Dampak Buruk Kekurangan Gizi Saat Hamil

5 bulan lalu, by duniabunda

Dampak kekurangan nutrisi selama kehamilan

Selama kehamilan Bunda harus memperhatikan makanan yang anda makan agar mengandung seluruh zat gizi yang dibutuhkan. Kekurangan zat gizi dapat berdampak buruk bagi kehamilan Bunda.

Dampak Buruk Kekurangan Gizi Saat Hamil

Nah apa saja akibat buruk kurangnya gizi bagi ibu dan janin selama kehamilan

Kalori

Kekurangan kalori dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dan berbagai perubahan dalam tubuh ibu. Selain itu konsumsi kalori (karbohidrat dan lemak) yang rendah akan menyebabkan banyak protein terbuang sebagai sumber energi.

Protein

Pembentukan sel janin dan hormon untuk ibu membutuhkan sumber protein yang memadai.

Hal ini disebabkan protein merupakan zat gizi yang menjadi struktur dasar bagi pembentukan organ-organ dalam tubuh.

Serat

Konsumsi serat yang rendah menyebabkan anda mengalami sembelit atau sukar buang air besar.

Asam folat dan seng (Zn)

Beberapa makanan yang kaya akan asam folat adalah jeruk, pisang, bayam, brokoli, kembang kol, wortel, dan tomat. Sedangkan seng terdapat dalam seafood.

Cacat bawaan pada susunan saraf pusat dan otak janin karena kegagalan dalam pembentukan otak yang sempurna adalah salah satu akibat kekurangan asam folat maupun seng (Zn)

Kalsium

Kondisi osteoporosis yang kerab dialami ibu adalah penyebab kurangnya asupan kalsium selama kehamilan. Hal ini yang menyebabkan janin menyerap ketersediaan kalsium dari tubuh ibu.

Bunda dapat menkonsumsi susu tambahan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan kalsium ya bun.

Zat besi

Suplai zat besi yang cukup sangat dibutuhkan, karena volume darah Bunda selama hamil akan meningkat selama 30%. Jadi jika kekurangan zat besi, maka ibu hamil dapat menderita gangguan anemia. Bukan hanya itu, kelancaran proses melahirkan pun bisa terganggu.

Air

Kekurangan cairan dapat berakibat fatal, karena bisa menyebabkan ibu hamil dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu sebaiknya anda minum minimal 10 gelas air putih sehari. Sebagai variasi, anda dapat mengganti air putih dengan jus buah atau yogurt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *