9 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak Anak

3 bulan lalu, by duniabunda

manfaat minyak ikan

Saat ini, minyak ikan merupakan salah satu suplemen yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Kandungan omega-3 pada minyak ikan dipercaya memiliki efek yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Biasanya pada orang dewasa, suplemen ini digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan menjaga kesehatan jantung. Sedangkan pada anak, minyak ikan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi perkembangan otak anak.

Mungkin Bunda sudah pernah mencoba memberikan suplemen minyak ikan untuk si kecil, namun karena rasanya yang kurang enak si kecil menolak untuk meminumnya. Nah, kali ini Dunia Bunda akan mengupas tuntas mengenai manfaat minyak ikan dan beberapa merk minyak ikan yang ada di pasaran, serta tips untuk Bunda agar si kecil mau mengonsumsi minyak ikan. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa makanan yang kaya akan kandungan omega-3, sehingga dapat Bunda masukkan dalam daftar menu si kecil. Simak ya Bund!

Apa itu Omega-3?

Omega-3 merupakan asam lemak yang diperlukan oleh tubuh, namun tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga perlu mendapatkan asupan dari makanan atau suplemen. Ada 2 jenis asam lemak omega-3 yang terdapat di minyak ikan, yaitu DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid).

•DHA

Asam lemak ini merupakan bagian penyusun otak manusia, khususnya di sistem saraf pusat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Lauritzen, dkk, DHA diketahui berkaitan denga fungsi otak dan membantu pertumbuhan sel saraf. Oleh karena itu, tidak heran jika DHA ini dapat membantu kecerdasan otak.
Selain untuk otak, DHA juga dapat membantu perkembangan visual dan menjaga kesehatan mata, oleh karena itu suplemen yang mengandung DHA juga disarankan saat Bunda sedang mengandung si kecil. DHA juga dapat meningkatkan beberapa kondisi mata, seperti mata kering dan komplikasi diabetes pada mata yaitu diabetic retinopathy.

•EPA

Asam lemak yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. EPA dapat membantu mengurangi peradangan sel. EPA juga dikaitkan dengan pengaturan suasana hati atau mood.

Asal Suplemen Minyak Ikan

Minyak ikan adalah lemak atau minyak diekstraksi dari jaringan ikan. Biasanya diambil dari ikan tuna, mackerel dan ikan lainnya, namun kadang juga diproduksi dari hati ikan seperti minya ikan cod.

Badan organisasi dunia atau yang dikenal dengan World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk mengonsumsi 1 sampai 2 porsi ikan tiap minggunya untuk mendapatkan omega-3 yang cukup untuk tubuh. Namun, jika hal itu tidak bisa dilakukan maka penggunaan suplemen merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Manfaat Suplemen Minyak Ikan

manfaat minyak ikan untuk perkembangan otak anak

manfaat minyak ikan untuk perkembangan otak anak

Apa saja manfaat minyak ikan untuk anak anak khususnya :

1.Manfaat minyak ikan untuk otak adalah meningkatkan fungsi otak.

Kandungan DHA pada suplemen minyak ikan sudah terbukti dapat membantu perkembangan otak dan sistem saraf pusat.

2.Menjaga kesehatan mata

Tidak hanya baik untuk si kecil, konsumsi suplemen minyak ikan juga dapat meningkatkan penglihatan pada usia lanjut loh Bund.

3. Menjaga kesehatan jantung

Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak yang baik. Penelitian menyatakan bahwa pasien yang mengonsumsi ikan memiliki risiko yang lebih rendah terhadap penyakit jantung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen minyak ikan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) dan menurunkan trigliserida.

4.Mengurangi inflamasi atau peradangan

Proses peradangan merupakan respon alami tubuh untuk melawan infeksi dan mengobati luka. Penggunaan suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi peradangan dengan menurunkan senyawa sitokin dan membantu dalam perawatan penyakit dengan inflamasi kronis, seperti obesitas atau kegemukan, diabetes, depresi dan penyakti jantung.

5. Untuk Kesehatan Kulit

Sedangkan untuk wajah dan Kulit, minyak ikat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan dan kelembutan kulit

6.Membantu perkembangan anak dengan ADHD dan meningkatkan nafsu makan

Manfaat minyak ikan untuk anak dan remaja adalah untuk menambah berat badan dan meningkatkan nafsu makan. Disamping itu untuk anak khususnya, dapat meningkatkan perhatian pada anak dengan ADHD
Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan salah satu gangguan perilaku pada anak atau lebih sering dikenal dengan hiperaktif. Gangguan ini tentu dapat mengganggu proses belajar dan perkembangan anak. Kandungan omega-3 dalam minyak ikan telah terbukti dapat membantu mengurangi hiperaktif, kurang perhatian dan perilaku negatif lainnya.

7.Mencegah penyakit asma dan risiko alergi

Keuntungan ini dapat dirasakan jika Bunda menggunakan minyak ikan selama kehamilan. Berdasarkan penelitian yang melibatkan 100.000 orang, Bunda yang mengonsumsi minyak ikan akan menurunkan risiko asma pada anak sebanyak 24% sampai 29%. Selain asma, suplemen minyak ikan pada ibu hamil juga dapat menurunkan risiko alergi pada bayi.

8.Meningkatkan kesehatan tulang

Selain vitamin D dan kalsium, minyak ikan juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Beberapa penelitian menyatakan individu dengan konsumsi dan kadar darah yang tinggi akan omega-3 memiliki bone mineral density atau kepadatan tulang yang lebih baik. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini.

9.Meningkatkan daya ingat

Nah, banyak ya Bund manfaat dari mengonsumsi minyak ikan. Tidak hanya baik bagi perkembangan si kecil, tapi juga baik untuk dikonsumsi oleh orang dewasa, tentunya dengan dosis yang berbeda.

Apakah Risiko Mengonsumsi Minyak Ikan?

Pada umumnya, penggunaan minyak ikan aman pada si kecil. Namun, beberapa risiko yang dapat terjadi saat mengonsumsi minyak ikan, antara lain:
•Risiko alergi
•Diare
•Mual, muntah
•Nyeri perut
•Risiko pendarahan

Jadi, jika si kecil memiliki gangguan darah, seperti peningkatkan risiko pendarahan, makan penggunaan minyak ikan sebaiknya dihindari, atau konsultasikan terlebih dahulu oleh dokter.

Rekomendasi Merk Minyak Ikan Untuk Si Kecil

Beberapa merk obat yang dapat Bunda pilih untuk si kecil, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, antara lain:

•Scott’s Emulsion

Harga: kemasan 200 ml ±Rp 30.912, kemasan 400 ml ±Rp 49.812
Suplemen ini berbentuk emulsi dengan kandungan omega-3, vitamin A, vitamin D dan kalsium, sehingga baik untuk perkembangan otak dan tubuh si kecil. Bunda bisa menggunakannya mulai usia 1 tahun, sekali sehari.

•Pure DHA Child Life

Harga: ±Rp 190.000
Produk minyak ikan ini berasal dari Amerika Serikat. Pure DHA Child Life merupakan sediaan tablet kunyah dengan rasa strawberry sehingga akan lebih mudah diterima oleh si kecil. Minyak ikan ini dapat digunakan mulai usia 1 tahun sampai 12 tahun.

•Omega Junior Nature’s Health

Harga: ±Rp 150.000
Suplemen ini juga merupakan sediaan tablet kunyah dengan rasa jeruk yang enak. Bunda dapat memberikannya pada anak usia 2 tahun ke atas.

•Fish Oil Omega 3 Healthy Care

Harga: ±Rp 180.000
Berbeda dengan 2 suplemen sebelumnya, Fish Oil Omega 3 Healthy Care berbentu kapsul yang mengandung 1000 mg omega-3. Suplemen ini berasa dari Australia dan dapat digunakan mulai usia anak 2 tahun ke atas.

•Kids Smart Vita Gummies Nature’s Way

Harga: ±Rp 140.000
Suplemen ini berbentuk seperti permen jelly dengan 3 rasa yang berbeda, yaitu strawberry, lemon dan cherry. Bentuk dan rasanya yang menarik pasti akan disukai oleh si kecil. Kids Smart Vita Gummies Nature’s Way dapat diberikan pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun.

•Kidz Omega 3 Nutrimax

Harga: ±Rp 130.000
Suplemen ini berbentuk kapsul lunak dengan rasa lemon menggunakan minyak lemon alami. Kidz Omega 3 Nutrimax mengandung EPA, DHA dan asam lemak omega-3 lainnya.

•Blackmores Odourless Fish Oil

Harga: ±Rp 335.000
Suplemen ini berbentuk kapsul yang tidak memiliki rasa amis, dan dikembangkan tanpa menggunakan surfaktan buatan, dan tidak mengandung merkuri. Bunda dapat memberikan suplemen ini mulai usia 2 tahun sampai 12 tahun.

•Kids Omega-3 Fish Oil Scape

Harga: ±Rp 350.000
Suplemen ini tergolong cukup mahal ya Bund, dibuat oleh perusahaan asal Australia. Mereka mengklaim bahwa sumber ikan yang digunakan berasal dari ikan laut dalam, sehingga memiliki kandungan omega-3 yang lebih banyak. Suplemen ini berbentuk tablet kunyah dan bisa Bunda berikan pada anak usia di atas 3 tahun.

Sebelum Bunda memutuskan untuk memberikan suplemen minyak ikan pada si kecil, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu oleh dokter anak yang merawat si kecil agar mendapatkan takaran dosis yang tepat.

Makanan yang Kaya akan Omega-3

Selain dari suplemen, juga terdapat makanan yang kaya akan kandungan omega-3, yaitu:

  1. Ikan, Sumber utama omega-3 berasal dari ikan. Beberapa ikan yang dapat Bunda berikan untuk si kecil adalah ikan salmon, sarden, cakalang, tuna, bandeng, patin, ikan ekor kuning dan ikan kembung.
  2. Makanan laut, seperti kerang tiram dan udang
  3. Daging sapi
  4. Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, hazelnut, almond
  5. Biji-bijian, seperti bijia chia
  6. Telur, Satu telur bebek atau ayam mengandung 60 sampai 150 mg omega-3
  7. Sayur-sayuran, seperti brokoli, bayam

Tips untuk memenuhi kebutuhan Omega-3 si kecil

  1. Pilihlah suplemen minyak ikan yang sekiranya akan disukai oleh si kecil, misalnya rasa yang enak dan tidak amis
  2. Bunda dapat menyamarkan rasa minyak ikan dengan makanan atau minuman lainnya, misalnya dalam susu, yogurth, jus buah, madu atau es krim
  3. Pilihlah bentuk sediaan minyak ikan yang sesuai dengan si kecil. Suplemen minyak ikan tersedia dalam bentuk cair, kapsul lunak, gummy dan tablet kunyah.
  4. Berikan suplemen minyak ikan secara rutin agar si kecil terbiasa dengan rasa minyak ikan.
  5. Jangan paksa si kecil untuk mengonsumsi minyak ikan, agar si kecil tidak tersedak dan membahayakannya
  6. Jika si kecil tidak menyukai atau alergi terhadap suplemen minyak ikan, Bunda dapat memberikan makanan yang kaya akan omega-3, tentunya dengan pengolahan yang disukai oleh si kecil

Wah, ternyata banyak sekali ya Bund manfaat dari minyak ikan untuk perkembangan otak dan kesehatan si kecil. Tidak hanya si kecil, Ayah dan Bunda juga bisa mengonsumsi minyak ikan loh. Gimana nih Bund, apakah tertarik memberikan suplemen minyak ikan untuk si kecil? Pastikan Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker ya, agar si kecil mendapatkan dosis yang tepat sesuai dengan usia dan kebutuhannya. Simpan juga minyak ikan di wadah yang tertutup rapat, dan letakkan di tempat sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya, ikuti terus website kami untuk mendapatkan update ilmu terbaru dan berbagai informasi berguna dan menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *