15 Merk Minyak Ikan untuk Ibu Hamil yang Bagus

3 bulan lalu, by duniabunda

merk minyak ikan untuk ibu hamil terbaik

Salah satu kebutuhan nutrisi yang wajib Bunda penuhi selama hamil adalah Omega 3. Asupan Omega 3 dapat diperoleh dengan konsumsi ikan atau cukup minyak ikan. Manfaat minyak ikan selama kehamilan cukup beragam, diantaranya untuk menunjang perkembangan otak bayi hingga mengurangi resiko preeklamsia pada ibu hamil.  Jika Bunda merasa asupan minyak ikan yang Bunda konsumsi kurang mencukupi selama kehamilan, Bunda tidak perlu khawatir karena kini hadir banyak pilihan merk minyak ikan untuk ibu hamil yang bagus yang bisa Bunda dapat di apotik maupun pusat perbelanjaan.

Tips Memilih Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Dengan segudang manfaat bagi anak-anak, orang dewasa, maupun ibu hamil, nyatanya Bunda harus mampu memilih produk terbaik dan bukan abal-abal. Apalagi, kebutuhan nutrisi tergolong krusial dan harus diperoleh dari sumber yang terpercaya. Simak beberapa tips di bawah ini:

1. Pilih minyak ikan berdasarkan bentuk yang ditawarkan

Sebelum beralih untuk mengetahui komposisi dan gizi yang ditawarkan, sangat penting untuk menentukan bentuk minyak ikan terlebih dahulu. Secara umum, minyak ikan dapat Bunda temukan dalam dua bentuk berikut:

  • Kapsul yang lunak: Bentuk minyak ikan ini mampu menjaga Bunda dari bau amis. Dalam satu kapsul soft gel, biasanya terdapat komposisi minyak ikan sebanyak 500 sampai 1000 mg. Cangkang kapsul yang mudah larut tidak akan mengeluarkan bau amis yang mengganggu bagi sebagian dari Bunda.
  • Cair: Minyak ikan cair cenderung lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, bentuk cair dapat menjadi alternatif untuk Bunda yang tidak bisa menelan kapsul. Kekurangan dari produk cair adalah lebih sulit ditemukan di pasaran.

2. Perhitungkan kadar DHA dan EPA pada minyak ikan

DHA dan EPA adalah dua jenis asam lemak Omega 3 yang diperlukan demi pertumbuhan serta perkembangan janin, khususnya pada otak, saraf, dan retina. Pada trimester terakhir, Omega 3 akan bekerja lebih optimal untuk mengupayakan janin.

WHO mengungkapkan bahwa ibu hamil membutuhkan 300 mg DHA serta EPA dalam satu hari. Paling tidak, porsi DHA yang Bunda peroleh sebesar 200 mg sehari. Pastikan Bunda membaca komposisi DHA dan EPA saat memilih produk minyak ikan.

3. Perhatikan sumber produk minyak ikan

Nyatanya, tidak semua minyak ikan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Bunda harus pastikan bahwa produk yang dipilih tidak bersumber dari liver ikan. Hal ini dikarenakan bagian liver merupakan organ untuk mendetoksifikasi racun.

Apabila dikonsumsi, terdapat kekhawatiran bahwa polutan yang ada di dalam liver ikut terekstraksi ketika diolah menjadi minyak ikan siap konsumsi.

4. Perhatikan bahan tambahan yang terkandung di dalam minyak ikan

Secara umum, minyak ikan juga mengandung komposisi tambahan kaya nutrisi untuk mendukung kehamilan. Beberapa di antaranya adalah vitamin D, vitamin E, asam folat, sekaligus zat besi. Ada pula yang menambahkan ekstrak rosemary dan squalene yang alami.

Komposisi tambahan dapat Bunda pertimbangan karena beberapa mempunyai manfaat untuk menjaga atau malah meningkatkan kualitas dari produk.

Baca juga Merk Vitamin Untuk Ibu Hamil Yang Bagus

Rekomendasi Merk Minyak Ikan untuk Ibu Hamil yang Bagus

Setelah memahami cara dan tips untuk memilih minyak ikan terbaik, Bunda dapat mempertimbangkan produk-produk di bawah ini:

1. Wiley’s Finest: Wild Alaskan Fish Oil

 Wiley’s Finest: Wild Alaskan Fish Oil

Wiley’s Finest: Wild Alaskan Fish Oil photo via iherb.com

Rp319.000,00-Rp1.012.000,00

Produk minyak ikan ini mempunyai keunikan yang menonjol, yaitu hadir dalam rasa jeruk. Hal ini merupakan inovasi dari merk agar Bunda yang tidak tahan dengan bau amis tetap memperoleh asupan Omega 3 dari minyak ikan. Rasanya jauh lebih segar dan mudah disukai oleh ibu hamil.

Minyak ikan ini berbentuk cair dengan per sajian DHA sebanyak 220 mg dan EPA 440 mg. Beberapa bahan tambahan yang bisa Bunda temui adalah vitamin A, vitamin D, Omega 7, hingga Omega 9. Wiley’s Finest tersedia dalam ukuran 250 ml.

2. Blackmores Omega Daily

Blackmores Omega Daily

Blackmores Omega Daily photo via watsons.co.id

Rp300.000,00

Merupakan minyak ikan berbentuk kapsul lunak dengan kemasan berisi 90 buah. Produk ini diekstraksi langsung dari ikan laut untuk menghadirkan sumber Omega 3 yang optimal. Kandungan EPA dalam komposisinya sebesar 310.8 mg dengan DHA 207.2 mg.

Dosis untuk orang dewasa biasanya sebanyak 1 kali sehari, terutama bagi keperluan suplementasi. Meskipun tidak mengandung bahan tambahan, komposisi khusus sudah manjur untuk memberikan asupan bagi Bunda dan janin.

3. Sea-Quill Omega 3 Salmon

Sea-Quill Omega 3 Salmon

Sea-Quill Omega 3 Salmon photo via shopee.co.id

Rp178.750,00

Seperti nama produknya, minyak ikan ini menghadirkan ekstrak dari ikan salmon. Diproduksi memakai teknologi fractioned distillation dalam membuang kolesterol serta meningkatkan asam lemah DHA serta EPA. Ditambah dengan komposisi lesitin yang memudahkan penyerapan vitamin E.

Konsumsi dari minyak ikan ini dapat Bunda lakukan secara rutin sebanyak 1 sampai 3 kali sehari. Minum sesudah Bunda makan. Bentuknya adalah soft gel yang dijual dengan pilihan ukuran 30, 60, 100, hingga 120 kapsul.

4. Nordic Naturals Ultimate Omega

Nordic Naturals Ultimate Omega

Nordic Naturals Ultimate Omega photo via nordicnaturals.com

Rp1.120.000,00

Nordic Naturals menyediakan dua pilihan supplemen minyak ikan, yaitu dalam bentuk cair maupun soft gel. Komposisi Omega 3 pada setiap produk bahkan bisa mencapai 2840 mg untuk produk cair. Tidak mengandung derivatif susu, gluten, atau pengawet pewarna buatan.

Produk minyak ikan ini diproduksi secara eksklusif dari 100% ikan segar disertai rasa lemon yang lebih segar. Bunda juga tidak perlu khawatir dengan bau amis agar konsumsi asupan minyak ikan jauh lebih nyaman. Kandungan tambahan lainnya berupa antioksidan dan rosemary extract.

5. Naturalle Evening Primrose Oil Plus Omega 3 Fish Oil

Naturalle Evening Primrose Oil Plus Omega 3 Fish Oil

Naturalle Evening Primrose Oil Plus Omega 3 Fish Oil photo via shop.avon.my

Rp98.000,00

Ciri khas dari minyak ikan yang satu ini adalah kombinasi komposisi yang seimbang. Kandungan Omega 3 500 mg diambil dari minyak ikan dan Omega 6 berasal dari bunga evening primrose. Dua nutrisi utama ini dapat memaksimalkan perkembangan mata serta otak janin.

Suplemen berbentuk kapsul atau soft gel yang mudah dikonsumsi. Terdapat pilihan yang beragam, mulai dari 30, 60, hingga 100 kapsul yang bisa menjadi asupan rutin menjelang kehamilan. Selain bermanfaat bagi kehamilan, formulanya cocok untuk kesehatan.

6. Elevit DHA

Elevit DHA

Elevit DHA photo via blibli.com

Rp452.000,00

Elevit DHA menjadi merk minyak ikan untuk ibu hamil yang bagus karena diperuntukkan Bunda yang punya alergi terhadap ikan laut. Telah diformulasikan secara ilmiah untuk memenuhi kebutuhan Omega 3 untuk Bunda sejak hamil sampai menyusui.

Oleh sebab itu, tidak heran jika bahan baku yang dipakai oleh Elevit adalah ganggang sebagai pengganti minyak ikan. Meskipun demikian, komposisinya tetap mirip dan kaya akan Omega 3. Sebanyak 200 mg DHA sebagai konsumsi harian bisa Bunda peroleh secara rutin.

7. Nature Made Prenatal Multi + DHA

Nature Made Prenatal Multi + DHA

Nature Made Prenatal Multi + DHA photo via shopee.co.id

Rp500.000,00

Merupakan 90 kapsul softgel yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin selama masa kehamilan berlangsung. Menggunakan bahan tambahan berupa asam folat dan multivitamin sebagai penunjang tumbuh kembang si kecil.

Bunda hanya perlu minum suplemen ini sebanyak satu kali sehari. Selain memberikan kesempatan berkembangnya otak janin, nyatanya imunitas Bunda dapat terbentuk dengan baik. Mengandung 200 mg DHA serta 60 mg EPA dalam sajian minyak ikan.

8. K-OmegaSqua Plus

K-OmegaSqua Plus

K-OmegaSqua Plus photo via bivimall.id

Rp110.000,00-Rp224.000,00

Komposisi utama dari suplemen minyak ikan ini adalah Omega 3, vitamin D3, vitamin E, serta squalene. Bunda bisa mengonsumsinya sebanyak satu sampai dua kali sehari. Mampu bekerja sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

Kandungan squalene dapat memaksimalkan kebutuhan oksigen hingga 20%. Setiap sajian dari suplemen mengandung 270 mg DHA dan 360 mg EPA. Metabolisme Bunda selama kehamilan dapat terpenuhi dengan baik.

9. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold photo via watsons.id

Rp230.000,00

Blackmores mengandung komposisi Omega 3 yang khusus dan bersifat odourless agar Bunda tidak mual. Tidak hanya itu, Bunda juga dapat memperoleh formula tambahan berupa asam folat, zat besi, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan sebagainya.

Setiap sajian mengandung 250 mg DHA serta 50 mg EPA. Selain itu, Bunda tidak perlu khawatir semakin sembelit karena zat besinya tergolong ferrous fumarate. Di samping itu, kualitasnya sungguh bagus tanpa menimbulkan risiko dan efek samping.

10.Nordic Naturals Prenatal DHA

Nordic NaNordic Naturals Prenatal DHAturals Prenatal DHA

Nordic Naturals Prenatal DHA photo via evitamins.com

Rp490.000,00-Rp600.000,00

Vitamin atau suplemen tertentu memang perlu Bunda konsumsi selama kehamilan berlangsung. Bunda minum suplemen ini sebanyak dua kali sehari untuk hasil maksimal. Komposisinya terdiri dari minyak ikan murni, air, gelatin, vitamin D3, dan vitamin E.

Bentuknya soft gel yang nyaman dikonsumsi setiap hari. Menariknya, produk ini mampu mencegah terjadinya peradangan saat hamil sampai melahirkan. Pilihan ukurannya tergolong variatif karena terdiri dari 90, 120, atau 180 kapsul.

11.  Prolacta for Mother

Prolacta for Mother

Prolacta for Mother photo via novellpharm.com

Rp50.000,00-Rp108.000,00

Tergolong suplemen minyak ikan yang bermanfaat bagi perkembangan otak janin. Dengan sepuluh kapsul yang siap dikonsumsi dan praktis, tidak heran jika produk ini banyak dipilih sebagai merk minyak ikan untuk ibu hamil yang bagus.

Komposisinya berupa minyak ikan alami dengan DHA 214 mg, EPA 20 mg, sekaligus vitamin E 10 mg. Bunda bisa gunakan sebelum atau sesudah makan sebanyak sekali dalam satu hari. Kaya akan Omega 3 dari minyak ikan yang natural.

12.  Healthy Care Fish Oil

Healthy Care Fish Oil

Healthy Care Fish Oil photo via healhtycare.com.au

Rp330.000,00

Merupakan suplemen minyak ikan kaya akan Omega 3 1000 mg. Mampu memberikan dukungan optimal kepada Bunda untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Di samping itu, sudah pasti Bunda memperoleh kesempatan untuk memberikan nutrisi terbaik bagi janin.

Ketika mengonsumsi suplemen ini, pastikan Bunda minum secara teratur dua kali sehari atau berdasarkan rekomendasi resep dari dokter. Selain memberikan gizi bagi janin dalam kandungan, keuntungannya juga dapat dirasakan hingga si kecil menginjak usia balita.

13.  Nature’s Health DHA Complex

Nature’s Health DHA Complex

Nature’s Health DHA Complex photo via farmaku.com

Rp352.000,00

Satu lagi suplemen minyak ikan yang menggunakan bahan dasar dari algae, yaitu Nature’s Health DHA Complex. DHA pada produk ini sendiri sebanyak 300 mg setiap sajian dan diolah hingga berbentuk softgel. Setidaknya, Bunda bisa dianjurkan untuk minum sebanyak dua kali sehari.

Setiap kemasan mengandung 60 kapsul siap minum untuk Bunda selama kehamilan berlangsung. Asam lemak tidak jenuh dari produk ini mampu menjadi komponen utama bagi pertumbuhan mata serta retina. Bermanfaat bagi kandungan Bunda agar tumbuh kembangnya lebih maksimal.

14.  Nature’s Way Odourless Fish Oil

Nature’s Way Odourless Fish Oil

Nature’s Way Odourless Fish Oil yourdiscountchemist.com.au

Rp350.000,00

Suplemen minyak ikan yang satu ini mengandung asam lemak Omega 3 berkualitas premium dengan komposisi EPA dan DHA berasal dari ikan laut segar. Produk ini aman dan tidak menggunakan pewarna atau pemanis buatan.

Bahkan, minyak ikan ini sudah teruji bebas dari merkuri. Selain memberikan manfaat bagi janin, Bunda juga memperoleh tulang yang lebih kuat dan antikeropos demi kehamilan sehat. Konsumsi sesuai anjuran yang diberikan kepada Bunda.

15.  Wellness Omega 3 Fish Oil

Wellness Omega 3 Fish Oil

Wellness Omega 3 Fish Oil photo via lazada.co.id

Rp200.000,00

Komposisi adalah hal penting dari suplemen ini, yakni Omega 3, DHA, EPA, serta vitamin E sebesar 5 IU. Omega 3 yang dipakai adalah cis formula sehingga tergolong lebih efektif jika dikonsumsi dan diserap oleh tubuh.

Kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak ikan ternyata mampu menjaga kualitas setiap sajian ketika disimpan dalam jangka waktu tertentu. Bunda tidak perlu dengan kolesterol yang tinggi selama kehamilan karena mudah dikontrol dengan baik oleh minyak ikan ini.

 

Itulah beberapa merk minyak ikan untuk ibu hamil yang bagus dan bisa Bunda pertimbangkan untuk konsumsi harian Bunda. Namun, perlu diingat bahwa Bunda juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan agar asupan minyak ikan tersebut dapat menunjang kehamilan secara optimal.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *