12 Merk Food Processor Terbaik untuk Memudahkan Waktu Memasak Bunda

4 minggu lalu, by duniabunda

merk food processor terbaik

Memasak sendiri hidangan yang lezat dan bergizi bagi keluarga tentunya memberi kebanggaan tersendiri bagi Bunda. Karena anak-anak dan suami akan  betah di rumah dan selalu merindukan masakan Bunda. Keuntungan lainnya dari kegiatan memasak adalah Bunda dapat memastikan kebersihan dan nutrisi makanan yang dihidangkan serta lebih hemat tentunya. Nah,  kendala yang sering ditemui dalam memasak adalah kesulitan dalam mengolah  bahan baku menjadi sajian makanan salah satunya seperti menggiling daging untuk dijadikan bakso, nugget dan lain sebagainya. Beberapa jenis daging memiliki tekstur alot sehingga menyulitkan ketika diolah. Solusinya Bunda dapat menggunakan alat bantu masak berupa food processor. Salah satu fungsi food processor adalah mengolah bahan makanan contohnya daging menjadi  tekstur yang Bunda inginkan. Pilihlan merk food processor terbaik, berkualitas dan tahan lama karena alat ini akan Bunda pakai setiap hari.

Dengan food processor Bunda dapat menyajikan beragam hidangan  dengan waktu yang lebih singkat dan hasilnya tak kalah dengan hidangan di restoran.

Apa Itu Food Processor?

Food processor merupakan alat dapur serbaguna yang mampu mempermudah tugas Bunda di dalam dapur. Beragam fungsi yang biasa ditemukan yaitu :

  • Memotong buah dan sayuran
  • Menumbuk bumbu rempah dan biji-bijian
  • Menggiling daging
  • Mengulen adonan

Sifatnya yang multifungsi ternyata mampu menjadi andalan Bunda selama mengolah masakan lezat untuk keluarga.

Perbedaan Food Processor Dengan Blender

1. Fungsi

Blender biasanya digunakan untuk memproses bahan yang lunak atau mengandung banyak cairan. Hal ini menyebabkan blender biasa disebut sebagai liquefier. Sedangkan, food processor dipakai untuk mengolah bahan makanan yang lebih padat.

2. Model pisau

Food processor memiliki fungsi utama mengolah bahan makanan yang lebih padat. Untuk menjalankan tugasnya, food processor memiliki mata pisau yang lebih tajam dibandingkan blender. Hal ini bertujuan supaya hasil penghancuran makanan berukuran besar dan tebal bisa lebih maksimal.

Baca juga Rekomendasi Merk Blender Terbaik

3. Motor

Blender mempunyai motor yang cenderung lebih kuat daripada food processor. Motor ini menyesuaikan tujuannya, yaitu supaya makanan bisa menjadi lebih cair, lunak, dan halus. Cairan dan tekstur ini tetap biasa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kelebihan Memakai Food Processor

Food processor masuk ke dalam alat masak yang modern. Oleh karena itu, penggunaannya cenderung memudahkan aktivitas Bunda ketika memasak dan memerlukan waktu yang singkat.

Selain itu, sifatnya yang multifungsi membuat Bunda tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk memotong, menggiling, menghaluskan, mengiris, hingga mencincang. Satu alat bisa bekerja dengan komplit untuk menyelesaikan hampir semuanya.

Khawatir dengan ukuran potongan bahan makanan yang tidak sama besar? Tenang, food processor akan bekerja secara efektif memotong semua bahan dengan ukuran sama besar.

Alat ini juga mempermudah Bunda dalam mengolah makanan untuk bayi. Hasilnya juga lebih cepat, bersih, dan higienis. Makanan lebih sehat dan bergizi karena pengolahan yang terjaga secara optimal.

Baca juga Rekomendasi Merk Slow Cooker Terbaik Untuk Memasak Mpasi

Tips Memilih Food Processor

1.  Pilih food processor sesuai sajian hidangan

Ada dua tipe food processor yang biasa Bunda temui, yaitu:

  • Bentuk stik

Bentuknya kecil dan seringkali banyak dipilih karena lebih praktis. Food processor tipe stik bagus untuk mencampur dan menumbuk bahan makanan yang memiliki kadar air tinggi.

Makanan bayi, kentang, hingga smoothies segar bisa dihasilkan dari food processor berbentuk stik. Karena ukurannya yang praktis, Bunda bisa membawanya dengan lebih fleksibel ketika bepergian ke mana saja.

  • Bentuk stasioner

Apabila mencari food processor yang siap sedia di dapur, cobalah memilih tipe stasioner dengan motor yang kuat dan stabil. Alat ini akan bekerja mengolah makanan dengan kapasitas yang cukup besar.

Dengan bagian-bagiannya yang cukup banyak dan besar, Bunda harus mampu memperhatikan perawatannya supaya tidak cepat rusak.

2.  Cek kembali kapasitas pengolahannya

Apabila ada banyak anggota keluarga di rumah, sebaiknya pilih food processor dengan kapasitas mencapai 2 liter atau lebih. Pastikan bahwa kapasitas tersebut juga sesuai dengan penampakan fisik dari food processor.

Namun, perlu diingat juga kalau food processor bekerja dengan mengangkat makanan ke atas selama mesin dinyalakan. Jangan sampai mengisi alat dengan bahan makanan sampai terlalu penuh, ya Bun. Kalau dipaksakan malah akan merusak alat, bagaimana jadinya kalau Bunda baru saja membelinya?

3. Food processor mudah dibersihkan

Apakah food processor yang Bunda beli mudah dilepas atau dipasang? Kalau iya, pastikan pemasangan atau pelepasannya mudah supaya membersihkannya juga lebih nyaman. Pastikan alat bisa dicuci di bak pencuci piring.

Periksa juga dan perhatikan mata pisau serta wadah dari food processor, apakah mudah berkarat? Apakah menjamin kuat dan tahan lama? Ketahanan tersebut tentu bisa diperoleh dari pencucian alat yang mudah dibersihkan.

Kalau alat saja susah dibersihkan, Bunda biasanya cenderung menghabiskan tenaga dan merasa malas untuk membersihkannya. Tips ini termasuk penting diingat sebelum Bunda memutuskan untuk membeli food processor.

Rekomendasi Merk Food Processor Terbaik

1.  Oxone Jumbo Chopper OX-272

Oxone Jumbo Chopper OX-272

Oxone Jumbo Chopper OX-272 photo via shopee.co.id

Harga: Rp380.000,00-Rp690.000,00

Dengan kapasitas maksimal 1.2 Liter, food processor ini menggunakan pegangan yang aman dan nyaman digenggam dengan tangan.

Menggunakan pisau stainless steel premium yang tajam dan kuat supaya pengolahan makanan juga lebih efektif serta maksimal.

Selain tombol On/Off, terdapat tombol Safety Switch yang mampu menjaga keamanan alat selama dipakai. Bunda tidak perlu takut memasak meskipun anak-anak bermain di sekitar dapur.

Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 250 Watt dengan fungsi yang beragam, antara lain mencincang, menghaluskan, sekaligus membuat adonan.

2. Kenwood Multipro Compact Food Processor FPP210

Kenwood Multipro Compact Food Processor FPP210

Kenwood Multipro Compact Food Processor FPP210 photo via katalog.forsalesign.net

Harga: Rp1.670.000,00

Apakah Bunda menginginkan pengolah makanan yang kecil, cepat, dan bergaya sesuai dapur sekaligus menyesuaikan cara memasak? Food processor ini menjadi jawabannya.

Produk ini menggunakan In-Bowl Drive System terbaru dari Kenwood untuk mempermudah Buna menyiapkan makanan yang enak setiap hari.

Food processor Kenwood juga menggunakan bahan baku sparepart yang berkualitas, seperti pisau baja yang anti karat dan tahan lama. Selain itu, Bunda bisa melepas komponen dengan mudah untuk dibersihkan di tempat pencuci piring.

Meskipun energi yang harus terpakai sebesar 750 Watt, alat ini memiliki kapasitas 2.1 Liter untuk mengolah dan menyiapkan makanan.

3. Cosmos Food Processor 1.2 L FP-313

Cosmos Food Processor 1.2 L FP-313

Cosmos Food Processor 1.2 L FP-313 photo via cosmos.id

Harga: Rp299.700,00

Merupakan merk food processor terbaik yang terbuat dari mangkuk kaca dan disertai dengan pegangan. Didesain secara praktis untuk segala kebutuhan memasak Bunda.

Alat ini berfungsi untuk menghaluskan bumbu basah dan kering, menggiling daging, serta mengolah makanan bayi.

Mempunyai 4 bilah pisau tajam untuk menghasilkan masakan yang lebih halus sesuai keinginan. Selain itu, membersihkannya juga mudah tanpa perlu banyak tenaga.

Kapasitasnya ideal sebanyak 1.2 Liter dengan kebutuhan konsumsi listrik 250 sampai 350 Watt. Dengan fungsi yang beragam, Bunda bisa mendapatkan alat ini dengan harga terjangkau.

4. Panasonic Food Processor MK-F800SSR

Panasonic Food Processor MK-F800SSR

Panasonic Food Processor MK-F800SSR photo via bhinneka.com

Harga: Rp4.619.000,00

Menggunakan wadah Tritan BPA Free yang aman dan mudah dibersihkan dalam mesin pencuci piring. Kapasitas 1.5 Liter dibarengi dengan kebutuhan daya listrik sebesar 1000 Watt.

Menggunakan layer touch screen yang efektif dan modern untuk pengoperasian lebih instan. Food processor ini menyediakan 13 pisau untuk berbagai kebutuhan memasak.

Dilengkapi juga dengan 5 Pre-Programmed Glass Touch Auto Menu, antara lain:

  • Mince Mode: Penggilingan dengan kecepatan tinggi dan berselang-seling
  • Chop Mode: Memotong bahan makanan dengan kandungan air yang tinggi secara bersih dan rapi
  • Frozen Mode: Memproses buah dan sayuran beku dengan kuat supaya hasilnya sempurna bertekstur lembut
  • Paste Mode: Operasi kontinu dengan kecepatan tinggi untuk membentuk tekstur bubur yang lunak, seperti selai dan tahini
  • Drainer Mode: Memutar sayuran dengan cepat untuk mengeringkannya

Bunda dijamin akan terpikat juga dengan desainnya yang mewah dan elegan untuk melengkapi peralatan di dapur selama memasak.

5. Philips Food Processor HR7310/10

Philips Food Processor HR7310/10

Philips Food Processor HR7310/10 photo via shopee.co.id

Harga: Rp1.499.000,00

Merupakan salah satu koleksi Philips yang didesain secara ringkas untuk Bunda yang super sibuk dan harus memasak terlebih dahulu.

Dengan mangkuk atau wadah berkapasitas 2.1 Liter, Bunda juga akan mendapatkan pisau S-blade baja anti karat, alat pengemulsi dan pengadon, serta cakram yang dapat dibalik.

Daya 700 Watt akan menggerakkan alat secara optimal sesuai penggunaan dan kebutuhan Bunda selama di dapur. Bersihkan dengan mudah dan nyaman pada mesin pencuci piring.

Fungsinya All-in-One karena mampu mengolah makanan dengan 16 fungsi yang berbeda. Bunda bisa mengganti aksesoris tambahan sesuai keperluan dengan praktis dan cepat.

6. Baby Safe Smart Baby Food Processor

Baby Safe Smart Baby Food Processor

Baby Safe Smart Baby Food Processor photo via shopee.co.id

Harga: Rp310.000,00

Adalah sebuah mesin food processor yang berfungsi untuk menghaluskan makanan padat, buah, dan sayuran.

Dilengkapi juga dengan Double Safety Lock atau pengunci keamanan ganda untuk memastikan makanan di dalam mangkuk sudah terkunci dengan rapat sebelum mesin dioperasikan.

Selain itu, produk ini menggunakan pisau anti karat yang awet sekaligus tahan lama. Tingkat keamanannya berupa Food Grade Packaging, bebas bisphenol-A, dan tersertifikasi European Safety Standard.

Kecepatan pengolahan bisa Bunda atur menggunakan tombol yang bisa diputar. Gunakan 1 untuk kecepatan rendah dan 2 untuk penghancuran yang lebih cepat serta maksimal.

7. Tokebi Lite V3300 Hand Blender

Tokebi Lite V3300 Hand Blender

Tokebi Lite V3300 Hand Blender photo via ruparupa.com

Harga: Rp1.280.000,00

Hand blender multifungsi ini mampu mengolah berbagai bahan makanan dan minuman pada wadah apapun.

Pisaunya terbuat dari stainless steel dan terasa kuat tahan lama. Bunda akan mendapatkan model pisau multifunction blade, chopping blade, foaming blade, dan pencungkil mata pisau.

Bentuknya yang praktis dan fleksibel akan memudahkan Bunda membersihkan setiap komponen yang sudah digunakan. Tentunya alat ini juga menghemat listrik dan hanya butuh daya 170 Watt.

Menggunakan sistem Thermal Protector yang mematikan mesin secara otomatis apabila sudah terlalu panas. Suara motor yang halus tidak akan membuat suara yang berisik atau terlalu mengganggu.

8. XIAOMI DEERMA DEM-JR01 Electric Meat Grinder and Chopper

XIAOMI DEERMA DEM-JR01 Electric Meat Grinder and Chopper

XIAOMI DEERMA DEM-JR01 Electric Meat Grinder and Chopper photo via my.qoo10.com

Harga: Rp590.000,00

Mampu mencacah daging sesuai kebutuhan Bunda dalam memasak di dapur setiap harinya. Dengan daya listrik sekitar 400 Watt, alat ini mampu menghancurkan 1.5 Kilogram bahan makanan.

Selain itu, kapasitas mangkuknya bisa mencapai hingga 1.8 Liter. Menggunakan pisau stainless steel yang kuat, tahan lama, dan anti benturan.

Memakai material Food Grade yang aman bagi kesehatan serta Triple Anti Shock supaya alat tidak bergoyang meskipun sedang dioperasikan.

Terdapat 5 perlindungan yang ditawarkan kepada Bunda, yaitu Jog Switch, Metal Plum Bearing, Temperature Control Protection, Anti-displacing Buckle, dan Anti-single Motor Idle.

9.  Mayaka FP-701HU Food Processor 7 in 1

Mayaka FP-701HU Food Processor 7 in 1

Mayaka FP-701HU Food Processor 7 in 1 photo via lazada.co.id

Harga: Rp650.000,00

Merk food processor terbaik ini memiliki harga yang terjangkau dengan fungsi yang serbaguna. Daya 380 Watt mampu menggerakkan alat yang berkapasitas 1.75 Liter.

Menggunakan pisau stainless steel dan filter yang berkualitas untuk menunjang masakan sehat Bunda setiap harinya.

Fitur-fitur lain yang terdapat pada produk ini, yaitu Quick Clean Function, Safety Lock, dan Overheat Protection. Seluruh fitur ini memudahkan dan memberikan kenyamanan selama memasak di dapur.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh food processor ini? Bunda bisa menggiling, membuat jus, mengolah susu kedelai, memotong, mengiris, melumat, dan memarut dengan efektif.

10.  Flexie Tritan Food Processor

Flexie Tritan Food Processor photo via

Flexie Tritan Food Processor photo via spekharga.cokoladaforum.com

Harga: Rp2.450.000,00

Produk ini menggunakan material Tritan yang lebih tahan banting dan tidak mudah pecah. Emulsionnya bekerja aktif untuk mengembangkan adonan.

Ada sistem pengaman ganda yang diterapkan pada bagian grinder, body, dan mangkuk. Bunda akan merasakan keamanan maksimal dan menyeluruh selama memasak.

Seluruh bahan makanan, baik itu daging maupun buah atau sayur lainnya bisa diproses dengan baik karena mata pisau yang tebal.

Kaki alat juga tidak mudah bergeser, mampu berdiri dengan kokoh ketika Bunda letakkan di atas meja dapur. Motor dapat bekerja dengan kecepatan maksimal setiap saat ketika pemakaian.

11.  MITOCHIBA Chopper CH100

MITOCHIBA Chopper CH100

MITOCHIBA Chopper CH100 photo via rajaperabotan.id

Harga: Rp469.000,00

Food chopper yang satu ini memiliki kapasitas hingga 700 ml dan 1.5 Kilogram. Mudah menggiling bahan-bahan hingga menjadi halus, mulai dari MPASI hingga bakso sekalipun.

Dengan daya yang cukup hemat, yaitu sebesar 300 Watt, Bunda bisa memakai alat ini kapan saja dibutuhkan tanpa harus khawatir biaya listrik membengkak.

Desainnya simpel dan elegan, membuat Bunda mudah menyatukannya dengan ruangan dapur tanpa memakan tempat terlalu banyak.

Menariknya, alat ini menggunakan Tornado Power yang mampu menghancurkan es batu tanpa harus menambah air. Mudah, bukan?

12.  KitchenAid Food Processor 1.7 L

KitchenAid Food Processor 1.7 L

KitchenAid Food Processor 1.7 L photo via marisota.co.uk

Harga: Rp2.500.000,00

Nah merk food processor terbaik yang akan kita ulas selanjutnya adalah Kitchenaid Food Processor. Alat multifungsi ini mampu memenuhi kebutuhan Bunda dalam memotong daging, menghaluskan bumbu dasar, sekaligus mengiris sayuran dengan cara yang lebih praktis.

Kapasitas wadahnya cenderung ideal supaya Bunda bisa menggunakan serta menyimpannya tanpa perlu memakan tempat atau merepotkan.

Pisau dan wadahnya bisa dilepas supaya Bunda membersihkannya dengan mudah. Menggunakan sistem kunci pengaman supaya Bunda tidak perlu khawatir akan keamanannya.

Mempunyai kapasitas sebanyak 820 ml atau sebanyak 7 cups untuk mengolah bahan padat maupun lunak yang ingin Bunda sajikan bersama keluarga.

 

Kini, Bunda sudah bisa menyiapkan berbagai macam makanan dalam waktu yang relatif singkat, mudah, dan praktis tanpa perlu kebingungan. Merk food processor terbaik yang sudah direkomendasikan bisa Bunda masukkan ke dalam wishlist peralatan dapur untuk beberapa waktu ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *