Inspirasi Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat

10 bulan lalu, by duniabunda

kado untuk bayi baru lahir

Hallo Bunda. Apakah saat ini Bunda sedang bingung mencari kado untuk bayi? Mencari kado untuk bayi terkadang terasa membingungkan. Dalam menyambut dan merayakan momen spesial kelahiran buah hati dari orang yang kita sayang, baik keluarga, teman, atau rekan lainnya sudah sepatutnya kita memberikan kado yang kelahiran yang unik, spesial dan berkesan. Tentunya Bunda ingin mencari kado yang bermanfaat bukan? Kalau bisa sih kado bayi yang bermanfaat sampai si kecil besar ya bun. Beberapa pertimbangan lain dalam memilih kado bayi selain soal manfaat adalah soal harga, kualitas barang, serta kemudahan dalam mendapatkannya. Nah, jika Bunda sedang bingung dalam menentukan kado bayi yang tepat, Bunda dapat menyimak beberapa ulasan berikut. Kali ini kami akan memberikan inspirasi kado untuk bayi yang dapat Bunda pilih, mulai dari kado untuk bayi baru lahir, 3 bulan bahkan hingga bayi usia 6 bulan. Semoga bermanfaat!

Sebelum Bunda menentukan jenis kado yang akan dibeli ada baiknya Bunda membuat anggaran biaya untuk membeli kado. Harga barang-barang perlengkapan bayi sangat bervariasi, tergantung dari jenis, kualitas, serta merk dari barang tersebut. Kisaran biaya yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan bayi adalah 100.000 – 500.000. Bunda dapat menyesuaikan biaya yang akan dikeluarkan dengan anggaran yang sudah Bunda buat sebelumnya, dan jika kado tersebut akan diberikan pada keluarga atau teman dekat, Bunda dapat menyiapkan anggaran yang lebih besar untuk mendapatkan kado dengan kualitas terbaik. Nah sebelum membahas tentang beberapa perlengkapan bayi yang dapat dipilih, Dunia Bunda akan memberikan beberapa tips untuk Bunda agar tidak salah dalam membeli kado untuk bayi.

Hal yang harus dipertimbangkan dalam memberikan kado untuk bayi yang baru lahir

1.Ketahui terlebih dahulu jenis kelamin sang bayi

Sebelum menentukan jenis kado yang akan diberikan, sebaiknya Bunda mencari tahu terlebih dahulu jenis kelamin si bayi. Hal ini penting karena biasanya perlengkapan bayi dibedakan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan, baik dari warna, motif, atau bentuknya. Jika Bunda sudah mengetahui jenis kelamin dari bayi, Bunda tinggal memilih warna atau motif yang sesuai.

2.Cari tahu perlengkapan yang belum dimiliki

Bunda juga perlu untuk mencari tahu perlengkapan apa saja yang sudah ataupun belum dimiliki oleh si bayi. Jangan sampai Bunda memberikan kado yang sia-sia dan sebenarnya kurang dibutuhkan karena sudah dimiliki oleh si bayi. Untuk itu, Bunda dapat bertanya terlebih dahulu agar Bunda dapat membantu si ibu dalam melengkapi kebutuhan perlengkapan bayinya.

3.Hindari perlengkapan tertentu

Beberapa perlengkapan bayi yang sebaiknya tidak dipilih Bunda antara lain stroller, box bayi, baby walker ataupun car seat. Selain karena harganya yang tidak murah, biasanya orang tua si bayi memiliki pertimbangan atau kriteria tertentu dalam memilih barang-barang tersebut.

4.Pikirkan manfaat kado untuk sang bayi

Pertimbangan terpenting dalam memilih kado untuk bayi adalah soal manfaat. Pilihlah perlengkapan bayi yang kemungkinan besar akan digunakan. Jangan sampai Bunda memilih perlengkapan bayi yang mewah, terkini atau terlihat bagus namun pada akhirnya tidak digunakan karena kurang tepat guna.

5.Pertimbangkan kualitas kado

Selain soal manfaat, hal lain yang juga menjadi pertimbangan adalah soal kualitas. Untuk memastikan perlengkapan yang Bunda pilih memiliki kualitas yang baik, Bunda dapat memilih peralatan berlabel Standard Nasional Indonesia (SNI) yang sudah memiliki standard dan jaminan kualitas yang memadai. Akan lebih baik jika Bunda memilih perlengkapan bayi dengan harga sedikit lebih mahal namun kualitasnya terjamin dan lebih awet sehingga dapat digunakan jangka panjang

6.Perhatikan Ukurannya (bila hendak membelikan pakaian)

Apabila Bunda memilih perlengkapan bayi berupa pakaian atau sepatu jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya ya Bun. Jika Bunda masih ragu dengan ukuran si bayi, lebih baik Bunda memberikan perlengkapan dengan ukuran yang lebih besar dari seharusnya agar dapat digunakan di kemudian hari. Selain itu Bunda juga dapat tetap menyimpan struk pembelian barang tersebut agar barang dapat ditukar dengan ukuran yang lebih sesuai.

Inspirasi Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat

kado pakaian untuk bayi baru lahir

kado pakaian untuk bayi baru lahir

Nah kali ini Dunia Bunda akan mengulas tentang inspirasi jenis kado untuk bayi perempuan maupun laki laki disertai kisaran harganya. Dari yang murah, misal harga 50ribu. Beberapa perlengkapan bayi yang dapat diberikan untuk menyambut kehadiran si kecil antara lain:

1.Popok Bayi

Pastinya Bunda setuju ya kalau popok bayi merupakan hal yang paling esensial dan sangat dibutuhkan saat bayi lahir. Nah terkadang para ibu enggan memilih popok bayi sekali pakai karena biaya yang dikeluarkan untuk membeli popok sekali pakai tidak sedikit. Solusinya adalah menggunakan popok kain atau sekarang lebih dikenal dengan clodi (cloth diaper). Jangan salah ya Bun, popok kain memang terdengar kuno dan kurang praktis, tetapi popok kain memiliki beberapa keunggulan lho Bun. Apa sih keunggulannya? Clodi tentu saja akan lebih hemat dibanding penggunaan popok sekali pakai walaupun dalam penggunaan dan perawatannya tidak sepraktis menggunakan popok sekali pakai.

Selain itu penggunaan Clodi juga dapat mencegah terjadinya ruam popok, dan pastinya Bunda tidak perlu khawatir akan daya serap popok kain ini karena saat ini Clodi dibuat menggunakan bahan yang memiliki daya serap yang baik. Selain memiliki beberapa kelebihan, Clodi juga memiliki motif yang lucu dan menarik lho Bund. So, Clodi bisa dijadikan pilihan kado yang tepat untuk bayi bukan? Berkaitan dengan harga, harga Clodi sangat bervariasi, tergantung dari merk dan kualitas Clodi, umumnya berkisar antara Rp.20.000 – Rp 70.000. Jangan khawatir untuk mendapatkan Clodi ya Bund. Clodi banyak tersedia di toko perlengkapan bayi atau Bunda juga dapat membelinya via online karena tersedia banyak pilihan motif, harga dan merk.

2.Pakaian bayi

Pakaian bayi adalah jenis kado yang paling banyak dipilih sebagai kado untuk bayi. Bukan tanpa alasan, pakaian bayi merupakan barang yang sangat mudah untuk ditemukan. Pakaian bayi bisa didapatkan di toko perlengkapan bayi, pasar tradisional, supermarket, hingga pusat perbelanjaan. Pakaian bayi juga memiliki banyak pilihan model dan juga ukuran. Pakaian bayi bisa bunda beli antara lain piyama atau baju tidur, jaket, pakaian dalam, bahkan dress ataupun kemeja. Kalau Bunda masih bingung dalam menentukan jenis pakaian yang akan diberikan, handuk ataupun selimut juga pasti akan sangat berguna.

3.Perlengkapan menyusui

Salah satu kado bayi yang sangat bermanfaat adalah perlengkapan menyusui, selain penting untuk mendukung bayi mendapatkan ASI eksklusif, kado ini tentunya juga akan memudahkan si ibu. Perlengkapan menyusui ini banyak sekali jenisnya ya Bunda, mulai dari bantal menyusui, apron menyusui, serta yang tak kalah penting adalah peralatan untuk memompa ASI, berupa botol atau

  • Bantal Menyusui

banyak ibu-ibu yang merasakan manfaat dari penggunaan bantal menyusui ini karena bantal menyusui akan membuat posisi menyusui menjadi ideal dan nyaman baik bagi ibu maupun bayi. Jika Bunda tertarik untuk membeli bantal menyusui, Bunda dapat menyiapkan budget mulai dari Rp 50.000 – Rp.100.000, dan jangan lupa untuk memperhatikan ketebalan dan kekerasan bantal. Jangan sampai bantal terlalu empuk ataupun terlalu keras sehingga membuat bayi menjadi tidak nyaman.

  • Apron Menyusui

Apron menyusui juga sangat dibutuhkan bagi ibu menyusui yang sedang berada di luar rumah. Apron menyusui akan sangat membantu ibu ketika sedang beraktivitas di luar rumah dan tidak tersedia ruang menyusui. Selain itu apron menyusui ini juga dapat digunakan pada saat ibu memompa ASI. Jadi apron menyusui ini juga sangat tepat bila dimasukkan dalam daftar hadiah yang akan Bunda beli untuk hadiah si kecil.

  • Pompa Asi

Perlengkapan menyusui yang kadang tidak terpikir untuk dijadikan sebagai kado bayi adalah peralatan untuk memompa ASI.

  • Dot
  • Botol Asip

Botol ASI atau kantong plastik ASI juga termasuk hadiah yang tepat untuk diberikan kepada keluarga ataupun teman dekat. Harga botol ASI berkisar antara Rp 3.000 – Rp 5.000/ boto

  • Kantong Asip

kemasan plastik memiliki harga sekitar Rp 30.000/30 pcs.

  • Cooler Bag dan Ice Packnya

Bunda bisa membelikan cooler bag atau ice pack untuk menjaga kualitas ASI agar tetap baik hingga dipindahkan ke kulkas saat di rumah.

  • Breast Pad

 

4.Gendongan bayi

Setiap ibu yang baru melahirkan pasti memmerlukan gendongan bayi karena gendongan bayi ini akan digunakan mulai dari bayi baru lahir hingga usia kurang lebih 3 tahun. Di pasaran jenis gendongan bayi ini sangat beragam, untuk itu Bunda harus jeli dalam memilih gendongan yang sesuai dengan kebutuhan dan usia bayi. Beberapa jenis gendongan bayi antara lain:

  • Ring sling

Karakteristik ring sling adalah terdapat dua buah ring (lingkaran) yang terbuat dari besi atau plastik dan berfungsi sebagai simpul untuk mengikat gendongan. Gendongan jenis ring sling cocok untuk bayi baru lahir. Kelebihan dari ring sling adalah praktis dan mudah untuk digunakan, namun di sisi lain penggunaan ring sling ini terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman bila ring tepat berada di bagian pundak.

  • Baby wrap

Gendongan baby wrap cocok digunakan pada bayi usia di bawah 1 tahun. Kelebihan dari gendongan jenis ini adalah fleksibel untuk berbagai posisi menggendong, namun sebelum menggunakannya Bunda harus tahu terlebih dahulu mempelajari cara penggunaanya karena gendongan jenis ini sedikit rumit.

  • Baby carier

Baby carier adalah jenis gendongan yang cukup nyaman digunakan bagi orang tua yang hendak beraktivitas sambil terus menggendong buah hatinya. Orang tua dapat mengatur posisi menggendong sesuai kebutuhan, baik bayi menghadap ke depan atau ke arah orang tua yang menggendong. Nah gendongan jenis ini sebaiknya digunakan pada bayi yang sudah kuat lehernya, yaitu sekitar 5-6 bulan. Jika Bunda ingin memberikan kado berupa baby carier ini, Bunda harus merogoh kocek lebih dalam karena harga baby carier relatif lebih tinggi dibanding gendongan jenis lain.

5.Peralatan untuk membuat makanan pendamping ASI (MPASI)

Peralatan MPASI sangat diperlukan ketika bayi memasuki usia 6 bulan dimana bayi mulai diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan pendamping ASI. Nah untuk mengolah bahan makanan agar memiliki tekstur yang pas dan siap dikonsumsi oleh bayi usia 6 bulan diperlukan peralatan yang biasanya digunakan secara khusus untuk pengolahan makanan si bayi. Peralatan tersebut meliputi pengukus, blender, penghangat, serta saringan makanan. Selain peralatan tersebut Bunda juga dapat menyiapkan peralatan makan bayi seperti piring, sendok dan garpu, serta celemek makan.

6.Buku yang menarik

Banyak sekali buku-buku yang dapat diberikan sebagai kado bayi, mulai dari buku berisi cerita, buku bergambar atau buku yang memiliki tekstur. Tujuan dari mengenalkan membaca buku sejak usia dini adalah untuk merangsang panca indra anak serta meningkatkan rasa ingin tahu anak. Selain membelikan buku untuk si bayi, Bunda juga dapat membelikan buku yang bermanfaat bagi si ibu, seperti buku panduan untuk menyiapkan menu MPASI atau buku berisi gambaran tentang tumbuh kembang anak.

Cukup banyak ya Bunda barang-barang yang dapat dipilih sebagai kado untuk bayi yang baru lahir. Semoga bemanfaat ya Bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *