Rekomendasi Mainan Bayi 3 Bulan yang Bagus Untuk Perkembangan Si Kecil

4 minggu lalu, by duniabunda

mainan bayi 3 bulan yang bagus

Banyak orang tua memiliki pola pikir yang salah dengan menganggap bahwa membeli mainan itu tidaklah penting karena tidak ada gunanya dan hanya membuang-buang uang saja. Padahal mainan justru sangat penting dan bermanfaat bagi perkembangan si kecil lho Bun. Tentunya mainan yang di peruntukkan bagi bayi akan memiliki manfaat yang berbeda dengan mainan untuk balita.  Nah, manfaat mainan untuk bayi diantaranya untuk membantu stimulasi perkembangan indera peraba, pendengaran dan penglihatan bayi. Bunda sudah bisa mengenalkan mainan pada si kecil mulai usia 3 bulan lho. Berikut rekomendasi mainan bayi 3 bulan yang bagus untuk perkembangannya.

Tips Memilih Mainan Bayi 3 Bulan

Tahukah Bunda, jika bayi rajin distimulasi, maka dapat mengoptimalkan perkembangan tingkat kecerdasannya dan tentunya bayi akan tumbuh lebih bahagia. Salah satu cara termudah untuk menstimulasi bayi adalah dengan mengenalkannya pada mainan. Nah apa saja jenis mainan tersebut? Yuk kita cari tahu, namun sebelumnya  kita kupas dulu apa saja sih tips memilih mainan terbaik dan aman bagi bayi 3 bulan.

Berikut tips yang bisa Bunda terapkan untuk membelikan mainan:

1.  Pilih mainan yang mengoptimalkan pertumbuhan indera bayi

Pada usia ini Indera pendengaran, penglihatan, penciuman, perabaan, dan pengecapan pada bayi  semakin berkembang pesat . Jadi Bunda bisa menstimulasinya dengan memilih produk yang berukuran besar sekaligus mudah digenggam oleh bayi.  Disamping itu ukuran besar dipilih agar tidak tertelan oleh bayi

Selain itu, Bunda bisa mempertimbangkan warna yang digunakan semencolok mungkin agar menarik perhatian sang bayi. Umumnya bayi akan mengenali warna merah pertama kali.  Hal ini juga baik untuk melatih sensorinya.

2. Bahan mainan harus aman untuk si kecil

Bayi gemar bereksplorasi salah satunya dengan memasukkan berbagai macam benda ke mulutnya. Hal ini adalah cara bayi untuk mengenali suatu benda karena belum mampu menggunakan jari-jarinya dengan baik. Mengingat kondisi tersebut, Bunda harus meneliti bahan dasar pembuat mainan yang akan dipilih.

Produk berbahan plastik tidak boleh mengandung bahan kimia yang berbahaya dan jangan sampai mainan tidak dicat dengan bahan timah, ya Bun.

3. Mampu dibersihkan dengan mudah

Mainan harus mudah dibersihkan supaya menunjang kesehatan bayi. Contoh material yang gampang Bunda bersihkan adalah karet dan plastik. Periksa setiap sela-sela mainan dan pastikan tidak ada kotoran menumpuk.

Mainan berbahan kain bisa dicuci dengan mesin cuci dan mendapatkan perawatan khusus. Sedangkan, mainan karet atau plastik bisa dibilas dan dicuci dengan air hangat maupun panas.

4.  Disarankan tidak memilih mainan yang memiliki magnet

Bunda harus bisa mengantisipasi magnet yang cenderung berukuran kecil dan mudah lepas pada sebuah mainan. Magnet biasanya mudah ditelan oleh bayi dan menimbulkan risiko tersedak. Selain itu, bisa jadi hal tersebut mampu menggangu dan menyakiti organ dalam tubuh si kecil.

5.  Mainan harus berukuran besar dan tidak mudah copot

Mainan bayi 3 bulan yang bagus dan cocok untuknya harus memiliki kriteria ukuran cukup besar. Hal ini bertujuan supaya tidak mudah ditelan oleh bayi selama ia senang memasukkannya ke dalam mulut.

Di samping itu, pertimbangkan mainan yang menggunakan manik-manik, kancing, atau mata yang ditempelkan. Beberapa contoh tersebut memang lebih mudah lepas dan menimbulkan dampak benda asing yang tertelan secara tidak sengaja oleh bayi.

6. Instruksi yang jelas pada kemasan

Salah satu ciri yang bisa dimanfaatkan sebagai acuan memilih mainan adalah keberadaan instruksi pada bagian kemasannya. Bunda harus menghindari mainan yang lucu, tetapi tidak jelas keterangan lengkapnya.

Instruksi yang benar biasanya memberikan gambaran sekaligus cara perawatan paling tepat jika digunakan oleh bayi hampir setiap hari. Belum lagi dengan apa saja anjuran yang harus diketahui sebelum si kecil benar-benar bisa menggunakan mainannya.

Baca juga Anak Senang Merusak Mainan, Apa Artinya?

Rekomendasi Mainan Bayi 3 Bulan yang Bagus

Jika sudah mampu menerapkan syarat dan kriteria khusus mainan anak bayi, kini saatnya membelikan beberapa mainan bagi penunjang perkembangan si kecil. Beberapa diantaranya bisa dikombinasikan secara rutin supaya kemampuan kognitif bayi juga semakin terasah dengan baik.

1.  Kerincingan bayi

Kerincingan bayi

Kerincingan bayi photo via lazada.co.id

Beruntungnya, mainan kerincingan sudah dibuat sedemikian rupa supaya mampu digenggam oleh bayi. Kerincingan ini dilengkapi dengan bunyi-bunyian yang menyenangkan bagi si kecil.

Selain mudah digenggam, biasanya kerincingan dibuat dengan bahan-bahan yang ramah anak untuk mengantisipasi masuk ke dalam mulut bayi. Memang wajar karena biasanya gusi si kecil terasa gatal untuk menyiapkan pertumbuhan giginya.

Pilih kerincingan dengan warna cukup mencolok supaya bayi semakin mudah belajar tentang warna-warna hingga saatnya di kemudian hari.

2. Boneka

Boneka untuk mainan bayi 3 bulan

Boneka photo via shopee.co.id

Meskipun sudah umum, nyatanya boneka menjadi salah satu mainan yang cocok untuk bayi berusia 3 bulan. Di masa ini, buah hati mulai aktif menyentuh dan merasakan segala sesuatu di sekitarnya. Boneka berbulu memberikan tekstur yang khas untuk dipelajari si kecil.

Bunda bisa memilihkan boneka yang ukurannya tidak terlalu besar supaya mudah diraih atau dipeluk oleh bayi. Boneka harus terasa lembut dan tidak berbahan keras supaya nyaman sekaligus tidak berbahaya bagi si kecil.

Salah satu ketentuan lainnya adalah boneka harus bisa dicuci dan dibersihkan tanpa merepotkan Bunda. Permukaannya harus aman untuk meniminalisir pengaruh buruknya bagi kesehatan bayi.

3. Mainan gantung

mainan gantung untuk bayi 3 bulan

Mainan gantung photo via bp-guide.id

Mainan jenis ini juga disebut musical mobile karena biasanya juga membutuhkan baterai untuk berputar sambil mengeluarkan musik. Kedua hal tersebut menjadi daya tarik sendiri sebagai mainan yang bermanfaat bagi si kecil.

Gerakan dari mainan gantung mampu melatih fokus serta ketajaman penglihatan bayi selama masa pertumbuhannya. Ditambah dengan warna cukup mencolok dan memberikan kesan akan dunia yang cerah.

Suara musik yang ada mampu mengenalkan keberadaan suara beragam untuk didengar sekaligus menunjang kemampuan bersuara secara perlahan.

4. Mainan gigit

mainan gigit untuk bayi 3 bulan

Mainan gigit photo via droolees.com

Merupakan salah satu mainan yang juga dirancang khusus supaya mudah digigit dan dikunyah oleh bayi. Namun, perlu diingat kalau bukan untuk ditelan, ya Bun.

Sebelum mempersiapkan pertumbuhan gigi di usia 6 bulan, biasanya bayi sudah mulai menggigit jari karena merasa gatal atau mengeluarkan air liur sejak berusia 3 hingga 4 bulan.

Pertumbuhan gigi akan dibantu oleh mainan yang umumnya berbahan karet dan aman supaya bisa dikunyah secara bebas. Hal ini tentu membantu refleks dan melatih kemampuan mengunyah ketika nantinya sudah dikenalkan dengan berbagai macam makanan.

5. Buku bergambar

buku bergambar untuk mainan bayi 3 bulan

Buku bergambar photo via lazada.co.id

Bukan buku berisi banyak tulisan yang perlu dikenalkan kepada bayi. Bunda bisa membeli buku cerita yang berisi gambar saja sebagai media pengenalan warna serta objek bagi bayi berusia 3 bulan.

Selain menggunakan buku bergambar saja, buku cerita yang ringan bisa menjadi alternatif pengenalan buku lainnya. Meskipun belum mengerti, bayi biasanya merasa senang jika mendengarkan Bunda bercerita sambil menunjukkan gambar-gambar lucu yang berwarna.

Kini, sudah banyak buku cerita khusus bayi dan anak yang menggunakan bahan kain, kayu, maupun kertas tebal yang lebih fleksibel menyesuaikan usia sangat dini.

6.  Playgym atau karpet bayi

playgym untuk bayi 3 bulan

Playgym atau karpet bayi photo via amazon.co.uk

Selain anak-anak, ternyata bayi juga memiliki ‘playground’nya sendiri. Playgym menjadi pasangan yang cocok bagi mainan gantung. Si kecil mudah bergerak bebas sembari bermain memerhatikan gerakan dan musik dari musical mobile.

Selain merasakan hal baru dari mainan gantung, bayi mudah meraba tekstur dan menghafal rasanya berada di atas playmat. Perlahan, si kecil mampu belajar berguling, tengkurap, maupun merangkak di atas karpet yang ada.

Lingkungan di sekitarnya bisa dipelajari dengan baik jika Bunda rutin mengajak bayi bermain bersama mainan gantung serta playmat sekaligus.

7.  Mainan karet bunyi

mainan karet bunyi untuk bayi 3 bulan

Mainan karet bunyi photo via blibli.com

Selain ada mainan gigit yang melatih motorik area gigi dan mulut, masih ada mainan karet bunyi khusus melatih pergerakan kedua tangannya.

Umumnya, mainan karet yang berukuran pas di tangan bayi akan mengeluarkan bunyi jika terasa sedikit saja atau agak dalam memencetnya. Bayi akan berusaha untuk meremas mainan yang sudah digenggam. Ia mulai tersenyum senang ketika muncul bunyi unik yang ingin diulangi terus menerus.

Mainan ini bisa ditemukan di mana saja karena sudah tidak asing jika diberikan kepada bayi. Berbagai macam bentuk sudah dikembangkan untuk menyesuaikan kondisi bayi yang masih menginjak usia 3 bulan.

8.  Water mat atau matras air

matras air

Water mat atau matras air photo via amazon.com

Mainan ini menghadirkan matras berbentuk kolam atau ikan yang berisi air, seakan bayi sedang berada di kolam renang. Menjadi mainan bayi 3 bulan yang bagus karena mampu melatih si kecil untuk mengenal air secara tidak langsung.

Supaya air tidak gampang bocor, sebaiknya pilih mainan yang berbahan dasar PVC yang kokoh, lentur, dan tahan lama. Selain itu, bahan PVC empuk jika bermanfaat sebagai alas permukaan untuk ditempati anak bayi.

Ada banyak yang bisa dipelajari oleh bayi dengan matras air atau water mat, yaitu koordinasi motoric, keterampilan gerak, serta kemampuan sosial untuk beinteraksi dengan lingkungannya.

9. Mainan cermin

mainan cermin untuk bayi

Mainan cermin photo via hipwee.com

Tidak sedikit mainan yang menggunakan cermin sebagai pelengkap yang sempurna dan bagus untuk pertumbuhan bayi berusia 3 bulan.

Kelebihan dari mainan cermin adalah membantu meningkatkan kemampuan sosial sekaligus bahasa sebelum berinteraksi atau mengenal orang lain di sekitarnya. Selain itu, bayi merasa senang ketika mengintip sebagian dari wajah dan bagaimana ia mempelajarinya secara keseluruhan.

Pilihlah mainan dengan cermin yang tidak mudah lepas supaya tidak melukai si kecil selama menggunakan produk tersebut sepanjang waktu.

10. Mainan balok berbentuk

mainan balok berbentuk

Mainan balok berbentuk photo via lazada.co.id

Mainan yang dimaksud adalah bentuk balok berbentuk dan bergambar binatang yang mudah digenggam oleh bayi. Bunda bisa menunjukkan dan mengenalkannya sedari awal supaya lebih terbiasa mempelajari sesuatu.

Tidak hanya berbentuk binatang, Bunda juga bisa menemukan bentuk buah-buahan dengan warna segar dan mencolok untuk diperlihatkan kepada bayi.

Selain itu, terasa lebih praktis karena bayi juga bisa memulai belajar menggenggam dan mengasah perkembangan motoriknya terhadap penggunaan benda-benda yang ada.

 

Bayi bisa diajarkan mengenai banyak hal sedari usianya masih sangat kecil. Tidak perlu ragu dan merasa kebingungan tentang hal kecil apa yang bisa dibiasakan pada anak bayi Bunda.

Berbagai mainan bayi 3 bulan yang bagus ternyata mampu mendukung perkembangan pengetahuan yang memadai selama pertumbuhan si kecil. Jangan ragu untuk memberikannya banyak mainan edukasi dan perhatikan juga tips-tips untuk memilih permainan baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *