11 Inspirasi Desain Ruang Tidur Anak yang Nyaman

3 minggu lalu, by duniabunda

desain ruang tidur anak

Sudah saatnya si kecil mempunyai kamar sendiri ,Bun. Yuk intip desain ruang tidur anak yang lucu-lucu dan nyaman disini. Ajak juga si kecil ikut mendesain kamarnya sendiri biar lebih seru.

Sebagian besar Bunda biasanya sudah mempersiapkan satu kamar khusus yang akan digunakan oleh si kecil sebagai ruang tidurnya. Karena masih anak-anak, Bunda akan memfasilitasi ruang tidur tersebut dengan barang-barang yang sesuai dengan tipe yang disukai anak.

Namun, setiap orang tua juga memiliki keterbatasan, bukan? Bunda tidak perlu khawatir tidak bisa memberikan ruang tidur yang maksimal karena banyak cara untuk mengatasinya.

Kiat-Kiat Mendesain Ruang Tidur Anak yang Nyaman

Sebelum menentukan desain ruang tidur anak yang nyaman, Bunda bisa mengikuti beberapa tips berikut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Memilih ranjang yang tepat

Ranjang adalah salah satu perabotan ruang yang akan memakan banyak tempat. Apabila Bunda menyediakan kamar tidur dengan ukuran terbatas, Bunda bisa mengakalinya menggunakan ranjang susun yang lebih ramping.

Sediakan ranjang yang terjamin kualitasnya. Kondisi ini akan memberikan ranjang yang nyaman dan aman untuk si kecil karena ketahanan yang kuat.

Untuk penggunaan ranjang susun, Bunda bisa memperbolehkan anak menempati bagian atas apabila sudah cukup umur dan mampu bergerak dengan hati-hati.

2. Perabotan multifungsi bisa jadi solusi

Saat ini, Bunda akan mudah menemukan berbagai jenis perabotan kamar yang multifungsi. Perabotan seperti ini akan membantu menghasilkan ruang tidur yang rapi dan menyisakan banyak space agar si kecil dapat bermain dengan leluasa.

Dilansir dari theminimalistvegan, perabotan multifungsi akan memberikan solusi “all-in-one” untuk beberapa kebutuhan yang tergolong penting.

Contoh perabotan multifungsi tersebut adalah ranjang susun yang tersambung dengan meja belajar dan rak buku atau meja belajar yang memiliki banyak laci tambahan untuk meletakkan banyak barang.

3. Memanfaatkan setiap sudut ruangan

Sebesar apapun ruang tidur yang Bunda siapkan untuk anak, pastikan mempergunakan seluruh sudut dan ruang yang memungkinkan untuk diletakkan barang-barang.

Tentu cara ini akan mengoptimalkan kamar tidur menjadi tempat khusus bagi si kecil bermain dan belajar. Mereka tidak perlu kesulitan keluar masuk kamar untuk mencari barang-barang pribadinya.

4. Libatkan si kecil dalam menata ruang tidurnya

Yang terpenting, Bunda bisa mengajak si kecil untuk menentukan barang-barang apa saja yang boleh dan tidak boleh disisihkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi barang-barang yang justru mengganggu dan hanya mengotori ruang tidur.

Dilansir dari metroparent.com, dengan melibatkan anak dalam menata ruangan pribadinya, mereka akan belajar bagaimana merekfleksikan karakter dan pribadi mereka.

Apabila ada yang tidak cocok dengan keinginan, mereka bisa berpendapat sesuai selera untuk mendapatkan hasil ruang tidur sesuai selera.

5. Ruang personal dan ruang bermain jika memadai

Anak-anak biasanya akan membutuhkan ruang untuk bermain dan belajar secara terpisah. Apabila memungkinkan, Bunda bisa mengasah ide untuk menyediakan space khusus belajar dan space khusus bermain.

Ruang personal akan berfungsi sebagai tempat belajar dan akan diisi dengan meja belajar, buku dan raknya, serta peralatan lain yang mendukung si kecil untuk menambah pengetahuan. Sebaliknya, ruang bermain akan diisi oleh mainan anak-anak yang masih digunakan untuk mengisi waktu luang.

6. Sesuaikan konsep dengan usianya

Desain ruang tidur anak yang nyaman juga mengutamakan konsep yang menyesuaikan umur si kecil. Tematik ataupun minimalis, keduanya akan cocok apabila Bunda mampu memikirkan konsep paling cocok dengan usia mereka.

Namun, bila Bunda memikirkan cara paling praktis untuk tidak sering gonta-ganti konsep seiring pertumbuhan si kecil dan bisa menghemat, Bunda bisa memilih konsep minimalis atau agak dewasa dengan memadukan atau memainkan komposisi warna.

Inspirasi Ruang Tidur Anak yang Nyaman

Berikut beberapa inspirasi yang bisa Bunda gunakan untuk mengonsep dan mendesain ruang tidur anak yang nyaman secara maksimal.

1. Merah muda untuk anak perempuan

desain ruang tidur untuk anak perempuan bernuansa pink

desain ruang tidur untuk anak perempuan bernuansa pink photo via arafuru.com

Desain ini cocok untuk anak perempuan Bunda yang menyukai kombinasi tone warna dasar merah muda lembut. Karpet bulu yang diletakkan di bawah ranjang mempercantik ruang tidur dan memberikan kesan yang tidak polos.Karpet bulu juga bermanfaat sebagai alas duduk ketika anak perempuan Bunda ingin bermain di bawah ranjang.

Lemari dan rak serbaguna akan mengumpulkan barang-barang si kecil supaya tersimpan dengan baik dan dapat dikelompokkan menurut jenisnya masing-masing. Ranjang yang tidak terlalu besar menciptakan kesan minimalis, namun tetap elegan.

Manfaatkan dinding kosong dengan memasang lampu gantung dan lampu tempel dengan sinar agak redup. Tentu anak perempuan Bunda akan suka dan betah untuk bermain dan belajar di ruang tidurnya.

2. Hutan segar dan rumah ranjang

desain ruang tidur anak bertema hutan segar

desain ruang tidur anak bertema hutan segar photo via hoags.retutorial.com

Desain yang satu ini terkonsep dengan unik dan menarik. Menggunakan wallpaper serba dedaunan akan memberikan kesan yang segar pada ruang tidur anak. Kerangka ranjang tidur seperti rumah-rumahan akan membuat si kecil nyaman untuk tidur dan bermain di sana.

Siapa bilang boneka hanya bisa dimainkan atau hanya diletakkan pada rak begitu saja?Bunda bisa memanfaatkan boneka milik anak sebagai penghias kamar supaya tidak sepi. Gantungkan pada dinding atau penuhi ranjang dengan boneka yang menggemaskan.

Gunakan warna seprai dan bed cover yang match dengan tone wallpaper dan konsep yang ingin Bunda realisasikan.

3. Inspirasi konsep plaid

desain ruang tidur anak dengan konsep plaid

desain ruang tidur anak dengan konsep plaid photo via valleyandbirch.com

Ranjang besi yang ramping juga bisa dimanfaatkan, lho Bun.Cenderung menghemat tempat karena rangkanya yang tidak terlalu lebar dan cukup untuk ditiduri si kecil.Ranjang besi juga cocok dengan seprai bercorak plaid kotak-kotak atau tone nude pastel.

Bingkai foto dapat digunakan sebagai penghias dinding, dilengkapi dengan rak tempel datar untuk meletakkannya.Bunda dapat memasang foto masa kecil anak-anak atau foto keluarga untuk mempercantik ruang tidur.

Jangan lupa tambahkan lampu tidur dan meja kecil yang multifungsi yang dapat diisi dengan beberapa buku.Inspirasi desain ini menggunakan warna yang netral dan minimalis, yaitu putih.

4. Ranjang susun minimalis nan lembut

desain ruang tidur anak dengan ranjang susun minimalis

desain ruang tidur anak dengan ranjang susun minimalis photo via daleetspectordesign.com

Bunda bisa mencoba berkreasi dengan ranjang susun.Inspirasi desain berikut memberikan penataan ruang tidur yang sederhana, namun tetap nyaman bagi si kecil.Bunda cukup menyediakan ranjang susun berwarna netral, kemudian pasang seprai dan bedcover dengan tone monokrom.

Tambahkan tirai untuk mengisi ruang jendela yang kosong.Letakkan alas duduk atau tikar warna senada dengan ranjang untuk mempercantik ruangan tersebut.Beberapa laci pada ranjang susun dapat dimanfaatkan untuk menyimpan buku cerita atau mainan si kecil.

Bila Bunda memperhatikan, desain ini menggunakan lantai kayu untuk ruang tidur anak. Namun, kalau Bunda memiliki budget terbatas, Bunda bisa mencoba wallpaper lantai yang bercorak dan berwarna seperti kayu.

5. Ranjang susun serbaguna plus multifungsi

desain ruang tidur anak dengan ranjang susun serbaguna

desain ruang tidur anak dengan ranjang susun serbaguna photo by mostrare.co

Selain mengkreasikan ranjang susun dengan cara yang biasa, kini saatnya bagi Bunda untuk bermain ranjang susun yang lebih multifungsi. Cocok untuk si kecil yang memiliki ruang tidur sendiri, namun ingin beristirahat di bagian atas ranjang susun.

Ranjang susun multifungsi memiliki banyak laci pada setiap bagian anak tangga.Bagian bawah dapat diatur sedemikian rupa dan ditempati oleh meja belajar, laci serbaguna, kursi, dan wadah boneka.Letakkan karpet senada sebagai dasar ranjang susun dan tempat duduk si kecil saat harus duduk di bawah.

Inspirasi penataan ruang tidur seperti ini akan menghemat ruang dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lainnya. Dinding bercorak batu bata juga bisa menjadi referensi Bunda untuk mengisi bagian dinding supaya tidak plain.

6. Ruang tidur terbatas? Siapa takut!

desain kamar tidur anak dengan ruang terbatas

desain kamar tidur anak dengan ruang terbatas photo by ideaonline.co.id

Untuk kamar yang tidak terlalu luas dan berjendela, Bunda bisa meletakkan ranjang di dekat jendela supaya si kecil bisa merasakan pertukaran udara yang maksimal di pagi hari.Gunakan roller blinds untuk mempercantik jendela.

Ruang yang terbatas mungkin membuat Bunda memutar otak.Namun, Bunda tetap harus memanfaatkan dinding dengan mengisinya dengan rak tempel mini, cermin, dan pigura atau bingkai foto.

Pilih ranjang yang memiliki laci tambahan pada bagian bawah untuk menyimpan barang-barangnya akibat keterbatasan ruang.

Tenang, Bunda tidak pernah kehilangan akal untuk mengatur ruang yang kecil menjadi lebih nyaman.Bunda cukup menyesuaikannya dengan perabotan yang berukuran kecil, minimalis, tetapi memiliki nilai guna.

7. Konsep Boho yang unik

desain ruang tidur anak dengan konsep boho

desain ruang tidur anak dengan konsep boho photo by thediymommy.com

Sulap ruang tidur si kecil menggunakan tema Boho yang unik dan mencolok.Bunda bisa menggunakan satu warna utama sebagai latar belakang ranjang tidur.Tambahkan hiasan lampu tidur dan kain yang bisa ditempelkan ke dinding.Beberapa tumbuhan sintetis hijau segar juga bisa membantu.

Untuk alas lantai, Bunda bisa menggunakan tikar bercirikan konsep Boho, yaitu hijau tosca menyala dan bercorak.Gunakan rak multifungsi sebagai penyimpan alat dan barang serta tempat bersantai di dekat jendela.Tambahkan alas duduk dengan warna senada.

Lampu gantung dan kepala unicorn menjadi pelengkap yang menawan untuk ruang tidur anak.

8. Tempat istirahat sekaligus bersantai

desain ruang tidur anak dengan ayunan

desain ruang tidur anak dengan ayunan photo by housebeautiful.com

Anak Bunda minta sebuah ruang tidur dengan ayunan untuk bersantai? Tentu bisa! Namun, pastikan terlebih dahulu ada space yang cukup luas untuk meletakkan ayunan bersantai tersebut.

Hasilnya, mereka tidak perlu panas-panasan di luar untuk sekadar merilekskan badan, cukup bersantai di kamar dengan nyaman.

Tambahkan fitur perabotan pelangkap lain yang mendukung kenyamanan ruang tidur si kecil, seperti tikar berbulu halus dan sofa yang empuk. Letakkan sofa di depan ranjang untuk mengisi tempat yang kosong.

Voila! Ruang tidur yang nyaman siap berfungsi sebagai tempat istirahat terbaik bagi si kecil.

9. Desain penuh konsep alam

desain ruang tidur anak dengan konsep alam

desain ruang tidur anak dengan konsep alam photo by chsblonde.com

Adakah anak laki-laki Bunda yang menyukai dunia alam dan petualangan?Inspirasi ini dapat menjadi referensi yang bagus untuk Bunda.Gunakan ranjang besi yang berwarna dasar nature, yaitu hijau.Gunakan perlengkapan kasur yang colorful dan mencolok.

Beri warna yang terkesan bold dan maskulin untuk latar belakang setiap sisi dinding. Hiasan dinding dapat berupa gambar hewan, peta dunia, hingga tumbuhan hijau yang menyegarkan.Isi ruang tidur dengan kotak penyimpan barang dengan bentuk yang unik.

Anak laki-laki Bunda dijamin semakin nyaman untuk tidur dan beraktivitas di kamarnya.

10.Kamar tematik? Tidak ada salahnya!

desain ruang tidur anak dengan konsep tematik

desain ruang tidur anak dengan konsep tematik photo by c45ualwork999.org

Anak Bunda menyukai tokoh kartun atau karakter dalam film? Hal tersebut akan menginspirasi Bunda mengolah ruang tidur menjadi serba karakter film, seperti ruang tidur dengan konsep Marvel Superheroes ini.

Bunda cukup menyediakan kocek untuk membeli barang-barang bertemakan karakter favorit si kecil. Jangan lupa untuk menggunakan color tone yang senada untuk setiap perabotan. Serba serbi ini membuat si kecil tidak mudah bosan untuk menempati ruang tidurnya.

11. Ruang tidur untuk si kembar

desain ruang tidur anak untuk si kemba

desain ruang tidur anak untuk si kembar photo by thecreativityexchange.com

Inspirasi desain ini direkomendasikan untuk Bunda yang memiliki anak kembar.Bunda bisa memanfaatkan dua buah ranjang yang ramping dan juga kembar. Apabila mereka suka, isi ruang tidur dengan seprai, bed cover, dan hiasan yang sama.

Belikan perabotan untuk si kembar masing-masing dua buah agar mereka tidak berebutan. Supaya tidak bosan, Bunda dapat memberikan perabotan dengan jenis yang sama, namun memiliki warna yang berbeda.

Mereka akan bisa membangun keakraban dengan berbagi kamar untuk bermain, belajar, dan beristirahat.

 

Beberapa desain ruang tidur anak yang nyaman di atas dapat Bunda simpan untuk dijadikan referensi.Tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan si kecil.

Bunda juga harus pintar-pintar memodifikasi sebuah ruangan menjadi tempat naungan yang nyaman dan betah ditempati oleh anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *