Manfaat Pentingnya Beras Merah Untuk Bayi dan Ibu Hamil

4 bulan lalu, by duniabunda

manfaat beras merah

Bunda, ternyata beras merah itu kaya akan manfaat lho. Apa saja itu? Yuk simak ulasan pentingnya beras merah bagi bayi dan ibu menyusui Dunia Bunda berikut ini!

“Belum makan nih, soalnya belum makan nasi”. Pasti Bunda sudah sering mendengar kalimat tersebut, khususnya untuk orang Indonesia yang merasa belum makan kalau belum makan nasi, atau mungkin Bunda juga merasa seperti itu? Nah, nasi apa nih Bund yang dikonsumsi, nasi putih atau nasi merah? Nasi merupakan sumber karbohidrat dan merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Selain beras putih, juga terdapat jenis beras lainnya yang akan diolah menjadi nasi, salah satunya adalah beras merah.

Nasi putih nampaknya memang jauh lebih enak dibandingkan nasi merah, rasanya yang manis dan pulen membuat nasi putih lebih dipilih dibandingkan nasi merah. Namun, apakah Bunda tahu bahwa beras putih telah melewati proses penggilingan dan pengolahan sebelum dipasarkan yang menyebabkan bagian penting dari bulir beras, bekatul dan mikroba baik hilang. Bekatul dan mikroba tersebut kaya akan serat makanan dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Sedangkan beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi karena hanya mengalami pengelupasan kulit yang paling luar saja, sehingga masih tersisa kulit arinya.

Nasi merah memiliki rasa yang lebih hambar dan teksturnya lebih keras dibandingkan nasi putih. Walaupun rasanya tidak seenak nasi putih, tetapi ternyata nasi merah memiliki segudang manfaat dibandingkan nasi putih loh Bund. Tidak hanya untuk para wanita yang ingin menurunkan berat badan, beras merah juga memiliki banyak manfaat bagi si kecil, ibu hamil bahkan untuk ibu menyusui. Nah, biar Bunda tidak ragu lagi untuk mengonsumsi beras merah, simak yuk ulasan kami kali ini mengenai manfaat beras merah bagi kesehatan Bunda dan tentunya kesehatan si buah hati.

Kandungan Nutrisi Beras Merah

  • Anthocyanins
    Anthocyanins merupakan salah satu kandungan bermanfaat dari beras merah, dan merupakan flavonoid yang menyebabkan warna merah alami pada beras. Anthocyanins memiliki aktivitas sebagai antioksidan, antikanker dan antiinflamasi.
  • Vitamin B
    Vitamin B membantu untuk menghasilkan energi dan mendukung fungsi otak dan sistem saraf
  • Kalsium
    Kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, sedangkan untuk orang dewasa pemenuhan kebutuhan kalsium juga menurunkan risiko osteoporosis. Selain itu, kalsium juga diperlukan oleh bagian tubuh lain, seperti jantung dan saraf, serta untuk proses pembekuan darah. Kalsium diperlukan oleh jantung untuk mengontrol kontraksi jantung, sehingga dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh.
  • Zink
    Zink merupakan salah satu mineral penting yang membantu pertumbuhan, penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi dari sistem imun atau kekebalan tubuh, serta membantu sintesis DNA, sehingga berperan penting untuk tumbuh kembang anak.
  • Zat besi
    Zat besi merupakan zat penting khususnya untuk otak dan darah, serta menjaga kesehatan sel tubuh, kuku, rambut dan kulit. Zat besi merupakan komponen utama untuk pembentukan hemoglobin yang selanjutnya membentuk sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kondisi anemia, dan dapat berpengaruh pada konsentrasi, kemampuan berpikir dan daya ingat. Kekurangan zat besi pada kehamilan juga dapat berbahaya bagi kesehatan bayi.
  • Mangan
  • Selenium
  • Magnesium
  • Serat tinggi

Manfaat Beras Merah untuk Bayi

Sebagai Ibu, tentunya Bunda ingin memberikan nutrisi dan makanan terbaik bagi si kecil. Pemenuhan nutrisi tentunya akan mendukung proses pertumbuhan dan menjaga kesehatan si kecil. Yuk, simak manfaat beras merah untuk buah hati Bunda.

1. Mendukung perkembangan otak dan organ tubuh

Selain mengandung banyak serat, beras merah juga kaya akan vitamin B kompleks yang berfungsi untuk membantu perkembangan organ tubuh si kecil.

2. Sumber energi yang baik

Kandungan vitamin B pada beras merah membantu pembentukan energi dengan baik. Selain itu, beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga si kecil merasa kenyang lebih lama.
Indeks glikemik merupakan suatu ukuran untuk menilai kecepatan karbohidrat yang terdapat di dalam makanan dipecah menjadi gula oleh tubuh manusia. Semakin lama waktu yang diperlukan maka indeks glikemik suatu makanan akan semakin rendah. Rasa kenyang yang lebih lama membantu si kecil untuk tidak terbangun pada malam hari.

3. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi

Beras merah juga mengandung kalsium dan mangesium yang diperlukan untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat.

4. Kesehatan pencernaan

Usia bayi dan anak-anak sering mengalami keluhan sembelit karena kurangnya asupan serat, sehingga konsumsi beras merah akan membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil sehingga terhindar dari sembelit.

5. Mendukung perkembangan saraf dan jantung

Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selain untuk si kecil, ternyata beras merah juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan, bahkan setelah melahirkan dan selama menyusui. Kandungan nutrisi beras merah sangat dibutuhkan untuk ibu hamil dan menyusui.

1. Melancarkan pencernaan

Tidak jarang ibu yang sedang mengandung mengeluh sulit buang air besar atau sembelit akibat penekanan janin pada saluran pencernaan. Beras merah merupakan sumber serat yang baik dan dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan Bunda dan dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Membentuk sel darah untuk ibu dan janin

Kandungan zat besi dan mineral lainnya dalam beras merah mendukung produksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan untuk mengalirkan darah kaya oksigen dan makanan ke seluruh tubuh dan janin.

3. Menurunkan kolesterol

Beras merah juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL, dan juga akan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Sumber energi

Beras merah mengandung karbohidrat yang merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh, serta kandungan tinggi serat dan indeks glikemik yang rendah membuat Bunda menjadi tidak gampang lelah dan merasa kenyang lebih lama.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan anthocyanins yang merupakan antioksidan sangat diperlukan ibu hamil untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

6. Membantu menurunkan berat badan

Beras merah sering digunakan sebagai salah satu pilihan makanan untuk program penurunan berat badan. Jadi, selain kaya nutrisi, konsumsi beras merah juga bisa membantu Bunda untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan ya.

7. Meningkatkan produksi air susu (ASI)

Beras merah mengandung karbohidrat yang dibutuhkan ibu setelah melahirkan dan membantu meningkatkan produksi air susu.

Manfaat Beras Merah untuk Orang Dewasa

Selain bermanfaat untuk bayi dan ibu menyusui, beras merah juga baik untuk diabetes, karena kandungan gulanya lebih sedikit daripada beras putih. Dan beras merah juga baik untuk memelihara kecantikan dan kesehatan.

Aneka Resep MPASI si Kecil dengan Menggunakan Beras Merah

Nah, kali ini kami juga akan memberikan beberapa inspirasi resep yang terbuat dari beras merah. Bubur beras merah dapat digunakan sebagai salah satu menu MPASI si kecil ya Bund. Bunda bisa menggunakan beras merah atau menggunakan tepung beras merah yang dapat Bunda beli di toko makanan. Simak yuk, resep dari kami, selamat mencoba.

Bubur Meras Merah Polos

Bahan:
1-2 sendok makan tepung beras merah
75-100 ml air matang
ASI atau susu formula

Cara membuat:
1. Campur tepung beras merah dan air matang di dalam panci.
2. Masak dengan api kecil, diaduk sampai mencapai tekstur atau kekentalan yang diinginkan.
3. Pindah bubur ke dalam mangkuk.
4. Tambahkan ASI atau susu formula.
5. Siap disajikan.

Bubur Beras Merah Sayur

Bahan:
2-3 sendok makan Tepung beras merah
±100 ml Air matang
Wortel secukupnya

Cara membuat:
1. Kupas dan cuci wortel. Potong dadu dan rebus hingga matang. Setelah matang, haluskan wortel.
2. Tepung beras merah dicampur dengan air matang, dan dimasak di atas api kecil
3. Tambahkan wortel yang telah dihaluskan
4. Masak hingga matang
5. Bubur siap disajikan. Setelah matang, bubur juga dapat ditambahkan dengan ASI atau susu formula.

Selain menggunakan wortel, Bunda juga dapat mengganti dengan sayur lain kesukaan si kecil, seperti brokoli, buncis, kacang panjang, atau pun dengan pisang. Langkah-langkahnya sama, untuk sayur yang akan digunakan direbus dan dihaluskan terlebih dahulu ya Bund.

Bubur Beras Merah Daging

Bahan:
2 sendok makan beras merah
Wortel
Labu siam
Bayam
Daging sapi

Cara Membuat:
1. Kupas dan cuci wortel dan labu siam.
2. Cuci sayur bayam dan daging sapi
3. Potong wortel dan labu siam, kukus sebentar
4. Rebus daging sapi dengan air sampai empuk. Setelah empuk, sisihkan daging sapi.
5. Masukkan beras merah yang telah dicuci ke dalam air sisa rebusan daging. Masak hingga menjadi bubur, tambahkan air jika dirasa kurang.
6. Blender daging sapi, wortel, labu siam dan bayam sampai halus
7. Setelah bubur matang, masukkan sayuran dan daging sapi yang telah halus. Bumbui dengan gula garam sesuai selera
8.Siap dihidangkan

Sama seperti resep MPASI pertama ya Bund, sayur yang digunakan dapat diganti sesuai selera si kecil. Bunda bebas berkreasi untuk menyiapkan MPASI si kecil.

Tim Nasi Merah

Bahan:
200 gram beras merah
900 ml air matang
Tahu putih (kukus terlebih dahulu dan dicincang)
Wortel potong dadu
Daging ayam potong kecil-kecil
Minyak goreng atau Margarin secukupnya

Bumbu:
6 siung bawang putih, kupas dan cincang
Gula secukupnya atau sesuai selera
Garam secukupnya atau sesuai selera
Saos tiram secukupnya (bila suka) atau dapat diganti dengan kecap manis

Cara membuat:
1. Cuci beras merah dengan air bersih. Jika perlu, beras merah dapat direndam dengan air terlebih dahulu sekitar 1 jam agar lebih lunak.
2. Masak beras dan air hingga air habis.
3. Tumis bawang putih dengan minyak goreng atau margarin hingga kekuningan dan harum.
4. Masukkan daging ayam dan wortel, tumis sebentar.
5. Masukkan tahu yang telah dicincang, dan bumbui sesuai selera.
6. Pindahkan nasi yang telah dimasak ke dalam mangkuk tahan panas, tambahkan tumisan ayam, wortel dan tahu
7. Kukus hingga matang
8. Siap disajikan

Wah, banyak ya ternyata manfaat dari mengonsumsi beras merah. Tidak hanya untuk si kecil, bahkan ibu hamil dan menyusui juga membutuhkan nutrisi dari beras merah. Gimana nih Bund, apakah Bunda tertarik untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah? Dicoba juga ya Bund, resep dari kami, dijamin bikin ketagihan. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan selamat mencoba Bunda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *