22 Ciri Ciri Bunda Hamil 1 Bulan Selain Mual dan Terlambat Haid

3 bulan lalu, by duniabunda

ciri ciri hamil 1 bulan

Sahabat Dunia Bunda,  gejala kehamilan terkadang sudah bisa di rasakan di minggu ke 3 dan ke 4. Umumnya ciri ciri hamil 1 bulan  tersebut berupa gangguan kesehatan seperti pusing, tidak enak badan dan kelelahan.

Seringkali gejala gejala tersebut tidak terlalu diperhatikan dan dianggap sebagai gangguan kesehatan biasa. Hal ini dikarenakan jadwal siklus menstruasi normalnya belum terlewati.

Nah penting bagi bunda untuk mengetahui kehamilan sejak awal. Hal ini untuk menyiapkan pemenuhan nutrisi dan kondisi tubuh yang sehat sedini mungkin untuk pertumbuhan janin di perut ibu.

Sebelum bunda terlambat haid, selain mual dan muntah ternyata ada beberapa ciri ciri yang menandakan kalau bunda sedang hamil 1 bulan.

Apa saja ciri ciri bunda hamil 1 bulan yang dialami bahkan sebelum bunda terlambat haid?

1. Payudara Terasa Mengencang dan Bengkak

Setelah terjadi pembuahan, otak akan mengirimkan sinyal untuk segera mengaktifkan hormon payudara untuk mempersiapkan asi karena akan ada bayi yang lahir.

Hal ini juga diikuti dengan terjadinya peningkatan aliran darah ke payudara. Sehingga payudara ibu membesar dan menegang. Sebagian ibu hamil mungkin akan merasakan nyeri pada payudara jika ditekan.

Pilihlah bra yang sedikit lebih longgar dan terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman digunakan untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara.

2. Suasana Hati atau Mood yang Berubah-ubah

Ciri ciri  hamil 1 bulan berikutnya yang kerab tidak disadari adalah mood yang tiba tiba berubah ubah.

Bunda akan menunjukkan perasaan yang lebih sensitive terhadap hal hal disekitar. Seperti menangis ketika menonton film yang sedih dan cepat tersinggung.
Gejala ini umumnya dirasakan selama 12 minggu pertama kehamilan.

Terjadinya perubahan mood ini disebabkan oleh adanya fluktuasi hormon yang menyebabkan perubahan kondisi psikologis ibu hamil.

Lakukan meditasi dan kegiatan yang disukai untuk menjaga mood bunda.

3. Nyeri atau Kram Pada Perut

perut kram ciri ciri hamil 1 bulanTerjadinya pembuahan akan diiringi dengan adanya pelekatan embrio pada dinding rahim. Adanya tekanan pada jaringan otot ketika proses pelekatan menimbulkan efek kram yang menyerupai rasa sakit ketika haid.

Umumnya kram dirasakan pada perut di bagian tertentu saja, tergantung posisi pelekatan embrio pada dinding rahim.

Mandi air hangat dan melakukan peregangan dapat meringankan rasa nyeri karena kram.

4. Adanya flek atau bercak

Efek kram dan nyeri perut yang dirasakan akibat implantasi embrio terkadang diikuti oleh timbulnya bercak atau flek darah.

Timbulnya flek darah dikarenakan selama proses tertanamnya embrio pada dinding rahim dapat menyebabkan sedikit terkikisnya dinding rahim dan mengeluarkan darah.

Bunda jangan khawatir karena bercak hanya akan keluar 1-2 tetes darah saja dan warnanya merah muda atau kecokelatan.

Flek atau bercak darah muncul 10-14 hari setelah pembuahan selama 1 sampai 3 hari saja.

Jika flek atau bercak yang timbul lebih deras, bunda bisa menghubungi dokter.

5. Pusing dan Sakit Kepala Tiba Tiba

Saat pembentukan embrio, tubuh akan mengirimkan sinyal untuk memfokuskan aliran darah untuk menghidupi embrio. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih dipusatkan pada janin.

Kondisi tersebut juga merupakan pemicu penyakit kurang darah pada ibu hamil sebagai akibat dari tekanan darah yang menurun dan sirkulasi darah yang kurang lancar.

Hal ini pula yang menyebabkan sakit kepala dan pusing yang dirasakan ibu hamil di awal awal kehamilan.

Bunda wajib menkonsumsi supplemen penambah darah untuk menunjang pemenuhan kebutuhan darah dalam tubuh.

6.Indra penciuman yang lebih sensitif

Bunda tiba tiba merasakan kepekaan pada indera penciuman. Bahkan muncul ketidak sukaan pada bau tertentu yang tidak bunda rasakan sebelumnya. Hal ini juga biasanya diikuti oleh rasa pusing dan mual.

Hindari memakai parfum dan sabun dengan bau yang menyengat

7.Warna Aerola Menjadi Lebih Gelap

Selain payudara yang membesar , peningkatan hormon Human Plancental Lactogen (hormon untuk memproduksi asi) sebagai persiapan setelah melahirkan bayi juga diikuti oleh warna aerola yang lebih gelap.

Rajin rajinlah membersihkan puting payudara bunda dengan menggunakan minyak baby oil.

8. Merasa Mual dan Muntah Muntah

Mual dan muntah adalah respons tubuh yang wajar dan terjadi pada sebagian besar wanita di awal masa kehamilan.

Meningkatnya hormon human chorionic gonadotropin atau hormon pembuat manusia pada tubuh ibu hamil adalah penyebab timbulnya rasa mual dan biasanya akan hilang sendiri memasuki trimester 2.

Namun, ada beberapa kondisi pada ibu hamil yang merasakan mual dan muntah yang berlebihan bahkan dialami sampai hari kelahiran. Kondisi ini disebut Hiperemesis Gravidarum. Gejala ini dapat menyebabkan kurangnya nutrisi bagi janin dan harus ditangani lebih lanjut oleh tim medis.

Hormon Human Chorionic Gonadotropin yang berlebihan pada tubuh menyebabkan kondisi Hiperemesis Gravidarum. Umumnya dikarenakan ibu hamil mengandung anak kembar atau baru pertama kali hamil. Namun adanya bawaan penyakit tertentu pada ibu hamil juga dapat menjadi pemicu gejala ini.

9. Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Selain mual dan muntah perubahan hormon juga berpengaruh kepada sensivitas kandung kemih lho bun.

kandung kemih yang lebih sensitive menyebabkan bunda lebih sulit mengontrol buang air kecil.

Selain itu tekanan pada kandung kemih akibat pertumbuhan janin juga berakibat bunda jadi lebih sering buang air kecil.

Hindari menahan air kencing terlalu lama karena dapat berpengaruh pada kesehatan kandung kemih.

10. Sering Merasa Lapar

Pada masa awal awal pertumbuhan janin, organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, ginjal dan sebagainya akan bekerja lebih keras untuk dapat menghidupi janin.
Nah untuk mendukung kerja organ organ tubuh ini haruslah diimbangi dengan kecukupan nutrisi. Hal ini untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh agar dapat bekerja dengan optimal.

Meningkatnya jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, berakibat pada rasa lapar yang lebih sering bunda rasakan.

Selalu penuhi kecukupan nutrisi tubuh, dengan rajin menkonsumsi makanan yang bergizi ya bun.

11. Mudah Kelelahan

Selain merasakan lapar, pada awal kehamilan bunda juga akan merasakan kelelahan padahal tidak melakukan aktivitas berat.

Tubuh yang bekerja keras untuk menghidupi janin dan hormon progesteron yang meningkat mempengaruhi metabolime tubuh. Disamping itu melemahnya sistem tubuh demi mendukung implantasi embrio pada rahim dapat menyebabkan ibu hamil cepat merasakan lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat.

Tetap jaga stamina tubuh agar tidak kelelahan dengan istirahat yang cukup dan menkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.

12. Hilangnya Selera Makan

Fluktuasi hormon di awal kehamilan mempengaruhi psikologis ibu hamil sehingga menyebabkan gangguan kesehatan mental ringan salah satunya adalah stress. Kondisi stress karena perubahan hormon ini menyebabkan ibu hamil kehilangan selera makan.

Selain itu rasa mual yang dirasakan juga membuat ibu hamil enggan untuk menyantap makanan.

Walaupun kehilangan selera makan, bunda harus tetap mengusahakan pemenuhan nutrisi untuk sang buah hati ya bun.

13. Menginginkan Makanan Tertentu atau Mengidam

Selain selera makan yang terganggu, fluktuasi hormon juga mempengaruhi indera penciuman dan perasa menjadi lebih sensitive. Hal ini selain berakibat pada timbulnya rasa tidak suka terhadap bau tertentu ternyata juga menyebabkan keinginan kuat untuk menyantap makanan tertentu. Hal ini juga dikaitkan dengan kondisi tubuh yang sedang memerlukan zat tertentu selama kehamilan.

Boleh saja mengkonsumsi makanan yang disukai jika mengidam, namun hindari makanan yang membahayakan janin seperti makanan mentah dan makanan yang dapat menyebabkan
alergi.

14. Sembelit Pada Ibu Hamil

Sembelit adalah tanda tanda yang dirasakan pada masa kehamilan 1 bulan. Peningkatan hormon progesteron menyebabkan mengendurnya dinding usus yang berpengaruh pada pergerakan usus yang melambat untuk menyalurkan makanan sampai ke anus. Sehingga menyebabkan feses susah keluar.

Konsumsi banyak sayur, buah dan air putih untuk mencegah sembelit.

15. Suhu Tubuh Yang Meningkat

Aktivitas ovulasi menyebabkan suhu tubuh meningkat 0,5-1 derajat celcius. Akibat hormon progesteron yang bekerja pada jaringan rahim.

Kenaikan suhu tubuh ini umumnya tidak menyebabkan kendala yang berarti pada ibu hamil.

16.Keputihan

Pada awal kehamilan bunda juga akan merasakan kondisi keputihan semakin banyak.
Selain karena faktor estrogen yang meningkat, juga disebabkan oleh adanya proses pembersihan rahim secara alami oleh tubuh untuk mempersiapkan rahim yang sehat untuk perkembangan janin.

Keputihan ini berupa bakteri dan sel sel mati yang dikeluarkan dari vagina.

Rajin-rajinlan membersihkan area kewanitaan dan pilihlah pakaian dalam yang nyaman dipakai dan sering sering menggantinya ya bun.

17. Selalu Mengantuk

mengantuk sebagai ciri ciri wanita hamil 1 bulan

mengantuk sebagai ciri ciri wanita hamil 1 bulan

Kadar Hormon progesteron yang meningkat juga menyebabkan ibu hamil mudah merasa lelah dan mengantuk.

Selain itu tidur malam yang kerab terganggu oleh aktivitas buang air kecil yang sering juga menambah rasa kantuk yang dirasakan oleh ibu hamil di awal kehamilan.

Walaupun asupan cairan sangat diperlukan selama kehamilan, sebaiknya bunda mengurangi minum air putih di malam hari dan menggantinya dengan minum lebih banyak pada siang hari.

18. Perubahan Pada Bentuk Tubuh

Ciri ciri kehamilan 1 bulan lainnya adalah perubahan pada bentuk tubuh seperti bokong dan payudara yang lebih besar dan terjadi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh lainnya.

19. Perut Terasa Kembung dan Begah

Bunda mungkin juga akan merasakan perut yang terasa kembung diawal kehamilan. Lagi lagi akibat hormon progesteron yang bekerja.

Hormon pregesteron mempengaruhi produksi gas dalam lambung sehingga menyebabkan kembung.

Ternyata banyak sekali ya pengaruh hormon progesteron terhadap kondisi tubuh dan psikologis ibu hamil.

Bunda bisa mengatasi rasa tidak nyaman akibat kembung dengan minum air hangat, agar lebih enak bisa ditambah madu.

20. Gusi Berdarah Dan Mimisan

Keluhan mimisan dan gusi berdarah mungkin dirasakan pada sebagian wanita di awal kehamilan.

Jantung bekerja lebih keras mengakibatnya meningkatnya volume darah termasuk pada bagian dalam hidung dan mulut. Area mulut dan dalam hidung dipenuhi oleh pembuluh darah kecil yang tipis dan mudah pecah. Jadi aliran darah yang kelewat deras dapat dengan mudah memecahkan dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan mimisan dan gusi berdarah pada ibu hamil.

21. Hidung Tersumbat

Kondisi ini dikenal dengan sebutan rhinitis. Yaitu pembengkakan pada dinding saluran pernafasan dan menyebabkan produksi lendir yang berlebihan.

Hal ini dipicu oleh fluktuasi hormon kehamilan yaitu estrogen.

Bunda bisa menggosokkan minyak kayu putih atau minyak esensial seperti mint pada bagian luar hidung untuk melegakan hidung yang tersumbat. Atau bisa diteteskan pada bantal agar tidak mengganggu tidur di malam hari.

22. Rasa Tidak Nyaman Pada Mulut

Hilangnya selera makan dan mual di masa awal kehamilan juga dipicu oleh mulut yang terasa pahit. Hal ini sering terjadi di masa awal kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon.

Rasa pahit pada mulut ini akan hilang dengan sendirinya ya bun. Untuk mengatasinya bunda bisa konsumsi yogurt atau buah keruk untuk menghilangkan rasa pahit.

Nah bunda ternyata ada banyak ciri ciri yang muncul saat hamil 1 bulan yang mungkin tidak disadari oleh ibu hamil.

Namun, tanda tanda diatas tidak dialami oleh semua ibu hamil. Setiap kehamilan akan menunjukkan tanda tanda yang berbeda.

Bahkan terkadang terdapat perbedaan yang mencolok antara kehamilan bunda pertama, kedua dan seterusnya. Semua tergantung pada bagaimana reaksi tubuh terhadap perubahan hormon.

Namun ada juga yang beranggapan tergantung bawaan cabang bayi.

Yang terpenting bagi bunda adalah memastikan asupan yang bernutrisi untuk sang buah hati dan minum air putih agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Selamat menikmati masa masa kehamilan sampai 8 bulan kedepan ya bun.

“Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan dengan gaji termahal di dunia. Sebab anda dibayar dengan cinta yang murni” – Natalia Campbell-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *