27 Rekomendasi Channel YouTube Untuk Anak yang Bagus dan Mendidik

3 minggu lalu, by duniabunda

rekomendasi channel youtube untuk anak

Bunda pusing memilih tontonan yang mendidik untuk si kecil? Ayo kita simak rekomendasi channel Youtube untuk anak yang bagus dan mendidik di bawah ini

YouTube adalah salah satu platform digital yang menyediakan konten-konten berupa video dan diakses secara online.

Biasanya, Bunda sudah mengenalkan YouTube kepada anak sejak dini untuk memenuhi kebutuhan edukatif yang sudah disediakan di sana.

Usia anak-anak memang rentan menyukai eksplorasi dan senang mencari tahu hal-hal baru yang belum pernah mereka lihat atau dengar sebelumnya.

Konten video yang tidak pernah jauh dari anak adalah seputar acara kartun atau musik dan film yang dikhususkan untuk anak-anak.

Namun, saking banyaknya konten yang beredar di YouTube, Bunda harus bijak dalam memilih tontonan yang bagus untuk anak.

Bunda bisa mulai memilah konten yang mampu memberikan nilai pendidikan untuk membantu perkembangan si kecil.

Dikutip dari kidsactivitiesblog.com, Bunda tidak hanya berhati-hati dalam menentukan konten yang akan ditonton anak, tetapi juga harus bersikap selektif mengenai kualitas dan sumber informasi yang diberikan oleh penyedia konten tersebut.

Kami akan memberikan rekomendasi channel YouTube untuk anak yang bagus dan mendidik. Namun, sebelumnya Bunda harus memiliki wawasan dahulu mengenai cara-cara yang bisa dilakukan supaya anak bisa menonton YouTube dengan aman.

Coba Aplikasi YouTube Kids

Beberapa waktu yang lalu YouTube mengeluarkan aplikasi YouTube Kids, sebuah pengembangan yang menyediakan tayangan berbasis anak-anak di bawah 12 tahun.

Apa saja fitur yang diberikan dan bagaimana cara mengantisipasi tontonan yang harus dihindari?

1. Kids Profile

Bunda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat profil anak sesuai dengan rekomendasi tontonan, preferensi tampilan, dan pengaturan. YouTube Kids menyediakan 8 profil anak dalam satu control akses dan dapat disesuaikan dengan masing-masing preferensi.

Dengan menghadirkan akun profil lebih dari satu, Bunda bisa membuat beberapa akun untuk masing-masing anak dengan menyesuaikan umur dan kebutuhan.Mereka jadi tidak perlu rebutan, deh Bun.

2. Blocking Feature

Masih ada peluang bagi sebagian oknum nakal untuk berusaha masuk ke YouTube Kids dengan memberikan iklan atau tayangan tidak semestinya.

Fitur ini sudah tersedia di aplikasi YouTube biasa, namun YouTube Kids menyediakan fitur pemblokiran yang lebih ketat. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan target aplikasi yang sesuai umur.

Ketika menemukan konten yang tidak ingin ditonton, Bunda bisa membantu si kecil dengan memblokir saluran atau video tersebut. Apabila sudah diblokir, maka link tersebut tidak akan muncul kembali dan otomatis dihapus dari sistem.

3. Reporting

Selain Blocking Feature, fitur yang satu ini akan memfasilitasi Bunda untuk melaporkan video berisi konten yang menyimpang, mengganggu, atau vulgar. Google akan melakukan tinjauan ulang terkait laporan yang sudah Bunda kirimkan. Fitur ini akan mendukung pemilihan tontonan yang aman dan nyaman untuk anak-anak.

4. Timer

Anak-anak mudah jadi lupa waktu ketika Bunda membiarkannya untuk menonton YouTube. Apabila lengah, tentu hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan mata si kecil. Sinar yang dipancarkan layar gadget perlahan akan mengurangi daya penglihatan.

YouTube Kids menunjang keperluan tersebut dengan menghadirkan fitur Timer. Fitur ini dapat diatur oleh Bunda untuk menentukan berapa lama anak boleh menggunakan layanan YouTube Kids.

Timer akan memberikan notifikasi peringatan apabila waktu sudah habis dan menutup aplikasi sesaat setelah sesi menonton berakhir dengan sendirinya.

5. Search Control

Dengan mengaktifkan fitur ini, Bunda bisa mencegah si kecil untuk melakukan pencarian dan penelurusan. Hal ini bertujuan agar si kecil tidak penasaran dengan konten-konten yang tidak sesuai umur.

Video yang dapat ditonton oleh anak adalah video yang sudah memenuhi ketentuan verifikasi dari YouTube Kids.

6. Watch History

Sebagai bentuk pengawasan terhadap konten-konten apa saja yang sudah ditonton dan dipelajari oleh anak, Bunda dapat mengintipnya melalui fitur Watch History.

Bunda akan mengetahui berbagai video yang sudah dibuka dalam jangka waktu tertentu.Banyak konten negatif yang justru membawa rasa penasaran bagi si kecil dan diakhiri dengan membuka konten tersebut.

Dilansir dari famisafe.wondershare.com, apabila anak terbiasa membuka sesuatu yang tidak sesuai dengan umurnya, maka bisa jadi akan mempengaruhi kondisi psikologis nantinya.

Bunda bisa membantu mengedukasi dan memberikan pesan positif dari video yang sudah dilihat agar dapat diterima oleh si kecil sebagai masukkan untuk akses YouTube Kids selanjutnya.

7. Watch on TV

Apabila Bunda menyediakan Smart TV di rumah, tidak ada salahnya kalau sesekali menghabiskan waktu dengan YouTube Kids bersama si kecil. Bunda akan mudah memberikan arahan dan wawasan tambahan untuk anak ketika menonton video bersama.

Selain itu, kegiatan ini akan meningkatkan kedekatan Bunda dengan si kecil melalui interaksi yang diberikan sembari menyaksikan YouTube Kids.

Rekomendasi Channel YouTube Untuk Anak yang Bagus dan Mendidik

Berikut beberapa reekomendasi channel YouTube untuk anak yang bagus dan wajib ditonton untuk menambah wawasan serta sebagai sarana hiburan.

1. National Geographic Kids

Chanel YouTube dari National Georgraphic ini memberikan konten-konten yang mendidik seputar pengetahuan alam dan hewan di dalamnya. Bunda dapat mengajak anak untuk menambah edukasi sekaligus mempelajari ragam hewan menggunakan bahasa Inggris yang mudah dipahami.

Beberapa playlist yang disediakan National Geographic Kids yaitu

  • Book Club
  • All About Space
  • Weird but True
  • Amazing Animals
  • Animals from Canada
  • Amazing Animals in Your Neighborhood

2. Indonesian Fairy Tales

Channel YouTube untuk anak ini berasal dari Indonesia yang menayangkan kisah dongeng dan cerita lainnya disertai animasi kartun yang lucu. Setiap cerita tentu bersifat mendidik karena memberikan nilai moral yang berguna untuk anak-anak dalam kehidupan.

Anak-anak tentu akan menyukai Indonesian Fairy Tales, apalagi jika Bunda membiarkan si kecil menonton salah satu dongeng sebagai pengantar tidur. Pasti menyenangkan, ya Bun?

Berikut beberapa dongeng yang ditayangkan oleh Indonesian Fairy Tales

  • Permainan Kejujuran
  • Sang Putri yang Bersinar
  • Bangau yang Bersyukur
  • Tukang Kayu yang Bijaksana dan Sang Pelukis
  • Siapa Ibu yang Sebenarnya?

3. Sesame Street

Sesame Street merupakan salah satu acara televise yang sudah menemani anak-anak selama lebih dari 50 tahun. Kontennya berkualitas dan edukatif, cocok untuk si kecil yang menyukai karakter lucu dan menggemaskan.

Ada Elmo, Big Bird, Oscar, Cookie Monster, hingga Bert dan Ernie yang siap menghibur dan mendidik si kecil dengan beragam konten seputar isu-isu terkini. Tidak hanya itu, anak-anak akan diajak untuk bernyanyi bersama melalui beberapa video Elmo’s Sing Along.

Berikut beberapa video dari channel YouTube Sesame Street

  • Sesame Street Monster Meditation #1
  • Sesame Street: Elmo’s Virtual Hug
  • Sesame Street: Nursery Rhymes
  • Sesame Street: Practicing Social Distancing with Abby and Rudy

4. Oh My Genius

Channel YouTube yang bagus untuk anak ini cocok Bunda berikan untuk anak balita. Anak-anak akan disuguhkan karakter kartun yang lucu dan komunikatif dalam bahasa Inggris. Si kecil akan belajar banyak hal dan mampu mengingatnya menggunakan media lagu.

Bunda bisa temukan beragam pengetahuan yang dikemas dalam lagu dengan memberikan tontonan dari Oh My Genius untuk anak balita.Beberapa video yang dapat digunakan si kecil untuk belajar adalah

  • Rainbow Colors Song
  • ABC Phonics Song, Learn Alphabets with Cars
  • Days of the Week Song
  • 1 to 30 Numbers Song
  • The Opposites Song

5. Nussa Official

Siapa yang tidak kenal Nussa dan Rara? Channel YouTube asli Indonesia ini sedang naik daun dan digemari oleh anak-anak. Menghadirkan konten yang menggambarkan keseharian anak-anak sholeh dan sholehah, Nussa Official mengemas pengetahuan agama dalam bentuk yang menarik.

Anak-anak akan belajar bagaimana bertingkah laku yang baik terhadap orang tua dan membina kerukunan antar saudara di rumah. Karakter yang menggemaskan tidak membuat anak menjadi bosan untuk mempelajari agama sejak dini.

Beberapa konten dari Nussa Official adalah sebagai berikut

  • Nussa: Shalat itu Wajib
  • Nussa: Gratis Pahala
  • Nussa: Rukun Iman
  • Nussa: Belajar dari Lebah
  • Nussa: Adzan

6. Peekaboo Kidz

Peekaboo Kidz adalah salah satu channel YouTube informatif bertemakan edukasi dan dikhususkan untuk anak-anak. Bunda akan menemukan beragam konten seputar animasi kesehatan, penemuan, hingga fenomena alam dan sejarah yang mudah diikuti oleh anak.

Peekaboo Kidz akan mengeluarkan video-video terbarunya setiap hari Selasa dan Jumat. Tidak hanya anak yang akan menambah wawasannya, Bunda bisa ikut nimbrung bersama si kecil untuk menikmati konten mendidik dengan mensubscribe channel Peekaboo Kidz.

Beberapa video dari Peekaboo Kidz

  • Why Do We Get Cough?
  • What is Water Pollution?
  • Guess the Right Shape with Baby Binocs
  • Why Do We Sleep?
  • Evolution of Sharks

7. Moonbug Kids

Moonbug Kids adalah channel YouTube dengan animasi kartun yang cocok untuk si kecil. Beberapa karakter yang akan Bunda temui untuk dikenalkan pada si kecil adalah Mia, Buster, Mila, dan Morphle. Anak-anak akan belajar, berpetualang, dan bernyanyi dengan gembira bersama Moonbug Kids.

Channel yang satu ini juga menghadirkan beberapa konten edukatif untuk mengajarkan sesuatu kepada anak-anak melalui lagu yang mudah diingat. Beberapa video yang ditayangkan oleh Moonbug Kids adalah sebagai berikut

  • Wash Your Hands Song
  • Learn the Animal Song at the Farm
  • Morphle and Orphle Time Travel Trouble
  • Brush Your Teeth with Emma the Elephant
  • 10 Little Fingers Song

8. Blippi

Bunda bisa memberikan tontonan dari Blippi apabila mereka sudah agak besar. Seorang pria dengan pakaian biru oranye akan mengajak si kecil untuk berpetualang dan melakukan eksplorasi ke berbagai tempat, seperti museum hingga toko roti.

Mereka akan belajar bahasa Inggris sekaligus mengenal beragam profesi di sekitar dan beberapa tempat yang unik serta menarik. Blippi akan memberikan pengetahuan seputar dunia sekitar dan apa saja aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan.

Berikut beberapa video dari Blippi untuk anak-anak

  • Blippi Visits an Ice Cream Truck
  • Blippi the Handyman
  • Fruit for Kids with Blippi
  • Bedtime with Blippi
  • Explore Machines with Blippi

9. Disney Junior

Bunda pasti tidak asing dengan Disney Junior, tempat di mana anak-anak bisa mengenal Mickey Mouse, Minnie Mouse, Donald Duck, dan kawan-kawan. Disney Channel sendiri memiliki channel YouTube dengan video-video yang bersifat menghibur.

Tidak hanya menghibur, Bunda juga dapat memberikan edukasi nilai moral setelah menonton bersama si kecil.Selain Mickey Mouse dan kawan-kawan, anak Bunda akan berkenalan dengan acara kartun Disney lain seperti Sofia the First dan Doc McStuffins.

10. Brain Candy TV

Channel YouTube untuk anak yang bagus dan mendidik selanjutnya adalah Brain Candy TV. Anak-anak akan ditemani oleh Michael dan Lizzy si Anjing untuk mendapatkan wawasan yang sesuai umur. Bunda akan menemukan beragam konten mengenai sains dan alam.

Channel ini cocok untuk anak-anak mulai dari usia balita yang ingin belajar berhitung, memahami warna, dan memahami alphabet. Beberapa video referensi Brain Candy TV adalah sebagai berikut

  • Learn Math with Monster Truck for Kids
  • Learn Numbers with Lizzy the Dog
  • Solar System for Kids
  • Learn 3D Shapes

11. Kids TV Indonesia

Channel YouTube Indonesia yang satu ini memberikan konsep belajar yang interaktif untuk balita. Anak-anak akan belajar bersama sebuah kereta api bernama Bob. Tidak hanya itu, beberapa konten juga disajikan dalam bentuk lagu yang mudah dipelajari anak.

Saluran Kids TV Indonesia akan mendidik si kecil untuk mengetahui banyak hal dasar yang membantu tumbuh kembang dan logikanya. Beberapa tayangan yang tersedia di Kids TV Indonesia adalah sebagai berikut

  • Belajar Indra Dengan Bob the Train
  • Belajar Sayur Dengan Bob the Train
  • Lagu Kebun Binatang
  • Lagu Natal Untuk Anak-Anak
  • Belajar Bagian Tubuh

12. 5-Minute Crafts PLAY

Bunda, usir kebosanan si kecil sekaligus mengasah kreatifitasnya melalui aktifitas menyenangkan yang ditawarkan di channel 5-Minute Crafts PLAY.

Karya seni yang dikerjakan sangatlah simpel dan bahannya mudah didapatkan.
Bunda dapat melakukan karya seni ini bersama sama dengan si kecil agar lebih seru ya.

13. LBB Junior

Channel ini bagus untuk pembelajaran anak anak. Dengan koleksi lagu-lagunya yang menarik, dari koleksi lagu pengantar tidur sampai lagu dengan hentakan yang pastinya menggugah si kecil untuk menggerakkan badannya.

Si kecil juga dapat belajar lho lewat koleksi lagu dari Channel ini.
Pastikan bunda memutar channel ini agar si kecil senang ya bun.

14. Dora the Explorer

Mungkin bunda pernah menonton film kartun dora di televisi. Ya, Dora the Explorer kini juga tersedia channel youtubenya lho.

Tentu bunda tau, banyak pembelajaran yang di dapat melalui kartun ini. Yaitu kemampuan memecahkan masalah dan teka teki.

Ada banyak tantangan yang tentunya sangat menarik bagi anak anak dan mengasah daya pikir si kecil tentunya.

Selain itu, adanya interaksi dua arah dalam kartun ini, membuat anak anak yang menontonnnya merasa terlibat dan tentunya membangun ikatan emosional antara dora dan penonton anak anak.
Wow keren sekali ya bunda.

15. Ping Fong

Seperti namanya Ping Fong Kids song dan Stories, channel ini menyajikan beragam lagu, mulai dari lagu pengantar tidur, lagu tentang angka, lagu dengan lirik dan musik yang menarik untuk anak, selain itu channel ini menyajikan cerita dongeng yang sarat akan pendidikan lho.

Jangan lewatkan channel ini ya bun

16. Lagu anak Indonesia Balita

Dengan koleksi lebih dari 260 video. Channel buatan dalam negeri ini dijamin membuat anak bunda bernyanyi girang setiap hari.

Disamping itu channel ini juga menyajikan cara belajar berhitung dengan video yang menarik dan mudah dimengerti oleh anak anak.
Ikuti terus channelnya ya bun.

17. Channel Youtube ” Kok bisa?”

Channel video ini sangat cocok untuk anak bunda yang memiliki ketertarikan dengan ilmu pengetahuan dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Dijamin rasa penasaran si kecil akan terpuaskan dengan channel ini bunda.

Dijelaskan dengan bahasa yang sangat mudah untuk dicerna oleh anak anak. Dan tentunya dapat menambah ilmu si kecil.
Belajar tak pernah se mengasyikkan ini bukan?

18. Edukasi Anak Indonesia

Dibuat pada tahun 2017, channel youtube buatan anak negeri ini hadir dengan berbagai animasi dan film kartun anak yang mendidik.

Mulai dari kartun tentang mengenal buah buahan, alat transportasi, binatang laut dan masih banyak lagi.
Selain itu lagu-lagunya yang menarik tentunya akan menambah kosakata si kecil.

19. Diva The Series

Bercerita tentang anak gadis bernama Diva, cerita yang disajikan penuh dengan pesan moral yang tentunya baik untuk diajarkan buat si kecil ya bun.

Melalui cerita ini si kecil akan di ajarkan untuk mencintai keberagaman, sopan santun dan lain lain.

20. Yeiy Animation

Cerita yang dihadirkan oleh Yeiy Animation ini juga tak kalah menarik lho bun.

Terdapat animasi yang mendidik dan tentunya menyenangkan buat si kecil.
YUk ajak si kecil mengikuti channel ini bun.

21. Simon

Serial kartun simon ini juga bisa jadi referensi tontonan kartun yang menarik dan mendidik untuk anak anak lho bun.
Menceritakan tentang Simon, si kelinci kecil yang pintar dan cerdik yang hidup bersama keluarga dan teman temannya dengan harmonis.

22. Peppa Pig

Yuk ikuti petualangan seru dan menarik bersama Peppa Pig di channel youtubenya.
Lagu lagu yang dihadirkan juga seru seru lho bun.

Cerita petualangannya sarat akan pesan moral juga dan tentunya pasti seru dan menarik

23. Les Copaque Production

Bercerita tentang dua anak kecil yang tinggal bersama kakek dan kakak perempuannya. Film kartun upin ipin sarat dengan nilai moral yang tentunya akan ditiru oleh anak anak. Anak-anak bisa belajar berbagi dengan teman-temannya melalui film ini. Film ini merupakan cerminan kehidupan anak anak kita sehari hari.

24. Makemegenius

Satu lagi channel yang hadir buat si kecil yang gemar mengenal ilmu pengetahuan tentang alam dan sekitarnya.

Jangan khawatir, karena penyampaiannya dibuat sesederhana mungkin sehingga akan mudah di pahami oleh si kecil dari umur 4 tahun ke atas loh bun.

25. The Cincinnati Zoo & Botanical Garden

Apakah si kecil gemar mengunjungki kebun binatang bun?
Jika iya, mungkin channel ini akan menarik baginya, karena film dokumenter ini bercerita tentang hewan. dengan tingkahnya yang lucu di kebun binatang.

Videonya pun dibuat singkat sehingga tidak membosankan untuk ditonton.

26. Coco Melon

Dengan gambar kartun yang menarik dan lucu, video dari channel ini pastinya akan mampu menarik perhatian si kecil lho bun.

Ada banyak sekali lagu lagu menarik dan mendidik yang dihadirkan diantaranya, bath song, head shoulders knees and toes, ten little dinos, numbers song with little chicks, dan masih banyak lagi.

27. Baby Bus

Channel ini dihadirkan khusus untuk anak umur 2-5 tahun. Dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan untuk si kecil.
Dengan lebih dari 1400 video yang tersaji pastinya si kecil tidak akan bosan mengikutinya.

Bunda dapat memberikan beberapa rekomendasi channel YouTube untuk anak yang bagus dan mendidik sebagai tontonan yang variatif untuk si kecil sehari-hari.

Namun, jangan sampai lupa waktu, ya Bun. Perlu ada batasan waktu supaya anak tidak kecanduan gadget dan tidak mempengaruhi kesehatan mata.

Selamat menonton bersama si kecil, Bun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *