5 Manfaat Tidur Berdekatan dengan Bayi

1 bulan lalu, by duniabunda

manfaat tidur berdekatan dengan bayi

Saya sangat menikmati saat-saat tidur bersama bayi saya. Ini jauh lebih baik daripada membiarkan bayi yang baru lahir tidur sendirian di boks bayi, alangkah menakutkan bagi bayi ketika dia terjaga ditengah malam tanpa ada seorangpun disisinya yang ada hanyalah dia akan menangis keras membangunkan seisi rumah dan juga mengganggu tetangga. Jika Bunda ingin ketenangan di malam hari, berbagi tempat tidur bersama bayi adalah solusinya.

Manfaat Tidur Berdekatan Dengan Bayi

Berikut manfaat tidur berdekatan dengan bayi (satu tempat tidur) :

1. Bayi tidur dengan lebih baik.

Bayi akan belajar bahwa tidur bukanlah suatu yang menakutkan tapi menyenangkan untuk dijalani. Bayi yang tidur bersama orangtuanya tidak saja lebih gembira tetapi akan tidur lebih lama. Bangun tidur tidak terasa menakutkan baginya jika dia bangun di dekat ibunya, dia akan memahami bahwa dia baik-baik saja.

2. Ibu tidur dengan lebih baik.

Betapa menyenangkan jika mampu memuaskan kebutuhan-kebutuhan bayi di malam hari tanpa harus meninggalkan tempat tidur Bunda yang hangat. Bunda juga tidak perlu mengkhawatirkan keadaan bayi Bunda karena Bunda bisa selalu melihatnya.

3. Lebih mudah menyusui.

Para ibu menyusui biasanya penggemar tidur bersama bayi. Bayi yang mengonsumsi ASI perlu sering menyusu bahkan di malam hari. Tidur bersama bayi tidak mengharuskan Bunda untuk benar-benar bangun disaat bayi ingin menyusu di malam hari dan bayi juga tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk bisa menyusu. Ketika bayi ingin menyusu, Bunda cukup mengarahkan payudara Bunda ke bayi dan Bunda bisa melanjutkan tidur Bunda yang nyaman

4. Membantu bayi dan ibu mengejar ketertinggalan karena terpisah di siang hari.

Tidur bersama bayi sangat dianjurkan bagi orangtua yang terpisah dengan bayinya karena harus pergi bekerja dari pagi. Tidur bersama di waktu malam membantu menggantikan sentuhan yang hilang.

5. Mengembangkan kepercayaan antara orangtua dan bayi.

Tidur bersama bayi memungkinkan Bunda untuk memberi pesan “aku peduli” sepanjang malam tanpa mengatakan sepatah kata pun. Berada di dekat bayi ketika dia terbangun dalam keadaan bingung di tengah malam menandakan bahwa Bunda dapat merespons dengan cepat, dan bayi pun merasa aman untuk melanjutkan tidurnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *