Tips Memilih Menu Makanan Sehat dan Menarik untuk Anak beserta Resepnya

1 bulan lalu, by duniabunda

makanan sehat untuk anak

Bingung memilih makanan sehat untuk anak Bunda? Apalagi jika si kecil lagi susah makan. Jangan berkecil hati dulu Bunda. Yuk ikuti tips dan rekomendasi menu menarik dan simpel ini. Si kecil pasti suka.

Anak-anak suka sekali memilih-milih makanan. Biasanya, apa yang Bunda lakukan untuk menghadapi kondisi seperti itu?

Umumnya, Bunda akan selalu memaksa si kecil untuk tetap mengonsumsi makanan dengan gizi baik, namun tidak mereka sukai.

Dilansir dari ucsfbenioffchildrens.org, beberapa anak memang sensitif terhadap rasa, bau , atau tekstur. Anak-anak lainnya bisa menjadi picky eaters karena rewel dan selalu ingin mendapatkan makanan yang mereka sukai.

Sebagai orang tua, Bunda tentu harus mempersiapkan asupan penuh nutrisi bagi anak. Hal ini bertujuan untuk mendukung perkembangannya di masa pertumbuhan secara optimal.

Lalu, bagaimana upaya terbaik untuk membuat menu makanan sehat dan menarik untuk anak? Atau bagaimana cara makan yang tepat supaya anak-anak tidak menjadi picky eaters? Yuk, Bunda simak penjelasan di bawah ini!

Mengapa Anak Bisa Tidak Tertarik Untuk Makan?

Beberapa alasan berikut bisa jadi membuat anak Bunda tidak tertarik untuk makan makanan yang sudah Bunda siapkan di atas meja makan.

1. Lidah yang sangat sensitif

Si kecil sangat peka terhadap berbagai rasa makanan. Seringkali, hal tersebut membuatnya lebih memilih makanan yang benar-benar ia sukai dan mengeliminasi yang tidak cocok di lidahnya.

2. BAB tidak teratur

Tidak jarang, anak Bunda mengonsumsi asupan sayur, buah, dan air yang cenderung sedikit. Hal tersebut kemudian berdampak pada kondisi perutnya yang sering terasa kembung atau begah, sehingga anak jadi tidak nafsu makan.

3. Distraksi dari sekitar

Saat ini, anak-anak Bunda tidak pernah jauh dari smartphone atau televise setiap harinya. Beberapa jam berlalu mereka habiskan untuk bermain dan menonton acara hiburan.

Namun, apabila anak sudah memegang gadget secara berlebihan, maka akan berpengaruh pada kegiatan dan cara makan yang mereka terapkan. Mereka akan lebih memilih bermain dengan gadget daripada meladeni makanan sehat yang sudah Bunda siapkan.

4. Tekstur makanan yang tidak disukai

Nasi yang terlalu padat atau nasi yang terlalu lembek bisa jadi kurang disukai anak, Bun. Makanan dengan tekstur yang tidak mereka sukai akan sulit untuk menarik perhatian. Si kecil jadi enggan untuk menyantap pilihan makanan yang sudah disediakan.

5. Menu berbeda dari yang lainnya

Bunda biasanya sudah menyiapkan menu khusus untuk sarapan, makan siang, dan makan malam bagi anak-anak. Berbeda dengan menu yang Bunda masak untuk anggota keluarga dewasa.

Si kecil bisa jadi bosan dengan makanan sehari-harinya, merasa penasaran, dan ingin mencicipi makanan yang sudah Bunda buat untuk Ayah atau kakak tertua. Bunda belum terlalu mengenalkan cita rasa lain yang bisa mereka coba ketika makan bersama.

6. Pilihan yang banyak

Saking banyaknya menu yang Bunda masak, seringkali si kecil kebingungan ingin makan masakan yang mana. Ujung-ujungnya, mereka malas untuk makan bersama, apalagi kalau hampir seluruh menu tersebut kurang disukai.

Tips Memilih Menu Makanan Sehat yang Menarik Untuk Anak

Banyak cara yang bisa Bunda lakukan dalam menyusun strategi menu makanan yang sehat dan menarik untuk anak. Berikut beberapa tips yang kami berikan untuk Bunda.

1. Gunakan olahan bahan makanan favorit anak

Bunda pasti sudah mengetahui jenis makanan apa saja yang dihabiskan dengan lahap oleh si kecil. Bunda bisa menfaatkan kondisi tersebut untuk menarik perhatian anak untuk menyantap hidangan yang sudah dimasak oleh Bunda.

Berikan sedikit sentuhan kreativitas dengan memberikan model penyajian yang berbeda. Misalnya, pengolahan nasi putih yang bisa dikreasikan menjadi nasi goreng, nasi kuning, atau sushi roll yang enak dan mengenyangkan.

2. Bentuk makanan yang unik

Bunda juga bisa melatih keahlian dalam bidang platting. Hasil akhir yang lucu dan unik akan menarik selera makan si kecil saat Bunda menyodorkannya sepiring makanan. Pilih menu makanan yang bisa Bunda jadikan ajang berkreativitas.

Siapkan beberapa cetakan khusus untuk membuat bentuk makanan yang berbeda. Bunda juga bisa mengombinasikannya dengan pewarna makanan alami untuk hasil makanan yang gemas dan berwarna-warni.

3. Alternatif makanan pengganti

Tidak salah kalau anak-anak tidak melulu menyukai nasi sebagai makanan pokok. Bunda dapat menyeimbangkan menu hariannya dengan menyelingi berbagai macam sumber karbohidrat setiap hari.

Bunda bisa membuat jadwal rutin mingguan untuk menyediakan menu karbohidrat yang bervariasi sebagai pengganti nasi, seperti mie, kentang, atau umbi-umbian.

4. Sediakan alat makan yang unik

Tidak hanya makanan yang bisa dibentuk dengan unik, namun Bunda juga bisa menatanya di atas peralatan makan yang lucu agar anak Bunda semakin suka dengan makanan tersebut.

Berikan kejutan dengan membawa anak untuk berbelanja peralatan makan favoritnya. Pastikan wadah makanan tersebut terbuat dari bahan yang aman dan bebas BPA. Barulah Bunda bisa menyusun menu makanan lengkap bersama si kecil untuk disantap.

5. Komposisi nutrisi yang lengkap dan seimbang

Bunda harus memilih menu makanan yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk pertumbuhan si kecil. Tidak hanya disukai dengan tampilan dan penataan menarik, menu makanan tersebut juga harus bergizi lengkap agar anak bisa berkembang dengan sehat.

Berikan makanan atau minuman pelengkap seperti susu dan buah. Jangan lupa untuk selalu menentukan makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat yang baik bagi si kecil.

6. Makanan yang dicelupkan

Dilansir dari parents.com, Bunda bisa menentukan alternatif makanan yang dikonsumsi dengan cara dicelupkan terlebih dahulu. Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi anak Bunda yang susah makan sayur.

Bunda bisa membuat bumbu atau saus dengan resep khusus yang lezat, kemudian sayuran yang sudah direbus bisa dimakan dengan cara dicelup pada bumbu. Pastikan anak menyukai bumbu buatan Bunda, ya!

Resep Menu Makanan yang Menarik Bagi Anak

bento-pilihan menu makanan sehat dan menarik untuk anak

bento-pilihan menu makanan sehat dan menarik untuk anak

Bunda belum menemukan ide menu yang menarik? Tetap tenang, Bun. Kami akan memberikan beberapa menu makanan yang sehat dan menarik untuk anak dan bisa Bunda jadikan referensi harian.

1. Halloween Bento

Bahan:

  • Nasi putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang
  • Garam secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Hiasan:

  • Rumput laut
  • Tomat cherry
  • 2 batang Buncis
  • 1/4 batang wortel
  • Daun selada

Cara membuat:

  1. Pertama, tumis bawang dan masukkan telur, aduk hingga matang, dan masukkan nasi ke dalam wajan. Tambahkan kecap, garam, dan daun bawang. Nasi goreng yang sudah matang disisihkan.
  2. Oles cetakan dengan air matang, masukkan nasi goreng lalu tekan-tekan membentuk cetakan. Kemudian keluarkan nasi goreng yang sudah tercetak.
  3. Rebus sebentar buncis dan wortel serta tambahkan sedikit garam. Jangan sampai terlalu matang, ya Bun. Kemudian tiriskan dan potong-potong tomat cherry.
  4. Gunting rumput laut sebesar cetakan nasi, namun lebihkan sedikit, sekitar 3-5 cm. Bentuklah bulat, lalu buat bentuk mata dan hidung menggunakan ujung pisau.
  5. Letakkan rumput laut diatas nasi goreng hingga menutupi seluruh permukaan.
  6. Terakhir, Bunda bisa menata selada, wortel, buncis, dan tomat cherry sebagai penghias akhir. Halloween Bento untuk si kecil siap disajikan

2. Kimbap Snail

Bahan:

  • 3 lembar rumput laut
  • 2 lembar keju slice
  • 3 lembar ham yang sudah direbus
  • Nasi putih
  • Biji wijen secukupnya

Cara membuat:

  1. Bagi rumput laut menjadi 2 bagian dan potong keju menjadi 4 bagian. Kemudian tumpuk 2 iris keju secara melintang dan lipat rumput laut menjadi sebuah gulungan.
  2. Letakkan ham di atas selembar rumput laut, kemudian gulung. Kini Bunda mempunyai 2 gulungan rumput laut.
  3. Letakkan nasi putih secukupnya di atas satu lembar rumput laut berikutnya.
  4. Letakkan gulungan keju dan ham di atas nasi putih.
  5. Lem bagian atas dengan nasi dan gulung dengan rapi. Kemudian olesi pisau dengan minyak wijen dan iris merata.
  6. Cetak keju slice dengan lubang sedotan, lalu tempeli dengan wijen. Letakkan di bagian atas masing-masing kimbap. Siap disajikan.

3. Sup Miso

miso sup makanan sehat untuk anak

miso sup makanan sehat untuk anak

Bahan:

  • 700 ml kaldu ayam
  • 50 gram fillet dada ayam
  • 2 sdm daun bawang yang diiris halus
  • 50 gram misua, direndam dan ditiriskan
  • 75 gram jamur shiitake, potong kecil-kecil

Cara membuat:

  1. Rebus kaldu dan daging ayam sampai mendidih.
  2. Kecilkan api, kemudian angkat daging ayam dan suwir-suwir secukupnya.
  3. Masukkan daun bawang, ayam, dan misua ke dalam panci berisi kaldu.
  4. Sambil diaduk, masukkan jamur shiitake.
  5. Tungguh hingga mendidih, lalu angkat Sup Misua untuk dihidangkan.

4. Roti Ragout Sehat

Bahan:

  • 6 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 1 sdm mentega
  • 200 gram daging ayam tanpa tulang dan kulit, rebus matang, iris kecil-kecil
  • 50 gram wortel, dipotong dadu halus
  • 250 cc air/kaldu
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt pala bubuk
  • Garam secukupnya
  • 100 gram tepung terigu, larutkan dengan air
  • 2 sdm susu kental manis
  • 2 batang seledri diiris halus
  • 2 butir telur ayam, rebus dan iris bulat tipis
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah

Cara membuat:

  1. Panaskan mentega di atas wajan, lalu tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan sampai harum.
  2. Masukkan daging ayam dan wortel, aduk hingga rata. Tuangkan air/kaldu panas.
  3. Tambahkan garam, merica, dan pala, kemudian aduk hingga rata.
  4. Setelah campuran mendidih, masukkan larutan tepung. Aduk rata hingga menjadi adonan yang lembut.
  5. Tambahkan susu kental manis, aduk kembali sampai benar-benar rata. Sambil mengaduk, masukkan daun seledri hingga rata lalu angkat.
  6. Siapkan selembar roti tawar , oleskan mentega, berikan adonan ragout. Ratakan permukaan dan letakkan irisan telur rebus.
  7. Oleskan kembali ragout dan tutup dengan tangkupan roti selembar lagi. Tekan sedikit-sedikit dan potong membentuk segitiga.
  8. Ulangi sampai seluruh bahan habis. Roti Ragout Sehat yang lezat siap disajikan.

5. Muffin Labu

Bahan:

  • 200 gram labu, kukus dan haluskan
  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 5 gram baking powder
  • 2 butir telur
  • 40 gram mentega
  • 40 ml minyak zaitun
  • ½ sdt vanili
  • Chocochip
  • Kismis
  • Almond

Cara membuat:

  1. Kocok mentega sampai lembut, kemudian masukkan minyak zaitun, gula dan vanili.
  2. Masukkan telur terlebih dahulu dan aduk hingga rata. Lakukan hal yang sama pada labu.
  3. Masukkan terigu dan baking powder, aduk rata dan jangan terlalu lama.
  4. Panaskan oven selama 10 menit terlebih dahulu. Baru oven adonan yang sudah jadi dengan suhu 170 derajat Celcius selama kurang lebih 35 menit.
  5. Muffin Labu siap disantap oleh si kecil.

6. Risotto Ayam Wortel

Bahan:

  • 200 ml air kaldu
  • 100 ml susu UHT
  • 4 sdm keju parut
  • 3 sdm daging ayam, dicincang
  • 1 centong nasi putih
  • 1 buah wortel diparut halus
  • 1 sdm bawang bombay dicincang halus
  • 1 siung bawang putih dicincang halus
  • Garam, lada, gula, masing-masing secukupnya
  • Margarin secukupnya
  • Parsley secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan margarin, tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai berbau harum.
  2. Masukkan daging ayam dan masak hingga berubah warna.
  3. Masukkan wortel halus dan aduh-aduk. Tuangkan air kaldu, susu, dan keju, lalu masak sampai mendidih.
  4. Masukkan nasi dan taburkan gula, garam, hingga lada secukupnya sampai rasanya pas.
  5. Masak terus hingga air menyusut sampai mengental.
  6. Angkat dan sajikan dalam mangkuk, taburi parsley sesuai selera. Risotto Ayam Wortel siap dicoba.

7. Caramel Custard Pudding

caramel custard pudding makanan sehat untuk anak

caramel custard pudding makanan sehat untuk anak

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 500 ml susu
  • 10 sdm gula pasir
  • Margarin secukupnya
  • Cetakan pudding

Saus karamel:

  • 8 sdm gula pasir
  • 2 sdm air
  • 4 sdm air panas

Cara membuat:

  1. Olesi cetakan dengan margarin dan sisihkan.
  2. Masak gula dan air menggunakan api sedang. Biarkan gula larut sendiri secara perlahan tanpa diaduk hingga berubah warna menjadi coklat keemasan.
  3. Matikan api dan tuang air panas secara perlahan sambil menggoyangkan panci supaya rata. Saus caramel sudah jadi, tuangkan ke dalam cetakan.
  4. Kocok telur dalam sebuah wadah.
  5. Panaskan susu dan gula pasir dalam sebuah panci. Masak hingga gula menjadi larut dan tidak perlu mendidih, angkat dan tunggu sampai agak mendingin.
  6. Tuang susu perlahan ke dalam kocokan telur sambil diaduk. Saring adonan apabila diperlukan.
  7. Tuang adonan tersebut ke dalam cetakan pudding.
  8. Panaskan panci kukusan selama 30 menit lalu kukus adonan. Bungkus tutup dengan kain lap bersih.
  9. Masak hingga pudding mengeras, kemudian angkat dan dinginkan. Lepas dari cetakan.
  10. Caramel Custard Pudding siap disajikan.

8. Mashed Potato Cheese Tuna

Bahan:

  • 500 gram kentang
  • 100 gram tuna cincang, bisa diganti telur, ayam, atau daging sapi
  • 50 gram cream cheese atau keju parut
  • 50 gram mentega
  • 1 buah wortel
  • 100 gram jagung manis, sudah dipipil
  • 1 buah bawang bombai
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdm merica
  • ½ sdm garam
  • Susu cair secukupnya
  • Keju mozarella
  • Parsley secukupnya
  • Oregano secukupnya

Cara membuat:

  1. Kukus kentang dan haluskan sampai lembut.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai berbau harum. Lalu, masukkan tuna cincang, wortel, jagung, cream cheese atau keju parut, garam, dan merica. Aduk rata sampai semua lunak.
  3. Masukkan kentang yang sudah dilembutkan, mentega, dan susu cair. Kekentalan ditentukan sesuai selera. Kemudian, aduk terus sampai seluruhnya tercampur rata dan matang. Tambahkan saus bila perlu.
  4. Masukkan dalam wadah, taburi keju mozarela, parsley, dan oregano.
  5. Terakhir, oven dengan suhu 150 derajat Celcius kurang lebih 10 menit. Makanan siap dihidangkan.

9. Fettucine Bayam

Bahan:

  • 1 kotak fettucine
  • 1 genggam bayam
  • 250 ml susu cair
  • 50 gram keju parut
  • 100 gram dada ayam fillet dipotong dadu
  • 1/4 buah bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 buah cabai merah

Cara membuat:

  1. Rebus fettucine hingga mendidih, angkat dan tiriskan.
  2. Blender bayam bersama susu hingga halus. Panaskan minyak, kemudian tumis daging ayam hingga matang. Tambahkan bawang bombay dan beri air rebusan pasta.
  3. Masukkan campuran susu dan bayam. Kemudian aduk rata dan tambahkan bawang putih serta cabai. Beri bumbu sesuai selera.
  4. Masukkan pasta fettucine dan taburi keju parut. Masak hingga susu meresap dan siap disajikan.

10. Tumis Sayur Warna-Warni

Bahan:

  • 1/2 ikat kacang panjang
  • 1/2 buah jagung
  • 1 butir telur ayam
  • 1 buah tomat merah kecil
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong kacang panjang dan sisir jagung, lalu cuci sampai bersih. Kemudian, nyalakan api kompor dan tuang sedikit minyak diatas wajan.
  2. Jika minyak sudah panas, masukan telur ayam. Aduk dan diamkan sejenak jangan sampai kering. Angkat dan sisihkan pada mangkok.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  4. Setelah itu, masukkan kacang panjang dan jagung, lalu beri sedikit air. Masukan penyedap rasa dan gula putih.
  5. Masukan telur ayam dan irisan tomat merah ketika air sudah mulai surut.
  6. Diamkan sebentar, lalu angkat dan sajikan untuk anak hangat-hangat.

 

Beberapa resep makanan sehat untuk anak  di atas  dijamin  menarik minat anak untuk memiliki selera makan. Bunda hanya perlu mempraktikannya dan anak-anak sudah pasti suka. Jangan lupa perhatikan penyajian yang cocok dan mudah dilirik oleh si kecil.

Selamat mencoba, Bun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *