Bunda Waspadai Kegemukan saat Hamil

1 minggu lalu, by duniabunda

waspadai kegemukan saat hamil

Sebagian besar ibu hamil pasti sangat mengkhawatirkan kegemukan yang terjadi saat hamil. Kegemukan biasanya rawan terjadi pada usia kehamilan trimester kedua. Hal ini disebabkan pada trimester ini keluhan mual sudah tidak lagi di rasakan. Dan nafsu maka ibu hamil sudah pulih kembali bahkan mengalami peningkatan.

Segala jenis makanan terasa enak, bahkan seringnya pada trimester ini ibu hamil makan secara berlebihan dengan alasan makan untuk janin dan ibu sekaligus. Sebenarnya konsep tersebut adalah keliru, terlebih jika Bunda tidak memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Akibatnya berat badan Bunda akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Mengapa selama kehamilan ibu perlu bertambah berat badannnya?

Selama masa kehamilan penting untuk memperhatikan kecukupan nutrisi karena selain untuk perkembangan janin juga untuk persiapan menyusui calon bayi nantinya. Bunda tidak perlu khawatir berat badan naik, yang perlu bunda pikirkan adalah menyiapkan nutrisi yang terbaik untuk janin saat masih di dalam kandungan dan saat sudah lahir nanti.

Makan untuk berdua?

Kalori ekstra memang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan janin, namun bukan berarti Bunda makan dua kali lipat dari biasanya ya ( untuk anda sendiri dan calon bayi). Kebutuhan kalori yang dimaksud adalah dengan memperbaiki gizi makanan yang dikonsumsi karena kesehatan Bunda dan janin tergantung dari makanan yang dikonsumsi, jadi bukan jumlahnya tetapi gizinya yang ditingkatkan.

Hindari diet ketat saat hamil

Sebagian ibu hamil sangat mengkhawatirkan berat badannya yang bertambah sehingga memilih melakukan diet. Kenaikan berat badan memang sering menjadi problema utama bagi ibu hamil. Namun melakukan diet malah akan berisiko Bunda melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Dan lebih parahnya Bunda akan berisiko mengalami pendarahan serta mengalami proses persalinan yang sulit.

Batas wajar kenaikan berat badan saat hamil

Dengan mengetahui batas normal berat badan saat hamil, Bunda tidak perlu khawatir lagi akan kenaikan berat badan yang terjadi. Saat hamil Bunda wajib mengalami kenaikan berat badan sebanyak 14-20 kg jika Bunda memiliki berat badan yang kurang saat hamil. Sedangkan jika berat badan Bunda normal sebelum hamil maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah berkisar antara 12,5 -17,5 kg.

Nah bagaimana jika Bunda memiliki berat badan yang berlebih sebelum kehamilan? Dalam hal ini makan kenaikan berat badan saat hamil sebaiknya antara 7,5-12,5 kg saja.

Nah setelah mengetahui fakta ini diharapkan Bunda tidak perlu lagi mencemaskan kegemukan saat hamil. Karena kesehatan dan kecukupan nutrisi bagi janin sebelum dan setelah lahir yang terpenting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *