Tips Mengatasi Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

1 bulan lalu, by duniabunda

cara mengatasi rasa cemas menjelang persalinan

  • Menjelang hari persalinan, sebagian besar ibu hamil akan dilanda berbagai kecemasan, terutama bagi yang pertama kali hamil. Berikut kecemasan-kecemasan yang biasa dialami ibu hamil menjelang hari persalinan:

Kemungkinan melahirkan bayi tidak normal

Menurut para ahli, kemungkinan seorang ibu melahirkan bayi cacat ringan adalah kecil. Kelainan sumbing, misalnya hanya sekitar 1:100 kelahiran dan cacat tersebut mudah diatasi melalui operasi plastik. Sedangkan kemungkinan memiliki bayi cacat berat, misalnya terbelakang mental, sekitar 2:100 (sindroma down). Pada beberapa kasus, kelainan ini sudah dapat dideteksi pada saat kehamilan.

Kelahiran seperti syndrome down, dan bibir sumbing memang diturunkan secara genetic dan sulit dicegah. Namun kelainan seperti lahir premature atau berat badan bayi rendah, dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat selama kehamilan.

Tidak dapat menyusui karena payudara kecil

Payudara biasanya membesar sejalan dengan bertambahnya usia kehamilan. Namun ukuran payudara sebenarnya tidak berhubungan secara langsung dengan kemampuan anda memproduksi asi. Stimulasi yang terjadi ketika bayi mengisap puting payudara ibulah yang paling penting. Makin sering diisap, makin banyak produksi asi.

Persalinan akan mengotorinya

Umumnya sebagian calon ibu tidak ingin makan dan minum sesaat sebelum berlangsungnya kontraksi, karena takut buang air besar atau kecil pada saat persalinan. Jangan khawatir akan hal ini, kalaupun terjadi, perawat atau bidan yang bertugas akan segera membantu Bunda membersihkan diri. Bunda tidak usah malu, karena yang terpenting adalah Bunda bisa melahirkan dengan lancar. Saat persalinan Bunda memerlukan cukup banyak tenaga, jadi usahakan untuk makan makanan kecil sebelum persalinan.

Merasa bentuk tubuh terlalu kecil untuk melahirkan secara normal

Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, dokter atau bidan akan memeriksa secara sekama dan menentukan besarnya tulang panggul ibu hamil. Jika panggulnya terlalu kecil, biasanya dokter akan menyarankan ibu menjalani bedah caesar demi keselamatan ibu dan bayi.

Merasa tidak memiliki naluri keibuan

Banyak calon ibu yang merasa tidak memiliki naluri keibuan, bahkan ketika bayinya sudah lahir. Ini wajar terjadi, dan hampir dialami oleh setiap ibu baru. Jangan cemas, perasaan Bunda pada si kecil akan tumbuh perlahan-lahan tanpa anda sadari.

Ketuban pecah di tempat umum

Menurut para ahli, hanya sekitar 15% dari seluruh proses kelahiran yang disebabkan air ketuban pecah di tempat umum. Kalaupun pecah di tempat umum, sangat kecil kemungkinan untuk air ketuban mengalir dengan deras. Biasanya ketuban baru mengalir deras pada saat ibu hamil berbaring. Kalau saat duduk atau berdiri, kepala janin dalam kandungan seolah-olah menutup jalan lahir. Jadi kalau ketuban tiba-tiba pecah misalnya saat Bunda berbelanja, masih ada cukup waktu untuk bergegas ke rumah sakit.

Begitu banyaknya kecemasan ibu hamil menjelang hari persalinan, yang sering menyebabkan ibu hamil jadi susah tidur, padahal ibu hamil harus cukup beristirahat minimal 8 jam setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *