15 Merk Clodi Bayi yang Bagus dan Tips untuk Memilihnya

2 minggu lalu, by duniabunda

merk clodi bayi yang bagus dan berkualitas

Kulit bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sensitif sehingga sebagian bayi sangat rentan terkena iritasi dan kemerahan akibat produk yang digunakannya sehari-hari. Salah satu penyebab munculnya ruam dan iritasi pada kulit bayi adalah oleh penggunaan popok biasa. Pengobatan dengan krim popok tidak selalu efektif karena ruam pada kulitnya akan muncul lagi dan lagi selama popok tersebut masih terus digunakan. Hal ini tentunya tidak baik karena bayi menjadi mudah rewel dan tidak bahagia. Solusinya Bunda bisa menggunakan popok kain atau sering disebut “clodi bayi”. Pilihlah merk clodi bayi yang bagus dan terjamin kualitasnya supaya lebih tahan lama dan terasa nyaman ketika dipakai sepanjang hari. Bayi Bunda pun akan terhindar dari masalah iritasi dan kemerahan pada kulitnya.

Namun, sudahkah Bunda tahu lebih dalam seputar clodi hingga perbedaannya dengan popok sekali pakai? Yuk, simak beberapa penjelasan di bawah ini!

Cloth Diaper

Clodi atau popok kain merupakan jenis popok yang bisa dicuci maupun dipakai berulang kali. Popok ini sifatnya lebih hemat daripada popok sekali pakai.

Saat ini, clodi merupakan popok kain modern yang sudah dirancang untuk memiliki daya penyerapan yang tinggi sekaligus praktis digunakan.

Clodi harus mampu memiliki ukuran yang sesuai dengan bayi dan nyaman dipakai hingga seharian. Maka dari itu, ada beragam jenis clodi yang sudah bisa ditemukan akibat perkembangan zaman, antara lain:

  • Pocket diaper
  • All in one atau all in two
  • Diaper cover
  • Fitted diaper
  • Contour diaper

Selain itu, Bunda juga sudah bisa menemukan ukuran Multi Size yang fleksibel sesuai perkembangan bayi. Sedangkan, ukuran One Size cocok untuk bayi dengan berat 3-16 Kilogram.

Keuntungan Clodi Dibandingkan Popok Sekali Pakai

1. Clodi lebih sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Jerman beberapa waktu lalu menemukan, bahwa ada pengaruh buruk dari pemakaian popok sekali pakai.

Sebagian produk disposable diaper menggunakan zat beracun yang diperoleh dari proses pemutihan kertas, yaitu Dioxin. Senyawa ini dilarang oleh banyak negara karena bersifat karsinogenik, paling beracun diantara semua zat penyebab kanker.

Selain itu, terdapat kandungan Tributyl-tin (TBT) atau sebuah senyawa yang mampu mengganggu keseimbangan hormon manusia dan hewan.

Sebagian bayi juga mudah merasakan kulit yang sensitif ketika menggunakan popok sekali pakai. Oleh karena itu, penggunaan popok kain banyak disarankan untuk meminimalisir gangguan kesehatan, terutama pada anak bayi.

2. Popok kain yang ramah lingkungan

Faktanya, penggunaan clodi untuk bayi mampu mendukung lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Mengapa? Bunda tidak perlu ikut-ikutan menjadi agen penimbun limbah berupa popok sekali pakai.

Pada 1988, sebanyak lebih dari 18 miliar popok telah terjual dan dikonsumsi oleh penduduk Amerika Serikat. Hal ini berdampak pada 92% pemakaian popok hanya akan ditimbun di tanah.

Padahal, popok sekali pakai baru bisa hancur dalam kurun waktu 250-500 tahun. Pada akhirnya, limbah popok sekali pakai turut berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan tanah.

3. Clodi lebih ekonomis dan terjangkau

Meskipun harus memiliki stok popok kain sekitar 30 buah, nyatanya clodi jauh lebih hemat dibandingkan popok sekali pakai.

Coba Bunda asumsikan penghitungan berikut untuk penggunaan popok bayi sampai 2 tahun:

  • Popok sekali pakai: Rp1500,00 x 6 (jumlah ganti popok dalam satu hari) x 365 hari x 2 tahun = Rp6.516.000,00
  • Popok kain: Rp100.000,00 x 30 buah x 365 hari x 2 tahun = Rp2.190.000,00

Ya, dengan penggunaan clodi, Bunda bisa menghemat biaya hingga lebih dari 60%. Sebagian Bunda bahkan juga bisa menyimpannya untuk dipakai kembali oleh generasi berikutnya.

Rekomendasi Merk Clodi Bayi yang Bagus

1. GroVia Hybrid Diaper Shell

GroVia Hybrid Diaper Shell

GroVia Hybrid Diaper Shell photo via grovia.com

Harga: Rp 260.000

Rekomendasi merk clodi bayi yang bagus yang pertama adalah Grovia Hybrid Diaper Shell.  Produk yang satu ini menawarkan pilihan clodi dengan beragam desain dan warna. Menggunakan pilihan penutup Hook/Loop supaya lebih mudah dilepas atau dipasang dan Snap yang mudah dibersihkan.

Popok kain ini bisa dipakai untuk bayi Bunda yang memiliki berat badan mulai dari 3 Kilogram sampai 13 Kilogram.

Dengan pilihan model yang lucu dan menggemaskan, tidak akan ada limbah yang mencemari lingkungan. Bayi Bunda juga menjadi lebih sehat karena ruam popok akan sangat jarang terjadi, atau tidak akan pernah terjadi!

Popok kain hybrid yang penuh gaya dikombinasikan dengan Soaker Pads dan BioSoaker yang modern, ramah lingkungan, serta lebih fleksibel terhadap penyesuain tubuh si kecil. Hal ini tentu akan meningkatkan kenyamanan pemakaiannya.

Baca juga Rekomendasi 21 Krim Ruam Popok yang Bagus dan Ampuh ini

2. FuzziBunz All-in-One Diaper

FuzziBunz All-in-One Diaper

FuzziBunz All-in-One Diaper photo via amazon.in

Harga: Rp190.300,00

Menyediakan kesederhanaan baru yang tetap modern pada pemakaian popok kain. Memiliki SUPER Trim yang mampu menyerap dengan daya tinggi sekaligus mudah dibersihkan.

Bunda bisa memakaikannya dengan atau tanpa kain tambahan yang mampu menyerap lebih lama hingga semalaman.

Menggunakan teknologi dari bahan ZORB sekaligus daya penyerapan microfiber halus yang secara sembunyi-sembunyi mampu memberikan kekuatan clodi secara luar biasa.

FuzziBunz menyediakan All-in-One Diaper dengan ukuran One Size Fantastic Elastic. Dengan gerakan yang lebih leluasa dan fleksibel, bayi juga mudah merasakan kenyamanan lebih optimal. Beberapa desain stylish yang ditawarkan, yaitu Animal Crackers, Woodsie, dan Space Monsters.

3. Swimava Swim Diaper

Swimava Swim Diaper

Swimava Swim Diaper photo via littlehannah.co.id

Harga: Rp225.000,00

Apakah si bayi juga memiliki jadwal renangnya sendiri? Jika iya, merk popok kain yang satu ini akan mendampinginya selama berada di kolam renang.

Produk ini cocok untuk bayi baru lahir hingga usia 18 bulan. Menggunakan 3 pengaturan yang mudah disesuaikan pada area pinggang dan kaki.

Selain itu, terdapat 3 perlindungan lapisan dengan membran bagian dalam yang tidak tembus cahaya. Fungsinya dapat dirasakan ketika popok kain mampu melindungi si kecil dengan sempurna.

Kain yang dipakai dirancang secara khusus dengan kombinasi pelindung UVA dan UVB ketika bayi harus terpapar matahari ketika berenang.

4. Cluebebe Pocket Classic

Cluebebe Pocket Classic

Cluebebe Pocket Classic photo via jd.id

Harga: Rp85.000,00

Cluebebe Pocket Classic menyediakan variasi clodi bermotif, polos, insert only atau penyerap saja, dan pocket only tanpa insert.

Merk clodi bayi yang bagus dan berkualitas ini 100% buatan Indonesia. Bunda dapat melakukan setting clodi menjadi 3 ukuran, yaitu S, M, dan L. Bisa dipakai untuk bayi yang baru lahir hingga usia 2,5 tahun.

Insert dari popok kain ini terbuat dari 3 lapisan microfiber dan 1 lembar microfleece stay dry. Lapisan ini bisa menyerap 220 ml cairan secara maksimal.

Ada dua pengaturan pinggang yang bisa Bunda pilih, antara lain snap atau kancing dan Velcro atau perekat. Velcro mungkin lebih praktis dan cepat, namun tipe snap bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

5. Gee Gallery B-Dipe Pirates

Gee Gallery B-Dipe Pirates

Gee Gallery B-Dipe Pirates photo via geegallery.com

Harga: Rp75.000,00

Popok kain ini memiliki kantong yang dilengkapi dengan lapisan penyerap atau insert dan bisa digunakan untuk bayi baru lahir sampai usianya menginjak 2 tahun.

Berat maksimal penggunaan popok ini mampu mencapai 15 Kilogram. Dirancang dengan penuh ketepatan supaya mudah menyesuaikan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Outer layernya menggunakan Polyester, Polyuretane, dan Laminated PUL. Sedangkan, inner layernya memanfaatkan daya tahan dari microfleece.

Mudah diatur dengan kelengkapan Velcro and Snap, di mana Velcro memiliki ukuran yang besar dan Snap sebesar 3 x 3. Kapasitasnya bisa mencapai 220 ml cairan untuk menampung kebutuhan si kecil.

6. PemPem! Snap+Insert Microfiber

PemPem! Snap+Insert Microfibe

PemPem! Snap+Insert Microfiber photo via kicaukecil.com

Harga: Rp81.500,00

Nah, merk clodi bayi yang bagus gerikutnya adalah Clodi PemPem! Bisa digunakan oleh bayi dengan berat 3-15 Kilogram dan rentang usia 2 bulan hingga 2 tahun.

Penyerapannya mampu disesuaikan dengan kebutuhan, banyak maupun sedikit. Bunda bisa atur ketika bayi berada di dalam rumah atau bepergian, atau saat tidur siang dan tidur malam.

Lapisan luarnya menggunakan bahan yang waterproof untuk mencegah kebocoran. Bagian dalamnya terbuat dari material suede yang lembut dan cepat kering. Kondisi akan mencegah lingkungan pantat bayi yang terlalu lembap.

Clodi ini juga memanfaatkan bahan TPU yang lebih ramah lingkungan, lembut, dan fleksibel supaya terasa lebih nyaman dipakai.

7. Kangacare Rumparooz OBV One Size Diapers

Kangacare Rumparooz OBV One Size Diapers

Kangacare Rumparooz OBV One Size Diapers photo via naturebabyoutfitter.com

Harga: Rp178.000,00

Rumparooz menggunakan lapisan dalam Organic Cotton Bamboo Velor yang premium dan mewah untuk menciptakan bantalan ternyaman untuk si kecil.

Bamboo 6R Soaker mampu memberikan daya serap tahan lama. Ditambah dengan kelembutannya yang mampu menemani bayi sepanjang hari.

Selain itu, ada teknologi perlindungan dari kebocoran yang sudah dipatenkan oleh Kangacare secara ganda pada bagian dalam supaya penguncian dapat berlangsung dengan baik. Penggunaan TPU pada bagian luar bersifat waterproof dalam menampung cairan.

Rumparooz menyediakan variasi produk yang beragam dengan tema ekosistem, yaitu Boysenberry, Saffron, Atlantis, Caribbian, dan Glacier.

8. Ecobum SUPER TRAINER 3in1 Training Pant, Swim Diaper, and Cloth Diaper

 Ecobum SUPER TRAINER 3in1 Training Pant, Swim Diaper, and Cloth Diaper

Ecobum SUPER TRAINER 3in1 Training Pant, Swim Diaper, and Cloth Diaper photo via ecobum.net

Harga: Rp146.000,00

Popok kain ini mudah dipakaikan kepada anak bayi Bunda. Bagian luarnya menggunakan PUL dengan laminasi TPU yang tahan air dan breathable untuk menjaga kesehatan kulit si kecil.

Bagian dalam clodi menggunakan Natural Material Inner Bamboo yang sangat halus, lembut, dingin, dan tidak mudah menimbulkan bau pesing.

Sebagai Swim Diaper, popok ini mampu mencegah kotoran yang berceceran dan mampu terkunci secara sempurna di dalam kantung penyerap.

Ecobum SUPER TRAINER memiliki kapasitas penampungan hingga 200 ml. Terasa praktis dan ekonomis untuk digunakan sepanjang hari.

9.  Moo Moo Kow Aplix Cloth Diaper

Moo Moo Kow Aplix Cloth Diaper

Moo Moo Kow Aplix Cloth Diaper photo via luxibubs.com

Harga: Rp370.000,00

Menjadi merk clodi bayi yang bagus karena memberikan efek samping yang sehat untuk bayi kecil Bunda. Terasa nyaman, ekonomis, mudah dicuci, dan ramah lingkungan.

Bahan-bahan yang digunakan mampu menjaga kekeringan, mudah dirawat dan dibersihkan, serta cocok dipakai pada siang maupun malam hari. Menggunakan PUL berkualitas tinggi yang tahan terhadap pencucian dengan air panas.

Menggunakan sisipan Two Stay Dry yang mampu mencegah terjadinya kebocoran. Lapisan yang elastis pada area paha akan menunjang kenyamanan setiap saat.

Pemotongan kainnya mampu disesuaikan dengan perkembangan bayi, sebuah investasi yang baik dan mampu bertahan lama di masa depan. Tersedia beberapa sisipan berbeda yang bisa dipakai sesuai kebutuhan.

10. Enphilia Crispy Cloth Diaper

Enphilia Crispy Cloth Diaper

Enphilia Crispy Cloth Diaper photo via bukalapak.com

Harga: Rp45.000,00

Popok kain modern ini telah dirancang senyaman mungkin untuk si kecil supaya lebih sehat dan ramah lingkungan.

Istimewanya, bahan inner dan outernya terbuat dari fleece yang sifatnya menolak air atau water repellent. Lingkungan di dalam kantung tetap terjaga kekeringannya. Memiliki kancing atau snap yang mudah diatur, cukup untuk bayi dengan berat 3 sampai 14 Kilogram.

Soaker pad sebagai bahan penyerapnya terdiri dari 2 lapisan microfiber dan 1 lapisan microfleece yang tetap stay dry untuk menjaga kulit si kecil.

Selain itu, ada lapisan doubler yang terdiri dari 2 lembar microfiber dan bisa diletakkan pada bagian tengah atau depan sesuai kebutuhan.

11. Babyland Pant Bamboo

Babyland Pant Bamboo

Babyland Pant Bamboo photo via alibaba.com

Harga: Rp90.000,00

Menggunakan insert bamboo yang berkualitas dan daya tampung yang maksimal untuk menemani hari-hari si kecil.

Inner bamboo memang sangat efektif untuk kulit sensitif karena sifatnya antibakteri sekaligus memperlancar peredaran darah.

Innernya juga memiliki kerutan yang berfungsi untuk melindungi dengan lapisan ganda supaya cairan tidak bocor atau tumpah ke samping.

Produk ini tetap stay dry saat sudah menempel ke kulit bayi secara langsung. Bunda bisa memakaikannya dengan sistem cover maupun insert ke dalam kantung.

12. Bebibum Solid Diaper Insert and Cover

Bebibum Solid Diaper Insert and Cover

Bebibum Solid Diaper Insert and Cover photo via bukalapak.com

Harga: Rp157.000,00

Popok kain ini menggunakan sistem All in Two atau cover, sehingga insert harus langsung ditempelkan di atas cover memakai snap atau kancing.

Lapisan suede melengkapi insert supaya tetap lembut dan stay dry untuk kulit yang tidak mudah terkena ruam. Insert tidak akan mudah bergerak meskipun si kecil aktif dan bergeser ke sana ke mari.

Bahan dasar PUL tersembunyi di bagian dalam kain polyester supaya tidak mengenai kulit lembut bayi. Desain covernya menggunakan kerutan gusset yang mampu mencegah kebocoran di samping. Bahan lining mampu mencegah kemerahan pada paha si kecil.

Kancing pengatur ukurannya fleksibel dan dapat diaplikasikan untuk bayi yang memiliki berat 4,5 Kilogram hingga 18 Kilogram.

13. Little Hippo Premium Eco Clodi

Little Hippo Premium Eco Clodi

Little Hippo Premium Eco Clodi photo via mesikapw.com

Harga: Rp70.000,00

Clodi yang satu ini bisa Bunda pakaikan untuk bayi baru lahir hingga mencapai berat 15 Kilogram. Selain menghemat pengeluaran karena bisa dicuci, ukurannya bisa diatur menjadi S, M, dan L.

Microfibernya memiliki daya tampung tinggi supaya tidak mudah bocor meskipun dipakai semalaman. Kualitas terbaik bisa Bunda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Bahannya yang lembut membuat si kecil lebih nyaman memakai popok kain ini. Selain itu, sifatnya breathable untuk mempermudah pertukaran udara pada kulit bayi.

Little Hippo akan menjamin kesehatan kulit bayi dengan tidak memberikan efek samping berupa ruam atau kemerahan.

14. Omiland Cloth Diapers

Omiland Cloth Diapers

Omiland Cloth Diapers photo via tokopedia.com

Harga: Rp114.000,00

Satu pake clodi Omiland menghadirkan 2 diapers dan 2 insert yang bisa diaplikasikan untuk penggunaan setiap hari.

Bisa digunakan oleh bayi dengan berat 4 Kilogram sampai dengan 18 Kilogram. Rekatannya bisa disetel menyesuaikan ukuran perkembangan si kecil.

Pengganti popok sekali pakai ini mampu mencegah timbulnya iritasi pada kulit halus bayi. Bahan insertnya lebih tebal dan mudah meresap cairan.

Insert atau soaker pad yang berkualitas terbuat dari microfiber dengan daya serap tinggi, namun cepat kering setelah dicuci dan dijemur.

15. Pokado Cloth Diaper Pocket Velcrow

Pokado Cloth Diaper Pocket Velcrow

Pokado Cloth Diaper Pocket Velcrow photo via shopee.co.id

Harga: Rp50.000,00

Clodi lokal ini menggunakan material PUL yang waterproof untuk menghindari kebocoran cairan saat dipakai beberapa lama. Namun, sifat breathable clodi tidak hilang untuk memperlancar sirkulasi udara.

Bahan inner atau bagian dalamnya adalah microfleece lembut, menyerap sempurna dengan permukaan yang tetap kering.

Untuk penyerapnya sendiri terbuat dari microfiber yang mampu menyerap cairan dengan baik dan banyak digunakan sebagai bahan utama popok kain bayi.

Sifatnya fleksibel dan dapat diatur menjadi beragam ukuran, mulai dari S, M, hingga L. Popok kain Pokado banyak dipakai oleh bayi baru lahir hingga usianya mencapai 2 tahun.

 

Pilihan merk clodi bayi yang bagus di atas bisa menjadi referensi terbaik bagi Bunda dalam memilih produk terbaik. Selain melihat keuntungan dan spesifikasinya, perhatikan juga rencana pengaluaran yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *