15 Merk Kaldu MPASI Instan non MSG Terbaik dan Aman Dikonsumsi Bayi

3 minggu lalu, by duniabunda

merk kaldu mpasi instan non msg terbaik

Susah makan pada anak kerap dialami setelah beberapa bulan selama pemberian mpasi. Biasanya disebabkan oleh tekstur mpasi yang perlu ditingkatkan atau bayi bosan dengan cita rasa mpasi yang hambar dan itu-itu saja. Kaldu sendiri sering digunakan sebagai sumber alami perasa mpasi untuk menambah rasa gurih, karena penggunaan gula dan garam belumlah dianjurkan untuk bayi dibawah 1 tahun. Kaldu bisa didapat dari tulang dan daging ayam, sapi dan ikan yang direbus lama. Bagi Bunda yang tidak suka ribet, saat ini banyak tersedia merk kaldu mpasi instan terbaik tanpa kandungan msg dan pengawet, lulus BPOM serta pastinya aman dikonsumsi bayi.

Kini Bunda bisa bebas berkreasi dan menyediakan pilihan menu yang lezat bagi si kecil dengan aneka pilihan kaldu. Si kecil makin lahap, tumbuh sehat dan cerdas.

Sebelum mendapatkan sebuah produk terbaik yang bisa dikonsumsi bayi, Bunda kenali dahulu manfaat dan cara memilih kaldu instan paling tepat untuk diberikan kepadanya. Sudah penasaran? Yuk, Bunda simak penjelasannya!

Manfaat Kaldu MPASI Untuk Bayi

1. Memberikan cita rasa yang lebih enak

Tulang, sayuran, hingga daging tertentu yang direbus atau dipadukan dengan bahan tambahan lain akan menghasilkan kaldu yang harum dan lezat.

Bahan pendukung nyatanya juga mempengaruhi cita rasa kaldu sebagai bahan tambahan makanan yang enak. Hal ini membuatnya cocok dicampurkan ke dalam MPASI si kecil, asalkan aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

Dijamin, bayi kecil Bunda akan menyukainya dan tidak bosan dengan masakan MPASI tersebut.

2. Menambah nafsu makan

Pembatasan gula dan garam pada si kecil yang berusia di bawah 1 tahun memang membuat Bunda tidak boleh kehabisan akal.

Supaya selera makannya tetap terjaga, kaldu akan memberikan rasa yang lebih lezat supaya si bayi tetap lahap menyantap MPASI miliknya.

Rasa gurih yang mampu menyandingi garam dan gula mampu membuat si kecil menyukai makanan yang Bunda berikan kepadanya. Dengan begitu, nafsu makannya lebih meningkat dan MPASI lebih cepat habis saat dikonsumsi.

3. MPASI sedap lebih cepat

Dengan menggunakan kaldu MPASI instan, Bunda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memasak sendiri. Produk ini lebih praktis dan mampu membantu MPASI disajikan lebih cepat.

Bunda cukup menyiapkan beberapa stok dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, dengan beragam rasa yang menarik, Bunda bisa memberikan variasi yang berbeda dan tetap lezat di lidah si kecil.

Bahkan, Bunda bisa membawa kaldu instan ini ketika diperlukan selama bepergian. Supaya tidak kerepotan, kaldu instan akan membantu Bunda menyiapkan kebutuhan pangan bagi si bayi di mana saja dan kapan saja.

Baca juga Rekomendasi 15 Merk  Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Cara Memilih Kaldu Instan MPASI Terbaik dan Aman Dikonsumsi Bayi

1. Pilih produk kaldu instan bebas MSG

MSG masih menimbulkan pro dan kontra bagi sebagian masyarakat di seluruh dunia. Meskipun demikian, sebenarnya BPOM, WHO, serta FAO mengklasifikasikannya sebagai bahan pangan aman, namun penggunaannya harus tetap dalam batas wajar.

Dalam menunjang kebutuhan pangan selama 1000 Hari Pertama Kehidupan, Bunda pasti tidak ingin salah memberikan kandungan nutrisi dalam sebuah makanan.

Maka dari itu, tidak adanya pemberian MSG mungkin mampu memenuhi tujuan tersebut. Kaldu instan non MSG menjadi pilihan tepat untuk mengantisipasi manfaat sekaligus pemenuhan pangan harian si kecil.

2.  Hindari kandungan penyebab alergi pada si kecil

Apakah si kecil punya alergi terhadap jamur? Udang? Atau bahkan ayam? Sebaiknya Bunda memilih kaldu instan yang tidak memicu munculnya reaksi alergi menentu pada bayi.

Alergi merupakan sebuah kondisi yang sangat personal. Maka dari itu, Bunda harus hati-hati sekaligus mampu membaca komposisi dari setiap kaldu instan yang Bunda temui di pasaran.

3. Izin produksi dan tanggal kadaluarsa

Kriteria lain yang tidak kalah penting adalah kode produksi serta tanggal kadaluarsa yang tercantum pada kemasan kaldu.

Terutama ketika produk ini masih awal-awal diberikan kepada si kecil. Tentu intensitasnya harus disesuaikan terlebih dahulu dan tidak menutup kemungkinan kalau bisa jadi kaldu instan masih jarang digunakan.

Untuk itu, Bunda bisa memperkirakan penggunaannya terhadap tanggal yang sudah tertera pada produk. Selain itu, kode produksi harus jelas supaya Bunda tidak mudah tertipu dengan oknum nakal yang mengubah kondisi asli dari kemasannya.

Rekomendasi Merk Kaldu MPASI Instan Terbaik, Aman, dan non MSG

1.  Lemonilo Kaldu Pelezat Jamur

Lemonilo Kaldu Pelezat Jamur

Lemonilo Kaldu Pelezat Jamur photo via lemonilo.com

Harga: Rp28.800,00

Kaldu yang satu ini diracik khusus tanpa MSG tambahan karena kandungan jamur sendiri sudah mampu menciptakan cita rasa yang gurih dan lezat.

Tidak mengandung pengawet, pewarna, maupun perasa buatan supaya lebih aman dikonsumsi oleh bayi. Setiap MPASI dapat disajikan dengan aman dan sehat.

Selain itu, produk ini juga bebas gluten. Masih aman untuk ibu hamil dan menyusui yang juga ingin merasakan makanan lezat setiap hari.

Bunda bisa memakai kurang lebih 1 sendok teh untuk segala jenis masakan, termasuk MPASI si kecil yang sudah disiapkan sebelumnya.

2. Koala Kaldu MPASI

Koala Kaldu MPASI

Koala Kaldu MPASI photo via lemonilo.com

Harga: Rp45.000,00

Merupakan kaldu instan bubuk non MSG dan dibuat khusus untuk melengkapi MPASI harian si kecil dalam masa tumbuh kembangnya. Produk ini bebas gluten dan mengutamakan ramah lingkungan.

Dengan kemasan maupun komposisi praktis dan higienis, produk ini didukung dengan bebas dari bahan pengawet atau kimia lainnya.

Dalam menyesuaikan penggunaannya terhadap tubuh bayi, kaldu instan dari Koala tidak menggunakan gula dan garam sebagai komposisinya. Bahan pembuatan utamanya adalah ayam, sayur, serta bumbu masak alami.

Bunda bisa memberikan produk ini kepada bayi sejak usianya sudah mencapai 6 bulan. Terdapat 4 varian kaldu, yaitu sapi, ayam, salmon, dan tuna.

3. Enatura Kaldu Alami

Enatura Kaldu Alami

Enatura Kaldu Alami photo via 99.com

Harga: Rp26.000,00

Menyediakan kaldu ayam, sapi, dan jamur yang mampu memenuhi kebutuhan Bunda selama memasak MPASI untuk buah hati.

Produk ini terbuat dari bahan-bahan rempah segar yang bebas dari kandungan MSG atau HVP. Selain itu, tidak ada pewarna atau pengawet kimia yang cenderung berbahaya.

Kaldu instan ini sudah tersertifikasi Halal dan pemakaiannya sudah terjamin Dinas Kesehatan. Tidak ada tambahan gula, sehingga cocok juga untuk vegetarian.

Dengan mengutamakan cita rasa alami, Bunda tidak perlu khawatir si kecil tidak akan menyukai MPASI buatan Bunda. Ia akan makan dengan lahap sepanjang hari.

4. Kaldu Mama Kamu

Kaldu Mama Kamu

Kaldu Mama Kamu photo via shopee.co.id

Harga: Rp23.000,00

Menjadi merk kaldu MPASI instan terbaik yang terbuat dari bahan-bahan alami. Tidak ada MSG, pengawet, maupun zat pengempal.

Berbagai macam masakan, termasuk MPASI ternyata bisa semakin sedap dan lezat dengan pilihan beragam rasa, yaitu ayam kampung, jamur tiram, atau sapi lokal.

Sudah teruji secara efektif tanpa MSG yang tidak dianjurkan bagi bayi melalui Biochem Technology. Tidak perlu cemas akan keamanan klinisnya.

Untuk penggunaannya, Bunda bisa memakai 1 sendok teh untuk 1 liter makanan berkuah dan ½ sendok teh untuk MPASI tidak berkuah. Bisa juga ditakar sesuai dengan kebutuhan.

5. Alania Kaldu Bubuk

Alania Kaldu Bubuk

Alania Kaldu Bubuk photo via kaldualania.com

Harga: Rp28.000,00

Penyedap rasa buatan terbaik ini tidak menggunakan MSG, pewarna, atau perasa buatan yang berbahaya. Dengan bahan-bahan alami, Alania mengutamakan kualitas dalam bentuk yang sehat.

Bahan-bahan utamanya terdiri dari rempah alami yang memberikan manfaat sekaligus kebaikan pada alam.

Aman dikonsumsi dan termasuk Halal karena menggunakan komposisi terbaik yang tidak berbahaya bagi kesehatan, terutama untuk diberikan kepada bayi.

Bunda bisa menemukan produk ini dalam berbagai pilihan rasa, yaitu Sapi, Ayam, Vegetarian, hingga Ayam Kampung.

6. AMAY Kaldu Organik MPASI Premium

AMAY Kaldu Organik MPASI Premium

AMAY Kaldu Organik MPASI Premium photo via bukalapak.com

Harga: Rp38.500,00

Keunggulan kaldu ini dibandingkan yang lain adalah 100% terbuat dari daging tanpa tulang serta sayur-sayuran organik.

Sama sekali tidak mengandung MSG maupun gula dan garam. Sangat cocok dan aman dikonsumsi oleh bayi hingga lansia karena aman bagi kesehatan.

Kaldu ini dibuat dengan proses yang efektif oleh para tenaga kerja ahli serta berpengalaman dalam bidang industri pangan.

Proses pengeringannya menggunakan Dry Machine yang mengutamakan kebersihan untuk menghasilkan produk higienis.

7. Kaldu Jamur Totole

Kaldu Jamur Totole

Kaldu Jamur Totole photo via shopee.co.id

Harga: Rp12.000,00

Fungsinya sebagai pengganti MSG yang lebih sehat dan alami ketika digunakan untuk kebutuhan MPASI bayi.

Selain itu, kaldu ini juga mampu memberi rasa untuk semua jenis masakan buatan Bunda dan menambah aroma wangi pada masakan berkuah.

Dengan cita rasa yang baru, si kecil akan merasakan sedapnya jamur dibarengi dengan kandungan nutrisi paling natural alami.

Gunakan ½ sendok teh untuk beragam masakan Bunda supaya rasanya lebih enak dan si kecil bisa makan MPASI dengan lahap setiap saat.

8. Aidan Kitchen Stock Powder

Aidan Kitchen Stock Powder

Aidan Kitchen Stock Powder photo via jagapati.com

Harga: Rp50.000,00

Ada banyak pilihan rasa yang bisa Bunda sesuaikan dengan keperluan MPASI si kecil, antara lain ayam negeri, ayam kampung, sapi, salmon, tuna, udang, dan jamur.

Kaldu bubuk ini semuanya terbuat dari daging asli yang dikeringkan bersama sayuran maupun rempah-rempah alami.

Diproduksi secara homemade, namun tetap bersih dan higienis. Produk ini juga tidak mengandung gula dan garam, cocok untuk MPASI sang bayi setiap hari.

Tanpa bahan pengawet maupun komposisi kimia lainnya, kaldu instan ini bisa Bunda pakai kapan saja. Bahkan, ketika harus bepergian bersama bayi sekalipun.

9. Pawon Ibun Kaldu MPASI Homemade

Pawon Ibun Kaldu MPASI Homemade

Pawon Ibun Kaldu MPASI Homemade photo via jagapati.com

Harga: Rp13.000,00-Rp60.000,00

Kaldu MPASI bayi homemade ini tersedia dalam beberapa variasi rasa yang tidak membosankan, yaitu Ayam Kampung, Sapi, Jamur, Salmon, dan Tempe.

Tidak ada gula, garam, pengawet, dan MSG supaya tetap sehat meskipun dikonsumsi oleh bayi. Bahkan, produk ini cocok untuk penderita hipertensi maupun orang dewasa yang diet garam.

Bahan dasarnya adalah daging asli yang diblend. Sudah mengandung sayuran sebagai sumber protein yang lengkap dan maksimal.

Telah tersertifikasi Halal dan terasa praktis ketika dibawa bepergian. Tidak perlu khawatir karena expirednya selalu baru sebagai kaldu yang termasuk Fast Moving Product.

10. Maseko Kaldu Organik non MSG

Maseko Kaldu Organik non MSG

Maseko Kaldu Organik non MSG photo via goapotik.com

Harga: Rp20.000,00-Rp34.500,00

Kaldu Maseko atau kepanjangannya Masakan Enak Bebas Resiko, terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak memanfaatkan MSG sebagai penyedap.

Dengan takaran sesuai selera, Bunda bisa memilih ketersediaan rasa dari kaldu instan ini, yaitu Ayam Kampung, Jamur, dan Sapi.

Seluruh bahan dasar terbuat dari bahan-bahan pilihan dan bebas GMO. Rasa Jamur sendiri cocok dikonsumsi oleh vegetarian.

Gunakan kaldu ini sebagai penambah yang sehat, higienis, dan alami bagi MPASI si kecil untuk menambah selera makannya yang lahap.

11. Nayz Bumbu Kaldu Organik

Nayz Bumbu Kaldu Organik

Nayz Bumbu Kaldu Organik photo via shopee.co.id

Harga: Rp44.900,00

Merk kaldu MPASI instan terbaik yang satu ini menggunakan ekstrak daging ayam asli, ditambahan dengan sayuran organik dan komposisi alami.

Menjadi bumbu kaldu instan dan organik terbaik untuk bayi tanpa bahan pengawet ataupun MSG yang tidak dianjurkan bagi MPASI.

Terdapat rasa Ayam Organik, Jamur, dan Sapi yang higienis, sedap, dan lezat saat ditambahkan ke dalam setiap masakan.

Tersedia dalam ukuran 100 gram yang bisa Bunda bawa ke mana saja. Cocok untuk travelling atau staycation supaya masakan MPASI semakin mudah dan efektif.

12. Alsultan Kaldu Kemasan

Alsultan Kaldu Kemasan

Alsultan Kaldu Kemasan photo via jd.id
lazada.co.id

Harga: Rp20.800,00-Rp25.500,00

Produk kaldu instan ini dibuat dengan campuran rempah-rempah khas Indonesia tanpa mengandung MSG atau Monosodium Glutamat.

Terasa lezat, sehat, dan aman dikonsumsi untuk bayi, anak-anak, maupun orang dewasa yang membutuhkan penyedap rasa lebih natural.

Kaldu ini telah memenuhi standar keamanan pangan dan sudah dipasarkan untuk Alsultan International Australia. Telah tersertifikasi BPOM dan Halal oleh MUI.

Memiliki varian rasa Jamur, Sapi, Ayam dan Rumput Laut yang gurih dan aman dikonsumsi bersama MPASI si kecil.

13. Halawa Kaldu Probiotik non MSG

Halawa Kaldu Probiotik non MSG

Halawa Kaldu Probiotik non MSG photo via shopee.co.id

Harga: Rp1.000,00

Dalam satu sachet isi 12 gram, Bunda bisa menggunakannya untuk 4 sampai 6 porsi dalam pembuatan MPASI si kecil.

Penyedap rasa ini terbuat dari bahan-bahan rempah organik tanpa MSG yang mengandung probiotik untuk melancarkan pencernaan.

Diproduksi dengan standar pabrik modern menggunakan bahan-bahan yang Halal tanpa kandungan aditif sintetis.

Fungsi lain dari kaldu ini adalah menyeimbangkan fungsi organ, menetralkan gula pereduksi, sekaligus mampu menyerap dan meningkatkan nilai gizi makanan.

14. Aiko Kaldu non MSG

Aiko Kaldu non MSG

Aiko Kaldu non MSG photo via lazada.co.id

Harga: Rp24.000,00

Kaldu alami ini menggunakan bahan-bahan asli yang bermutu dan diolah dengan cara yang higienis menjadi bumbu bagi MPASI bayi.

Selain itu, nilai gizinya tergolong lebih tinggi karena terbuat dari daging dan sayuran murni tanpa tambahan dari bahan pengawet.

Tidak menggunakan gula, garam, maupun MSG supaya tetap natural alami ketika dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu oleh si kecil.

Tersedia dalam varian Ayam, Sapi, dan Jamur lezat sekaligus menambah cita rasa istimewa pada masakan MPASI Bunda setiap saat.

15. Grass-Fed Beef Bone Broth

Grass-Fed Beef Bone Broth

Grass-Fed Beef Bone Broth photo via shopee.co.id

Harga: Rp114.000,00

Dibuat dari bahan-bahan pilihan yang berkualitas dan cocok dikonsumsi oleh semua usia, mulai dari bayi sampai lansia sekalipun.

Pengolahannya menggunakan Titanium Cookware dengan metode slow cooking hingga 48 jam. Tambahan suhu 95 derajat akan menjaga kandungan nutrisi dari bahan alaminya.

Penggunaannya harus dicairkan terlebih dahulu sebelum digunakan pada MPASI. Bone broth bisa dikonsumsi saat hangat untuk masakan yang sudah disiapkan.

Untuk penyimpanannya, kaldu ini bisa tahan hingga 2 hari dalam kulkas dan 5 bulan dalam freezer. Jadi, pastikan penyimpanan sudah benar supaya rasanya tetap enak dan bertahan lama.

 

Variasi merk kaldu MPASI instan terbaik di atas bisa Bunda coba dan pertimbangkan penggunaannya ketika si kecil sudah mulai menikmati makanan pendampingnya setiap hari. Pastikan kandungan dan komposisinya tetap aman untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembang bayi yang lebih optimal.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *