9 Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak Anak

1 bulan lalu, by duniabunda

dongeng sebelum tidur

Menidurkan si kecil kadang menjadi hal yang sulit untuk Ayah dan Bunda, membuat si kecil terlelap menjadi perjuangan tersendiri bagi Ayah dan Bunda. Nah, jika si kecil masih sulit untuk tidur, maka Ayah dan Bunda bisa mencoba memberikan kegiatan sebelum si kecil tidur, yaitu dengan membaca dongeng atau cerita rakyat. Mungkin saat Ayah dan Bunda kecil dahulu juga sering dibacakan dongeng sebelum tidur, menyenangkan bukan? Ternyata tidak hanya sebagai pengantar tidur, tetapi menceritakan dongeng untuk si kecil memiliki beberapa manfaat yang luar biasa. Apa saja nih Bund?

Yuk, simak artikel kami kali ini mengenai manfaat dongeng untuk si kecil. Dan tentunya kami juga akan berbagai dongeng atau cerita rakyat yang bisa Bunda bacakan untuk si kecil.

Manfaat Dongeng untuk Si Kecil

Mungkin bagi sebagian orang, menceritakan dongeng sebelum tidur merupakan budaya lama yang sudah tidak lagi digunakan di zaman serba digital seperti saat ini. Jika si kecil rewel mungkin Ayah atau Bunda akan memberikan smartphone untuk menenangkan si kecil. Memang penggunaan smartphone tidak selalu memberikan dampak negatif. Berbagai cerita, lagu dan permainan anak-anak sudah dikemas dalam telepon pintar tersebut.

Namun, Bunda harus mengetahui bahwa menceritakan dongeng untuk si kecil memiliki manfaat yang lebih besar. Jika dibandingkan dengan penggunaan smartphone sebagai media edukasi atau hiburan untuk si buah hati.

1.Melatih imajinasi si kecil

Membacakan cerita atau dongeng untuk si kecil akan melatih si kecil untuk berpikir atau membayangkan gambaran dari cerita yang Ayah atau Bunda utarakan. Hal ini tidak dapat didapatkan ketika si kecil melihat video dari smartphone atau televisi, karena apa yang dilihat sudah merupakan gambaran yang dianggap nyata oleh si kecil.

2.Memberikan nilai-nilai untuk si kecil

Membaca dongeng atau cerita rakyat bisa memberikan nilai-nilai kehidupan yang bisa diambil oleh si kecil. Dongeng atau cerita rakyat biasanya memiliki tujuan atau makna di setiap ceritanya, misalnya seperti harus berbakti pada orang tua, atau si kecil harus rajin belajar agar bisa mencapai cita-cita yang diinginkan.

Bunda juga bisa menambahkan pesan-pesan moral atau motivasi untuk si kecil agar bisa diterapkan dalam kehidupan si kecil.

3.Menumbuhkan hobi atau kegemaran baru bagi si kecil

Jika Bunda membacakan si kecil dongeng setiap hari, maka tidak menutup kemungkinan si kecil akan memiliki hobi yang positif yaitu menjadi gemar membaca. Ketertarikan si kecil untuk membaca tentunya sangat baik untuk menambah wawasan ia nantinya, apalagi ketika si kecil sudah mulai bersekolah.

Membaca adalah hal yang wajib di lakukan ketika ia sudah bersekolah, nah dengan menumbuhkan minat membaca sejak dini, tentunya akan membantu si kecil saat memasuki usia sekolah.

4.Menambah pengetahuan atau wawasan bagi si kecil

Dongeng atau cerita rakyat tidak hanya memberikan hiburan dan nilai-nilai moral bagi si kecil, tetapi juga memberikan wawasan atau pengetahuan baru. Hal ini tentunya juga akan meningkatkan kecerdasan si kecil. Selain itu, membaca dogeng juga dapat meningkatkan kosa kata baru untuk si kecil.

5.Menjalin kedekatan si kecil dengan orang tua

Dibandingkan membiarkan si kecil bermain smartphone sendirian, aktivitas membaca dongeng bisa mendekatkan hubungan Ayah dan Bunda dengan si kecil. Interaksi dan perhatian untuk si kecil menjadi bagian yang sangat penting untuk menumbuhkan kedekatan si kecil dengan orang tua.

Apalagi jika Ayah atau Bunda tidak dapat menemaninya bermain pada siang hari karena bekerja atau si kecil bersekolah. Waktu sebelum tidur bisa Ayah dan Bunda gunakan untuk saling berkomunikasi dengan si buah hati.

6.Mendidik si kecil untuk selalu berpikir positif

Hampir semua dongeng atau cerita rakyat berakhir dengan kemenangan pihak yang baik. Hal ini bisa Bunda gunakan untuk memberikan nasihat bagi si kecil agar selalu menjadi anak yang baik. Karena anak yang baik menjadi anak yang disukai dan akan terlindungi dari hal-hal yang tidak baik.

7.Membantu meningkatkan suasana hati si kecil

Aktivitas yang padat atau kejadian yang tidak menyenangkan bagi si kecil dapat mempengaruhi suasana hatinya. Membacakan cerita untuk si kecil dapat membuatnya merasa terbebas dari masalah di kehidupan nyata untuk sementara. Dan moral dari cerita dapat menguatkan si kecil untuk menghadapi dan mencari solusi dari masalah-masalah yang ia hadapi.

Selain itu, untuk membantu menenangkan dan membuat si kecil tidur dengan lelap, Bunda bisa meredupkan lampu kamar dan menyalakan aromatherapy. Bacakan cerita kesukaan si kecil dengan suara yang lembut. Bunda juga dapat meminta si kecil untuk menentukan cerita yang akan dibacakan.

8.Meningkatkan kesabaran si kecil

Terkadang, ketika kita sedang membacakan dongeng atau cerita, si kecil akan menyela dan menanyakan akhir dari cerita yang sedang Bunda bacakan. Apalagi jika cerita yang Bunda pilih adalah cerita yang penuh konflik. Tentunya akan membuat si kecil semakin penasaran untuk mengetahui akhir dari cerita tersebut.

Nah, dengan membacakan cerita secara runut akan melatih si kecil untuk bersabar menunggu sampai cerita yang Bunda bacakan selesai. Selain itu, mendengarkan dongeng sebelum tidur akan meningkatkan perhatian si kecil. Sehingga di kehidupan sehari-hari si kecil akan lebih terbiasa untuk mendengarkan orang lain.

9.Meningkatkan daya ingat si kecil

Menceritakan dongeng berulang kali dapat membuat si kecil mengingat segala detail dan cuplikan dari cerita tersebut. Jadi, mungkin saja jika Bunda menambahkan adegan tertentu yang tidak sesuai dengan cerita asli yang diketahui oleh si kecil, maka ia akan mengoreksi cerita Anda.

Beberapa Contoh Dongeng atau Cerita Rakyat untuk anak anak

buku dongeng sebelum tidur

buku dongeng sebelum tidur untuk anak anak

Wah, ternyata banyak sekali manfaat dari membacakan dongeng untuk si kecil yang tidak bisa didapatkan dengan menonton TV atau menggunakan smartphone. Tidak ada batasan umur si kecil untuk mendengarkan dongeng, Bunda bisa memulainya sejak si kecil masih balita (usia 2 atau 3 tahun). Nah, jika Bunda baru saja akan memulai untuk membacakan dongeng untuk si kecil dan kebingungan memilih cerita, maka Bunda harus menyimak beberapa contoh dongeng dari Dunia Bunda berikut ini.

1.Cinderella

Nah, mungkin cerita ini sudah tidak asing lagi di telinga Ayah dan Bunda. Tidak hanya buku cerita, Cinderella sudah dijadikan film dan merupakan tokoh favorit bagi si kecil. Namun, jangan khawatir jika sudah lupa dengan ceritanya, kami akan memberikan sedikit ringkasan cerita dari Cinderella.

Cinderella adalah seorang anak perempuan yang tinggal bersama kedua saudara tiri dan ibu tirinya, setelah ditinggal meninggal oleh kedua orang tuanya. Ia selalu dijadikan pembantu untuk mengurus segala keperluan rumah, ibu tiri dan kedua orang saudara perempuannya.

Sampai akhirnya, pangeran kerajaan mengadakan pesta di istananya untuk mencari jodoh. Cinderella yang dibantu oleh ibu peri tampil cantik dan memikat Pangeran. Sayangnya, sihir ibu peri hanya bisa bertahan sampai jam 12 pagi, sehingga ketika lonceng berbunyi gaun cantik milik Cinderella kembali menjadi baju rumah yang telah robek.

Untungnya saat berlari keluar istana, sepatu kaca milik Cinderella tertinggal, sehingga Pangeran mencari wanita yang cocok dengan sepatu tersebut. Pada akhirnya, Cinderella bertemu dan menikah dengan Pangeran yang ia cintai.

2.Puteri Tidur

Puteri Tidur menceritakan tentang seorang putri kerajaan yang mendapatkan kutukan dari seorang penyihir. Penyihir jahat tersebut ingin mencelakakan putri karena dendam pada orang tuanya, ia mengutuk bahwa putri akan mati karena tertusuk jarum pintal. Sejak saat itu, Raja dan Ratu tidak mengijinkan adanya jarum pintal di kerajaanya.

Namun, saat ia mulai beranjak dewasa, ia berjalan-jalan mengelilingi istana dan naik ke sebuah loteng. Disana ia melihat seorang nenek yang sedang memintal benang menggunakan alat pintal. Nah, karena sang puteri penasaran dengan alat pintal yang belum pernah dilihat sebelumnya, maka ia meminta ijin untuk mencoba alat tersebut. Ketika menggunakan alat pintal, puteri tertusuk dengan jarum pintal yang sedang ia gunakan dan pingsan. Ternyata nenek tua tersebut adalah penyihir yang pernah mengutuknya.

Akhirnya Puteri tertidur selama bertahun-tahun, sampai akhirnya ada seorang pangeran yang berhasil lolos masuk ke dalam istana dan menemukan puteri yang sedang tertidur. Akhirnya, pangeran tersebut mencium sang puteri dan kutukan tersebut berakhir. Puteri akhirnya kembali bangun setelah tertidur selama 100 tahun dan hidup bahagia bersama pangeran tersebut.

3.Tiga Babi Kecil

Cerita ini tidak kalah populernya dengan 2 cerita sebelumnya. Tiga Babi Kecil menceritakan kehidupan 3 ekor babi bersaudara yang akan dimangsa oleh serigala. Babi sulung sangat malas dan tidak mau membantu ibunya untuk bekerja, babi nomor dua sangat suka makan, ia sangat rakus, setiap hari kerjaannya hanya makan.

Namun, tidak seperti kedua kakaknya yang lain, babi bungsu sangat rajin bekerja. Nah, suatu hari ibu babi meminta anak-anaknya untuk membuat rumah untuk dirinya sendiri. Mereka pun berpikir dan berdiskusi akan membangun rumah seperti apa, si sulung berkata ia akan membuat rumah dari jerami, karena mudah dan cepat.

Namun, si bungsu berkata, “Rumah dari jerami akan cepat hancur ketika ada hujan atau angin”.

Anak kedua berkata, “Oooh kalau begitu, aku akan membuat rumah dari kayu”

Namun si bungsu menimpali, “Walaupun lebih kokoh dari jerami, rumah kayu juga akan tetap hancur jika dipukul”.

Mendengar perkataan si bungsu, maka kedua saudaranya menjadi marah. Akhirnya, si bungsu membuat rumah yang kokoh menggunakan batu bata. Pada suatu hari, datanglah serigala ingin memangsa si sulung yang tinggal di rumah jerami, tentunya dengan mudah serigala menghancurkan rumah jerami tersebut. Si sulung segera berlari ke rumah saudaranya yang terbuat dari kayu. Seperti yang telah diperkirakan oleh si bungsu, rumah kayu tersebut hancur dengan kekuatan serigala.

Akhirnya mereka semua lari ke rumah batu bata miliki si bungsu, dan serigala tidak berhasil menghancurkan rumah batu bata milik si bungsu. Akhirnya, mereka hidup bersama, rajin bekerja dan serigala tersebut tidak pernah datang mengganggu mereka kembali.

Gimana nih Bund, sudah siap untuk menceritakan dongeng untuk si kecil sebelum tidur? Yuk, dicoba Bund, karena menceritakan dongeng untuk si buah hati memiliki banyak manfaat. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat ya Ayah dan Bunda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *