12 Aneka Cemilan Yang Menyehatkan Untuk Ibu Hamil

4 bulan lalu, by duniabunda

cemilan untuk ibu hamil

Mengonsumsi cemilan memang menyenangkan dan meningkatkan mood dalam sekejap, terlebih bagi ibu hamil. Namun, perlu diingat bahwa pemilihan cemilan untuk ibu hamil juga tidak boleh sembarangan. Selain enak, cemilan tersebut juga harus baik bagi kesehatan.

Apakah saat ini Bunda ingin mencari cemilan yang lezat dan sehat untuk memenuhi rasa lapar atau ingin mengunyah? Simak penjelasan seputar aneka cemilan khusus ibu hamil di bawah ini, yuk!

Tips Memilih Cemilan Menyehatkan Untuk Ibu Hamil

1. Hitung kalori total dari cemilan

Ketika sedang hamil, Bunda tentu mencermati bahwa ada jumlah kalori tertentu yang disarankan sebagai pemenuhan gizi harian. Apabila penambahan ini ada di kisaran 300 kalori, itu artinya Bunda bisa mengonsumsi 3 kali 100 kalori atau 2 kali 150 kalori dalam cemilan.

2. Kandungan kalsium pada cemilan

Kadar kalsium memang bermanfaat bagi kekuatan tulang Bunda sekaligus pembentukannya pada janin. Perlu diketahui bahwa pembentukan gigi susu bayi bahkan terbentuk sejak dalam kandungan. Oleh sebab itu, cemilan kaya kalsium ikut bermanfaat untuk kesehatan kedua belah pihak, ibu dan janin.

3. Diperkaya dengan protein

Umumnya, dokter kandungan menyarankan Bunda untuk mengutamakan asupan tambahan protein sebanyak 300 kalori. Protein memang baik dan mampu menyesuaikan regulasi tubuh sepanjang waktu. Bentuknya tidak berlemak dan cenderung cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Pilih cemilan yang fresh untuk dikonsumsi

Makanan atau minuman yang segar memang lebih baik Bunda konsumsi selama kehamilan. Pastikan buah, sayur, maupun kebutuhan olahan cemilan tersedia dalam kondisi yang baru, segar, dan mudah disimpan sendiri sesuai kebutuhan.

5. Pertimbangkan komposisi biji-bijian maupun gandum utuh

Saat ini, Bunda tentu sudah tidak asing dengan makanan maupun minuman berserat. Hal ini ternyata berkaitan dengan kurangnya pemenuhan serat bagi kebanyakan orang. Padahal, serat harian yang rutin dikonsumsi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Selain makanan utama, cemilan kaya serat akan mendukung kesehatan dan kekuatan janin di dalam kandungan.

6. Jangan lupa dengan asupan vitamin dan mineral

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin dan mineral bisa diserap oleh tubuh dalam bentuk suplemen. Namun, kondisi ini akan lebih efektif apabila Bunda menerima kandungan baiknya lewat produk makanan atau minuman.

Aneka Cemilan Untuk Ibu Hamil

Setelah memahami kebutuhan yang harus diperhatikan ketika memilih dan menentukan menu cemilan, Bunda yang sedang hamil tidak perlu merasa kebingungan lagi. Berikut ini beberapa rekomendasi cemilan yang sehat, bergizi, dan cocok dikonsumsi saat hamil.

1. Sereal gandum utuh dengan susu low fat

minum susu untuk ibu hamil

minum susu untuk ibu hamil

Cemilan ini akan memberikan sekitar 300 mg kalsium dan 8 gram protein dari susu rendah lemak. Bunda akan memperoleh tubuh yang lebih bugar untuk beraktivitas. Bunda minim terasa lelah atau mengeluh nyeri pada bagian-bagian tertentu.

Dikombinasikan dengan sereal gandum utuh yang mampu menguatkan tulang dan terasa mengenyangkan. Selain itu, sereal memberikan tambahan asam folat dan zat besi untuk mencegah terjadinya anemia. Pilih merk sereal yang setidaknya mengandung 3 gram serat setiap porsinya.

Dua formula yang dikombinasikan sebagai makanan kecil mampu memberikan kecukupan kalsium bagi pertahanan tulang sekaligus pembangunan gigi bagi janin kesayangan Bunda.

2. Yogurt dengan buah dan kacang-kacangan

cemilan yogurt untuk ibu hamil

cemilan yogurt untuk ibu hamil

Greek Yoghurt bisa menjadi pilihan terbaik sebagai cemilan sehat bagi Bunda selama hamil. Selain menyehatkan, yogurt ini juga dapat mengatasi konstipasi atau sembelit yang biasa di alami oleh ibu hamil. Jenis yogurt ini juga dikenal kaya akan protein yang lebih banyak dibandingkan jenis yogurt biasa. Hal ini berdampak pada cemilan yang mengenyangkan dan sangat cukup bagi Bunda.

Selain Greek Yoghurt, Bunda boleh mempertimbangkan plain yoghurt sebagai penggantinya. Keduanya sama-sama sehat serta cocok dikonsumsi. Sajikan di dalam wadah atau mangkuk secukupnya.

Sebagai topping, tambahkan taburan 1 sampai 2 sendok makan kacang-kacangan untuk menambah kadar serat sekaligus protein pada cemilan. Kombinasikan lagi dengan aneka buah-buahan yang sudah dipotong-potong, beri-berian, atau kurma sebagai pelengkap yang terbaik.

3. Sandwich tuna

Menu ikan memang banyak dianjurkan bagi ibu hamil. Paling tidak, Bunda perlu mengonsumsinya sebanyak dua sampai tiga porsi dalam satu minggu. Salah satu menu ikan yang baik untuk menjadi cemilan adalah ikan tuna.

Ikan tuna memang kaya akan protein, omega 3, DHA, dan rendah kandungan merkuri. Kombinasi komposisi ini mampu mendukung perkembangan otak janin. Buatlah sandwich ikan tuna yang ditambahkan dengan alpukat dan roti gandum utuh.

Alpukat mengandung lemak sehat yang aman untuk Bunda. Bungkus sandwich menggunakan segel vakum dan bawa beberapa cemilan gandum agar praktis dibawa ke mana saja.

4. Protein bar dan buah-buahan

Bunda bisa menyimpan beberapa jenis cemilan protein bar untuk berjaga-jaga ketika lapar. Protein bar yang disimpan dan dikonsumsi dengan baik mampu memberikan manfaat lebih ketimbang granola bar. Sebagian besar memang dijual rendah gula, namun tetap tinggi serat, protein, dan lemak sehat.

Buat-buahan bisa menjadi pendamping yang baik bagi protein bar. Keduanya merupakan cemilan sehat yang mudah didapatkan dan boleh dijadwalkan dalam menu makan harian Bunda. Pilih buah-buahan kesukaan Bunda untuk memberikan kecukupan serat, vitamin, dan mineral selama hamil.

5. Apel, selai kacang, dan crackers

Cemilan ini berhasil menggabungkan sumber cemilan yang sehat dan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengandung protein, serat, dan lemak sehat agar perut terasa kenyang dengan cara yang ringan.

Cara makan cemilan untuk ibu hamil ini juga mudah. Oleskan 1 sampai 2 sendok makan selai kacang pada irisan apel atau crackers gandum. Pilih selai kacang alami yang minyaknya cenderung lebih sehat daripada jenis selai kacang biasa.

Selain menggunakan apel, menu cemilan ini bisa dimodifikasi dengan menggunakan pisang atau pir secara bergantian. Begitu juga dengan selai kacang yang bisa disesuaikan dengan selai berbahan mete atau kacang almond.

6. Pisang beku ala es krim dengan kacang-kacangan

cemilan kacang-kacangan untuk ibu hamil

cemilan kacang-kacangan untuk ibu hamil

Untuk membuat cemilan ini, Bunda membutuhkan beberapa buah pisang secukupnya kemudian dimasukkan ke dalam food processor. Olahan pisang yang sudah lembut mampu menjadi “es krim” yang alami dengan rasa mirip seperti aslinya.

Pisang memang kaya serat untuk menjaga Bunda dari risiko sembelit. Tentu Bunda tahu bahwa sistem pencernaan ikut mengalami perubahan fisiologis selama kehamilan berlangsung. Selain itu, pisang kaya akan asam folat, potassium, zat besi, dan antioksidan.

“Es krim” pisang bisa disajikan bersama kacang-kacangan yang ditabur sebagai topping yang lezat. Cemilan ini mendukung Bunda yang ingin tetap kenyang dan sehat di cuaca yang panas.

7. Susu hangat dengan kayu manis

Selain mengonsumsi cemilan dalam bentuk makanan, susu hangat kayu manis menjadi pilihan minuman sebagai selingan sehat ketika sedang hamil.

Dilansir dari whattoexpect.com, National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa ada hubungan signifikan antara melatonin dan triptofan di dalam susu untuk kualitas tidur yang lebih baik. Kayu manis akan menambahkan rasa manis yang alami untuk dinikmati.

Selain kayu manis, Bunda bisa menggunakan opsi rempah bubuk lain sesuai selera seperti kapulaga. Beberapa jenis susu yang dianjurkan adalah susu low fat, susu murni, susu pasteurisasi, susu sapi, dan jenis susu alami lainnya.

8. Keju cottage dengan beri-berian

 cemilan sehat buah-buahan untuk ibu hamil


cemilan sehat buah-buahan untuk ibu hamil

Cottage cheese termasuk golongan keju lunak yang cocok dikonsumsi sebagai cemilan Bunda saat masa kehamilan. Keju ini menjadi sumber protein yang baik dan tanpa lemak. Mengandung asam amino dan triptofan yang baik untuk menjaga kualitas istirahat.

Selain itu, ada komposisi vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata dan baik bagi janin dalam porsi yang cukup. Diperkaya lagi dengan zink, fosfor, dan kalsium yang bekerja dengan optimal demi kesehatan tulang Bunda maupun janin. Selingan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Ketika mengonsumsi keju cottage, jangan lupa tambahkan beri-berian untuk memberikan rasa lebih variatif. Kandungan melatonin akan membantu memaksimalkan kondisi tidur yang lebih nyenyak.

9. Smoothies

Cemilan berupa minuman segar ini bisa memanfaatkan susu atau yoghurt sebagai bahan dasarnya. Gunakan cara yang berbeda jika Bunda ingin mencoba minuman variasi lain, tentunya selain susu hangat atau jus buah.

Tambahkan beberapa potong buah, seperti pisang atau jenis-jenis beri untuk melengkapi kepadatan serat dari smoothies Bunda. Tidak perlu takut menggunakan buah-buahan beku agar smoothies menjadi lebih kental. Tambahkan sayuran yang memang cocok dipadupadankan ke dalam smoothies.

Smoothies ini kaya akan vitamin dan serat yang baik bagi pencernaan. Selain itu, rasanya yang unik dan segar bisa ditambahkan madu alami atau bubuk kakao sebagai pemanis sesuai selera.

10. Edamame

Merupakan sejenis kacang-kacangan yang berasal dari Jepang. Salah satu tipe kacang kedelai ini mengandung banyak serat, protein, zat besi, magnesium, dan asam folat. Komposisinya ikut mengurangi rasa stress pada ibu hamil.

Bunda akan menemukan bahwa edamame juga rendah kalori dan cocok dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai selingan sehat. Tidak heran kalau edamame bisa menahan lapar selama beberapa waktu sebelum Bunda menyantap menu utama.

Apakah Bunda ingin menambah rasa edamame menjadi lebih sedap lagi? Cobalah untuk menghangatkannya di microwave kemudian tambahkan taburan garam atau wijen.

11. Popcorn dan kacang

Vitamin nyatanya bisa memicu Bunda yang sedang hamil hingga mempunyai masalah pada pencernaan berupa sembelit. Bunda bisa menyediakan popcorn dan disimpan sendiri atau membelinya di toko terdekat. Pastikan Bunda memilih atau mengolah popcorn tanpa rasa dan tanpa gula atau caramel.

Sandingkan popcorn dengan kacang tanah yang juga tidak memakai garam atau perasa. Keduanya akan memberikan rasa kenyang yang cukup sebagai cemilan harian.

Popcorn juga menjadi sumber protein yang ringan untuk dikonsumsi. Sedangkan, kacang tanah secukupnya kaya nutrisi untuk menambah asupan gizi selama kehamilan.

12. Telur rebus

Meskipun terkesan sederhana, ternyata telur rebus patut dimasukkan dalam daftar menu cemilan sehat untuk Bunda selama proses kehamilan. Telur memang dikenal sebagai sumber protein dan kaya akan vitamin D.

Istimewanya, telur rebus memiliki banyak kinerja ketika sudah masuk ke dalam tubuh Bunda. Salah satunya adalah menstabilkan gula darah agar tidak memicu terjadinya penyakit.

Pastikan Bunda memilih dan membeli telur terbaik yang cangkangnya tidak rentan karena rawan bakteri. Tips yang bisa diterapkan sebelum merebus telur adalah mengecek kesegarannya jika tenggelam bisa dimasukkan ke dalam wadah berisi air.

 

Baca juga Tips Menyiasati Kebiasaan Menyemil Pada Ibu Hamil

 

Aneka cemilan sehat di atas bisa Bunda konsumsi secara selingan setiap hari. Makanan utama, cemilan, dan minuman yang sehat akan memberikan gizi terbaik bagi Bunda serta janin. Menu di atas bisa dikreasikan sesuai selera Bunda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *