Rekomendasi  15 Merk Deterjen Bayi Terbaik dan Aman Bagi Kulit Bayi yang Sensitif

1 bulan lalu, by duniabunda

merk deterjen bayi terbaik

Kebersihan adalah hal terpenting yang harus Bunda perhatikan dalam merawat bayi.  Hal ini untuk menghindarkan gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh bayi sejak baru lahir seperti masalah kulit dan diare. Nah, kebersihan pakaian bayi merupakan salah satu contohnya. Dengan pakaian yang bersih akan mencegah gangguan masalah kulit seperti ruam popok pada bayi. Pastikan Bunda rajin mengganti pakaian bayi karena bayi mudah berkeringat karena kepanasan.  Selain itu, disebabkan oleh tumpahan makanan atau muntahan pada pakaiannya. Saat mencuci pakaian bayi, jangan memilih sembarang deterjen ya Bun. Karena beberapa deterjen biasa, memiliki kandungan yang mungkin tidak cocok untuk kulit bayi yang sensitif. Alih-alih malah menimbulkan masalah kulit pada bayi seperti gatal-gatal dan alergi. Solusinya Bunda bisa menggunakan deterjen yang diformulasikan khusus untuk bayi. Nah, berikut deretan merk deterjen bayi terbaik dan berkualitas serta aman bagi kulit bayi yang sensitif.

Sebelum membahas produk deterjen yang direkomendasikan untuk pakaian bayi, sebaiknya Bunda ketahui dulu cara memilih merk yang tepat sekaligus apa saja komposisi di dalamnya. Simak penjelasan di bawah ini, ya Bun!

Cara Memilih Deterjen Bayi yang Terbaik dan Aman

Dalam mencuci pakaian bayi, Bunda sebaiknya mampu mengutamakan keamanannya. Jangan sampai nantinya ada masalah kulit yang menyerang si kecil hanya karena pengaruh dari deterjen yang kurang cocok. Apa saja kriteria yang harus dipenuhi sebuah produk?

1. Deterjen lolos uji iritasi

Sebelum membeli produk pilihan Bunda, alangkah baiknya dilakukan tes iritasi terlebih dahulu. Apalagi, untuk anak bayi yang memiliki masalah eksim, ruam, serta kemerahan.

Tujuan dari pemeriksaan alergi ini supaya deterjen yang dipakai mampu menjaga keamanan kulit bayi. Belum lagi kalau deterjen dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, bahan-bahan maupun komposisi produk wajib diperhatikan serta dipertimbangkan.

2.  Pilih deterjen bebas surfaktan

Umumnya, deterjen yang menggunakan bahan-bahan alami tidak menggunakan surfaktan dalam mengutamakan keamanan. Bahan alami ini dapat berupa fatty acid potassium serta fatty acid sodium.

Surfaktan memang ampuh membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian, namun senyawa ini mudah memicu iritasi pada kulit bayi. Bahkan, untuk jenis kulit tertentu mampu menyebabkan masalah kulit lainnya.

3.  Utamakan tanpa pemutih atau pewangi

Adanya komposisi tambahan berupa pewangi, pemutih, maupun pencerah buatan dapat menimbulkan sisa residu yang tertinggal pada pakaian.

Meskipun ada yang bersifat menyerap Ultraviolet atau mampu memberikan hasil akhir yang bersih, sisa residu tetap saja susah dihilangkan meskipun sudah dicuci beberapa kali. Hal inilah yang akan menimbulkan terjadinya iritasi atau alergi pada kulit.

Begitu pula dengan pewangi yang susah dibilas karena komposisi maupun aromanya terlalu kuat. Kondisi ini mampu memberikan risiko kerusakan tertentu pada kulit bayi.

Baca juga Tips Mencuci Pakaian Anak yang Kotor Agar Terlihat Seperti Baru Kembali

Rekomendasi 15 Merk Deterjen Bayi Terbaik

1.  Cussons Baby Liquid Detergent

 Cussons Baby Liquid Detergent

Cussons Baby Liquid Detergent photo via bukalapak.com

Harga: Rp24.000,00-Rp35.000,00

Adalah salah satu deterjen cair yang memiliki wangi khas bayi untuk membersihkan pakaian si kecil. Produk ini bekerja secara efektif dalam membersihkan noda yang membandel sekalipun.

Dirancang secara khusus menggunakan formulasi dari ekstrak Chamomile untuk memberikan kenyamanan sekaligus ketenangan kepada bayi selama ia tidur.

Menggunakan Mild Natural Cleansing Formula yang menjadi bahan utama pembersih alami untuk melembutkan pakaian.

Sifatnya yang mudah larut akan mempermudah Bunda dalam proses pencucian pakaian. Selain itu, kandungannya termasuk mudah dibilas tanpa meninggalkan bekas pada pakaian.

Pakaian jadi lebih bersih tanpa ada kuman atau bakteri yang menempel lagi. Serat pakaian tidak menjadi kasar, malah semakin lembut di kulit bayi.

2.  Sleek Baby Laundry Detergent

Sleek Baby Laundry Detergent

Sleek Baby Laundry Detergent photo via review.soco.id

Harga: Rp19.000,00

Deterjen cair yang satu ini mengandung Natural Plant Extract yang bersifat aman, efektif menghilangkan noda, sekaligus menjaga pakaian supaya tetap lembut.

Telah teruji dermatologis, sehingga tidak akan menimbulkan iritasi serta terasa lembut di tangan. Produk ini juga tidak mengandung paraben yang tidak direkomendasikan penggunaannya.

Selain itu, produk deterjen ini tidak meninggalkan residu pada kain, sehingga terasa nyaman ketika pakaian kembali dikenakan oleh si kecil.

Bila pakaian tidak kering, Bunda tidak perlu cemas karena pakaian tidak akan menimbulkan bau apek. Noda pada pakaian bisa hilang secara lebih efektif.

Bahan antibakteri dan antijamur mampu menghalau seluruh kotoran yang mengganggu serat kain. Harganya yang ekonomis juga membuat Bunda semakin jatuh cinta!

3. Little Tree Baby Laundry Liquid Detergent

Little Tree Baby Laundry Liquid Detergen

Little Tree Baby Laundry Liquid Detergent photo via lazada.com.ph

Harga: Rp189.000,00

Merk deterjen bayi terbaik yang satu ini sifatnya mudah dibilas dan aman untuk kulit bayi yang sensitif. Formulasinya dikhususkan untuk bahan linen serta pakaian bayi.

Ekstrak jeruk bali, pohon teh, dan aloe vera menjadi agen pembersih kotoran pada pakaian bayi. Produk ini tidak mengandung fosfat, pigmen buatan, atau pencerah yang kurang aman.

Dengan wangi yang menyegarkan, Bunda bisa memilihkan varian Orange Grapefruit, dan Lavender yang menenangkan serta memberikan rasa nyaman yang maksimal.

Di samping itu, aromanya bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mengangkat dan mengusir kotoran menjadi lebih mudah bersama deterjen Little Tree.

Untuk penggunaannya, larutkan deterjen dengan air dan masukkan pakaian bayi ke dalamnya. Tunggu 5 sampai 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

4. Buds Organic Baby Safe Laundry Detergent

Buds Organic Baby Safe Laundry Detergent

Buds Organic Baby Safe Laundry Detergent photo via bukalapak.com

Harga: Rp280.000,00

Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ramah lingkungan, deterjen ini ramah untuk kulit yang sensitif. Mampu bekerja untuk melawan noda yang membandel pada serat kain pakaian.

Buds Organic menggunakan aloe vera untuk melembutkan pakaian, Citrus Oil untuk membersihkan noda dan kotoran, serta Tocopherol yang membunuh kuman atau bakteri jahat yang menempel.

Pencuci pakaian yang satu ini sudah terjamin kualitasnya. Hal ini dibuktikan dengan Sertifikasi Ecocert sebagai produk aman dan ramah lingkungan.

Tidak ada kandungan bahan kimia atau senyawa buatan yang mengganggu keamanan pemakaiannya.

Meskipun dipakai dalam jangka waktu yang lama, tidak ada efek samping berupa iritasi atau enzim pada kulit bayi. Bahkan, kulit Bunda tidak akan menjadi kasar atau mudah gatal-gatal setelah mencuci pakaian.

5.  Babymax Baby Safe Detergent

Babymax Baby Safe Detergent

Babymax Baby Safe Detergent photo via willowbabyshop.com

Harga: Rp80.000,00-Rp120.000,00

Merk deterjen bayi terbaik dan  aman ini tangguh dalam melawan noda pada pakaian. Terasa lembut di kulit bayi tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman atau iritasi.

Menggunakan teknologi Color Defender dan Antibacterial Defender untuk membersihkan baju secara lebih efektif, sehingga hasilnya terasa nyaman dan segar.

Dengan nilai ekonomis yang tinggi, produk ini menggunakan botol pump untuk menghemat penggunaan deterjen bayi.

Produk ini juga tersedia dalam kemasan travel size yang mampu menyesuaikan kebutuhan Bunda dan keluarga ketika mengajak si kecil bepergian ke mana saja.

Babymax memakai Standar Homefree yang selalu menjamin bahwa produk ini menggunakan bahan-bahan alami serta ramah lingkungan.

6.  Pigeon Baby Laundry Detergent Liquid

Pigeon Baby Laundry Detergent Liquid photo via amazon.in

Pigeon Baby Laundry Detergent Liquid photo via amazon.in

Harga: Rp38.000,00

Deterjen dari Pigeon ini bisa digunakan ketika Bunda mencuci dengan tangan atau mesin cuci. Noda makanan atau tumpahan pada pakaian yang membandel bisa teratasi dengan baik.

Memakai teknologi Trap Lift Clean serta komposisi bahan-bahan berkualitas tanpa merusak baju, mesin cuci, maupun kulit Bunda dan si kecil.

Selain itu, formula yang penuh inspirasi Jepang mampu menghasilkan sedikit busa, namun membuat pembilasan menjadi jauh lebih mudah.

Dengan aroma wangi yang menyegarkan, si kecil akan merasakan kulit yang lembut dan tidak mudah terkena iritasi.

Kelebihan lain dari deterjen ini adalah bebas kandungan paraben dan telah teruji secara dermatologis demi keamanan semua jenis kulit.

7. MY BABY Liquid Detergent

MY BABY Liquid Detergent

MY BABY Liquid Detergent photo via blanja.com

Harga: Rp19.000,00

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari pemakaian deterjen ini, antara lain:

  • Membersihkan pakaian bayi secara menyeluruh
  • Melembutkan pakaian
  • Mencerahkan dan merawat warna asli pakaian
  • Mencegah terjadinya iritasi
  • Mengandung antijamur dan antibakteri supaya pakaian tidak menimbulkan bau apek

MY BABY menggunakan ekstrak Chamomile sebagai agen anti iritasi yang lembut dan aman di kulit. Serat pakaiannya tidak menjadi kasar supaya si kecil lebih nyaman ketika memakainya.

Selain itu, kotoran yang cenderung menempel erat pada pakaian bisa diatasi dengan mudah menggunakan deterjen dari MY BABY.

8. Pure Baby Laundry Liquid

Pure Baby Laundry Liquid

Pure Baby Laundry Liquid photo via vitaminkita.com

Harga: Rp32.000,00

Pure Baby mengeluarkan produk deterjen yang mampu mengutamakan kesehatan si kecil. Telah teruji secara dermatologis untuk menjaga kulit bayi dari serangan iritasi.

Menggunakan ekstrak aloe vera yang mampu melembutkan karena aman bagi kulit sensitif. Kandungan antibakteri dan antijamur mampu melawan bau apek atau risiko pakaian yang mudah berjamur.

Selain itu, produk ini tidak mengandung SLS yang cenderung menjadi penyebab munculnya ruam maupun alergi pengganggu si kecil.

Penggunaannya yang efektif didukung dengan formula yang mudah dibilas. Tidak akan ada sisa residu yang akan menempel pada pakaian.

9. Baby Bee Precious Bee Gentle Laundry Liquid Bottle

Baby Bee Precious Bee Gentle Laundry Liquid Bottle

Baby Bee Precious Bee Gentle Laundry Liquid Bottle photo via shopee.co.id

Harga: Rp39.000,00

Merupakan deterjen ramah lingkungan yang bersifat hipoalergenik untuk menghilangkan kotoran pada pakaian bayi.

Produk ini menggunakan Ecobee Natural Ingredients yang mampu melembutkan kain supaya tetap aman bagi pemilik kulit sensitif sekalipun.

Deterjen Baby Bee memberikan kemudahan pada saat mencuci karena busanya mudah dibilas. Tidak meninggalkan residu yang mengganggu kebersihan dari pakaian si kecil.

Selain bersifat hipoalergenik, deterjen bayi ini memiliki pH yang seimbang serta tidak mendapatkan tambahan zat pewarna.

Meskipun menggunakan tangan atau mesin cuci, keduanya mampu bekerja untuk memberikan hasil yang maksimal.

10. Cycles Mild Laundry Detergent

Cycles Mild Laundry Detergent

Cycles Mild Laundry Detergent photo via thefeta.com

Harga: Rp 55.000,00

Menyediakan dua bentuk deterjen terbaik untuk bayi, yaitu dalam bentuk liquid dan bubuk. Bunda bisa menyesuaikan pemakaian dengan kebutuhan.

Penggunaan deterjen ini bisa berlangsung mulai dari bayi baru lahir hingga usianya mencapai 3 tahun. Kulit si kecil yang sensitif harus mampu beradaptasi dengan produk yang lebih aman.

Manfaat dari penggunaan deterjen ini adalah membersihkan dan menghilangkan noda yang membandel pada selimut, pakaian bayi, atau bahan kain lainnya.

Kulit bayi juga lebih terjaga karena residu tidak akan menempel erat pada serat-serat kain dalam mencegah terjadinya masalah pada kulit.

11.  Cloud Extra Mild Baby Laundry

Cloud Extra Mild Baby Laundry

Cloud Extra Mild Baby Laundry photo via shopee.co.id

Harga: Rp83.000,00

Sejak lahir sampai berusia beberapa tahun, kulit si kecil memang mudah mengalami iritasi. Hal ini harus diimbangi dengan penggunaan produk yang aman untuk kulit sensitif.

Cloud memberikan kesempatan kepada Bunda untuk membantu membersihkan pakaian bayi secara lebih efektif.

Bayi kecil Bunda lebih mudah merasakan kenyamanan dan kelembutan sepanjang hari. Menggunakan teknologi anti redeposisi terbaru sekaligus formula antibakteri antijamur. Telah teruji hipoalergenik untuk menghindari munculnya alergi.

Selain aman, nyatanya produk ini banyak direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan deterjen Bunda.

12. Beauty Barn Home Dirt O

Beauty Barn Home Dirt O

Beauty Barn Home Dirt O photo via willowbabyshop.com

Harga: Rp55.000,00-Rp250.000,00

Bisa dibilang, deterjen ini sifatnya multifungsi ketika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terasa lembut di kulit bayi dan Bunda tanpa menimbulkan iritasi.

Mengandung Natural Antibacterial dan Natural Brightener yang menjamin keamanan produk ketika sudah diberikan kepada bayi tersayang.

Ketika mencuci, sebaiknya Bunda rendam pakaian bayi sekitar 5 menit kemudian kucek untuk menghilangkan sisa-sisa dan bekas noda yang menempel.

Setelah dibilas dengan air bersih, Bunda bisa memakai air hangat ketika terdapat noda atau minus sesuai kebutuhan.

13. Attitude Baby Laundry Detergent

Attitude Baby Laundry Detergent

Attitude Baby Laundry Detergent photo via attitudeliving.com

Harga: Rp240.000,00

Menggunakan formula antibakteri dan Green Tea Extract Antioxidant nyatanya mampu membersihkan dan melawan residu penyebab iritasi.

Produk ini sudah teruji secara dermatologis dan hipoalergenik untuk memastikan bahwa aman di kulit, terutama pada bayi yang memiliki kulit sensitif.

Deterjen Attitude bebas dari beberapa kandungan yang tidak diperlukan, seperti Sodium Lauryl Sulfate dan Sodium Laureth Sulfate.

Selain itu, perlu Bunda ketahui bahwa deterjen ini sudah mendapatkan Sertifikasi Ecologo untuk membuktikan komposisi tenang dan ramah lingkungan.

14.  Zwitsal Baby Fabric Laundry Detergent/Softener

Zwitsal Baby Fabric Laundry Detergent/Softener

Zwitsal Baby Fabric Laundry Detergent/Softener photo via shopee.co.id

Harga: Rp17.000,00

Produk ini tentu sudah sangat cocok bagi buah hati Bunda dengan aroma khas Zwistal yang unik. Diperkaya juga dengan kandungan aloe vera dan Green Tea untuk menghilangkan noda organik supaya lebih maksimal.

Keamanannya terbukti ketika Bunda tahu bahwa deterjen ini memiliki pH netral dan tidak menggunakan kandungan paraben karena mampu memberikan efek samping negatif kepada si kecil.

Deterjen Zwitsal sudah sudah teruji dermatologis, di mana artinya semua pemilik jenis kulit bebas memanfaatkan deterjen ini untuk mencuci baju.

15.  Pureco Liquid Detergent

Pureco Liquid Detergent

Pureco Liquid Detergent photo via shopee.co.id

Harga: Rp55.000,00

Pureco memang memfokuskan diri pada produk-produk yang memanfaatkan bahan alami ketimbang penggunaan krim pemutih abal-abal.

Penggunaannya bisa jauh lebih hemat dibandingkan deterjen biasa karena deterjen ini berbentuk sabun cuci konsentrat.

Tidak lupa, produk ini juga menggunakan teknologi Color Guard yang mencegah kelunturan meskipun sudah berkali-kali dipuji.

Produk ini ternyata juga memiliki fitur Anti Redeposition yang dapat mencegah kotoran lebih banyak masuk ke pakaian sewaktu proses pencucian.

 

Memilih merk deterjen bayi terbaik untuk keperluan sehari-hari memanglah tidak mudah. Bunda harus paham betul komposisi yang terkandung di dalam sebuah produk. Dengan begitu, si kecil menjadi semakin nyaman tanpa ada gangguan lagi akibat iritasi, eksim, ruam, hingga merah-merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *