10 Cara Alami Untuk Mengatasi Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil

3 bulan lalu, by duniabunda

cara mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil

Pada sebagian ibu hamil, awal kehamilan adalah masa2 yang cukup berat. karena berbagai gangguan kesehatan yang kerap dialami seperti pusing, mual, muntah hingga diare. Mual dan muntah adalah kondisi yang paling sering dialami pada masa trimester awal ini. Kondisi ini tentu sangat mengganggu terutama bagi ibu hamil yang bekerja. Nah bagaimana cara menyiasati kondisi mual dan muntah ini agar tidak terlalu mengganggu aktivitas Bunda? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kondisi muntah dan mual pada awal trimester ini kemungkinan disebabkan oleh meningkatnya berbagai hormon selama kehamilan. Contohnya seperti hormon estrogen, progesteron dan hormon HCG. Meningkatnya kadar hormon tersebut menimbulkan berbagai keluhan seperti kembung, mual dan muntah. Selain itu kondisi gula darah rendah atau hipoglikemia juga dapat menjadi penyebab mual dan muntah pada ibu hamil. Kondisi hipoglikemia sendiri disebabkan karena asupan nutrisi yang kini harus di bagi dua yaitu untuk janin dan ibu hamil sendiri.

Cara Alami Mengatasi Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil

Cara mengatasi mual pada ibu hamil cukup beragam. Namun, cara yang efektif bagi Bunda belum tentu efektif bagi ibu hamil lainnya. Karena kondisi psikis masing masing Ibu hamil cukup berbeda-beda. Nah beberapa cara berikut cukup efektif untuk mengatasi mual dan muntal pada ibu hamil. Apa saja sih tipsnya Bund?

1. Air Jahe

Bunda air jahe efektif untuk mengatasi mual karena mengandung substansi carminative, yaitu suatu zat yang bekerja untuk mengeluarkan gas berlebih pada sistem pencernaan Bunda. Gas yang berlebih ditimbulkan oleh peningkatan hormon kehamilan. Hal ini yang menyebabkan munculnya rasa mual dan muntah. Nah selain itu jahe juga terdapat kandungan phenolic yang juga dapat meredakan gejala muntah dan mengobati peradangan pada dinding usus. Rasa hangat dan bau jahe yang khas juga bersifat menenangkan dan melegakan penciuman Bunda sehingga dapat mengurangi rasa mual.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Bunda tinggal menyiapkan 1 ruas jahe yang telah dibersihkan lalu diiris tipis tipis, kemudian irisan tersebut direndam dalam air panas dan tambahkan sedikit gula. Diamkan sesaat agar larutan jahe tercampur sempurna. Kemudian minumlah air jahe ini sedikit demi sedikit.

2.Yogurt

Mungkin belum banyak yang tahu, kalau ternyata yoghurt berkhasiat juga untuk mengatasi mual. Jika sebelumnya Bunda belum terbiasa menkonsumsi yogurt, mungkin kali ini Bunda bisa mempertimbangkan untuk mencobanya. Pasalnya yogurt terbukti cukup efektif untuk mengatasi mual karena yogurt memiliki cita rasa yang asam dan manis yang menyegarkan. Cita rasa ini dapat menetralisir rasa mual sekaligus dapat menjaga kesehatan dan menenangkan kondisi lambung Bunda yang mual. Pilihlan yogurt plain dengan variasi rasa buah-buahan.

3. Biskuit

Biskuit adalah salah satu daftar makanan yang mampu mengatasi mual dan muntah. Kandungan biskuit ampuh dalam menyerap produksi asam lambung yang berlebihan. Sehingga meredakan gejala mual dan muntah. Namun, jangan asal pilih biskuit ya Bun. Pilihlah biskuit dengan rasa yang agak plain ( tidak terlalu manis) dan tidak mengandung perasa atau penyedap yang berlebihan. Karena hal ini justru dapat memicu rasa mual.

Nah, selain itu cara memakan biskuitpun harus sedikit demi sedikit, tujuannya agar tidak terlalu membebani kondisi lambung Bunda.

4.Pisang

Pisang adalah teman terbaik ibu hamil yang sedang mengidam. Mengapa? Karena pada masa awal kehamilan, Ibu hamil pada umumnya akan mengalami penurunan selera makan. Jadi tidak semua makanan bisa diterima oleh Ibu hamil. Penyebabnya adalah rasa mual sehingga Ibu hamil muda biasanya sangat pilih pilih makanan.

Nah disaat kebingungan makanan apa yang bisa dikonsumsi dan tentunya harus sehat. Pisang adalah salah satu jawabannya. Pisang bertekstur lembut dengan rasa yang relatif ringan sehingga Bunda bisa menkonsumsinya tanpa merasa mual. Selain itu pisang kaya akan nutrisi sehingga mampu menjaga stamina Bunda selama beraktifitas.

Jadi kapanpun Bunda merasa lapar namun tidak ada selera makan karena takut mual, maka Bunda bisa mencoba konsumsi pisang. Pisang mampu menjaga kecukupan nutrisi Bunda tanpa menyebabkan mual.

5.Jangan biarkan perut kosong

kunci agar tidak mual adalah tidak membiarkan lambung kosong. Bunda harus selalu kunyah camilan atau makanan tiap beberapa saat. Hal ini untuk mencegah lambung kosong karena kondisi ini yang sebenernya memicu timbulnya asam lambung. Jadi bunda jangan tunggu perut bunda kosong, karena jika sudah terlanjur kosong makan akan timbul rasa mual sehingga , mengkonsumsi makanan apapun saat itu akan terasa susah.
Bunda bisa menkonsumsi biskuit, buah dan roti sebagai cemilan sebelum waktunya makan.

6.Perbanyak konsumsi cairan

Kondisi mual dan muntah bisa juga disebabkan karena kurangnya cairan didalam tubuh. Pasalnya kurang cairan akan menimbulkan rasa pusing yang dapat memicu mual dan muntah. Padahal ibu hamil disarankan untuk menkonsumsi cairan sedikitnya 2 liter sehari. Selain untuk menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh, konsumsi cairan juga dapat menjaga kesehatan air ketuban.
Tips untuk Bunda yang kesulitan untuk menkonsumsi cairan dalam bentuk air putih karena mual, Bunda dapat membuat infuse water dengan irisan lemon. Cukup tambahkan 1-2 irisan tipis buah lemon ke dalam botol minuman Bunda. Hal ini dapat memberikan aroma dan sensasi yang segar saat menkonsumsi air putih.

7.Bubur hangat

Saat Bunda merasa mual dan muntah sebaiknya Bunda menkonsumsi bubur hangat. Karena bubur hangat mudah dicerna dan dapat menenangkan lambung yang sedang bermasalah. Bunda juga bisa menambahkan sedikit air kaldu dan bawang putih untuk menambah cita rasa bubur.
Dijamin setelah ini Bunda akan merasa lebih baik.

8.Hindari pakaian ketat

Berbagai cara sudah dicoba namun rasa mual masih menghantui. Mungkin Bunda bisa mengecek pakaian yang Bunda kenakan. Apakah terlalu ketat sehingga tanpa sengaja menekan area perut dan dada. Pakaian ketat ternyata bisa menjadi biang kerok rasa mual dan muntah yang Bunda rasakan saat ini. Kenakanlah pakaian serta dalaman yang relatif longgar dan berbahan ringan dan tidak panas. Nyatanya pakaian cukup berperan dalam menentukan kenyamanan Bunda dalam beraktifitas dan tentunya mencegah rasa mual. Jadi cek-cek lagi di lemari jika ternyata stok pakaian yang Bunda miliki sudah terlalu ketat dan kurang nyaman untuk dikenakan saat hamil ini.

9. Minyak kayu putih

Nah metode ampuh berikutnya adalah dengan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dikenal secara turun temurun dapat mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan, salah satunya adalah mual dan kembung. Dengan aromanya yang khas, minyak kayu putih berkhasiat sebagai aromaterapi yang menyegarkan untuk mengurangi rasa mual. Kapanpun Bunda mulai merasakan mual, cukup hirup minyak aroma minyak kayu putih untuk mengusir rasa mual Bunda. Nah selain itu, minyak kayu putih juga dapat menghangatkan badan dan meredakan perut kembung. Ibu hamil biasanya sangat sensitif dengan udara dingin, sehingga penting bagi Bunda untuk selalu menyiapkan minyak kayu putih untuk menghangatkan saat udara dingin.

10. Konsultasi dengan dokter

Nah jika mual yang Bunda rasakan cukup berat, sehingga tidak bisa makan apapun, dan setiap makan selalu dimuntahkan. Maka sebaiknya Bunda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat pereda mual. Dengan obat ini Bunda tidak akan merasa mual saat menkonsumsi makanan apapun. Karena bagaimanapun nutrisi Bunda harus terpenuhi untuk perkembangan janin disaat-saat penting awal pertumbuhannya.

Nah demikianlah tips untuk mengatasi mual dan muntah yang dapat Bunda coba. Masa-masa awal kehamilan memang merupakan tantangan bagi Bunda, namun pastinya akan terlewati. Semoga berhasil dan tetap semangat ya Bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *