Cegah Bingung Puting Dengan Pilihan 15 Merk Dot Bayi yang Bagus Ini

5 bulan lalu, by duniabunda

Merk Dot Yang Bagus

Memberikan Asi dengan media dot biasanya merupakan pilihan para Bunda yang harus meninggalkan bayinya untuk sementara selama  bekerja atau berkegiatan. Pastikan Bunda memilih merk dot yang bagus dan berkualitas sehingga nyaman dihisap oleh bayi.

Kesalahan dalam memilih dot dapat menyebabkan si kecil tidak mau meminum asi lewat media tersebut karena tidak nyaman, atau sebaliknya dapat juga menyebabkan terjadinya bingung puting. Bingung puting sendiri adalah kondisi di mana bayi tidak lagi mau menghisap asi bunda secara langsung melalui payudara. Disebabkan oleh kemudahan yang dia dapatkan ketika menghisap asi melalui dot ketimbang payudara Bunda.

Nah kalau sudah begini Bunda pastinya bingung dan sedih, hal ini dapat berangsur angsur mengurangi produksi Asi Bunda lho.

Sebenarnya lebih baik jika bayi Bunda menghisap Asi secara langsung melalui payudara, namun jika keadaan yang tidak memungkinkan, misal karena Bunda harus tinggal bekerja. Mau tidak mau memang kita harus menggunakan media lain seperti dot.

Jangan bimbang ya Bun, Berikut DuniaBunda akan mengulik lengkap tips memilih dot yang bagus dan kami rekomendasikan beberapa merk dot bayi yang bagus yang bisa Bunda pertimbangkan.

Cara Memilih Dot yang Bagus Untuk Anak

Tidak perlu cemas ketika Bunda bingung memilih dot yang bagus untuk si kecil. Terdapat beberapa tips yang berguna untuk Bunda saat harus memilih dot untuk bayi maupun anak-anak yang sedang beradaptasi dengan tumbuh kembangnya.

1. Sesuaikan dengan usia anak Bunda

Berikut adalah beberapa ukuran dot yang wajib Bunda ketahui:

  • SS sampai S untuk bayi berusia kurang dari 3 bulan
  • M untuk bayi berusia 3 sampai 6 bulan
  • L untuk bayi berusia lebih dari 6 bulan

Mencari dot yang cocok memang perlu melihat usia. Bunda bisa mengganti dot secara rutin dengan ukuran yang sesuai dengan usianya.

Disamping itu, Bunda juga perlu mengetahui kecepatan mengisap si kecil, apakah akan sesuai dengan ukuran yang dipilih.

Apabila bayi mengisap dalam waktu yang cepat, berikan dot dengan ukuran yang lebih kecil. Sebaliknya, semakin lambat bayi mengisap, semakin besar pula ukuran yang digunakan supaya susu atau ASI yang keluar cepat habis dan si kecil dapat minum dengan lahap.

Bagi anak yang berat badannya mudah naik dan dalam rangka mencegah obesitas, Bunda bisa menggunakan ukuran yang lebih kecil.

Dengan ukuran dan lubang yang kecil, susu yang keluar otomatis sedikit sekaligus membuatnya mengisap secara perlahan supaya kenyang lebih lama.

2. Pilih lubang dot yang nyaman untuk anak

Terdapat tiga jenis lubang dot yang biasa Bunda temui di pasaran, yaitu bulat, tiga lubang, dan silang.Bayi baru lahir biasanya cenderung diberikan dot dengan lubang bulat.

Dot dengan tiga lubang dapat dipakai menyesuaikan kekuatan isap bayi apabila kebutuhan dengan lubang bulat belum tercukupi. Dot lubang silang dapat si kecil pakai apabila kedua model sebelumnya tidak cukup memenuhi kebutuhan harian.

Setelah dilahirkan dan menggunakan lubang bulat, ikuti terus perkembangan si kecil dengan memberikan model lubang berikutnya.

3. Dot berbahan karet silikon lebih tahan lama

Bahan baku dot yang biasa Bunda pertimbangkan adalah bahan karet sintetis dan silikon. Kedua bahan tersebut mampu disterilkan dengan cara direbus, dicuci memakai sabun khusus, atau menggunakan microwave.

Kedua bahan ini juga tidak berbau, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan saat pemakaian. Namun, Bunda disarankan untuk memilih dot berbahan dasar silikon yang bersifat lebih kuat, awet, dan tahan panas.

Apa Sih Perbedaan Dot Gepeng dan Bulat?

Saat membeli dot, Bunda mungkin kerap melihat berbagai merk botol susu dengan jenis dot yang bervariasi. Beberapa di antaranya yang sering ditemui adalah dot yang berbentuk gepeng atau pipih dan berbentuk bulat.

Dot Gepeng atau Orthodontic

Tidak seperti dot biasa, dot ini berbentuk lebih gepeng atau pipih. Jadi dot gepeng ini didesain menyerupai bentuk puting payudara ibu saat bayi menyusu. Jadi ketika menyusu bayi harus menghisap tidak hanya sampai di ujung dot, tetapi hingga ke permukaan dot yang melebar agar asi atau air susu dapat keluar.

Sementara pada dot biasa atau bulat, asi pada umumnya akan lebih mudah untuk dihisap oleh bayi. Namun dot ini memiliki berbagai variasi dari bentuk puting atau ujung dot yang memanjang dan pendek, serta lebar dot yang dapat dipilih sesuai dengan ukuran mulut bayi.

Rekomendasi Merk Dot yang Bagus Untuk Anak

1. Philips Avent Natural Baby Bottle

Merk Dot Yang BagusPhilips Avent Natural Baby Bottle

Merk Dot Yang BagusPhilips Avent Natural Baby Bottle photo via shopee.co.id

Memiliki dot yang mampu bekerja seperti payudara untuk pengalaman menyusu alami pada bayi dan anak-anak. Tentu hal ini akan memudahkan Bunda ketika ingin mengombinasikannya dengan ASI.

Dot Philips Avent Natural menggunakan jumlah lubang yang bervariasi untuk mengalirkan susu atau ASI secara optimal dalam perkembangan anak-anak.

Leher botol dan dot sama sama mudah untuk dibersihkan dan tidak akan terjadi kebocoran. Tentu akan memudahkan Bunda ketika si kecil sudah waktunya mengganti botol.

Dot terbuat dari bahan silikon, sehingga tahan panas dan awet ketika Bunda rajin mencucinya dengan sterilizer.Pilihan ukuran dot tersedia dalam banyak jenis dan dapat dipilih sesuai dengan umur yang Bunda butuhkan.

2. Chicco NATURALFEELING 0M+

Merk Dot Yang Bagus Chicco NATURALFEELING 0M+

Merk Dot Yang Bagus Chicco NATURALFEELING 0M+ photo vy chicco.in

Botol dan dot dari Chicco NATURALFEELING bisa Bunda berikan untuk bayi berusia 0-4 bulan. Dirancang dengan teknologi Anti Kolik, si kecil tidak akan mudah tersedak, mengalami cegukan, atau khawatir terjadi regurgitasi.

Bentuknya mudah dipakai untuk si kecil sekaligus mampu melakukan simulasi persis payudara Bunda, menyebabkan produk ini cocok untuk bayi yang mengalami bingung puting.

Dengan kombinasi botol dan dot yang nyaman, bayi Bunda tidak akan khawatir kekurangan asupan dan mampu menyusu dengan lahap.

Dot terbuat dari material silikon yang dirancang khusus menyesuaikan kelembutan yang senantiasa dicari oleh bayi sewaktu mengonsumsi susu atau ASI.

3. Putti Atti Silicone Handle Baby Bottle

Merk Dot Yang Bagus Putti Atti Silicone Handle Baby Bottle

Merk Dot Yang Bagus Putti Atti Silicone Handle Baby Bottle photo by amazon.com

Merupakan sebuah merk botol dan dot yang bagus serta berkualitas tinggi untuk menunjang kebutuhan bayi dan anak-anak.

Dot Putti Atti terbuat dari material Platinum Cured Silicone atau disebut juga Medical Grade Silicone yang aman digunakan oleh bayi.

Selain itu, dot juga dibuat dengan teknologi Soft Feel Nippleyang terintegrasi untuk menciptakan dot yang lembut untuk anak.

Bunda cukup membersihkan botol dan dot dengan cara direbus atau menggunakan sterilizer. Melepas pasang botol menjadi mudah karena dilengkapi dengan desain Patented Assembly yang pakem pada rangkanya.

Anak Bunda tidak mudah kolik karena set ini memiliki 4 katup anti kolik yang bekerja mengontrol aliran udara.

4. Comotomo Baby Bottle

Merk Dot Yang Bagus Comotomo Baby Bottle

Merk Dot Yang Bagus Comotomo Baby Bottle photo via minimonarch.com.au

Menyediakan pilihan bentuk dot yang lengkap, mulai dari lubang bulat, tiga, dan silang. Dot Comotomo terbuat dari bahan silikon dan bisa Bunda bersihkan dengan cara direbus, dimasukkan microwave, atau disterilizer.

Lekukannya sangat pas ketika dipakai oleh si kecil karena menyerupai payudara.Didukung dengan bahan yang lembut, bayi mudah melakukan transisi serta tidak menolak botol.

Satu set Comotomo Baby Bottle mudah dibersihkan tanpa meninggalkan bekas supaya tidak ada bakteri atau kuman yang berperan sebagai sumber penyakit.

Produk ini direkomendasikan bagi bayi Bunda yang sedang belajar memegang botol sendiri sekaligus memengaruhi perkembangan motoriknya.

5. Medela Calma

Merk Dot Yang Bagus Medela Calma

Merk Dot Yang Bagus Medela Calma photo via amazon.com

Merupakan produk alternatif yang dapat digunakan oleh Bunda sebagai sarana bagi bayi untuk mengisap menggunakan botol. Satu set Medela Calma akan menjadi wadah bagi ASI konsumsi bayi.

Calma dot memiliki satu ukuran yang cocok untuk semua bayi. Dilengkapi dengan sistem ventilasi yang unik, dot akan bekerja untuk menghindari masuknya udara selama proses menyusu.

Terbuat dari bahan BPA Free yang teruji aman apabila digunakan oleh bayi dan anak-anak. Bunda cukup membersihkannya dengan cara direbus atau memanfaatkan microwave.

Bayi Bunda tentu mampu mampu minum dan bernafas dalam sebuah ritme yang alami. Menunjukkan alur yang tenang dan nyaman sama seperti ketika mengisap payudara.

6. Dr Brown’s Natural Flow Options+ Anti-colic Glass Baby Bottle

Merk Dot Yang Bagus Dr Brown’s Natural Flow Options+ Anti-colic Glass Baby Bottle

Merk Dot Yang Bagus Dr Brown’s Natural Flow Options+ Anti-colic Glass Baby Bottle photo via drbrownsbaby.com

Sesuai dengan namanya, botol susu dan dot ini akan mencegah terjadinya kolik yang menentu pada bayi. Tidak hanya itu, produk ini juga mampu beradaptasi dengan pergantian suhu yang mudah meningkat atau menurun.

Dot mampu menyesuaikan payudara Bunda supaya si kecil dapat menyusu dengan nyaman serta dapat menghindari terjadinya bingung puting.

Dengan kombinasi bahan kaca dan silikon yang fleksibel, Bunda bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan sterilizer. Ventilasi udara yang optimal tidak akan menekan udara yang akan mengganggu kenyamanan si kecil.

7. Sweety Extra Wide Neck Glass Bottle

Merk Dot Yang Bagus Sweety Extra Wide Neck Glass Bottle

Merk Dot Yang Bagus Sweety Extra Wide Neck Glass Bottle photo via shopee.co.id

Sebuah inovasi terbaru dari merek Sweety yang mengombinasikan botol kaca serta dot berbagan silikon. Bunda dapat membersihkannya langsung menggunakan suhu tinggi karena set produk ini mampu menahan panas yang sangat tinggi.

Dot yang dirancang secara khusus akan mencegah tersedak maupun kolik pada si kecil. Lehernya yang lebar tidak akan menyusahkan Bunda untuk meminumkan susu hingga mencucinya saat harus mengganti botol.

Bunda dapat membeli satu set botol susu dan dot Sweety sejak si kecil lahir karena mudah digunakan sejak usia yang sangat dini.

8. Pigeon PP Wide Neck Nursing Bottle

Merk Dot Yang Bagus Pigeon PP Wide Neck Nursing Bottle

Merk Dot Yang Bagus Pigeon PP Wide Neck Nursing Bottle photo by pigeonbaby.co.nz

Menggunakan fitur peristaltic nipple untuk mendorong gerakan alami yang berasal dari si kecil sendiri. Teknologi ini akan membantu bayi mengoptimalkan bentuk wajah dan kesehatan rahang menjadi lebih terjamin.

Dot Pigeon menggunakan silikon yang telah teruji kelenturan dan kelembutannya. Lidah mampu bergerak dengan leluasa ketika harus berhadapan dengan udara luar.

Proses menyusu jadi lebih efektif ketika bayi membentuk ikatan dengan permukaan silikon yang lembut serta mencegah mulut bayi terkena tutup botol.

Pilihan ukuran dapat Bunda sesuaikan dengan usia bayi karena terdiri dari SS, S, M, hingga L. Bunda bisa membersihkan botol dan dot pada suhu yang cukup tinggi karena mudah menahan panas.

9. Vita Flow Baby Botol Susu Multifungsi PP

Merk Dot Yang Bagus Vita Flow Baby Botol Susu Multifungsi PP

Merk Dot Yang Bagus Vita Flow Baby Botol Susu Multifungsi PP photo via shopee.co.id

Berbahan Polypropylene atau PP yang bersifat BPA Free, botol susu yang satu ini bersifat aman ketika diberikan kepada anak-anak. Modelnya yang pas sangat cocok digenggam dan mengutamakan kenyamanan si kecil setiap saat.

Dapat diberikan kepada bayi sejak umur 0 bulan. Bahan silikonnya mudah tahan panas, sehingga penggunaannya bisa lebih awet.

Hanya memiliki satu ukuran dot, yaitu S yang membuatnya cenderung cocok untuk anak-anak yang masih sangat kecil.

Fungsinya dapat berupa sebagai botol susu ataupun menjadi wadah penyimpanan ASI untuk si kecil yang membutuhkan asupan ekstra.

10. Mimijumi Very Hungry Baby Bottle

Merk Dot Yang Bagus Mimijumi Very Hungry Baby Bottle

Merk Dot Yang Bagus Mimijumi Very Hungry Baby Bottle photo via momtrends.com

Botol susu dan dot Mimijumi berbahan silikon dan memiliki warna serta fungsi yang mampu menyerupai payudara untuk menciptakan ritme menyusu yang alami bagi si kecil.

Bunda dapat mencuci botol dan dot menggunakan rebusan air panas selama 10 menit atau menggunakan dishwasher untuk menjaga higienitas.

Sistem ventilasinya yang unik akan mencegah terjadinya kolik pada anak-anak. Tutup botol senantiasa melindungi dot untuk menghindari terjadinya kebocoran apabila dimiringkan.

Tutup botolnya yang praktis mampu melindungi dot dari serangan kuman dan bakteri.Mimijumi mengutamakan produk yang higienis demi kesehatan bayi Bunda yang sedang dalam masa pertumbuhan.

11. Tommee Tippee Closer to Nature

Merk Dot Yang Bagus Tommee Tippee Closer to Nature

Merk Dot Yang Bagus Tommee Tippee Closer to Nature photo via perlengkapanbayilazada.blogspot.com

Ukuran botolnya relatif besar karena menyesuaikannya dengan bentuk payudara Bunda ketika diisap oleh si kecil.Tidak hanya itu, dot bersifat fleksibel dengan mengalirkan susu meskipun kondisi terlipat.

Dengan teknologi Advanced Easy Vent, sirkulasi udara mampu berjalan dengan lancar ketika mengisap susu dengan cepat maupun lambat sesuai kemampuannya. Bunda mampu memberikan susu dengan memegang atau menggenggamnya secara mudah.

Tidak hanya untuk Bunda, bayi akan mudah merangsang motoriknya dengan membiasakan genggamana pada model botol Tommee Tippee yang berlekuk supaya mudah dikendalikan.

12. NUK BabyGluck PP

Merk Dot Yang Bagus NUK BabyGluck PP

Merk Dot Yang Bagus NUK BabyGluck PP photo via shopee.co.id

Merupakan penyedia merk dot yang bagus lainnya dengan bahan Polypropylene dalam pembuatannya.NUK Baby Gluck PP menggunakan teknologi anti kolik untuk menghindari si kecil yang mudah kolik, tersedak, atau mengalami regurgitasi.

Leher botol dan dot yang lebar mampu menyesuaikan ukuran payudara yang mudah dikenali oleh bayi.Menyebabkannya mudah untuk diisi atau dicuci secara berkala oleh Bunda ketika berganti botol yang baru.

Botol dan dot merek yang satu ini cenderung direkomendasikan untuk si kecil yang berusia 0-6 bulan dalam melatih pergerakan wajah dan rahangnya.

13. MAM Anti Colic Bottle

Merk Dot Yang Bagus MAM Anti Colic Bottle

Merk Dot Yang Bagus MAM Anti Colic Bottle photo via daisybabyshop.co.uk

Dirancang khusus dengan vented base yang mencegah si kecil mengalami kolik atau kembung yang berlebihan pada lambungnya. Dot MAM memiliki tekstur yang sangat lembut dan sangat akrab ketika diterima oleh mulut bayi.

Kolik pada anak terbukti telah berkurang sebesar 80%.Tentunya sangat aman untuk anak Bunda, bukan?

Botol susunya juga tersusun atas 5 bagian yang mudah dibersihkan karena mampu dilepas atau dipasang secara fleksibel.

Susu akan selalu mengalir dengan lancar tanpa muncul gelembung atau gangguan yang membuat si kecil tidak nyaman.

14. Nuby Natural Touch Soft Air Silicone Bottle

Merk Dot Yang Bagus Nuby Natural Touch Soft Air Silicone Bottle

Merk Dot Yang Bagus Nuby Natural Touch Soft Air Silicone Bottle photo via willowbabyshop.com

Produk ini terbuat dari bahan BPA Free berupa medical grade silicone yang aman dan telah teruji klinis untuk digunakan oleh anak-anak. Bunda dapat membantu si kecil dengan meminumkan susu menggunakan genggaman erat pada botol.

Desainnya berwarna natural dan mampu menyesuaikan bentuk payudara ibu dengan baik. Ukurannya mudah dijangkau dan diterima si kecil saat harus menyusu.

Susu yang Bunda berikan akan tetap pada suhu hangat, sehingga si kecil tidak akan rewel apabila yang mereka konsumsi kurang nyaman di lidah hanya karena suhu susunya kurang tinggi.

15. Baby Huki Botol PP SP Round

Merk Dot Yang Bagus Baby Huki Botol PP SP Round

Merk Dot Yang Bagus Baby Huki Botol PP SP Round photo via klikindomaret.com

Botol susu dari Baby Huki ini terbuat dari Polypropilene (PP) atau BPA Free. Bentuk dot bulat dan dilengkapi dengan Silicone Orthodontic Dot yang berfungsi dalam membantu pertumbuhan gusi, gigi, dan rahang si kecil secara optimal.

Dot Orthodontic biasanya mencegah bayi kebiasaan mendorong lidah ke depan saat menelan. Sangat cocok untuk bayi Bunda yang berusia 3-6 bulan.

Tersedia beberapa pilihan ukuran dot, mulai dari ukuran S, M, hingga L. Dot mampu dibersihkan menggunakan sterilizer atau microwave supaya bebas dari bakteri untuk pemakaian berikutnya.

Beberapa koleksi pilihan botol dan dot dari Baby Huki Botol PP SP Round adalah jerapah, flamingo, harimau, paus, kelinci, dan gurita.Seluruhnya memiliki kapasitas sebanyak 120 ml.

 

Pilihlah merk dot yang bagus dan mampu menunjang kebutuhan menyusui si kecil oleh bantuan Bunda. Tumbuh kembangnya akan terlihat apabila Bunda juga memberikan alat bantu yang nyaman untuknya. Perhatikan pula fitur dan manfaat yang diberikan kepada bayi supaya dapat mengkonsumsi susu atau ASI yang cukup setiap saat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *