15 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Secara Alami dan Aman

1 tahun lalu, by duniabunda

Cara mengeluarkan dahak pada bayi

Batuk dan pilek pada bayi merupakan masalah yang cukup memusingkan kita sebagai orang tua, karena untuk mengobati batuk dan pilek pada bayi tidaklah semudah pada orang dewasa. Apalagi jika si kecil mengalami batuk berdahak yang pastinya akan sangat mengganggu nya ketika tidur. Sehingga salah satu solusi agar bayi bisa tidur dengan nyaman adalah dengan mengeluarkan dahak tersebut. Dan kali ini DuniaBunda akan membahas beberapa cara untuk mengeluarkan dahak pada bayi secara alami dan aman yang bisa Bunda ikuti.

Batuk berdahak sendiri adalah iritasi yang terjadi pada saluran pernafasan dan akhirnya menimbulkan lendir. Terjadinya batuk sendiri adalah usaha tubuh untuk mengeluarkan lendir tersebut.

Dahak ini harus dikeluarkan, namun untuk bayi dan balita biasanya mengalami kesulitan mengeluarkan dahak dan pada akhirnya akan rewel. Sebagai orangtua, ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk membantu anak bunda mengeluarkan dahak nya. Mari simak penjelasannya sebagai berikut

Cara Mengeluarkan dahak pada bayi dengan menggunakan bahan alami:

1. Madu

khasiat madu untuk mengobati batuk berdahak pada anak

khasiat madu untuk mengobati batuk berdahak pada anak

Madu merupakan bahan makanan yang mengandung antioksidan sehingga baik untuk membantu penyembuhan penyakit batuk anak bunda, bunda bisa memberikan madu 4-5 kali sekali saat anak bunda sakit batuk, madu tidak selalu harus diberikan secara langsung, tapi bisa diseduh dengan air hangat, atau dijadikan topping pada makanan anak bunda. Citarasa madu yang manis biasanya sangat disukai oleh anak-anak sehingga mereka tidak akan malas untuk mengkonsumsinya secara berkali-kali. Namun madu tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh bayi usia dibawah 1 tahun.

2. Air Putih

Konsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang wajib dilakukan, dalam keadaan sehat pun air putih harus selalu dikonsumsi. Pada saat anak mengalami sakit batuk berdahak, anjurkan anak untuk lebih sering minum air putih, air putih hangat juga lebih baik dibanding air putih biasa karena dapat membantu mengencerkan dahaknya. Anak bisa mulai minum air putih dengan jumlah yang sedikit namun memiliki frekuensi yang lebih sering.

3. Jus Lemon

redakan batuk berdahak pada anak dengan jus lemon

redakan batuk berdahak pada anak dengan jus lemon

Dengan kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi pada buah lemon, bisa membantu untuk meredakan dahak yang menumpuk di tenggorokan anak. Jumlah yang bisa diberikan pada anak untuk meredakan batuk berdahak ini adalah 1 sendok teh setiap 3 jam. Namun dosis ini bisa kembali disesuaikan dengan kondisi anak, juga jika anak bunda tidak bisa mengkonsumsi makanan asam. Perlu dipastikan bahwa anak tetap harus mengkonsumsi air putih setelah diberikan jus lemon agar anak terhindar dari dehidrasi

4. Mandi dan Uap Air Hangat

Saat bayi atau balita bunda mengalami batuk berdahak, bunda bisa selalu menciptakan suasana hangat untuk bunda dengan mandi air hangat. Saat anak mandi air hangat, bunda bisa membantunya menggunakan handuk, menutup kepala, kemudian kepala menghadap ke bak berisi air hangat hingga membuat uap panas terkumpul, minta anak bunda untuk menghirup uap panas secara perlahan, lakukan secara berulang. Cara ini bisa membantu anak mengeluarkan dahak atau menghilangkan dahak yang mengendap di tenggorokan

5. Air Garam

berkumur dengan air garam dapat mengencerkan dahak

berkumur dengan air garam dapat mengencerkan dahak

Air garam bisa menjadi salah satu cara untuk mengencerkan dahak yang mengganggu pada anak. Gunakan air hangat sebagai bahan campuran. Mintalah anak bunda untuk berkumur dengan air garam hangat ini 2-3 kali sehari.  Penggunaan air garam ini tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah usia 1 tahun ya Bun.

6. Rebusan Daun Sirih

Khasiatnya sudah terkenal sejak dahulu, cara mengeluarkan dahak dengan daun sirih ini sering di praktikkan oleh kakek nenek kita. Daun sirih bisa membantu menghangatkan tubuh anak bunda sehingga akan membantu juga untuk mengurangi dahak di dada atau tenggorokan anak. Rebuslah daun sirih selama 5-10 menit, kemudian buang airnya, simpan rebusan daun sirih di bagian dada dan tenggorokan anak. bunda juga bisa menambahkan minyak telon atau minyak kayu putih terlebih dahulu sebelum menaruh daun sirih

7. Jahe

jahe berkhasiat untuk obati batuk berdahak

jahe berkhasiat untuk obati batuk berdahak

Jahe adalah rempah rempah yang menghasilkan efek hangat pada tubuh saat dikonsumsi, selain penyakit lambung yang telah terbukti dapat disembuhkan oleh jahe, penyakit batuk berdahak juga dapat dikurangi dengan mengkonsumsi air rebusan jahe.

8. Ginseng

Siapa yang tidak tahu khasiat dari ginseng? Tumbuhan rempah ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga stamina dan imun bagi orang yang mengkonsumsi nya. Karena itulah ginseng bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi sakit batuk berdahak pada anak bunda.

9. Bawang Putih

konsumsi bawang putih untuk pulihkan batuk pilek

konsumsi bawang putih untuk pulihkan batuk pilek

Bagaimana cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih?

Bawang putih sendiri juga merupakan salah satu rempah yang memiliki khasiat antioksidan sehingga dapat membantu mengurangi dan meringankan batuk berdahak pada anak, bunda bisa memarut bagian bawang putih kemudian mengoleskan nya pada dada dan leher anak bunda. Mungkin akan sedikit tidak nyaman untuk anak bunda, sehingga lebih baik diberikan ketika anak bunda sedang tidur

10. Menggunakan pakaian hangat

Dalam keadaan sakit batuk berdahak, bunda harus memperhatikan suhu tubuh bayi atau balita bunda. Pastikan bayi atau balita bunda selalu berada pada kondisi hangat, menggunakan pakaian hangat atau membalurkan minyak kayu putih. Suhu tubuh yang dijaga akan membantu batuk anak untuk cepat reda.

11. Diffuser

air diffuser agar udara tetap hangat

air diffuser agar udara tetap hangat

Saat ini diffuser dengan kualitas yang baik sudah bisa bunda temukan dengan mudah, menyalakan diffuser lebih sering ketika anggota keluarga ada yang sakit juga bisa membantu mengurangi tertular nya anggota keluarga lain.

Penggunaan diffuser dan olive oil ini bisa bunda gunakan sebagai uap atau bunda oleskan secara langsung ke salah satu bagian tubuh anak.

12. Obat batuk

Obat batuk yang pas untuk anak adalah obat batuk ringan yang diberikan oleh dokter. bunda harus memperhatikan juga bahwa obat batuk yang mengandung guaifenesin dan dextromethorphan antitusif hanya boleh dikonsumsi oleh anak diatas 2 tahun.

13. Berjemur dibawah sinar matahari antara pukul 7-8 pagi.

 

menjemur bayi secara rutin

menjemur bayi secara rutin

Bunda bisa rutin menjemur bayi dibawah sinar matahari antara pukul 7-8 pagi. Menjemur bayi banyak manfaatnya lho Bun, diantaranya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh bayi dan balita yang sedang sakit flu atau batuk. Sinar matahari pagi kaya akan vitamin salah satunya vitamin D yang berfungsi untuk yang mempercepat proses penyerapan kalsium dalam darah.

14. Posisikan Tengkurap

Nah cara yang satu ini juga bisa Bunda coba untuk membantu mengeluarkan dahak bayi. Namun pastikan melakukan cara ini sebelum bayi makan atau minum apapun karena bisa menyebabkan muntah.

Jadi posisikan bayi tengkurap lalu tepuk punggungnya berlahan. Kemudian miringkan bayi ke kanan dan kiri kemudian tepuk berlahan dada sampingnya. Biasanya dahak akan keluar melalui muntahan bayi. Namun bisa juga dahak tertelan dan masuk ke saluran cerna dan terbuang melalui feses.

15. Posisi Kepala Lebih Tinggi Dari Badan

posisi tidur yang baik untuk mencegah hidung tersumbat

posisi tidur yang baik untuk mencegah hidung tersumbat

Saat bayi batuk berdahak, posisikanlah kepala bayi atau balita lebih tinggi dari badannya saat tidur di malam hari untuk mencegah hidungnya tersumbat dan menjaga tidurnya tetap nyenyak. Bunda bisa meneteskan aroma terapi dibantal untuk melegakan saluran nafasnya.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Pengobatan atau Terapi Uap

Terapi Uap

terapi uap sebagai alternatif agar dahak dapat keluar

terapi uap sebagai alternatif agar dahak dapat keluar

Terapi uap di dokter atau rumah sakit bisa menjadi salah satu alternatif untuk meredakan dan mengencerkan dahak pada anak jika dahaknya semakin mengganggu sehingga menyebabkan sesak dan cara-cara tersebut diatas tidak berhasil.  Uap hangat yang dikeluarkan akan membantu melancarkan saluran pernafasan anak yang tersumbat. Mungkin anak bunda akan sedikit rewel saat pengobatan nya, bunda bisa memberikan mainan favorit nya selama masa pengobatan berlangsung

Kesimpulan

Penyakit batuk dan pilek adalah penyakit yang biasa menyerang anak dan masih bisa diatasi dengan bahan-bahan alami. Namun, bunda juga harus memperhatikan karena batuk yang berlebihan bisa menjadi salah satu tanda anak bunda mengidap penyakit yang lebih parah seperti pneumonia, bronchitis, atau sinusitis. Penanganan di awal dengan metode dan pemeriksaan yang tepat akan membantu proses penyembuhan yang lebih cepat untuk anak.

Beberapa hal yang harus  bunda hindarkan dari anak-anak agar tidak terjangkit penyakit batuk adalah paparan asap rokok, paparan bahan kimia, dan bahan bahan makanan yang mengandung gula atau suhu dingin secara berlebihan.

Dahak yang keluar saat anak anak batuk juga perlu bunda perhatikan, jika dahak berwarna pekat dan ada darah, bunda harus segera membawa anak bunda ke dokter. Adanya kekhawatiran anak terjangkit bakteri dari penyakit lain akan lebih cepat untuk ditangani.

Pencegahan dari penyakit batuk berdahak ini juga harus dilakukan agar penyakit tidak menyebar, jika di rumah bunda terdapat anggota keluarga dewasa yang sedang sakit batuk berdahak, sebaiknya anggota keluarga tersebut menjauhkan jangkauan nya dari anak-anak agar tidak menularkan penyakit tersebut. Penyakit batuk berdahak ini sangat mudah menular terutama jika kondisi badan anak bunda sedang kurang fit atau kelelahan.

Jadi Bunda, demikianlah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi dan anak yang bisa Bunda terapkan. Semoga informasi diatas bermanfaat ya Bunda. Apabila ada saran dan pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *