18 Merk Obat Batuk Anak Yang Bagus Dan Ampuh

1 tahun lalu, by duniabunda

merk obat batuk untuk anak yang bagus

Batuk dan pilek adalah masalah kesehatan yang wajar terjadi pada anak-anak sampai usia 5 tahun. Karena pada usia tersebut imunitas anak belum sempurna sehingga cukup rentan untuk terkena virus dan mengalami batuk. Namun, kondisi batuk-batuk pada anak terutama pada malam hari sangatlah mengganggu karena akan mengurangi kualitas tidurnya, terlebih  jika hidungnya juga mampet. Jika dibiarkan berlarut-larut tentu tidak baik bagi kesehatan anak. Jika pengobatan secara alami tidak mempan, solusinya Bunda bisa memilihkan salah satu merk obat batuk anak yang bagus ala Dunia Bunda berikut ini.

Memilih obat batuk untuk anak tidak boleh sembarangan ya, Bun. Perhatikan selalu komposisi dan aturan pemakaian serta batasan usia pemakai dengan seksama.

Kondisi batuk sendiri adalah refleks alami tubuh untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat saluran nafas. Umumnya jika tingkat imunitas anak baik, batuk dan pilek dapat sembuh dengan sendirinya. Sedangkan, pada beberapa anak dengan sistem imun yang lemah, batuk dapat terjadi selama berminggu-minggu. Hal ini tentu tidak baik karena dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius, selain itu dapat menurunkan berat badan anak secara drastis dan stamina anak juga menurun akibat tidur yang terganggu terus menerus karena batuk.

Rekomendasi 17 Merk Obat Batuk Anak yang Bagus

1. Hufagrip

Merk Obat Batuk Anak Hufagrip photo via shopee.co.id

Hufagrip adalah salah satu merk obat batuk anak yang bagus karena memiliki beberapa varian lengkap untuk mengatasi batuk pada anak. Varian yang cocok untuk anak yang sedang batuk adalah Hufagrip BP serta Hufagrip Flu dan Batuk.

Hufagrip Flu dan Batuk ditandai dengan box kemasan berwarna kuning.Varian ini bekerja untuk mengatasi gejala batuk berdahak serta flu dan pilek. Bahan aktif yang akan mengurangi gejala tersebut adalah Paracetamol, Pseudoephedrine, Chlorpheniramine maleate, dan Glyceryl guaiacolate.

Sedangkan, varian Hufagrip BP memiliki tanda kemasan warna hijau dan menghadirkan varian rasa strawberry.Bunda dapat memberikan Hufagrip BP kepada anak apabila ingin mengatasi batuk tidak berdahak dan gejala pilek yang mengganggu, seperti bersin-bersin maupun hidung tersumbat.

Selain Flu dan Batuk serta BP, Hufagrip juga menyediakan obat sirup sejenis, yaitu Hufagrip TMP untuk mengatasi demam hingga nyeri dan Hufagrip Pilek untuk mengatasi bersin-bersin atau hidung tersumbat.

Berikut adalah pemberian dosis dari Hufagrip untuk mengatasi batuk pada anak:

Hufagrip Flu dan Batuk

  • Anak di bawah 2 tahun harus mengikuti resep dokter
  • Usia 2-6 tahun 3x setengah sendok takar per hari
  • Usia 6-12 tahun 3x 1 sendok takar per hari

Hufagrip BP

  • Anak di bawah 2 tahun harus mengikuti resep dokter
  • Usia 2-6 tahun 3x setengah sendok takar per hari
  • Usia 6-12 tahun 3x 1 sendok takar per hari
  • Usia di atas 12 tahun dan dewasa 3x 2 sendok takar per hari

2. Bisolvon Kids

Merk Obat Batuk Anak Bisolvon Kids

Merk Obat Batuk Anak Bisolvon Kids photo via shopee.co.id

Tidak jarang Bunda menemui si kecil harus merasakan batuk disertai dengan dahak. Kondisi ini umumnya mengganggu aktivitas anak maupun saat berbicara. Nah, solusinya Bunda bisa memberikan obat batuk berdahak untuk anak dengan merk Bisolvon Kids.

Bisolvon Kids merupakan salah satu obat batuk dengan Bromhexine yang bekerja mengencerkan dahak berbentuk sirup untuk anak-anak. Dilengkapi kemasan botol 60 ml, obat batuk ini menyediakan rasa strawberry yang disukai oleh anak kecil.

Tidak hanya cocok untuk anak-anak, produk ini juga boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena sifatnya yang bebas gula.

Umumnya obat batuk ini dapat diterima dengan baik oleh anak-anak, namun tidak ada salahnya untuk memperhatikan efek samping dan menyesuaikannya dengan kondisi tertentu, seperti alergi. Beberapa efek samping dari obat ini adalah reaksi sensitif kekebalan tubuh, beberapa gangguan pada sistem pencernaan, kulit ruam, dan pernapasan.

Pemberian dosis yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

  • Usia 2-5 tahun 5 ml 2 kali sehari
  • Usia 6-10 tahun 5 ml 3 kali sehari
  • Usia di atas 10 tahun dan dewasa 10 ml 3 kali sehari

3. Actifed Plus Expectorant

Merk Obat Batuk Anak Actifed Plus Expectorant photo via bukalapak.com

Produk ini merupakan obat bebas terbatas yang harus tetap diperhatikan efek sampingnya. Bunda dapat menyesuaikannya apabila si kecil memiliki kondisi khusus terhadap obat batuk.

Actifed Plus Ecpectorant adalah salah satu merk obat batuk anak terbaik yang bekerja untuk mengatasi batuk berdahak serta meringankan pilek.

Penggunaannya cenderung aman untuk anak Bunda yang berusia 6 tahun ke atas. Beberapa komposisi zat aktifnya adalah triprolidine HCl, pseudoephedrine HCl, dextromerthorphan Hbr, guaiphenesin, ethanol, dan sukrosa.

Penggunaan obat tersebut harus sesuai dengan saran dan anjuran dokter. Apabila tanpa resep, Bunda bisa menerapkan dosis berikut:

  • Anak-anak usia 6-12 tahun 1/2 sendok takar atau 2,5 ml sebanyak 3 kali sehari
  • Anak-anak usia 12 tahun ke atas dan dewasa 1 sendok takar atau 5 ml sebanyak 3 kali sehari

Aturan pakainya juga mudah. Bunda bisa memberikannya kepada si kecil sebelum atau sesudah makan. Perlu diingat pula, obat ini tidak disarankan atau bersifat kontraindikasi untuk anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun. Pastikan Bunda menyesuaikan penggunaan dengan umur si kecil, ya!

4. Triaminic Ekspektoran dan Pilek Sirup

Merk Obat Batuk Anak Triaminic Ekspektoran dan Pilek Sirup

Merk Obat Batuk Anak Triaminic Ekspektoran dan Pilek Sirup photo via shopee.co.id

Merk obat batuk anak yang bagus ini diformulasikan secara khusus untuk mengatasi dan meringankan gejala pilek, seperti bersin, hidung tersumbat, dan batuk berdahak. Komposisi pada obat batuk ini aman untuk anak-anak serta mengandung dua bahan aktif utama, yaitu pseudoephedrine dan guaifenesin.

Triaminic Ekspektoran dan Pilek Sirup menghadirkan varian rasa lemon yang akan disukai oleh anak-anak.

Tidak hanya untuk anak-anak, Bunda juga bisa mengonsumsi obat ini apabila diperlukan.Tentunya dengan dosis yang berbeda dari anak-anak.Perlu diingat juga, ya Bun kalau obat ini tidak dianjurkan untuk si kecil yang berusia di bawah 2 tahun.

Dosis dan takaran yang dianjurkan untuk anak-anak adalah sebagai berikut:

  • Usia 2-5 tahun sehari 3 kali 1/2 sendok teh
  • Usia 6-12 tahun sehari 3 kali 1 sendok teh
  • Usia di atas 12 tahun sehari 3 kali 1 sendok teh

Apabila diminum secara teratur, batuk berdahak si kecil pasti akan segera sembuh dan mereka dapat beraktivitas kembali dengan ceria.

5. Uni Bebi Cough Syrup

Merk Obat Batuk Anak Uni Bebi Cough Syrup

Merk Obat Batuk Anak Uni Bebi Cough Syrup photo via lazada.co.id

Berikutnya ada Uni Bebi Cough Syrup. Obat batuk anak ini diklaim mampu menyembuhkan batuk berdahak, batuk panas, batuk pilek, demam, dan influenza yang diakibatkan oleh perubahan cuaca maupun alergi yang menyerang si kecil.

Obat ini mampu bekerja untuk melawan panas dan demam karena mengandung komposisi paracetamol. Zat aktif lainnya yang akan berfungsi untuk melawan beragam jenis batuk adalah guaiafenesin dan CTM. Senyawa CTM merupakan antihistamin yang mampu melawan alergi, demam, atau flu biasa.

Dapat dipakai sesudah makan dengan takaran dan dosis sebagai berikut:

  • Usia 2-6 tahun diberikan 1-2 sendok takar sebanyak 3-4 kali sehari
  • Usia 6-9 tahun diberikan 2-3 sendok takar sebanyak 3-4 kali sehari
  • Usia 9-12 tahun diberikan 3-4 sendok takar sebanyak 3-4 kali sehari

Oh iya, Bun, Uni Bebi Cough Syrup tidak boleh diberikan untuk anak usia di bawah 2 tahun, ya. Usia si kecil yang masih di ambang batas belum bisa diberikan obat terlalu sering dan apabila batuk cukup dibiarkan untuk sembuh sendiri.

6. Anakonidin Sirup

Merk Obat Batuk Anak Anakonidin Sirup

Merk Obat Batuk Anak Anakonidin Sirup photo via goapotik.com

Obat batuk anak keluaran Konimex ini menyediakan 3 pilihan obat dengan varian rasa yang beragam dan mudah diberikan kepada anak-anak, yaitu Anakonidin, Anakonidin Mucolytic Expectorant, dan Anakonidin OBH.

Untuk mengatasi batuk pada anak, Bunda bisa memilih Anakonidin atau Anakonidin Mucolytic Expectorant.

Anakonidin mengandung rasa cherry tanpa alkohol dan tersedia dalam kemasan 30 ml serta 60 ml. Menimbulkan efek samping kantuk yang tidak merugikan bagi si kecil karena Bunda bisa membiarkan mereka beristirahat untuk memulihkan batuk.

Anakonidin Mucolytic Expectorant akan mengatasi batuk berdahak pada anak. Dahak akan diencerkan dengan bahan aktif yang bekerja di dalamnya, sehingga dahak mudah dikeluarkan dari saluran pernafasan.

Berikut adalah dosis yang harus diberikan kepada si kecil:

  • Usia 2-6 tahun, 3 x sehari x 1/2 sendok takar (2,5 ml)
  • Usia 6-12 tahun, 3 x sehari x 1 sendok takar (5 ml)

7. Vicks Formula 44 Anak-Anak

Merk Obat Batuk Anak Vicks Formula 44 Anak-Anak

Merk Obat Batuk Anak Vicks Formula 44 Anak-Anak photo via goapotik.com

Obat batuk sirup khusus anak ini diklaim dapat mengatasi batuk kering dan batuk berdahak. Dengan rasa strawberry yang tidak asam atau pahit, produk ini akan membantu mengurangi dahak dan lendir pada saluran pernafasan bagian atas.

Pemakaiannya tidak diperuntukkan anak-anak berusia di bawah 2 tahun dengan efek samping depresi saluran pernafasan, mengantuk, mual, serta pusing.

Dengan bahan aktif dextromethorphan dan guaifenesin, Bunda dapat meminumkannya untuk si kecil dengan takaran sebagai berikut:

  • Usia 2-6 tahun 1 sendok takar setiap 4 jam
  • Usia 6-12 tahun 2 sendok takar setiap 4 jam

Bunda dapat membelinya di apotek dengan ukuran 27 ml setiap botol. Ikuti anjuran kemasan atau dokter bila perlu agar batuk pada anak dapat segera hilang secara tuntas.

8. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu

Merk Obat Batuk Anak OBH Combi Anak Batuk Plus Flu

Merk Obat Batuk Anak OBH Combi Anak Batuk Plus Flu photo via shopee.co.id

Indikasi umum yang dapat Bunda temui pada obat ini adalah meredakan batuk disertai gejala flu, seperti demam, sakit kepala, bersin, dan hidung tersumbat. Namun, obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak berusia di bawah 2 tahun.

OBH Combi Anak Batuk dan Flu menyediakan pilihan rasa favorit anak-anak, yaitu madu dan strawberry. Keduanya cocok di lidah si kecil, dijamin anak Bunda tidak menghindari waktu minum obat untuk meredakan flu dan batuk.

Aturan pakainya disesuaikan dengan umur dan menggunakan sendok takar. Bunda bisa memberikan 3 kali 5 ml untuk anak usia 2-5 tahun dan 3 kali 10 ml untuk anak usia 6-12 tahun. Satu botol kemasan produk ini bisa Bunda dapatkan sebanyak 60 ml.

9. Termo-Rex Plus Sirup

Merk Obat Batuk Anak Termo-Rex Plus Sirup

Merk Obat Batuk Anak Termo-Rex Plus Sirup photo via bukalapak.com

Termo-Rex Plus Sirup adalah merk obat batuk anak terbaik yang dapat menghilangkan batuk dan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Kandungan guaifenesin pada obat ini mampu melepaskan dahak yang menyumbat dan mengganggu  sehingga batuk yang menyerang si kecil akan hilang secara maksimal. Termo-Rex Plus Sirup tidak mengandung alkohol dan dapat dipakai untuk anak mulai dari usia 2 tahun.

Aturan pakai dan dosis yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

  • Usia 2-5 tahun 1 sendok takar 3 kali sehari
  • Usia 6-12 tahun 2 sendok takar 3 kali sehari

10. Anatuk Obat Batuk Herbal

Merk Obat Batuk Anak Anatuk Obat Batuk Herbal

Merk Obat Batuk Anak Anatuk Obat Batuk Herbal photo via shopee.co.id

Obat batuk ini cenderung berbeda dari obat lainnya karena mengandung bahan-bahan yang herbal dan alami.Anatuk dapat Bunda berikan untuk anak-anak yang berusia mulai dari 1 tahun.

Berupa madu yang telah melewati proses racikan tradisional tanpa dicampurkan dengan bahan-bahan kimis, sehingga cenderung aman untuk dikonsumsi. Obat ini mampu bekerja untuk meringankan penyakit pernafasan, seperti batuk dan pilek.

Tidak hanya itu Bun, Anatuk ini juga aman diberikan untuk anak berusia 7 bulan sebagai makanan pendamping ASI.Bunda tidak perlu khawatir dan kebingungan saat si kecil yang masih belia sempat terkena batuk.

Anatuk akan memberikan manfaat alami untuk menyembuhkan sekaligus menyehatkan tubuh si kecil saat harus beradaptasi dengan lingkungan.

11. OB Herbal Junior

Merk Obat Batuk Anak OB Herbal Junior

Merk Obat Batuk Anak OB Herbal Junior photo via shopee.co.id

OB Herbal Junior adalah salah satu merk obat batuk untuk anak yang bagus karena mampu meredakan batuk akibat masuk angin, serta mengencerkan hingga mengeluarkan dahak yang mengganggu saluran pernafasan.

Obat batuk ini juga memakai komposisi bahan-bahan yang herbal yang memiliki fungsi maksimal untuk kesehatan tenggorokan dan pernafasan. Beberapa kandungan pada produk ini yaitu, madu, jahe, minyak atsiri, daun meniran, kencur, hingga akar manis.

Dosis obat yang harus Bunda berikan kepada anak-anak adalah 3 kali sehari dengan 1/2 sendok makan setiap minum. Takaran satu kali minum setara dengan 7,5 ml larutan.

12. OBH Nellco Special Anak

Merk Obat Batuk Anak OBH Nellco Special Anak

Merk Obat Batuk Anak OBH Nellco Special Anak photo via shopee.co.id

Obat dengan varian rasa strawberry dan jeruk ini akan bekerja untuk menyembuhkan batuk berdahak yang disertai gejala flu pada anak Bunda. Apabila si kecil sedang terserang batuk, Bunda cukup memilih rasa favoritnya supaya anak gemar minum obat.

Anjuran yang diberikan untuk konsumsinya adalah minum setelah makan.Obat ini dianjurkan untuk anak-anak yang berusia 6-12 tahun dengan dosis takaran minumnya adalah satu 1/2 sendok takar dalam waktu 3 kali sehasri.

13. Flucadex Sirup

Merk Obat Batuk Anak Flucadex Sirup

Merk Obat Batuk Anak Flucadex Sirup photo via shopee.co.id

Flucadex merupakan salah satu obat bebas terbatas yang bisa Bunda temui di apotek.Obat ini juga mengandung komposisi bahan yang cenderung aman untuk anak-anak, seperti paracetamol dan guaifenesin.

Obat sirup ini akan melegakan tenggorokan akibat batuk dan gejala flu yang menyerang sistem tubuh anak-anak. Aturan pakainya sendiri adalah saat sebelum atau sesudah makan.Bunda juga bisa memperhatikan resep dokter seblum membeli produk ini.

Produk ini cocok untuk anak usia 6-12 tahun dengan dosis 1 sendok takar atau setara dengan 5 ml sebanyak 3 kali sehari. Sedangkan, orang dewasa boleh menggunakannya dengan dosis 2 sendok takar 3 kali sehari.

14. Coldrexin

Merk Obat Batuk Anak Coldrexin

Merk Obat Batuk Anak Coldrexin photo via myresepdaily.blogspot.com

Sebagai salah satu merk obat yang dikhususkan untuk anak-anak, Bunda bisa mencoba Coldrexin untuk membantu mengatasi gangguan yang dialami oleh si kecil.

Selah satu efek samping yang diberikan adalah munculnya kantuk. Namun, hal tersebut tidak selamanya merugikan karena anak jadi mudah beristirahat dengan nyaman sambil merasakan cara kerja obat yang optimal.

Berikut adalah aturan dosis yang harus Bunda perhatikan untuk anak:

  • Usia 2-6 tahun 3 kali 1/2 sendok teh sehari
  • Usia 6-12 tahun 3 kali 1 sendok teh sehari

15. Anacetine Syrup

Merk Obat Batuk Anak Anacetine Syrup

Merk Obat Batuk Anak Anacetine Syrup photo via Bukalapak.com

Anacetine merupakan obat yang mampu bekerja dengan beberapa bahan aktif untuk mengatasi batuk, demam, sakit kepala, dan hidung tersumbat.Anak-anak boleh mengonsumsi obat ini ketika mengalami masalah batuk pada pernafasannya.

Obat ini tergolong dalam kategori obat bebas terbatas.Bunda bisa mneyesuaikannya terlebih dahulu dengan resep dokter sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dosis yang tepat untuk anak-anak adalah sebagai berikut:

  • Bayi pada usia dibawah 1 tahun dapat diberikan 3 kali sehari 2,5 ml
  • Usia 1-6 tahun 3 kali sehari 2,5 ml
  • Usia 6-12 tahun 3 kali sehari dengan 5 ml

16.  PIM-TRA-KOL Sirup Obat Batuk

PIM-TRA-KOL Sirup Obat Batuk Anak

PIM-TRA-KOL Sirup Obat Batuk Anak Photo Via Shopee.co.id

Merk obat batuk anak Pim Tra Kol ini terbilang unik karena tersedia dalam varian rasa yang berbeda dari merk obat batuk anak pada umumnya yaitu rasa melon, cherry dan lemon.

Dibanderol dengan harga yang terjangkau yaitu hanya Rp. 20.000, namun,obat batuk anak ini tergolong ampuh untuk mengatasi gejala flu seperti batuk yang disertai lendir, melegakan hidung yang tersumbat, demam dan sakit kepala.

Obat batuk ini mengandung zat aktif berupa paracetamol, guaifenesin, ephedrine hydrochloride dan chlorpheniramine maleate yang aman untuk dikonsumsi anak anak, namun harap selalu memperhatikan aturan pakai dan efek sampingnya. Dan hendaknya dikonsumsi setelah makan, karena obat akan bekerja lebih baik jika dicerna bersama makanan.

Berikut aturan dosis pemakaian untuk anak-anak :

  • Anak dengan rentang usia 0,5-1 tahun 2,5 ml 3-4 kali sehari
  • Anak dengan rentang usia 1-6 tahun 5 ml 3-4 kali sehari
  • Anak dengan rentang usia 6-12 tahun 10 ml sebanyak 3-4 kali sehari.

17. Decolgen Kids Obat Batuk dan Flu

Decolgen Kids Syrup

Decolgen Kids Syrup photo via shopee.co.id

Mengandung paracetamol, pseudoephedrine HCl, dan chlorpheniramine maleate yang bekerja aktif meringankan gejala flu seperti batuk, bersin hidung tersumbat, sakit kepala dan demam

Merupakan golongan obat bebas terbatas yang dapat di beli diapotik tanpa petunjuk dokter, tapi harap untuk memperhatikan dosis aturan pemakaiannya dengan seksama

Dianjurkan untuk mengikuti petunjuk dokter untuk pemakaian oleh anak  usia 6 tahun kebawah dan  wanita hamil serta menyusui.

Setelah minum obat ini anak dianjurkan untuk tidak beraktivitas dan sebaiknya beristirahat karena dapat menimbulkan kantuk.

Anjuran dosis pemakaian obat :

  • Anak usia 6-12 tahun : 10 ml sebanyak 3x sehari
  • Anak usia 12 tahun ke atas : 20 ml sebanyak 3x sehari

18. Herbakof Kids Herbal Syrup

Herbakof Kids Herbal Syrup

Herbakof Kids Herbal Syrup photo via shopee.co.id

Herbakof Kids merupakan sirup herbal yang dapat meringankan gejala batuk serta melegakan tenggorokan pada anak. Sirup ini akan bekerja sangat efektif jika dikonsumsi sejak gejala awal batuk pada anak.

Dengan kandungan Reconyl yang merupakan senyawa alami yang terkandung dalam tanaman mahkota dewa, daun saga, daun legundi dan jahe gajah yang telah dipercaya dapat meredakan batuk pada anak.

Obat batuk ini tidak menimbulkan kantuk, jadi aman dikonsumsi oleh anak saat beraktivitas.

Dosis anjuran pemakaian :
Anak usia2-13 tahun sebaiknya diberikan 5 ml 3 kali sehari

Harap konsultasikan dengan dokter untuk pemakaian pada ibu hamil dan bayi dibawah usia 1 tahun.

Apakah rekomendasi merk obat batuk pilek anak 1 tahun?

Konsumsi obat untuk anak usia 1 tahun sebaiknya atas anjuran dokter ya bun. Jadi jangan sembarangan memberikan obat bebas pada si kecil tanpa resep dokter.

 

Selain memperhatikan kesehatannya, untuk membantu tumbuh kembang anak Bunda wajib memperhatikan asupan nutrisi si kecil, apalagi jika si kecil masih berusia dibawah 1 tahun. Penuhi kebutuhan nutrisinya salah satunya dengan memilihkan merk bubur mpasi instan terbaik.

Nah, itulah beberapa merk obat batuk anak yang bagus dan tergolong aman mengatasi batuk pada anak dengan baik. Selalu ingat untuk mengikuti dan memperhatikan petunjuk penggunaan sebelum membuat keputusan untuk membelinya.

Tidak hanya itu, obat yang aman akan teruji dan mampu mengatasi penyakit ketika anak Bunda teratur untuk meminumnya. Jangan sampai terlewatkan untuk si kecil minum obat, ya Bun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *