kalau Bunda mempunyai dua anak dengan perbedaan umur 3 tahun. Bunda biasanya akan berpikir keras ketika keduanya harus masuk ke sekolah yang baru yang biaya awalnya tentu sangat besar.

3. Berbagi pencapaian

Bunda akan sangat bahagia ketika kedua anak kembar mampu meraih apa yang mereka inginkan.

Bunda merasakan kebahagiaan yang tentu berlipat ganda seusai merasakan dan membanggakan pencapaian masing-masing anak.

Terlebih kalau mereka mampu menyelesaikan cita-cita yang sama persis dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga.

4. Anak kembar menciptakan ikatan yang kuat

Sejak dalam kandungan, anak kembar sudah membuat hubungan yang erat untuk bertahan di dalam perut Bunda.

Hal inilah yang mendasari betapa lekatnya ikatan hubungan persaudaraan antara mereka.

Anak kembar cenderung menyadari hal ini, sehingga dalam setiap aspek kehidupannya mereka akan saling mendukung dan menghibur dalam setiap situasi.

5. Menyandang status “ibu dari anak kembar”

Biasanya, orang lain yang baru mengetahui kalau Bunda punya anak kembar, reaksinya terasa menyenangkan untuk didengarkan.

Tidak heran kalau predikat ibu dari anak kembar adalah sesuatu yang eksklusif di dunia parenting.Bunda tentu menikmatinya.

Bagaimana Cara Hamil Bayi Kembar?

tips agar mendapat bayi kembar

tips agar mendapatkan bayi kembar

Bagi Bunda yang sudah memutuskan untuk ingin membesarkan anak kembar, ada beberapa tips dan cara bagi Bunda agar hamil bayi kembar

1. Periksa gen keluarga melalui riwayat anak kembar

Bunda dapat mengecek riwayat keturunan kembar dengan Ayah, mengenai siapa di antara kalian yang memiliki relasi keluarga atau pendahulu yang kembar.

Riwayat keturunan akan memberikan peluang besar bagi Bunda untuk hamil anak kembar.

Dikutip dari whattoexpect.com, hereditas dari sisi ibu akan menghasilkan kembar fraternal. Dimana hal ini akan terjadi ketika Bunda memperoleh gen untuk mengeluarkan dua sel telur dalam waktu yang bersamaan.

2. Usia yang bertambah akan memperbesar peluang hamil anak kembar

Usia yang semakin dewasa dan matang akan memberikan peluang bagi Bunda melahirkan anak kembar. Seiring berjalannya waktu, tubuh wanita bisa mengeluarkan lebih dari satu sel telur ketika ovulasi berlangsung.

Hal ini dibantu dengan tingginya hormon FSH sejak Bunda mulai memasuki usia 30 tahun. Hormon ini akan merangsang sel telur yang lebih subur daripada Bunda yang berumur lebih muda.

Tapi, jangan sampai terlena dengan hal tersebut, ya Bun karena semakin menua seorang wanita, maka risiko komplikasi pada kehamilan dan persalinan bisa semakin tinggi.

3. Makanan dengan lebih banyak asam folat

Asam folat disebut-sebut sebagai senyawa yang mampu meningkatkan kesuburan pada sistem reproduksi. Senyawa ini akan membantu sel telur untuk berkembang lebih sehat.

Pembentukan embrio yang dibantu dengan asam folat akan memengaruhi fungsi ovarium yang matang. Kualitas sel telur sendiri akan lebih bagus dan berpotensi memberikan janin kembar.

Tidak hanya Bunda yang boleh mengonsumsi asam folat, Ayah juga disarankan untuk mendapat asupan asam folat. Manfaatnya adalah memberikan kesuburan dan meningkatkan produksi sperma untuk kegiatan pembuahan.

Asam folat dapat ditemukan pada beberapa bahan makan dan suplemen vitamin, seperti daging, hati ayam, bayam, wortel, kacang hijau, dan asparagus.

4. Menaikkan berat badan

Berat badan sarat dengan kondisi lemak di dalam tubuh. Bagi Bunda dengan berat badan berlebih, kondisi ini justru menjadi salah satu cara yang mendukung supaya hamil bayi kembar.

Kadar lemak yang berlebih akan menstimulasi hormon estrogen supaya mengeluarkan sel telur lebih banyak daripada biasanya.

Menurut penelitian, Bunda dengan BMI 30 atau lebih kini lebih mudah untuk mengandung bayi kembar.Dilansir dari webmd.com, tren obesitas di Amerika telah meningkatkan kejadian kehamilan anak kembar.

Mungkin cara yang satu ini patut dicoba oleh Bunda.

5. Konsumsi lebih banyak makanan berbahan susu

Bunda dapat menyokong kehamilan bayi kembar dengan rajin minum susu dan menambah konsumsi makanan yang mengandung susu, yaitu yoghurt dan keju.

Terutama susu sapi yang merangsang hormon di dalam tubuh untuk meningkatkan aktivitas reproduksi dan kesuburan. Cara supaya hamil anak kembar ini juga memberikan kesempatan lima kali lebih besar untuk mengandung si kembar.

6. Bunda dapat mulai menyukai ubi dan kentang

Kalau Bunda memiliki tekad yang kuat untuk mengandung anak kembar, Bunda dapat mulai mengonsumsi ubi dan kentang.

Bahan makanan tersebut akan mendorong telur untuk cepat matang dan memproduksi sel telur lebih dari satu.

Bunda yang rajin mengonsumsi ubi dan kentang dalam satu hari, kemungkinannya akan lebih besar dibandingkan yang tidak sama sekali.

7. Kapan dan bagaimana harus berhubungan intim

Sering-sering berhubungan intim dengan Ayah akan meningkatkan potensi terjadi kehamilan kembar. Sel-sel reproduksi Bunda akan lebih aktif untuk bekerja mengeluarkan sel telur.

Tentukan posisi berhubungan yang nyaman.Biasanya posisi tertentu sangat mendukung Bunda untuk mengeluarkan sel telur lebih dari satu.

Dikutip dari happymom.in.th, man-on-top position memudahkan sel sperma menembus sel telur.Posisi tersebut sangat direkomendasikan untuk pasangan yang ingin menghasilkan anak kembar.

Beberapa posisi lain yang dapat Ayah dan Bunda lakukan adalah woman on top, doggy, misionaris, dan the anvil. Proses penetrasi akan berjalan intim dan lancar ketika mempraktikkan posisi tersebut.

8. Makanan asam sebelum ovulasi

Makanan yang asam menciptakan suasana untuk mendukung cairan sperma wanita bertahan hidup di dalam area reproduksi.

Sehingga ketika ovulasi, sel telur yang dikeluarkan menjadi lebih matang dan siap dibuahi.

9. Program hamil khusus anak kembar

Cara supaya hamil anak kembar ini mungkin akan membutuhkan biaya yang tidak murah dan sedikit. Prosedur program hamil akan didampingi oleh dokter dan perawat yang ahli di bidangnya.

Beberapa pilihan yang dapat Bunda pertimbangkan adalah clomiphene, gonadotropin, dan in vitro fertilization.Seluruhnya merupakan resep dari dokter kandungan dan tersedia dalam bentuk injeksi maupun obat minum.

Obat maupun suntikkan yang diberikan akan merangsang otak untuk menstimulasi hormon yang mendukung keluarnya sel telur lebih dari satu. Kesuburan akan terbentuk dengan baik.

10. Postur tubuh yang tinggi besar

Cara ini dapat dilakukan dengan kegiatan tambahan berupa olahraga. Selain asupan makanan yang tercukupi, tubuh yang besar dan bugar akan memberikan peluang kepada Bunda untuk hamil bayi kembar.

Bunda bisa mencari referensi olahraga yang mampu meningkatkan hormon pertumbuhan.Dengan tubuh yang tinggi dan besar, Bunda jadi lebih tahan dan kuat ketika mengandung anak kembar.

Itulah mengapa Bunda yang bertubuh lebih besar atau dengan berat badan lebih mampu berpeluang  hamil anak kembar karena beban yang akan dibawa adalah dua kali lipat.

11. Melahirkan bayi kembar terlebih dahulu

Bukan tidak mungkin Bunda akan mengalami kejadian seperti ini. Namun, riwayat kehamilan kembar akan memberikan peluang yang besar untuk kehamilan kembar berikutnya.

Sudah banyak kasus kehamilan kembar berulang di seluruh dunia.Kalau Bunda terlanjur senang mengandung anak kembar, kenapa tidak?

 

Cara-cara di atas dapat membantu Bunda mempertimbangkan kembali untuk memiliki anak kembar. Tingkatkan terus asupan makan yang cukup dan memadai agar Bunda siap menimang si kecil.

Usia dan postur tubuh memang penting, namun faktor gen juga berpeluang lebih besar untuk menghasilkan janin kembar.

Dukungan penuh dari Ayah akan memotivasi Bunda untuk tetap semangat mencapai tujuan dan harapan bersama membesarkan anak-anak yang sehat dan cerdas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *