15 Rekomendasi Merk Mesin Cuci Terbaik dan Murah

5 bulan lalu, by duniabunda

merk mesin cuci yang bagus

Bunda bingung memilih mesin cuci yang bagus tapi murah? Yuk simak rekomendasi merk mesin cuci terbaik dan murah disini.

Kegiatan mencuci baju seakan tidak pernah dari yang namanya mesin cuci. Umumnya, mesin cuci akan memberikan hasil cucian yang cepat dan hemat tenaga. Bunda tidak perlu pegal-pegal karena harus mengucek pakaian satu per satu.

Kalau saat ini Bunda membutuhkan mesin cuci baru, Bunda harus memilih merk mesin cuci yang bagus dan tahan lama. Harga terjangkau adalah bonus yang bisa Bunda pertimbangkan dan sesuaikan dengan budget yang tersedia.

Tips Memilih Mesin Cuci

Sebelum membeli salah satu merk yang akan membantu Bunda dalam kegiatan mencuci setiap hari, sebaiknya Bunda pahami dahulu cara menentukan mesin cuci yang bagus dan terbaik. Dengan menerapkan tips ini, Bunda dijamin tidak akan menyesal di kemudian hari.

1. Pelajari dahulu jenis-jenis mesin cuci, ya Bun!

Mesin cuci banyak beredar di pasaran dan Bunda harus mengetahui fungsi serta kapasitas yang ditawarkan. Penampakannya dapat berupa top loading, front loading, dan dua tabung. Lalu, apa yang membedakannya?

  • Mesin cuci top loading

Jenis mesin cuci ini cocok untuk Bunda yang jarang mencuci atau terbiasa menimbun pakaian kotor. Bentuknya memberikan kemudahan bagi Bunda ketika harus memasukkan pakaian dan cukup mengambilnya tanpa perlu berjongkok.

Menurut bradlows.co.za, mesin cuci top loading sangat disarankan untuk Bunda yang memiliki masalah dengan punggung.

Kemudahan lainnya dari mesin cuci top loading adalah pakaian bisa direndam terlebih dahulu, sebuah keuntungan yang tidak Bunda temukan pada mesin cuci front loading. Harganya pun cenderung lebih terjangkau dibandingkan jenis lainnya.

  • Mesin cuci front loading

Mesin cuci front loading memberikan jaminan pakaian yang jauh lebih bersih. Hal ini disebabkan oleh sistem cuci yang berputar, sehingga pakaian akan ikut dibanting, persis ketika Bunda mencuci dengan tangan.

Keuntungan lainnya adalah pakaian lebih aman dan tidak mudah rusak, serta tagihan air Bunda tidak akan membengkak.

  • Mesin cuci dua tabung

Dengan masin cuci ini, Bunda bisa melakukan pengaturan manual untuk penggunaan air.  Hal ini bertujuan untuk menekan rekening air supaya lebih hemat.

Dikutip dari bradlows.co.za, mesin cuci dua tabung memiliki efisiensi energi, di mana Bunda juga bisa mengeringkan pakaian, namun tidak membuat rekening listrik membengkak.

Tidak hanya itu, mesin cuci dua tabung memiliki risiko kerusakan yang cenderung kecil. Sekali pun rusak dan harus diperbaiki, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal. Namun, tetap ingat untuk menjaganya dengan baik supaya lebih awet, ya Bun.

2. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga

Biasanya, satu orang dalam setiap anggota keluarga menyisakan pakaian kotor rata-rata seberat 1 kilogram per hari. Bisa dibayangkan, ya Bun kalau jumlah anggota keluarga di rumah cukup banyak?

Itu artinya Bunda harus pandai-pandai memilih merk mesin cuci terbaik untuk menampung banyak pakaian. Apabila di rumah hanya ada dua hingga tiga orang atau jarang mencuci, Bunda bisa memilih mesin cuci berkapasitas 7-9 kilogram saja.

3. Pastikan ruang cucian masih leluasa

Dalam memilih mesin cuci, Bunda harus bisa memperkirakan apakah barang tersebut akan muat di ruang pencucian atau justru memakan tempat?

Jangan sampai hanya karena ukurannya besar dan terlihat gagah, Bunda jadi tidak kepikiran kalau ukuran tersebut terlalu besar untuk diletakkan di ruang cuci. Wah, sayang ya Bun.

Bunda harus teliti memeriksa ukuran mesin cuci supaya mampu mengisi ruang yang sudah disediakan. Cek kembali dimana letak dan berapa ketinggian keran air untuk memenuhi kebutuhan mencuci harian Bunda di rumah.

4. Mesin cuci anti bising? Ada!

Tidak jarang Bunda menemui atau malah memiliki mesin cuci dengan suara yang keras ketika digunakan. Apalagi kalau Bunda terbiasa mencuci pakaian di malam hari. Tentu akan sangat berisik bagi orang lain.

Bunda bisa memilih merk mesin cuci yang terbaik dengan mengunggulkan teknologi peredam getaran dengan tingkat kebisingan kurang dari atau sama dengan 45 dB.

Rekomendasi 15 Mesin Cuci Terbaik dan Murah

1. Panasonic NA-W96FC2A

Merk Mesin Cuci Mesin Cuci Merk Panasonic NA-W96FC2A

Merk Mesin Cuci Mesin Cuci Merk Panasonic NA-W96FC2A photo via m.blanja.com

Harga sekitar Rp1.600.000-Rp1.900.000

Mesin cuci yang satu ini memiliki dua tabung dan membutuhkan daya listrik sebesar 250 Watt. Tentu fitur ini akan berpengaruh pada kebutuhan listrik yang kecil.

Panasonic NA-W96FC2A memiliki kapasitas tampung yang besar, yaitu 9 kilogram untuk wash dan 5,5 kilogram untuk spin. Mesin cuci ini sangat cocok untuk Bunda yang tinggal bersama banyak anggota keluarga di rumah.

Tidak hanya itu, produk ini memiliki fitur Dual Filter yang akan memberikan hasil pencucian lebih bersih. Ditambah dengan pengering untuk menghemat waktu pekerjaan karena cuci baju jadi cepat tuntas. Bunda bisa memilih salah satu dari tiga varian warnanya, yaitu merah muda, biru, dan hijau.

2. LG P800N

Mesin Cuci Merk LG P800N

Mesin Cuci Merk LG P800N photo by bukalapak.com

Harga sekitar Rp1.900.000-Rp2.135.000

Jenis top loading berkapasitas 8 kilogram dan dilengkapi dengan dua tabung, mesin cuci LG P800N bisa Bunda miliki dengan harga yang hemat dan terjangkau. Daya listrik yang dibutuhkan sekitar 350 Watt.

Mesin cuci ini juga menggunakan teknologi spesial, yaitu Punch3+ Pulsator untuk hasil cucian yang merata. Cara kerjanya adalah menyemprotkan air mengalir dan mengaduk cucian naik turun selama beberapa kali.

Roller Jet Pulsator pada LG P800N akan memberikan hasil cucian yang lebih lembut dan tidak mudah kusut. Belum lagi dengan proses pengeringan yang tergolong cepat. Bunda pasti senang dan tidak perlu kelelahan lagi, deh!

3. Samsung WT75J8

Mesin Cuci Merk Samsung WT75J8

Mesin Cuci Merk Samsung WT75J8 photo via samsung.com

Harga sekitar Rp1.250.000

Samsung WT75J8 mampu menampung pakaian sebanyak 7,5 kilogram dengan daya sebesar 480 Watt. Bunda tidak perlu pusing-pusing lagi karena suara yang berisik karena mesin cuci ini menghasilkan suara yang tidak bising.

Pilihan warnanya modern dan elegan, cocok untuk Bunda yang menyukai tone simpel dan tidak mencolok. Ukurannya juga tidak akan memakan tempat di ruang cuci, Bun. Mencuci baju jadi lebih leluasa dan bisa ditempati oleh beberapa ember pakaian.

Tidak hanya proses pencucian, pengeringan dioperasikan dengan cepat supaya Bunda tidak perlu menjemur terlalu lama, cukup pergi ke meja setrika untuk merapikan pakaian yang sudah bersih.

4. Aqua Japan QW-P1250T

Mesin Cuci Merk Aqua Japan QW-P1250T

Mesin Cuci Merk Aqua Japan QW-P1250T photo via aquajapanid.com

Harga sekitar Rp1.990.000

Salah satu fitur spesial yang akan Bunda dapatkan adalah Hijab Mode. Fitur ini akan membantu Bunda mencuci hijab atau pakaian lembut lainnya dan memastikan bahwa pencucian berjalan secara menyeluruh.

Kapasitas tampungannya sangat maksimal, yaitu 14 kilogram. Sangat cocok untuk anggota keluarga yang terdiri dari banyak orang. Bunda tidak perlu mencicil sedikit demi sedikit.

Dalam proses pencucian, terdapat fitur Water Selector yang membantu menyeleksi arah air yang masuk, baik ke tabung wash maupun spin.

Air Dry Spin Lid akan menarik udara dari luar untuk proses pengeringan pakaian yang optimal dan terhindar dari kelembapan.

5. Polytron Primadona Samba 69 Series PWM9369

Merk Mesin Cuci Polytron Primadona Samba 69 Series PWM9369

Merk Mesin Cuci Polytron Primadona Samba 69 Series PWM9369 photo via polytron.co.id

Harga sekitar Rp1.549.000

Bunda bisa mendapatkan 2 pilihan kapasitas penampungan, 9 kilogram atau 10 kilogram dan pemberian garansi dalam jangka waktu 3 tahun.

Mesin cuci ini juga menggunakan teknologi Water Filter untuk menyaring kotoran pada pakaian secara sempurna. Dilengkapi pula dengan Motor Spin yang mengeringkan pakaian hingga 90% serta Magic Gear untuk mengehemat biaya listrik Bunda.

Mode Hijab yang aktif akan mencuci pakaian berbahan lembut milik Bunda. Merk mesin cuci yang terbaik ini akan menemani Bunda dalam mencuci pakaian dengan maksimal supaya jadi lebih awet dan tahan lama.

6. Sharp Megamouth Series ES-M905P-WR/WB

Merk Mesin Cuci Sharp Megamouth Series ES-M905P-WR/WB

Merk Mesin Cuci Sharp Megamouth Series ES-M905P-WR/WB photo via tokopedia.com

Harga sekitar Rp2.680.000

Salah satu mesin cuci keluaran Sharp ini memiliki teknologi Tub Self Claner yang mampu membersihkan redsidu pencucian secara mandiri. Bunda tidak perlu kerepotan lagi untuk mencoba mengembalikan kebersihan mesin cuci seperti semula.

Mesin cuci tanpa lubang ini akan memberikan beberapa manfaat, seperti hasil cucian yang lebih higienis, hemat air, serta melembutkan pakaian. Jamur tidak akan mudah berkembang biak dan pakaian jadi tidak mudah rusak dengan desain tanpa lubang.

Mesin cuci Sharp ini juga mengadopi teknologi Pulsator Dolphin and Whale. Desain yang terinspirasi dari kulit lumba-tumba akan mengurangi ketahanan air dan meningkatkan kinerja cuci. Sedangkan, desain dengan inspirasi kepala dan sirip paus akan menghasilkan aliran air yang besar.

7. Denpoo DW 888

Merk Mesin Cuci Denpoo DW 888

Merk Mesin Cuci Denpoo DW 888 photo via saranaelektronik.co.id

Harga sekitar Rp1.190.000-Rp1.550.000

Memiliki kapasitas 8 kilogram dan menghabiskan daya listrik yang kecil serta tidak boros listrik, yaitu sebesar 160 Watt. Mesin cuci Denpoo DW 888 akan meringankan beban Bunda ketika pakaian kotor sudah menumpuk.

Super Strong Body berfungsi untuk membuat suara yang lebih halus dan menjaga mesin cuci agar lebih tahan lama. Mesin cuci ini terbilang anti karat karena menggunakan bahan dasar plastik yang kokoh. Namun, Bunda harus tetap merawatnya dengan baik.

Dilengkapi juga dengan pulsator berukuran besar untuk membuat putaran cuci yang sangat kuat untuk hasil yang lebih bersih dan sempurna. Water inlet pada mesin cuci juga memudahkan Bunda memasukkan air untuk proses pencucian.

8. Sanken TW-9770BU

Merk Mesin Cuci Sanken TW-9770BU

Merk Mesin Cuci Sanken TW-9770BU photo via bukalapak.com

Harga sekitar Rp1.400.000

Mesin cuci twin tub merk Sanken ini memiliki kapasitas 7,5 kilogram yang memiliki desain elegan dan menunjang teknologi X-Tor untuk membantu Bunda mencuci pakaian supaya lebih bersih.

Fitur ABS Double Body akan mempertahankan keawetannya, sehingga Bunda tidak perlu repot membersihkan mesin cuci. Sistem berlapis ganda ini akan mempertahankan mesin cuci dari guncangan supaya tidak musah rusak.

Selain itu, mesin cuci ini akan mengeringkan pakaian kesayangan dengan teknologi Super Spin Dry yang maksimal.

9. Midea MTA77-P1302

Merk Mesin Cuci Midea MTA77-P1302

Merk Mesin Cuci Midea MTA77-P1302 photo via spekharga.cokoladaforum.com

Harga sekitar Rp1.099.000

Kalau Bunda hanya membutuhkan mesin cuci berkapasitas kecil karena anggota keluarga di rumah hanya sedikit atau jarang mencuci, cobalah mesin cuci Midea MTA77-P1302. Memiliki daya tampung 6 kilogram dan konsumsi daya sekitar 320 Watt.

Strong Rollet Pulsator akan memaksimalkan pakaian menjadi lebih lembut dan anti kusut, persis seperti mencuci manual dengan tangan. Teknologi anti karat juga mendukung perawatan mesin cuci supaya lebih tahan lama.

10. Akari AWM-12SK

Merk Mesin Cuci Akari AWM-12SK

Merk Mesin Cuci Akari AWM-12SK photo via akari-corp.com

Harga sekitar Rp1.775.000-Rp1.900.000

Mesin cuci dua tabung yang satu ini memiliki kapasitas tampung sebesar 11 kilogram, dengan 6 kilogram cuci dan 5 kilogram peras. Fitur Big Motor Pulsator melengkapi fungsi mesin cuci ini dengan bergerak lebih kuat dan mencuci pakaian lebih bersih.

Bodinya dilindungi oleh tutup kaca tempered glass yang kuat, mampu menopang dengan baik, serta mudah untuk dibersihkan. Mesin cuci ini juga menyediakan indikator lampu yang akan mengingatkan Bunda apabila mencuci sudah selesai.

Pengeringan akan berjalan optimal dengan fitur Spin Air Dryer yang bekerja memberikan udara secara lebih untuk pakaian bersih dan kering.

11. Sharp ES-T85CR

Merk Mesin Cuci Sharp ES-T85CR

Merk Mesin Cuci Sharp ES-T85CR photo via shopee.co.id

Harga sekitar Rp1.719.000-Rp2.025.000

Mesin cuci yang satu ini terbuat dari bahan plastik yang kokoh dan tahan karat. Memiliki daya tampung  sebesar 8 kilogram, Bunda akan mendapatkan kapasitas yang pas untuk kebutuhan mencuci di rumah.

Tersedia beberapa tombol yang mudah untuk dioperasikan. Bunda akan terbiasa mengatur mesin cuci melalui beberapa opsi tersebut. Fitur Super Aquamagic yang ditawarkan akan memberikan sentuhan akhir pakaian yang bebas bau dan berkualitas.

Double Pulsator bekerja menggiling pakaian dengan kecepatan tinggi yng khusus untuk kegiatan mencuci yang maksimal. Apabila tertarik, Bunda bisa membeli mesin cuci ini dengan harga yang terjangkau dan menyesuaikannya dengan budget.

12. Hitachi PS900KJ

Merk Mesin Cuci Hitachi PS900KJ

Merk Mesin Cuci Hitachi PS900KJ photo via homeappliances.hitachi.com

Harga sekitar Rp2.865.000-Rp2.999.000

Dengan harga tersebut, Bunda sudah bisa mendapatkan mesin cuci dengan kapasitas yang besar, yaitu 9 kilogram. Fitur Air Jet Dry akan membarengi Bunda untuk mengeringkan pakaian yang masih basah secara optimal.

Bunda juga bisa memilih level kapasitas air yang diperlukan untuk kegiatan mencuci untuk menyesuaikannya dengan kuantitas kotoran dengan Water Level Selector.

Perlindungan plastic yang kokoh dan tahan lama akan menemani Bunda di ruang cucian. Liquid Balancer pada Hitachi PS900KJ membantu menyeimbangkan cairan pembersih dan air supaya dapat membasmi kotoran pada pakaian dengan baik.

13. Daewoo DWT-800

Merk Mesin Cuci Daewoo DWT-800

Merk Mesin Cuci Daewoo DWT-800 photo via shopee.co.id

Harga sekitar Rp1.730.000

Tikus sering kali menjadi momok tersendiri bagi Bunda karena suka merusak barang-barang dan perabotan di rumah. Untuk menghindari mesin cuci yang cepat rusak, Daewoo DWT-800 menyediakan fitur anti tikus sebagai pengaman ekstra.

Mesin cuci dua tabung ini memiliki daya tampung yang cukup banyak, yaitu 8 kilogram. Waktu yang diperlukan untuk mengeringkan pakaian juga cukup singkat untuk menghemat waktu mencuci Bunda.

14. Sharp ES-T1090

Merk Mesin Cuci Sharp ES-T1090

Merk Mesin Cuci Sharp ES-T1090 photo via arjunaelektronik.com

Harga sekitar Rp1.950.000

Dengan sistem penjernihan air yang optimal, Bunda bisa mencuci seluruh pakaian kotor dengan berat hingga 10 kilogram. Untuk menampung beban tersebut, tentunya bodi mesin cuci harus kuat.

Bunda tidak perlu bingung karena mesin cuci keluaran Sharp ini memiliki bodi plastik yang kuat dan tahan lama. Asal berat mencapai maksimal, mesin cuci tetap aman terkendali. Pilihan warna yang tersedia untuk Bunda adalah violet, merah muda, dan biru.

Mesin cuci ini membantu Bunda menghemat listrik dengan membutuhkan daya hanya sebesar 200 Watt. Aquamagic Filter tidak akan membiarkan bakteri menempel pada pakaian dan membasminya secara efektif.

15. Polytron PWM 7056

Mesin Cuci Merk Polytron PWM 7056

Mesin Cuci Merk Polytron PWM 7056 photo via bukalapak.com

Dengan harga yang terjangkau, Bunda bisa mencuci pakaian menjadi sangat bersih. Mesin pemutar yang kencang akan membantu membilas serta membasmi kotoran yang bandel serta menempel pada permukaan pakaian.

Suaranya tidak bising, sangat nyaman digunakan karena memiliki pengatur kapasitas air yang akan dipakai untuk mencuci.

Pada musim hujan, Bunda tetap bisa memperoleh pakaian yang kering dan tidak lembap karena pengering mesin cuci ini dapat bekerja dengan baik dan cepat mengeringkan pakaian tanpa perlu kebingungan.

 

Bunda dapat menyiapkan budget terlebih dahulu untuk membeli merk mesin cuci terbaik dan terjangkau. Pastikan mesin cuci tersebut mampu diletakkan di ruang cuci dengan tidak memakan tempat. Pahami kembali fitur-fitur spesial yang ditawarkan dalam memenuhi kebutuhan mencuci di rumah.

Baca juga Cara Menyimpan Pakaian Agar Tidak Bau Apek berikut ini ya Bun.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *