17 Merk Nipple Cream Terbaik dan Aman Untuk Menyusui

3 bulan lalu, by duniabunda

merk nipple cream terbaik

Aktivitas menyusui terkadang terasa menyakitkan akibat puting lecet oleh gigitan bayi. Solusinya bunda bisa mengoleskan krim payudara atau nipple cream untuk mengobati luka dan meringankan nyeri pada puting payudara. Pastikan Bunda memilih merk nipple cream terbaik yang terbuat dari bahan alami dan tentunya aman karena bisa saja tertelan oleh bayi saat menyusu.

Cara Memilih Nipple Cream Terbaik

Sebagian besar produk nipple cream tidak membutuhkan resep dokter sebelum membelinya. Meskipun ada banyak merk nipple cream terbaik yang beredar di luar sana, Bunda harus memahami kalau produk tersebut juga perlu konsultasi dari dokter.

Selain itu, apa saja tips yang benar seputar memilih nipple cream untuk menyusui?

1. Bahan yang digunakan

Setelah krim dioleskan pada puting, krim tersebut memiliki kemungkinan yang besar untuk ditelan oleh bayi. Dalam rangka mengutamakan keamanan bagi si kecil, Bunda bisa memilih produk yang mengandung bahan-bahan organik dan nabati pada komposisinya.

Jauhi nipple cream yang masih menggunakan pengawet atau pestisida sebagai zat tambahan berbahaya apabila tidak sengaja dikonsumsi oleh bayi.

2. Aroma produk

Bahan-bahan penyusun produk biasanya menggambarkan aroma yang dikeluarkan oleh krim tersebut. Dalam menyeleksi aroma, pastikan tingkat keharumannya tidak mengganggu Bunda dan si kecil.

Apabila sebuah produk terasa nyaman dicium oleh Bunda sendiri, maka si kecil harus ikut-ikutan tidak masalah dengan wangi tersebut. Hal ini harus diperhatikan karena si kecil yang nantinya harus bersentuhan langsung dengan krim tersebut.

3. Usahakan nyaman dipakai

Beberapa produk yang terlalu lengket atau tebal biasanya tidak meninggalkan rasa nyaman pada puting. Sebaiknya, pilih produk yang lembut dan bertekstur ringan.

Selain itu, sebagian produk lainnya masih meninggalkan bekas minyak setelah nipple cream diaplikasikan pada puting. Periksa kembali apakah produk tersebut malah menimbulkan ketidaknyamanan.

Rekomendasi Merk Nipple Cream Terbaik

Apabila Bunda sudah memiliki gambaran yang tepat mengenai cara memilih nipple cream dengan benar, ada beberapa rekomendasi produk untuk dipertimbangkan.

Produk-produk di bawah ini akan memberikan kenyamanan sekaligus membantu Bunda dalam mengurangi rasa sakit ketika menyusui.

1.  Pigeon Nipple Care Cream

Pigeon Nipple Care Cream

Pigeon Nipple Care Cream photo via robinsons.com.sg

Pigeon menghadirkan nipple cream yang berfungsi untuk melindungi sekaligus melembapkan puting payudara supaya tidak kering atau pecah-pecah.

Kandungan Lanolin murni bekerja secara aktif dan aman untuk mengurangi keluhan yang dirasakan Bunda selama menyusui.

Selain itu, produk ini juga dapat digunakan pada bayi yang kulitnya sedang dalam kondisi kering. Krim ini mengandung formula hipoalergenik yang menangkal reaksi alergi. Tidak ada parfum atau pewarna yang berbahaya bayi Bunda dan bayi.

Bunda akan menyukai aromanya yang cenderung menenangkan. Tidak ada keluhan iritasi atau nyeri lebih lanjut setelah pemakaian secara teratur dalam jangka waktu tertentu.

2. Pure Mom Nipple Cream

Pure Mom Nipple Cream

Pure Mom Nipple Cream photo via sophee.co.id

Apa yang harus Bunda lakukan untuk mengatasi masalah luka, iritasi, nyeri, atau infeksi pada payudara? Bunda bisa mengoleskan krim yang satu ini untuk memperbaikinya.

Krim ini mampu mengatasi atau mencegah luka dan lecet pada area puting. Selain itu, krim tidak perlu dibilas dan aman jika tertelan bayi sewaktu menyusui.

Produk tanpa parfum yang satu ini mengandalkan beberapa bahan aktif berikut:

  • D-Panthenol untuk menambah kelembapan dan memperbaiki kulit yang rusak
  • Vitamin E berfungsi mengatasi kulit yang kasar sekaligus membersihkan kulit dari noda hitam
  • Olive Oil bekerja meredakan iritasi dan mencegah munculnya kerutan pada kulit

Bahan-bahan alami tersebut dikombinasikan dengan baik supaya dapat memaksimalkan penyembuhan pada area puting Bunda yang bermasalah.

3. Mama’s Choice Intensive Nipple Cream

Mama’s Choice Intensive Nipple Cream

Mama’s Choice Intensive Nipple Cream photo via mamaschoice.id

Merk nipple cream terbaik dari Mama’s Choice mampu meredakan puting yang kering, sakit, atau pecah-pecah akibat proses menyusui maupun memompa.

Teksturnya mampu memberikan efek lembap tanpa harus dibilas seusai pemakaian. Produk ini aman tertelan karena mengandung bahan-bahan Food Grade berkualitas. Apa saja, ya?

  • Ekstrak kurma sebagai antioksidan alami dalam menghidrasi puting lecet atau pecah-pecah
  • Minyak kelapa mampu melembapkan area puting serta menjaga tekstur kulit payudara
  • Shea Butter membantu proses regenerasi untuk menghasilkan kulit yang lebih lembut

Produk ini cocok dipakai oleh Bunda dengan kulit sensitif karena bebas dari parfum dan alkohol. Disamping itu, krim ini telah teruji secara klinis dan hipoalergenik atau tidak menimbulkan iritasi.

4. Buds Cherished Organics Nursing Salve

Buds Cherished Organics Nursing Salve

Buds Cherished Organics Nursing Salve photo via budcosmetics.com

Krim ini memiliki formula bahan-bahan organik untuk melindungi dan mengobati putting dari iritasi supaya menyusui terasa lebih nyaman.

Bahan-bahan tersebut telah teruji kualitasnya melalui pengolahan Organic Farming yang lolos uji Ecocert. Tidak ada bahan kimia yang berbahaya bagi Bunda maupun si kecil. Hal ini juga menyebabkan krim terasa aman walaupun tertelan oleh si kecil.

Menggunakan Incha Inchi dalam memperkuat putting payudara Bunda supaya tidak terasa sakit saat menyusui. Lavandula Stoechas juga bekerja membasmi radikal bebas yang menyerang area payudara.

Dengan komposisi tersebut, Bunda bisa mempercayakan masalah tersebut kepada produk yang satu ini. Keluhan nyeri, sakit, maupun lecet dan iritasi bisa ditangani dalam waktu yang cepat.

5. Mustela Maternite Nursing Comfort Balm

Mustela Maternite Nursing Comfort Balm

Mustela Maternite Nursing Comfort Balm photo via amazon.com

Produk ini dikembangkan secara khusus untuk area putting yang terpapar dan bersifat sensitif selama menyusui. Krim dari Mustela juga menutrisi, melembutkan, sekaligus menenangkan kulit menggunakan bahan-bahan yang alami.

Kandungan alpukat pada krim ini mampu memperbaiki kulit yang bermasalah akibat iritasi selama menyusui. Shea Butter membuat kulit tampak lebih kenyal, tidak kasar atau pecah-pecah.

Formulanya telah teruji hipoalergenik supaya pemilik kulit sensitif tidak mengalami risiko alergi. Bahkan, kandungannya bebas paraben maupun senyawa kimia berbahaya lainnya.

Bunda bisa mengaplikasikannya setelah menyusui atau kapanpun krim ini dibutuhkan. Pemakaiannya juga tidak perlu dibilas. Teksturnya tidak lengket dan bebas dari parfum atau pewarna lainnya.

6. MEDELA Purelan 100

MEDELA Purelan 100

MEDELA Purelan 100 photo via mothercare.com.hk

Ingin menyembuhkan kulit lecet dan iritasi akibat menyusui? Bunda bisa mencoba produk nipple cream dari MEDELA untuk memperbaiki kondisi kulit tersebut.

Terbuat dari Lanolin murni sebanyak 100% untuk melembapkan putting yang lecet dan iritasi selama menyusui, tanpa tambahan pewarna atau pengawet.

Selain itu, produk ini aman tertelan oleh bayi, sehingga tidak perlu diusap atau dibilas selama digunakan secara rutin. Nipple cream ini juga bisa digunakan untuk kulit sensitif tanpa menambah keluhan apapun.

Ketika mengoleskan krim ke area tertentu, Bunda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit saat itu. Pemberian yang tipis akan menjaga elastisitas kulit, sedangkan lapisan tebal membantu membentuk jaringan baru secara optimal.

7. Mothercare It’s Your Body

Mothercare It’s Your Body

Mothercare It’s Your Body photo via amazon.in

Merupakan nipple cream terbaik yang aman dan ampuh melindungi kulit area payudara supaya tidak kering atau pecah-pecah. Selain itu, rasa sakit maupun iritasi bisa diredakan secara langsung.

Cara kerja di atas dibantu oleh kandungan vitamin E, minyak zaitun, dan Bisabolol yang bekerja secara aktif mengatasi keluhan Bunda pada masa menyusui.

Produk ini juga bisa digunakan secara teratur apabila sering diperlukan karena aman teruji secara dermatologis. Formula hipoalergenik mencegah reaksi alergi yang menentu setelah diaplikasikan.

Setelah beberapa lama, Bunda akan melihat perbedaan kulit yang lebih halus, lembut, dan lembap. Masalah pada putting payudara bisa diatasi dengan baik tanpa menimbulkan masalah lainnya.

8. Momilen Nursing Cream

Momilen Nursing Cream

Momilen Nursing Cream photo via firstmedipharma.co.id

Dengan D-Panthenol dan vitamin E pada komposisinya, krim ini mampu merawat dan melindungi kulit Bunda dengan beberapa kondisi, seperti iritasi, kering, pecah-pecah, hingga nyeri atau sakit.

Hisapan si kecil terkadang memicu penyebab iritasi pada area putting payudara. Namun, nipple cream ini akan membantu meredakan dan melembapkan area tersebut supaya menyusui juga lebih maksimal.

Cara memakainya juga cukup mudah. Bunda hanya perlu mengoleskan krim tersebut pada putting susu setelah menyusui. Bersihkan putting sebelum menyusui kembali menggunakan kapas yang sudah direndam air hangat.

Setelah pemakaian secara rutin, Bunda akan merasakan hasil kulit yang lebih lembut, lembap, halus, dan terhindari dari iritasi.

9. LANSINOH Lanolin Nipple Cream

LANSINOH Lanolin Nipple Cream

LANSINOH Lanolin Nipple Cream photo via shopee.co.id

Menggunakan 100% Lanolin sebagai bahan dasar nipple cream dan tetap bekerja secara efektif dalam menyembuhkan, melembapkan, sekaligus melindungi putting yang perih atau nyeri. Masalah kering dan pecah-pecah juga bisa diatasi secara mudah.

Kandungan Lanolin HPA pada krim ini menjadi spesial karena termasuk dalam bahan yang paling murni di dunia, sehingga aman untuk Bunda dan bayi.

Formulanya hipoalergenik dalam mencegah adanya reaksi alergi. Bebas pengawet maupun bahan-bahan berbahaya lainnya untuk menjamin keamanan produk.

Produk ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya karena banyak direkomendasikan oleh konsultan laktasi. Selain itu, nipple cream LANSINOH menjadi produk krim nomor satu yang banyak dipakai di Amerika.

10.  Earth Mama Organics: Organic Nipple Butter

Earth Mama Organics: Organic Nipple Butter

Earth Mama Organics: Organic Nipple Butter photo via earthmamaorganics.com

Menggunakan bahan mentega yang menenangkan, tidak menggunakan Lanolin, serta tidak lengket. Kulit putting yang kering menjadi lebih lembap seketika dengan bantuan merk nipple cream terbaik yang satu ini.

Bunda tidak perlu membilas atau membersihkannya setelah menyusui. Produk ini terasa aman meskipun tertelan oleh bayi Bunda.

Selain itu, krim ini sudah teruji secara klinis oleh dokter kulit untuk supaya dapat terkontrol dari serangan iritasi. Tidak ada kandungan paraben berbahaya bagi Bunda dan bayi.

Gunakan sesuai keperluan dan kebutuhan menyusui pada saat itu. Bahkan, memompa juga lebih aman dan nyaman tanpa terasa perih ataupun nyeri.

11. Topfer Mamacare Nipple Cream Organic

Topfer Mamacare Nipple Cream Organic

Topfer Mamacare Nipple Cream Organic photo via schafi-shop.de

Pada saat iritasi, mungkin Bunda mengalami sedikit rasa sakit sekaligus inflamasi secara bersamaan. Kondisi ini sudah bisa diatasi oleh nipple cream dari Topfer Mamacare.

Tidak perlu dibilas atau dibersihkan sebelum atau sesudah pemakaian karena terbuat dari bahan-bahan alami yang aman meskipun tertelan.

Menggunakan Calendula sebagai perantara ampuh untuk mencegah inflamasi dan menyembuhkan luka pada area putting yang membutuhkan.

Formulanya hipealergenik, sangat aman untuk kulit sensitif dan mampu mencegah timbulnya alergi. Kini, Bunda tidak perlu cemas dengan kondisi putting yang mengganggu supaya dapat diredakan dengan nyaman.

12. Palmer’s Cocoa Butter Formula Nursing Butter Nipple Cream for Pregnancy and Breastfeeding

Palmer’s Cocoa Butter Formula Nursing Butter Nipple Cream for Pregnancy and Breastfeeding

Palmer’s Cocoa Butter Formula Nursing Butter Nipple Cream for Pregnancy and Breastfeeding photo via bestproducts.com

Produk ini juga diklaim mampu menenangkan area putting payudara menggunakan Cocoa Butter, Petrolatum, serta Pro Vitamin B5.

Luka pada putting karena pecah-pecah dapat diatasi secara cepat. Bunda bisa mendapatkan kelembapan dan pengondisian putting sebelum menyusui.

Kandungan emolien akan membantu meringankan rasa sakit sekaligus menyembuhkan kondisi kulit supaya Bunda dapat menyusui secara maksimal.

Produk ini telah teruji secara klinis tanpa ada tambahan paraben atau bahan berbahaya lainnya. Bunda bisa mengoleskannya sebelum dan sesudah menyusui, di samping itu terasa aman meskipun tertelan oleh si kecil.

13. Mommy Knows Best Soothing Nipple Cream

Mommy Knows Best Soothing Nipple Cream

Mommy Knows Best Soothing Nipple Cream photo via amazon.com

Nipple cream yang satu ini tidak menggunakan Lanolin sebagai komposisi dasarnya. Namun, bahan-bahan yang digunakan masih tergolong alami dan natural.

Bahan-bahan tersebut sudah tersertifikasi USDA Certified Organic dan masih aman ketika tertelan. Selain digunakan pada area putting, Bunda bisa menmakainya pada daerah tumit, siku, atau bibir pecah-pecah.

Kombinasi Olive Oil, Mango Oil, Beeswax, Cocoa Butter, Shea Butter, Aloe Vera Extract, dan Sunflower Oil bekerja secara maksimal untuk mengatasi masalah Bunda.

Produk ini bebas toksin, paraben, serta parfum untuk menjaga kealamian dan keamanannya. Gunakan secukupnya apabila sudah waktunya mengaplikasikan krim secara teratur.

14. Payuda Nipple Cream

Payuda Nipple Cream

Payuda Nipple Cream photo via tokopedia.com

Kulit yang kering cenderung rentan memicu luka, pecah-pecah, dan timbulnya iritasi. Fungsi dari produk ini adalah merawat, melembapkan, serta mencerahkan warna putting Bunda.

Tergolong aman untuk semua jenis kulit karena sudah lulus uji BPOM. Bunda tidak perlu mempertanyakan kembali apakah produk ini abu-abu atau tidak.

Aplikasikan produk ini setelah mandi sore pada area putting payudara. Pijat-pijat secara lembut selama 1 menit kemudian lakukan secara rutin setiap hari.

Tidak ada bahan-bahan berbahaya pada komposisinya. Bunda akan merasakan perbedaannya lewat kulit yang lebih halus, lembap, dan sehat setelah 2 menit pertama.

15. Motherlove Nipple Cream

Motherlove Nipple Cream

Motherlove Nipple Cream photo via amazon.com

Putting susu yang kering atau pecah-pecah bisa disembuhkan menggunakan krim dari Motherlove yang diaplikasikan secara rutin.

Menggunakan komposisi bahan-bahan yang sudah berkualitas dan bersertifikat USDA Certified Organics, seperti Beeswax, Shea Butter, Calendula, Marshmallow Root, dan Extra Virgin Olive Oil.

Bunda tidak perlu membilas atau membersihkannya ketika pemakaian karena sudah aman apabila harus tertelan oleh bayi tersayang.

Selain digunakan pada area putting, produk ini bisa dipakai oleh bayi dengan kulit yang kering atau bibir pecah-pecah. Sungguh efektif untuk banyak fungsi dalam satu kemasan, bukan?

16. Dr. Brown’s Lanolin Free Nipple Cream

Dr. Brown's Lanolin Free Nipple Cream

Dr. Brown’s Lanolin Free Nipple Cream photo via thenile.co.nz

Proses menyusui terkadang terhambat akibat puting susu ibu yang lecet akibat gigitan bayi saat menyusu. Hal ini disebabkan karena bayi sudah mulai tumbuh gigi, selain itu disebabkan oleh ibu baru yang belum terbiasa menyusui. Untuk mengatasi masalah tersebut Bunda bisa mencoba mengaplikasikan merk nipple cream dari Dr. Brown’s.

Dr. Brown’s Lanolin Free Nipple Cream mengandung komposisi bahan alami seperti lidah buaya, jojoba, anggur, apricot, minyak seed dan almond yang berkhasiat mengatasi masalah pada puting ibu seperti luka, pecah-pecah, iritasi dan lecet. Selain itu krim ini sekaligus menutrisi dan melindungi kulit di area puting.

Bunda cukup mengoleskannya secara merata di sekitar puting. Krim ini aman untuk bayi, jadi Bunda tak perlu repot-repot membersihkannya ketika akan menyusui.

17. Salep Bepanthen

Salep Bepanthen

Salep Bepanthen photo via id.aliexpress.com

Selain untuk mengatasi ruam popok pada bayi, salep ini ternyata juga dapat digunakan sebagai pereda iritasi dan lecet pada puting susu ibu saat menyusui lho.

Krim Depanthen mengandung zat aktif Dexpanthenol 5%. Dan termasuk dalam golongan obat bebas terbatas. Mengandung emolien yang mampu melembutkan dan menenangkan kondisi kulit yang kering dan kasar. Serta mampu membersihkan dan melindungi kulit.

Bepanthen krim dapat diaplikasikan setelah proses menyusui. Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan krim ini dia area puting ibu sesaat setelah dibersihkan dengan kapas yang dicelupkan air hangat.

 

Beberapa rekomendasi merk nipple cream terbaik yang aman untuk menyusui di atas bisa Bunda dapatkan ketika harus mengatasi masalah pada area putting payudara.

Selalu perhatikan kandungan bahan dan komposisi yang ada di dalam produk supaya dapat meredakan sekaligus menyembuhkan secara maksimal. Jangan lupa perhatikan kondisi si kecil juga, ya Bun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *