Cara Kreatif Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak

3 minggu lalu, by duniabunda

cara kreatif mengajarkan huruf abjad pada anak

Mengajarkan baca tulis pada anak merupakan tantangan tersendiri bagi Bunda. Selain bersabar, Bunda juga harus kreatif dalam mencari cara yang menyenangkan untuk mengajak anak belajar. Tujuannya agar anak tidak jenuh dan menikmati kegiatan belajar tersebut. Nah Bunda harus memperkenalkan huruf A sampai Z terlebih dahulu untuk mencapai tahapan selanjutnya dalam mengajarkan anak membaca dan menulis. Ternyata, hal ini bisa dilakukan lewat beragam permainan dan cara kreatif untuk mengenalkan huruf abjad pada anak.

Selain memudahkan si kecil dalam menyerap wawasan baru yang esensial dalam kehidupannya setiap waktu, ternyata hal ini bisa meningkatkan hubungan yang erat tantara Bunda dan anak.

Sebelum mengetahui permainan apa saja bisa diaplikasikan dalam mendampingi anak belajar huruf abjad, sebaiknya Bunda simak dahulu penjelasan di bawah ini, ya!

Kapan Bunda Sebaiknya Mengajarkan Huruf Abjad Pada Anak?

Dilansir dari parentingfirstcry, Bunda bisa mulai mengajarkan huruf abjad kepada si kecil setelah ia sudah menginjak usia 2 tahun.

Sebagian besar anak-anak memiliki ketertarikan lebih dulu dan mampu belajar secara cepat, namun usia ideal yang bisa diingat adalah ketika si kecil edang menikmati masa usia sekitar 15 bulan. Kalau ia mudah tertarik dengan cara yang menyenangkan, tentu akan lebih cepat paham dan hafal, bukan?

Baca juga Cara Mengetahui Bakat Anak Usia Dini dan Cara Mengembangkannya.

Lalu, Kenapa Mengajari Si Kecil Menggunakan Permainan?

Mengajarkan 26 buah huruf abjad kepada si kecil memang gampang gampang susah, tinggal bagaimana Bunda mampu memberikan sarana yang mendidik dan mampu menarik perhatian anak.

Selain itu, karena usianya yang masih dini, tentu Bunda harus bisa menyesuaikan cara belajar yang efektif dengan hal yang disukai oleh balita dan anak-anak.

Cara yang efektif bisa diambil dari permainan yang tidak membosankan dan sudah pasti menjadi rutinitas anak-anak setiap hari. Untuk itu, Bunda tidak boleh kehabisan akal untuk memberikan edukasi sembari mendekati anak dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Anak-anak akan mendapatkan manfaat hiburan dan wawasan sekaligus setiap saat.

Baca juga Rekomendasi Game Edukatif Anak Terbaik Untuk Perkembangan Otaknya

Permainan Kreatif untuk Ajarkan Huruf Abjad Pada Anak

Setelah si kecil mencapai usia ideal untuk belajar huruf abjad, Bunda bisa mempelajari beberapa permainan kreatif di bawah ini sebagai sarana yang menyenangkan bagi anak-anak.

1. Play Doh Abjad

mengenalkan huruf pada anak dengan bermain playdoh

mengenalkan huruf pada anak dengan bermain playdoh

Anak-anak pasti sudah tidak asing dengan Play Doh, bukan? Play Doh atau mainan clay ini bisa menjadi sarana yang ampuh bagi Bunda untuk mengajarkan huruf abjad pada anak.

Bunda cukup menyiapkan beberapa buah Play Doh dengan warna yang beragam. Siapkan alas atau papan tulis untuk tempat meletakkan abjad yang ingin diajarkan kepada si kecil.

Setelah itu, buat huruf abjad tertentu menggunakan Play Doh dan letakkan di atas alas atau papan yang sudah disediakan. Bunda bisa menggunakan warna beragam yang ada supaya si kecil juga bisa belajar mengenal warna.

Selain membantu anak belajar abjad dengan optimal, libatkan anak dalam permainan ini. Ajari si kecil untuk membuat hurufnya sendiri.

Supaya lebih mudah diingat oleh anak, Bunda bisa mengombinasikan permainan ini dengan tebak-tebakan setelah si kecil sudah belajar beberapa huruf yang ada di atas alas atau papan. Kalau ia berhasil menjawab huruf apa yang Bunda tunjuk, berikan hadiah kecil berupa permen atau snack.

2. A to Z Scrabble

Bermain dengan A to Z Scrabble

Bermain dengan A to Z Scrabble

Meskipun permainan scrabble cenderung masih rumit untuk anak-anak yang masih belajar huruf abjad, ternyata Bunda bisa menyesuaikannya sebagai media pembelajaran huruf abjad.

Bunda bisa mengenalkannya lebih dulu beberapa huruf yang akan dipelajari oleh anak-anak. Setelah itu, Bunda akan menyebutkan huruf acak satu per satu untuk disusun oleh si kecil.

Permainan ini bisa disesuaikan seperti permainan scrabble pada umumnya. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau rangkaian huruf ini hanya dibiarkan acak dan mengular sampai habis.

Bentuk beberapa kata simpel supaya si kecil juga sekadar tahu sekaligus belajar hal-hal baru dari permainan scrabble tersebut.

3. Fill the Scrabble

Bermain mengenal huruf dengan permainan scrabble

Bermain mengenal huruf dengan permainan scrabble

Masih dengan media scrabble, Bunda bisa menggunakan permainan unik lainnya untuk menarik minat serta menggugah semangat si kecil dalam belajar huruf abjad.

Bunda gambar kotak seukuran scrabble kemudian isi dengan ragam huruf scrabble secara acak. Si kecil harus mengisi kotak di atas kertas tersebut dengan scrabble yang dimaksud.

Bunda bisa menggambar kotak secara menyebar atau membentuk pola gambar tertentu. Apabila menggunakan pola gambar, Bunda bisa meminta si kecil menebak pola apa yang terbentuk dari hasil pengisian scrabble tersebut.

Supaya lebih menarik dan tidak monoton, kotak scrabble di atas kertas bisa digambar menggunakan alat warna, seperti pensil warna atau krayon.

Cara ini akan membuat pola terlihat lebih berwarna dan mudah digunakan anak sebagai sarana belajar pewarnaan.

4. Kahoot ABC

mengajar anak mengenal huruf dengan permainan komputer

mengajar anak mengenal huruf dengan permainan komputer

Kahoot merupakan permainan pembelajaran pilihan ganda yang bisa diakses melalui website atau aplikasi. Melalui media ini, Bunda bisa menciptakan cara kreatif untuk mengenalkan huruf abjad pada anak.

Buatlah room permainan terlebih dahulu sekaligus susun soal yang berkaitan dengan huruf abjad. Sebagai pengenal, Bunda bisa mendahuluinya dengan ABCD dasar kemudian membaginya menjadi kelompok vokal dan konsonan.

Soal bisa berbentuk pertanyaan, seperti “Yang manakah huruf a?” atau “Manakah huruf yang menyusun nama panggilanmu?”

Berikan target nilai yang wajar dan bisa diraih oleh si kecil. Apabila berhasil, Bunda bisa memberikannya babak bonus supaya lebih paham huruf abjad yang baru saja dipelajari.

5. Kelompokkan Besar Kecil

ajak anak mengelompokkan huruf besar dan kecil

ajak anak mengelompokkan huruf besar dan kecil

Untuk permainan yang satu ini, Bunda harus menggunakan Microsoft Word untuk mengetik sebaran huruf abjad kecil dan kapital.

Setelah itu, siapkan kertas yang sudah diprint berisi tabel dengan kolom “Huruf Besar” dan “Huruf Kecil”. Potong-potong sebaran huruf yang sudah diketik. Pastikan ukurannya besar dan mudah dibaca, ya Bun.

Letakkan semua perlengkapan di atas meja dan siapkan juga double tape untuk menempelkan huruf pada tabel.

Setelah digunting-gunting dan diacak, minta anak untuk mengelompokkan huruf besar dan kecil dengan benar, sesuai kategorinya masing-masing.

Supaya tidak berceceran, huruf bisa ditempelkan pada tabel dengan menggunakan double tape. Dampingi si kecil supaya tabel dapat diisi dengan benar.

Setelah semuanya terpasang, Bunda dan si kecil bisa menghias tabel dan dipajang di tembok kamar menggunakan pigura.

Anak-anak bisa belajar meningkatkan pemahaman sambil menuangkan kreativitas dalam menghias tabel semenarik mungkin.

6. Surprise Egg ABC

Bermain surprise egg dengan anak

Bermain surprise egg dengan anak

Ingin mencoba permainan kreatif lainnya? Bunda bisa menyiapkan alat dan bahan untuk permainan yang satu ini.

Siapkan puzzle kayu ABC dan surprise egg yang bisa dibeli di toko mainan atau online shop terpercaya. Selanjutnya, Bunda bisa menata persiapan terlebih dahulu tanpa diketahui oleh si kecil.

Buka surprise egg dan isi dengan beberapa huruf abjad dari puzzle satu per satu secara acak. Apabila persiapan sudah selesai, Bunda panggil si kecil untuk bermain bersama.

Minta si kecil memecahkan telur dengan palu mainan untuk melihat huruf abjad apa saja yang ada di dalamnya. Instruksikan anak untuk memasang huruf yang sudah dikeluarkan pada tempatnya, yaitu alas puzzle kayu.

Dampingi si kecil bermain sampai puzzle kayu terisi secara penuh. Cara ini bisa dipakai apabila terasa efektif dan disukai oleh anak Bunda.

7. ABC and Your Name

Menuliskan Nama Anak

Menuliskan Nama Anak

Apakah si kecil senang bermain stiker? Manfaatkan kesempatan ini untuk mengajarkan huruf abjad kepada anak-anak Bunda tersayang.

Bunda cukup menggunakan spidol, kertas, dan stiker nama bentuk bulat untuk memfasilitasi permainan ABC and Your Name.

Selanjutnya, gambar tabel berkolom di kertas menggunakan spidol yang sudah disediakan. Jumlah kolom disesuaikan dengan nama si kecil untuk menjadi objek permainan.

Pada baris teratas, Bunda tuliskan nama anak dengan ukuran yang cukup besar supaya mudah dibaca dan diperhatikan oleh si kecil.

Tuliskan abjad nama anak Bunda pada setiap stiker nama kemudian letakkan di dekat kertas berisi tabel berkolom. Instruksikan si kecil bermain dengan cara menempelkan abjad stiker menurut kolom yang sesuai dengan huruf teratas.

Anak jadi mudah belajar huruf abjad melalui teknik yang paling dasar, yaitu dengan menggunakan rangkaian namanya sendiri.

8. Alphabet Pizza

Kenalkan beragam permaianan untuk mengajarkan abc pada anak

Kenalkan beragam permaianan untuk mengajarkan abc pada anak

Cara kreatif untuk mengenalkan huruf abjad pada anak ini merupakan salah satu yang unik dan bisa dicoba untuk anak-anak Bunda.

Print gambar pizza besar di atas karton. Pizza ini tidak memiliki gambar topping, namun diganti dengan huruf abjad yang diacak dan menyebar.

Selanjutnya, print juga topping pizza yang sudah terisi huruf abjad sesuai topping di atas pizza karton. Gunting-gunting dan usahakan ukurannya cukup besar sekaligus bisa dilihat dengan jelas.

Letakkan pizza besar dan topping-topping di atas meja bermain. Ajak si kecil menempelkan topping abjad di atas huruf pada pizza besar.

Lakukan sampai selesai dan pizza besar bisa terisi lengkap dengan topping beragam, seperti jamur, mozarella, atau sosis merah.

9. Ular Tangga Abjad

Bermain ular tangga abjad

Bermain ular tangga abjad

Permainan ini hampir sama dengan ular tangga, namun bedanya kotak berisi angka diganti dengan huruf A sampai Z.

Papan ular tangga bisa Bunda buat dengan menggunakan gambar manual atau membuatnya dengan bantuan komputer dan diprint jauh-jauh hari sebelum permainan bisa dieksekusi.

Selain itu, siapkan pion dan dadu yang dibutuhkan untuk menunjang permainan. Bunda bisa mendampingi si kecil. Ajak serta sang Ayah supaya permainan juga semakin ramai.

Cara bermainnya hampir sama seperti ular tangga pada umumnya, yang menang adalah pion yang bisa mencapai huruf Z terlebih dahulu.

Secara tidak langsung, anak-anak bisa mempelajari huruf abjad dengan bentuk yang lebih simpel dan mudah.

10. A Week An Alphabet Things

Ajak anak hafalkan satu huruf selama satu minggu

Ajak anak hafalkan satu huruf selama satu minggu

Untuk permainan yang satu ini, Bunda bisa melakukannya secara mingguan supaya si kecil bisa belajar tiap abjad secara maksimal.

Bagaimana cara memainkannya?

Bunda akan mengenalkan satu huruf abjad pada anak setiap minggunya. Dalam satu minggu tersebut, Bunda susun beberapa flash card berisi sebuah objek dengan huruf depan abjad yang sedang diajarkan pada anak.

Misalnya, minggu ini anak sedang belajar huruf A. Maka, flashcard yang Bunda susun harus berisi benda-benda dengan awalan huruf A, seperti apel, ayam, anjing, dan lain-lain.

Lakukan secara bertahap dan berurutan setiap minggunya sampai si kecil paham betul abjad apa saja yang sudah ia pelajari.

 

Beragam cara kreatif mengenalkan huruf abjad pada anak di atas bisa Bunda terapkan ketika si kecil sudah mencapai tahapan usia yang ideal dan siap menerima pelajaran yang baru. Pastikan Bunda mengutamakan dedikasi tinggi kepada anak-anak yang sedang dalam tumbuh kembangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *