7 Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mudah dan Akurat

12 bulan lalu, by duniabunda

cara menghitung usia kehamilan

Kehamilan merupakan masa-masa yang sangat ditunggu oleh setiap pasangan, terutama pasangan muda yang baru akan merasakan masa kehamilan untuk pertama kali. Karena masa kehamilan yang baru pertama kali dialami ini, kadang ibu muda masih belum sadar apa yang terjadi dengan dirinya. Dan tentunya banyak yang tidak mengetahui berapa usia kehamilannya dengan pasti. Nah disini kita akan mengetahui cara menghitung usia kehamilan dengan benar dan tentunya akurat. Yuk disimak

Berbagai cara menghitung usia kehamilan

Nah sebelum bunda kebingungan ketika diberikan pertanyaan tentang usia kehamilan bunda, yuk simak cara menghitung usia kehamilan bunda

1. Metode Kalender

Kalender adalah alat paling sederhana yang digunakan untuk mengukur usia kehamilan. Syarat dari mengukur usia kehamilan dengan menggunakan metode kalender ini adalah bunda harus ingat tanggal HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).

Cara menghitungnya adalah HPHT kemudian di tanggal HPHT bulan berikutnya merupakan usia kehamilan bulan 1. Contoh nya HPHT ibu adalah 13 februari, maka usia kandungan ibu adalah 1 bulan pada tanggal 13 maret.

2.Pemeriksaan USG

USG yang memiliki prinsip kerja menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi dapat mendeteksi keberadaan janin atau organ-organ didalam tubuh manusia. Dengan kemampuan ini, USG dapat membantu dokter melihat aktivitas dan perkembangan janin sehingga dapat diperuntukkan untuk menentukan usia kehamilan.

Penghitungan usia kehamilan dengan USG ini memiliki tingkat keakuratan sampai dengan 94%, apalagi saat ini USG sudah semakin berkembang dan memiliki fitur 2D, 3D, dan 4D yang bisa membantu melihat kondisi janin lebih jelas lagi

Penghitungan usia kandungan menggunakan USG biasanya dilakukan menggunakan 2 metode, yaitu USG transvaginal dan USG transabdominal. Kedua metode tersebut dilakukan sesuai dengan kondisi kandungan ibu hamil.

Pemeriksaan perhitungan usia kehamilan menggunakan USG transvaginal dilakukan melalui jalan lahir pada organ intim pada waktu awal-awal kehamilan. Sedangkan USG transabdominal , biasanya dilakukan melalui dinding perut ketika bayi dalam kandungan sudah mulai tumbuh membesar.

3.Mengukur Puncak Tinggi Rahim

Puncak tinggi rahim pada ibu hamil juga bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Meskipun terkesan remeh dan sederhana, metode pengukuran usia kehamilan dengan puncak tinggi rahim merupakan hal yang masih dilakukan para bidan.

Puncak tinggi rahim dapat menggambarkan usia kehamilan karena semakin tinggi atau semakin jauh jarak antar tulang vagina dengan ujung perut, maka sudah semakin tua usia kehamilan.

Bunda bisa menggunakan bantuan pita ukur, tali maupun alat bantu ukur lainnya. Metode ini bisa Bunda lakukan ketika sudah melalui pemeriksaan perabaan (palpasi),  atau ketika usia kehamilan sudah menginjak minggu ke 22 hingga minggu ke 24.

Jangan remehkan metode fundus uteri ini, hanya karena terlihat sederhana, Metode mengukur tinggi puncak rahim ini bisa memberikan hasil perkiraan yang sangat akurat ketika dilakukan oleh orang yang kompeten, seperti oleh bidan atau dokter kandungan.

4.Kalkulator Masa Subur

Perkembangan teknologi saat ini mulai mempermudah segala aspek dalam kehidupan kita. Bagi bunda yang selalu lupa menandai kalender manual, saat ini bunda bisa men download aplikasi penghitung masa subur. Berdasarkan record HPHT yang kita masukan, kalkulator ini dapat mengetahui kapan masa subur kita akan hadir. Bunda juga akan mendapatkan reminder jika sudah mendekati prediksi haid periode berikutnya.

Ketika jadwal haid bunda meleset, bunda bisa langsung melakukan tes kehamilan, dan jika benar bunda hamil, bunda bisa kembali melihat tanggal HPHT bunda melalui aplikasi tersebut.

Berdasarkan HPHT, usia kehamilan bunda dapat diukur, dan aplikasi akan menghitung usia kehamilan bunda serta memberikan ilustrasi perkembangan janin bunda.

5.Rumus 4

Rumus 4 merupakan rumus yang paling umum digunakan untuk menghitung usia kehamilan, untuk menghitung usia kehamilan dengan rumus ini, yang bunda butuhkan adalah HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir)

  • Hari ini adalah tanggal 22 September 2017  (22-8-2017)

HPHT 15 Juli 2017 (15-6-2017)

  • Maka penghitunganmu adalah sebagai berikut

{(22-15) (8-6) x (4)}

7 hari 2 bulan x 4

  • Kemudian kamu harus kembali mengalikan bulannya menjadi: 2 x 4

(2 x 4) + (2x)

8 + 0,7

  • Kemudian tambahkan dengan 7 hari dalam minggu yang artinya 1 minggu

Maka usia kehamilan nya adalah 9,7 minggu

6.Kalender Hamil Putar

Kalender putar ini bisa bunda dapatkan dari bidan atau rumah sakit bunda, dengan memasukan informasi yang tepat, bunda akan mendapatkan informasi usia kehamilan secara akurat. Bunda hanya tinggal memperhatikan kemana arah jarum tanggal akan menunjuk angka untuk menentukan usia kehamilan bunda

7.Gerakan Janin

Gerakan janin juga bisa menjadi ukuran usia kehamilan yang bunda bisa gunakan. Menghitung usia kehamilan lewat gerakan janin ini adalah suatu perkiraan yang bisa dirasakan jika ibu peka terhadap gerakan janin. Ketika ibu merasakan gerakan janin untuk pertama kalinya, maka dapat diprediksi bahwa usia kehamilan telah memasuki usia 18-20 minggu, ukuran ini berlaku untuk ibu yang baru pertama kali hamil.

Berbeda dengan ibu yang telah melahirkan dan mengalami kehamilan kembali, saat ada gerakan janin, diperkirakan usia kehamilan telah menginjak usia 16-18 minggu.

Kesimpulan

Nah semoga cara cara menghitung usia kehamilan di atas berguna ya. bun. Segala perhitungan ini merupakan hal yang bisa bunda jadikan acuan untuk menghitung usia kehamilan bunda dan juga untuk memprediksi kapan hari persalinan akan tiba. Dengan mengetahui usia kehamilan, bunda juga bisa semakin mempersiapkan kebutuhan  ibu dan anak yang sesuai tanpa harus ada yang tertinggal.

Namun tetap bunda harus ingat bahwa setiap hal yang dilakukan akan lebih baik jika dikonsultasikan juga dengan dokter kandungan bunda. Sesuaikan kalender hitungan bunda dengan apa yang dokter periksakan juga melalui USG, terutama untuk bunda yang ingin melahirkan secara normal, hal ini sangat penting untuk diperhatikan

Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan asupan nutrisi pada setiap masa kehamilan. Keuntungan dari menghitung dan mengetahui usia kehamilan adalah bunda dapat dengan tepat mencocokkan nutrisi apa yang tepat dan sebaiknya bunda konsumsi pada usia kehamilan tersebut.

Dengan mengetahui usia kehamilan juga akan sangat berguna bagi bunda yang berencana melakukan baby moon. Usia kehamilan ini akan menjadi ukuran, kapan waktu yang tepat untuk bepergian sehingga pengaturan cuti dan kebutuhan lain nya juga bisa bunda persiapkan.

Menjaga kesehatan selama masa kehamilan merupakan hal yang paling penting untuk dipertimbangkan juga ya. Jangan sampai terlena dengan umur kehamilan, bunda harus tetap siap siaga dalam kondisi kehamilan pada usia berapapun. Tetap ikuti website Dunia Bunda untuk tips tips seputar kehamilan lainnya ya Bun…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *