Rekomendasi 12 Merk Setrika Pakaian yang Bagus dan Tips Memilihnya

6 bulan lalu, by duniabunda

merk setrika yang bagus

Memilih merk setrika yang bagus memang susah-susah gampang. Yuk disimak rekomendasi merk apa saja yang bagus  dan sesuai kebutuhan bunda serta tips memilihnya.

Menyetrika adalah pekerjaan rumah yang biasa Bunda lakukan setelah mencuci pakaian. Biasanya, menyetrika identik dengan menghaluskan pakaian dan menyemprotnya dengan pewangi.

Bunda harus memiliki merk setrika pakaian yang bagus dan tahan lama supaya pakaian Bunda dan keluarga lebih awet, segar, dan tidak mudah kusut.

Alat yang digunakan adalah setrika. Setrika akan bekerja untuk menghapus kerutan pada pakaian dan melembutkannya sebelum dimasukkan ke lemari.

Namun, fungsi dan manfaat dari menyetrika ternyata tidak hanya itu saja, lho Bun.

Manfaat Menyetrika Pakaian

Dilansir dari privatecleaningoxfordshire.co.uk, ada 7 manfaat dari kegiatan menyetrika pakaian selepas dicuci. Apa sajakah itu?

1. Menyetrika pakaian akan membunuh kuman

Meskipun mencuci pakaian seharusnya sudah membunuh kuman, beberapa bersifat resisten dan terus melanjutkan kehidupannya pada pakaian.  Contohnya adalah bakteri atau jamur yang bersifat termofilik dan tidak mati pada suhu 90 derajat Celcius.

Sedangkan pakaian yang hanya dikeringkan di luar akan mengundang bakteri dan jamur baru untuk hinggap pada pakaian.

Cara terbaik untuk membunuh seluruh kuman adalah dengan menyetrika pakaian yang sudah dicuci oleh Bunda.

2. Pakaian tidak mudah menyusut

Beberapa jenis pakaian mudah mengkerut dan menyusut setelah dicuci. Setrika akan membantu Bunda menghindari penyusutan beberapa pakaian dengan bahan khusus yang memang rentan menyusut.

3. Pakaian terlihat baru dan segar

Menyetrika pakaian akan membuatnya semakin segar, rapi, dan tidak acak-acakan ketika dikenakan. Pakaian akan masuk ke dalam lemari secara tertata. Untuk memenuhi tujuan tersebut, pakaian harus disetrika supaya tidak ada kerutan yang mengganggu.

4. Melindungi pakaian

Rajin menyetrika pakaian memberikan manfaat untuk menjaga pakaian tetap awet. Pakaian tidak akan mudah rusak karena telah bersifat resisten dan memberikan perlindungan terhadap perubahan cuaca atau terlalu sering digunakan sehingga berpotensi robek.

5. Menghilangkan bau apek

Pernahkah Bunda merasakan bau yang harum dari pakaian yang sudah disetrika? Temperatur tinggi membantu menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian. Umumnya, proses menyetrika akan lebih afdol apabila ditambah dengan penyemprotan pewangi pakaian.

6. Berdampak pada penilaian orang lain

Pakaian yang rapi dan bersih akan memunculkan penilaian dan kesan yang positif dari orang lain. Tentu Bunda akan lebih senang apabila orang di sekitar memberikan impresi yang baik pada penampilan.

7. Bunda jadi lebih rileks

Mungkin menyetrika adalah kegiatan rumah yang membosankan dan melelahkan bagi sebagian orang. Tetapi, apabila Bunda melakukannya dengan santai dan tenang sambil menyetel lagu favorit, kondisi tersebut akan membantu merilekskan pikiran.

Belum lagi dengan bau harum yang menyeruak di sekitar dan mampu menyegarkan dan menenangkan pikiran.

Jenis Jenis Setrika Pakaian

Setrika Arang

Setrika arang adalah salah satu jenis setrika yang sudah digunakan sejak lama.

Menggunakan wadah besi dengan diisi arang untuk mengeluarkan energi panas yang akan membantu Bunda menghaluskan pakaian.

Setrika Listrik

Dapat dibedakan menjadi setrik listrik biasa, dengan thermostat, dan dengan pengatur suhu. Harganya bervariasi dan umum digunakan oleh sebagian besar orang.

Setrika Uap

Pengembangan dari setrika listrik yang lebih efisien. Cara menggunakannya tidak perlu menempelkan pemanas pada permukaan pakaian karena setrika akan bekerja mengeluarkan uap.

Setrika Boiler

Setrika ini mirip dengan setrika uap, namun bedanya menggunakan energi gas untuk menghasilkan panas.

Tips Memilih Setrika Pakaian

Selain memberikan banyak manfaat, saat ini banyak bermunculan merk setrika pakaian yang bagus dan mampu menyesuaikan kebutuhan, cara, dan selera Bunda ketika harus menyetrika beberapa lapis pakaian.

Bagaimana tips yang bisa Bunda terapkan dalam memilih alat setrika?

1. Kekuatan uap atau panas yang dihasilkan

Biasanya, Bunda menemukan kekuatan panas yang besar cepat melicinkan pakaian. Namun, kami menyarankan Bunda untuk memilih setrika yang kualitas panasnya bagus, kecil, namun menyebar di seluruh permukaan.

Kekuatan panas tersebut harus mampu menghilangkan kerutan pada pakaian secara sempurna.

2. Listrik yang stabil

Cara berikutnya untuk memilih merk setrika pakaian yang bagus adalah dengan memperhatikan daya listrik yang ditawarkan produk setrika tersebut.

Pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan di rumah dan memberikan tingkat kepanasan yang stabil dari awal hingga akhir penyetrikaan.

Kalau setrika milik Bunda memiliki daya listrik terlalu kecil, bisa-bisa membutuhkan waktu lama untuk menyetrika satu buah pakaian. Padahal masih ada berlapis-lapis lagi yang harus dikerjakan.

3. Periksa berat dan kelicinan yang ditawarkan

Setrika yang berat tentu melelahkan bagi Bunda, namun apabila kelicinannya pas bisa jadi patut dicoba. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi saat itu.

Setrika berbobot ringan tentu lebih memudahkan pekerjaan, namun jangan lupa perhatikan kelicinan yang dihasilkan pada pakaian. Bunda harus tetap mengutamakan kenyamanan ketika menggunakannya agar tidak kelelahan.

4. Bagaimana pengaturan temperaturnya?

Temperatur yang cepat panas akan mempercepat Bunda ketika menyetrika pakaian. Namun, akan lebih baik apabila tersedia mode pengaturan untuk menjaga panas pada tingkatan tertentu.

Hal tersebut akan mengantisipasi pakaian yang kepanasan dan menghitam karena gosong.

5. Pegangan yang nyaman

Tidak hanya berat setrika dan kelicinannya, Bunda juga harus memperhatikan kehadiran pegangan untuk menunjang penyetrikaan yang maksimal. Terlalu ramping atau terlalu besar akan menyulitkan Bunda melicinkan dan menghilangkan kusut pada pakaian.

Rekomendasi Merk Setrika Pakaian yang Bagus

Setelah mengetahui manfaat dan cara memilih setrika yang cocok untuk Bunda, mari simak beberapa setrika yang bisa Bunda jadikan referensi dalam memilih satu yang tepat.

1. Philips Diva Setrika Kering GC122/37

Philips Diva Setrika Kering GC122/37

Philips Diva Setrika Kering GC122/37 photo via shopee.co.id

Diva merupakan setrika baru keluaran Philips dan memiliki ujung alas ramping dalam menjangkau permukaan pakaian yang penuh kancing maupun lipatan. Memiliki tapak setrika yang anti lengket untuk melicinkan semua jenis kain.

Setrika ini juga memiliki alur kancing untuk mencegah penyetrikaan kancing dan lipatan tersendat-sendat.

Kabelnya mudah digulung sehingga terlihat rapi setelah digunakan dan cocok untuk Bunda yang menginginkan pegangan nyaman serta berat yang ringan selama menyetrika. Bunda dapat mengatur suhu dengan mudah, cukup memutar kontrol sesuai keinginan.

2. Maspion HA 110

Maspion HA 110

Maspion HA 110 photo via shopee.co.id

Modelnya terkesan sederhana namun berperan penting untuk melicinkan setumpuk pakaian Bunda yang baru saja dicuci.

Memiliki alas pelat yang anti lengket dan tidak merusak pakaian. Bunda dapat mengjangkau sudut-sudut pakaian secara menyeluruh karena ujungnya yang ramping dan lancip.

Maspion HA 110 bisa Bunda dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau dan mudah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Tobi Setrika Uap Travel Steam

Tobi Setrika Uap Travel Steam

Tobi Setrika Uap Travel Steam photo via bukalapak.com

Setrika uap yang satu ini praktis untuk dibawa ke mana-mana. Cocok untuk Bunda dan keluarga yang suka bertamasya atau mengadakan acara di luar kota.

Bunda dapat menyetrika pakaian langsung dari pakaian tanpa harus membolak-balik untuk memastikan semua bagian yang kusut sudah hilang.

Cukup gantungkan pakaian lalu Bunda bisa mulai menyetrika pakaian tanpa membutuhkan waktu yang lama. Tidak hanya menghaluskan, Tobi Travel Steam akan memberikan aroma harum pada pakaian Bunda. Tentu bisa menghemat pewangi pakaian, bukan?

4. Panasonic Dry Iron NI-317TVSR

Panasonic Dry Iron NI-317TVSR

Panasonic Dry Iron NI-317TVSR photo via bukalapak.com

Setrika Panasonic ini akan memberikan kemudahan yang aman ketika Bunda menyetrika. Alasnya anti lengket dengan material Sole Plate dan mampu menjangkau setiap lapis pakaian dengan baik.

Bunda akan merasa nyaman menyetrika selama beberapa jam karena gagangnya sudah didesain ergonomis dan tidak mudah terselip-selip.

Panasonic Dry Iron NI-317TVSR menyediakan kabel yang cukup panjang, yaitu sekitar 1,8 meter. Bunda tidak perlu kerepotan dengan jangkauan listrik ketika ingin menyetrika sambil menonton TV.

5. Miyako Dry Iron EI-1000M

Miyako Dry Iron EI-1000M

Miyako Dry Iron EI-1000M photo via bukalapak.com

Setrika Miyako EI-1000M menyediakan pilihan warna yang sesuai dengan favorit Bunda. Dilengkapi material anti lengket untuk mencegah kerusakan pada pakaian.

Bunda dapat menggunakan setrika ini selama berjam-jam dan tidak perlu khawatir soal ketidaknyamanan pegangan. Beratnya ringan dan mudah digenggam selama proses setrika.

Menyediakan pengaturan suhu, lampu indikator, dan pengaman thermostat agar pekerjaan rumah Bunda menjadi semakin aman terkendali.

6. Sanken ADR 210-GE

Sanken ADR 210-GE

Sanken ADR 210-GE photo via bukalapak.com

Setrika listrik ini terbuat dari bahan yang awet, berkualitas, dan memiliki daya tahan yang tinggi. Bunda tidak perlu khawatir pakaian mudah rusak karena terdapat material anti lengket Gold Plate pada bodinya.

Bunda akan mudah mengatur suhu sesuai keinginan karena setrika dari Sanken ini menyediakan pengatur suhu yang efektif.

Memiliki kinerja Fast Heating yang bekerja maksimal seketika setelah setrika dinyalakan. Kabelnya awet dan bisa diputar hingga 360 derajat sehingga Bunda tidak perlu khawatir kabel yang rapuh dan mudah putus.

7. Kirin KEI-320N

Kirin KEI-320N

Kirin KEI-320N photo via bukalapak.com

Setrika Kirin KEI-320N sudah dilengkapi dengan Temperature Knob untuk mengatur suhu dan tingkat panas ketika Bunda harus menyetrika beberapa jenis bahan pakaian yang berbeda.

Lampu indikator pada badan setrika akan membantu menunjukkan kapan setrika bisa segera Bunda gunakan, yaitu apabila lampu tersebut sudah padam karena telah mencapai titik maksimum.

Kirin KEI-320N memiliki lapisan Heating Element dari bahan berkualitas, anti lengket, dan kuat ketika digunakan.

8. Cosmos CIS-418

Cosmos CIS-418

Cosmos CIS-418 photo via bukalapak.com

Setrika yang diproduksi Cosmos ini menjadi rekomendasi karena memiliki plat berbahan stainless. Hantaran panasnya sempurna ke seluruh permukaan pakaian, cepat rapi, dan tentu tidak lengket.

Pengatur suhunya otomatis, efisien, dan mudah untuk digunakan. Dilengkapi lampu indikator ketika mencapai panas maksimum dan pengaman kabel yang mudah menjaga keawetan dari Cosmos CIS-418.

Memiliki daya 400 Watt yang sangat cocok menghasilkan panas dalam waktu yang singkat dan menghemat waktu Bunda saat sedang repot dengan kegiatan lain.

9. Sharp EI-N05

Sharp EI-N05

Sharp EI-N05 photo via myhartono.com

Sharp EI-N05 menyediakan dua pilihan warna untuk Bunda, yaitu biru dan merah muda. Merupakan salah satu dry iron dengan Thermal Safety Cut Off untuk mengatasi kondisi yang terlalu panas dan mengontrolnya.

Dilengkapi daya sebesar 400 Watt dan lampu indikator yang memudahkan serta memberikan jatah waktu menyetrika yang hemat waktu dan efisien.

10. Oxone OX-827 Eco Garment Steamer

Oxone OX-827 Eco Garment Steamer

Oxone OX-827 Eco Garment Steamer photo via bukalapak.com

Setrika uap yang satu ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal, namun kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Memiliki tangki air berkapasitas besar dan dapat dilepas maupun dipasang.

Waktu pemanasannya cenderung singkat, yaitu 45 detik saja dan sudah bisa dimanfaatkan untuk menyetrika pakaian. Setrika uap ini akan menghilangkan kerutan dan memberikan kesegaran pada pakaian.

Tidak hanya itu, setrika Oxone ini menambahkan fitur hanger untuk menggantung pakaian. Mudah digunakan dan cocok untuk seluruh jenis bahan pakaian.

11.  Electrolux Easy Line EDI 1004

Electrolux Easy Line EDI 1004

Electrolux Easy Line EDI 1004 photo via shopee.co.id

Brand electroluk sudah tidak diragukan lagi sebagai pabrikan yang selalu menciptakan produk yang berkualitas baik.

Electrolux Setrika Kering EasyLine EDI 1004 hadir dengan design yang cantik sehingga bunda betah menyetrika.

Selain itu gagang setrikanya berbahan karet, hal ini memudahkan bunda dalam menyetrika baju anak-anak dan keluarga.

Tapak setrika bersifat anti lengket dan didesign agar bisa menjangkau sudut sudut pakaian yang sulit di setrika.
Setrika pakaian ini bisa jadi andalan bunda, dan harganya pun relatif tidak mahal.

12. Sekai Setrika DI 886

Sekai Setrika DI 886

Sekai Setrika DI 886 photo via bukalapak.com

Sekai Setrika DI 886 akan menjadi favorit para bunda dikarenakan pilihan warnanya yang cantik dan tidak membosankan seperti merk setrika lainnya.

Harganyanya pun pas dikantong, sehingga bunda bisa menabung sisa uang belanja untuk kebutuhan lainnya.

Terdapat tombol putar pengatur suhu yang mudah untuk di operasikan. Bunda dapat menyesuaikan suhu panas yang sesuai dengan bahan pakaian yang akan disetrika.

Tapak setrikanya anti gores, anti lengket dan licin, bunda tak perlu ragu lagi menyetrika pakaian yang berserat dan lembut.

Sebagai tambahan, bagian ujung tapak setrika didesign dengan sudut yang meruncing sehingga dapat menyetrika sudut pakaian yang sulit dijangkau sekalipun.

Pilih yang Berkualitas dan Sesuai Budget

Beberapa rekomendasi di atas merupakan merk setrika pakaian yang bagus dan terjamin kualitasnya. Bunda dapat memilih salah satu yang mampu menunjang kebutuhan dan dengan harga yang sesuai di kantong.

Seluruh pakaian jadi rapi, harum, dan nyaman digunakan, deh Bun!

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *