Rekomendasi 15 Merk Shampo yang Bagus untuk Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

2 minggu lalu, by duniabunda

sampo untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Setelah melahirkan, sebagian besar dari Bunda pasti mengalami beberapa perubahan pada kondisi tubuh, salah satunya adalah rambut yang rontok. Kerontokan rambut setelah melahirkan memang wajar, namun Bunda pasti merasa risih kalau banyak rambut menempel di mana saja atau bahkan helai demi helai berjatuhan ketika disisir dengan lembut. Tidak perlu cemas lagi karena ada banyak pilihan merk shampo yang bagus untuk rambut rontok.

Sebelum itu, sebaiknya Bunda kenali dahulu alasan mengapa rambut cenderung rontok setelah melahirkan. Yuk, simak penjelasannya!

Mengapa Rambut Rontok Setelah Melahirkan?

Kondisi rambut yang rontok setelah melahirkan juga biasa disebut dengan Postpartum Hair Loss. Sekitar 40-50% Bunda yang sudah melahirkan akan mengalami Postpartum Hair Loss.

Dilansir dari skinkraft.com, rambut yang rontok setelah melahirkan dipicu oleh terjadinya ketidakseimbangan hormon setelah Bunda melewati masa kehamilan.

Terlepas dari perubahan fisik, hormone akan mengalami naik turun secara drastis selama maupun setelah kehamilan.

Selama menjalani kehamilan, rambut Bunda biasanya cenderung lebih tebal dan lebat karena peningkatan kadar Human Chorionic Gonadotropin atau HCG. Selain itu, estrogen dan progesterone meningkatkan kadarnya dalam masa ini.

Setelah melahirkan, terjadi penurunan hormon penunjang yang mempersiapkan Bunda untuk mengembalikan kadar hormon dalam batas normal. Hal inilah yang menjadi penyebab kerontokan atau kehilangan lebih banyak rambut daripada biasanya.

Cara Mengontrol Kerontokan Rambut Setelah Melahirkan

1. Hindari styling rambut untuk sementara waktu

Hentikan sementara penggunaan alat panas untuk mengatur rambut. Bunda harus memperhatikan hal ini karena panas berkontribusi pada kerusakan rambut, bahkan bisa membuat rambut tampak lebih kusam.

2. Jangan menyisir rambut terlalu keras

Menyikat atau menyisir rambut memang penting. Namun, menyikat rambut terlalu keras bisa menyebabkan rambut mudah patah. Gumpalan rambut rontok juga makin mudah terbentuk.

3. Gunakan vitamin secara rutin

Vitamin mungkin tidak mencegah rambut rontok, namun penggunaannya mampu meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan rambut. Pastikan rambut tidak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kekuatannya.

4. Konsumsi makanan bergizi

Diet Bunda memainkan peran yang penting dalam menentukan kesehatan rambut. Bunda harus memastikan bahwa rambut sudah mendapatkan seluruh nutrisi yang diperlukan dengan diet kaya vitamin, mineral, dan protein.

5. Gunakan shampoo yang mampu mengatasi permasalahan kerontokan rambut

Produk shampoo ini biasanya cenderung membuat rambut tampak lebih tebal dan lebat. Dengan jenis dan tekstur yang beragam, Bunda juga bisa mengonsultasikannya dengan dokter supaya hasilnya lebih maksimal.

Merk Shampo yang Bagus Untuk Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Salah satu cara mengontrol kerontokan tersebut adalah dengan memilih produk shampoo terbaik dan aman untuk ibu menyusui. Apa sajakah itu?

1. Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract

Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract

Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract Photo via bukalapak.com

Harga: Rp28.000,00

Shampo Natur dengan varian ekstrak Ginseng bekerja memperbaiki tekstur rambut dan akar dengan bantuan beberapa bahan aktif, seperti saponin, phytosterols, peptide, polisakarida, asam lemak, polyacetylene, vitamin, dan mineral.

Bahan-bahan bioaktif tersebut mampu bekerja sama memberikan manfaat deep conditioning pada rambut sekaligus menstimulasi peredaran darah pada kulit kepala supaya rambut tetap sehat kuat.

Selain itu, komposisinya alami dan dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dengan cara memperkuat akar rambut.

Cara pakainya cukup mudah. Usapkan shampoo pada rambut dan kulit kepala yang sudah basah kemudian pijat-pijat sampai menghasilkan busa. Bilas sampai bersih.

Bunda bisa menemukan shampoo ini di toko terdekat atau online shop yang sudah terpercaya.

2. Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense

Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense

Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense photo via bukapalak.com

Harga: Rp27.200,00

Menggunakan ekstrak Ginseng untuk membantu menguatkan akar rambut Bunda supaya tidak mudah patah atau rontok setiap saat.

Selain itu, produk ini mengandung Active HL Defense Complex yang mampu melindungi dan mempertahankan kekuatan rambut ketika diaplikasikan secara rutin.

Shampo ini bekerja membersihkan dan merawat rambut supaya lebih kuat dan berkilau meskipun Bunda harus banyak beraktivitas.

Wanginya menyegarkan dilengkapi dengan tekstur yang lembut dan nyaman di kulit kepala. Bunda bisa mengombinasikannya dengan treatment lain dari Rudy Hadisuwarno.

Apabila Bunda ingin bepergian dan membutuhkan shampoo ini, belilah kemasan Travel Size yang praktis dan ekonomis. Mudah, bukan?

3.  Eucalie Organic Hair Growth Treatment Shampoo

Eucalie Organic Hair Growth Treatment Shampoo

Eucalie Organic Hair Growth Treatment Shampoo photo via sociolla.com

Harga: Rp89.000,00-Rp199.000,00

Produk ini didesain secara khusus untuk semua jenis rambut dengan hasil yang memuaskan bagi kesehatan rambut, antara lain:

  • Memperbaiki rambut yang rusak
  • Menghaluskan rambut
  • Mengurangi kerontokan rambut
  • Membantu menumbuhkan rambut
  • Memperkuat akar rambut
  • Mengurangi gatal di kulit kepala

Shampo Eucalie tidak mengandung paraben dan silikon untuk menjaga keamanannya selama diaplikasikan pada rambut serta kulit kepala.

Dengan pH seimbang, shampoo ini menggunakan bahan-bahan premium berupa Organic Baobab Peptides, Sphingony, Rosemary, dan Essential Oil.

Ada dua ukuran yang bisa Bunda pakai, yaitu 50 ml dan 190 ml. Gunakan secara merata pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala kemudian pijat hingga 3 menit. Bilas sampai bersih.

4. KLORANE Strengthening and Revitalizing Shampoo with Quinine and B Vitamins

KLORANE Strengthening and Revitalizing Shampoo with Quinine and B Vitamins

KLORANE Strengthening and Revitalizing Shampoo with Quinine and B Vitamins photo via escentual.com

Harga: Rp180.000,00

Shampoo ini mampu menguatkan rambut dari akar sampai ke batangnya dengan ekstrak kulit Quinine dan vitamin B.

Manfaat langsung yang akan Bunda peroleh selama pemakaian, antara lain:

  • Mengembalikan kekuatan dan energi rambut dari akarnya
  • Menstimulasi aliran darah ke kulit kepala yang meningkatkan asupan unsur-unsur bergizi rambut yang sehat dan kuat
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih kuat dengan kandungan keratin

Selain itu, kandungan vitamin B6 mampu memperkuat keratin dan membantu mengurangi sebum. Vitamin B8 bekerja memberikan energi, kekuatan, dan nutrisi pada rambut serta mendorong pertumbuhan rambut sehat.

Rambut Bunda yang semakin menipis akan lebih kuat, tebal, dan sehat akibat pengaruh dari nutrisi yang memperkaya rambut setiap saat.

5. Argavell Argan Oil Shampoo

Argavell Argan Oil Shampoo

Argavell Argan Oil Shampoo photo via sociolla.com

Harga: Rp85.000,00

Keistimewaan produk ini adalah diperkaya dengan 100% Organic Argan Oil, Aloe Vera, dan Olive Oil. Seluruh bahan alami ini memang banyak direkomendasikan dan mampu mengatasi rambut rusak atau rontok.

Kandungan vitamin E yang tinggi bekerja untuk melembapkan dan menguatkan batang rambut Bunda. Gunakan secara rutin supaya lapisan pelindung alami rambut dapat kembali sehat.

Selain itu, rambut Bunda akan jatuh  lebih halus, lembut, dan tidak berminyak. Bunda tidak perlu khawatir ketika harus kembali beraktivitas di luar rumah.

Beberapa manfaat dari produk ini, antara lain:

  • Rambut lebih berkilau dan bercahaya
  • Memperbaiki rambut kusut dan bercabang
  • Melembapkan rambut yang kering dan rapuh
  • Mengurangi rambut rontok
  • Menghilangkan ketombe dan mencegah keringnya kulit kepala

6. Cocona Care Natural Shampoo

Cocona Care Natural Shampoo

Cocona Care Natural Shampoo photo via coconacare.com

Harga: Rp92.000,00

Shampoo ini baik digunakan sehari-hari dan mampu membersihkan kulit kepala Bunda dengan lembut tanpa menimbulkan iritasi.

Kandungan Virgin Coconut Oil akan menutrisi rambut dan kulit kepala untuk meningkatkan kekuatan serta elastisitasnya.

Lemon Oil mampu menyeimbangkan pH kulit kepala mengurangi minyak, ketombe, dan jamur, serta meregenerasi pertumbuhan rambut.

Shampoo mewah yang satu ini mampu mengembalikan kelembapan sekaligus melindungi rambut dari tekanan harian maupun kerusakan di masa depan.

Harumnya terasa segar dan harum, sehingga mudah disukai oleh Bunda. Segala jenis rambut bisa mengadopsi produk ini untuk memperbaiki masalah kerontokan.

Keamanannya bisa dibuktikan dengan tidak ada kandungan SLS, paraben, silikon, maupun pewarna buatan.

7.  Sebamed Anti Hair Loss Shampoo

Sebamed Anti Hair Loss Shampoo

Sebamed Anti Hair Loss Shampoo photo via amazon.in

Harga: Rp230.000,00

Merupakan merk shampo yang bagus untuk rambut rontok karena mampu mengaktifkan sirkulasi darah pada kulit kepala untuk meningkatkan pasokan nutrisi dan oksigen ke folikel rambut supaya kerontokan dapat berkurang.

Produk ini cocok untuk Bunda yang mengalami kerontokan, ketombe ringan, dan memiliki kulit kepala sensitif.

Kombinasi Hexyl Nicotine Ester (HCE), kafein, dan ginkgo mampu meningkatkan sirkulasi kulit kepala. Pirocton olamine bertugas untuk melawan ketombe.

Tidak ada kandungan pewarna, alkohol, atau silikon yang tidak baik untuk diaplikasikan pada rambut maupun kulit kepala. Ketika rontoknya rambut semakin parah, gunakan secara rutin 2 kali sehari.

Jangan lupa pijat-pijat kulit kepala setelah shampoo diaplikasikan supaya efeknya dapat terjadi secara merata.

8. Green Angelica Regrowth Shampoo

Green Angelica Regrowth Shampoo

Green Angelica Regrowth Shampoo photo via zonafashionmu.blogspot.com

Harga: Rp150.000,00-Rp185.000,00

Shampoo herbal ini mengandung ekstrak alami dari Apple Stem Cell, Ashitaba Keiskei, Glutathione, dan Aloe Vera.

Beberapa manfaat dan kelebihan yang akan Bunda rasakan, antara lain:

  • Menghilangkan ketombe dan rambut berminyak
  • Memperbaiki rambut yang rusak dan bercabang
  • Memperbaiki sel kulit mati pada akar dan batang rambut
  • Komposisi herbal, aman tanpa efek samping
  • Shampoo tidak mengandung deterjen

Apple Stem Cell bekerja meregenerasi sel akar rambut hingga 10 kali lebih cepat. Ashitaba Keskei berfungsi sebagai multivitamin yang menormalkan fungsi akar dan merangsang pertumbuhan rambut.

Glutathione bekerja sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, ditambah juga dengan Aloe Vera yang menyuburkan sekaligus memperbaiki rambut rontok.

9. ERHA Hairgrow Shampoo

ERHA Hairgrow Shampoo

ERHA Hairgrow Shampoo photo via orami.co.id

Harga: Rp134.500,00

Produk ini mampu mencegah kerontokan secara efektif dengan formula ekstrak Panax Ginseng dan Pumpkin Seed sekaligus merangsang pertumbuhan rambut baru.

Kombinasi bahan-bahan yang ada akan melancarkan mikrosirkulasi darah, sehingga memperbaiki kualitas kesehatan rambut dan kulit kepala.

Selain itu, Bunda juga mampu merasakan rambut yang lebih kuat dan lebat untuk menjaga kepercayaan diri dari model rambut yang tipis atau kurang sehat.

Gunakan produk pada rambut yang sudah dibasahi kemudian pijat dan biarkan selama 1 sampai 2 menit. Bilas sampai bersih supaya efeknya dapat menyebar secara merata.

Produk ini diformulasikan secara khusus oleh dermatologis supaya Bunda dapat memperbaiki kondisi rambut dengan optimal.

10.OGX Thick and Full Biotin and Collagen Shampoo

OGX Thick and Full Biotin and Collagen Shampoo

OGX Thick and Full Biotin and Collagen Shampoo photo via amazon.com

Harga: Rp185.000,00

Merupakan brand shampoo asal USA yang menggunakan bahan-bahan alami dan bebas SLS, sehingga aman untuk Bunda yang hamil atau menyusui.

Varian Biotin dan Collagen memang banyak direkomendasikan untuk memperbaiki rambut yang rontok. Rambut Bunda jadi lebih tebal dan bisa diperbaiki secara maksimal sejak pemakaian pertama.

Vitamin B7 Biotin berfungsi untuk menutrisi setiap batang rambut supaya lebih sehat tebal. Kolagen bekerja untuk mempertahankan kekuatan sekaligus pertumbuhan rambut.

Protein gandum bermanfaat menguatkan serta menjaga kelembapan rambut sepanjang hari. Produk ini sangat dianjurkan untuk Bunda yang berambut tipis akibat kerontokan parah.

Pemakaian yang teratur akan menghasilkan rambut yang sehat optimal. Pastikan Bunda menggunakannya secara rutin ketika keramas.

11. Mane ‘n Tail Herbal Grow Shampoo

Mane ‘n Tail Herbal Grow Shampoo

Mane ‘n Tail Herbal Grow Shampoo photo via iherb.com

Harga: Rp150.000,00

Shampoo ini diformulasikan dengan kandungan Olive Oil yang menutrisi, menguatkan, serta membangun kembali akar hingga ujung rambut.

Mengandung Micro Enriched Formula yang dapat mencegah rambut dari risiko kerusakan ataupun bercabang. Rambut tampak lebih berkilau dan sehat.

Dengan produk ini, pertumbuhan rambut menjadi 40% lebih cepat dibandingkan biasanya. Kadar minyak di kulit kepala juga dapat terkontrol dengan baik.

Bunda punya masalah kerontokan disertai ketombe dan gatal? Shampo ini masih jadi jawabannya. Bahkan, tidak ada lagi rambut bercabang atau patah-patah.

12. Keiskei Hair Shampoo

Keiskei Hair Shampoo

Keiskei Hair Shampoo photo via katalog.forsalesign.net

Harga: Rp340.000,00

Adalah shampoo anti rontok untuk rambut berminyak yang menggunakan formulasi Extract Ashitaba Organic, Centella Asiatica, dan Glycerin untuk mempercepat stimulasi penebalan rambut.

Menggunakan teknologi NANO untuk menghentikan rambut rontok, memperbaiki rambut rusak, hingga menghilangkan gatal-gatal maupun jerawat pada kulit kepala.

Untuk rambut berminyak, produk ini akan menormalkan kadar minyak yang berlebih supaya kepala selalu bersih dan sehat. Disamping itu, rambut juga tidak mudah lepek.

Produk ini tidak mengandung deterjen, sehingga aman Bunda gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Rasakan hasilnya dengan penggunaan rutin secara maksimal.

13. Mylea Hair Shampoo Ginseng

Mylea Hair Shampoo Ginseng

Mylea Hair Shampoo Ginseng photo via shopee.co.id

Harga: Rp45.000,00

Shampo yang satu ini menggunakan formula khusus Silicon Free yang mengandung ekstrak Ginseng dalam membersihkan rambut tanpa meninggalkan penumpukan.

Selain itu, kekuatan akar rambut menjadi lebih terjaga. Formulanya mampu merangsang pertumbuhan dan penebalan rambut sesuai keinginan Bunda.

Apakah rambut sudah tipis dan malah rambah rapuh karena rontok? Sebaiknya, Bunda gunakan shampoo ini secara rutin supaya mendapatkan rambut yang lebih sehat.

Tidak perlu khawatir karena keamanannya sudah terjamin, apalagi untuk Bunda yang saat ini sedang menyusui setelah melahirkan.

14. Kerastase Specifique Bain Prevention

Kerastase Specifique Bain Prevention

Kerastase Specifique Bain Prevention photo via sephora.com

Harga: Rp300.000,00

Telah dirancang secara khusus sebagai solusi untuk masalah kerontokan dan rambut yang cenderung tipis supaya lebih kuat serta tebal.

Merk shampo yang bagus untuk rambut rontok ini dipadukan dengan berbagai manfaat yang bisa Bunda peroleh dalam mengatasi masalah rambut, yaitu:

  • Menormalkan ketidakseimbangan kulit kepala
  • Solusi dalam mencegah rambut rontok
  • Mengaktifkan sirkulasi mikro
  • Rambut lebih bertekstur
  • Memberikan volume pada rambut
  • Meningkatkan produksi dan menebalkan serat rambut

Bahan utama yang digunakan oleh produk ini adalah Systeme Pro Actif, kombinasi dari agen antibakteri, penenang, dan pengatur mikrosirkulasi. Formulanya bebas dari silikon supaya lebih aman dipakai oleh Bunda.

Gunakan secara teratur supaya masalah rambut setelah melahirkan dapat diatasi dengan baik.

15.  TRESemme Hair Fall Control Shampoo

TRESemme Hair Fall Control Shampoo

TRESemme Hair Fall Control Shampoo photo via watsons.co.id

Harga: Rp26.700,00

Shampoo ini menggunakan formula Chia Seed Oil, amino, dan vitamin yang mampu mengurangi kerontokan pada rambut Bunda. Selain itu, teknologi keratin mampu menata rambut yang mudah rusak.

Pembersih rambut yang satu ini lembut dan aman dipakai setiap hari. Bunda tidak akan merasakan rambut yang mudah patah lagi saat sedang sibuk menyusui.

Shampo TRESemme sudah banyak digunakan oleh para profesional dalam menyediakan kualitas rambut layaknya dari salon.

Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal berupa rambut lebat, sehat, tidak kaku, serta mudah diatur.

Merk shampo yang bagus untuk rambut rontok di atas bisa Bunda coba dan aplikasikan pada saat keramas ketika terjadi kerontokan parah setelah melahirkan. Pastikan untuk menggunakannya secara rutin supaya rambut kembali tebal, berkilau, dan sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *