18 Rekomendasi Merk Sunblock Anak Terbaik dan Aman Digunakan

3 bulan lalu, by duniabunda

merk sunblock anak terbaik

Bunda tak perlu khawatir dengan bahaya paparan sinar matahari terhadap si kecil saat beraktivitas di luar ruangan. Berikut rekomendasi merk sunblock anak terbaik serta aman di kulitnya.

Penting bagi anak anak dalam rentang usia 1-6 tahun untuk melakukan banyak aktivitas di luar ruangan agar mereka dapat bebas berekpslorasi dan mampu mengembangkan daya imajinasinya. Serta yang terpenting adalah untuk melatih motorik, stamina dan daya tahan tubuhnya.

Namun, bahaya paparan sinar matahari seakan mengintai, sehingga menyebabkan Bunda membatasi kegiatan anak di luar ruangan dan memilih menghabiskan waktu bermainnya di dalam rumah saja.

Tentu hal ini sangat disayangkan, karena selain menyebabkan kemungkinan anak menghabiskan lebih banyak waktu menonton tv, anak jadi kurang kreatif.

Solusinya adalah dengan menyiapkan sunblock yang aman digunakan sesuai kebutuhan.

Memilih merk sunblock anak terbaik memang harus tepat dan tidak asal-asalan. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan ketika Bunda harus berhadapan dengan variasi merk yang beragam dan harus memilih salah satunya.

Tips Memilih Merk Sunblock Anak Terbaik

1. Perhatikan komposisi yang digunakan

Sunblock yang bersifat non chemical banyak direkomendasikan untuk anak-anak dan cocok digunakan sehari-hari. Selain kandungan iritannya lebih rendah, sunblock ini juga mudah dibersihkan ketika anak-anak sedang mandi.

Meskipun demikian, sunscreen chemical masih cocok dipakai untuk kebutuhan tertentu, seperti pemakaian pada saat berkegiatan di luar rumah.

Setidaknya, Bunda harus bisa memilah dan meninggalkan sunblock dengan kandungan petroleum maupun bahan sintetis di dalamnya. Cermati dengan baik komposisi yang boleh dan tidak boleh dikenakan pada kulit anak-anak.

2. Pilih sunblock yang mudah dibersihkan oleh sabun

Meskipun lembut dan mudah meresap ke dalam kulit, sunblock tidak boleh meninggalkan bekas setelah dibersihkan. Bunda harus bisa menentukan produk yang mudah luntur ketika dibersihkan dengan sabun atau air.

Sunblock yang membandel hanya menambah pekerjaan dan terasa kurang efektif. Bunda harus menggunakan cleanser khusus atau pembersih, namun perhatikan dengan baik supaya efek samping yang terjadi tidak merugikan si kecil.

3. Cek juga kandungan SPF dan PA pada produk

Untuk berkegiatan sehari-hari, sebenarnya SPF 10 sampai 20 sudah cukup melindungi kulit anak-anak. Sedangkan, SPF 30 atau lebih bisa disesuaikan untuk penggunaan tertentu yang lebih maksimal.

SPF berfungsi untuk mencegah kulit yang memerah, terbakar, atau sunburn. PA akan bekerja untuk menghindari terjadinya kerutan atau kerusakan struktur pada kulit.

Apabila tidak ada kesempatan untuk mengaplikasikan sunblock kembali, gunakan produk dengan SPF lebih tinggi. Namun, saat sinat matahari saat itu lebih kuat dari biasanya, usahakan pemakaian produk dengan PA lebih tinggi.

4. Kenali berbagai tipe dan cara pengaplikasian sunblock

Setiap tipe dan tekstur yang dikenalkan oleh produk sunblock tentu memiliki ciri khasnya sendiri. Berikut beberapa tipe yang harus Bunda ketahui:

  • Tipe spray mudah diaplikasikan untuk bagian tubuh tertentu secara lebih mudah. Bunda tinggal menyemprotnya ke area yang membutuhkan perlindungan sunblock. Tetap hati-hati, ya Bun. Jangan sampai sunblock yang digunakan malah tertelan atau melukai area mata si kecil.
  • Tipe emulsi terasa awet setelah diaplikasikan dan tidak menimbulkan white cast. Memang penggunaannya jarang di Indonesia, namun Bunda bisa menggunakan alternatif lotion yang juga mudah digunakan.
  • Tipe krim mampu melembutkan serta tahan air maupun keringat. Daya kelembapannya cenderung lebih tinggi dan lebih efektif. Karena mengandung minyak, teksturnya jadi lebih kental. Sifatnya yang tahan air dan keringat cocok dipakai ketika anak-anak ingin melakukan kegiatan renang.

Rekomendasi Merk Sunblock Anak Terbaik

Kenali beberapa rekomendasi sunblock terbaik untuk menemani putra dan putri Bunda menghadapi cuaca serta lingkungan setiap hari. Apa saja merk yang bisa dicoba? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Nivea Sun Kids Lotion SPF 25

Nivea Sun Kids Lotion SPF 25

Nivea Sun Kids Lotion SPF 25 Photo Via Goapotik.com

Sunblock dari Nivea ini bekerja secara efektif untuk melindungi si kecil dari bahayanya sinar UV ketika berlibur bersama keluarga. Anak-anak akan merasa nyaman beraktivitas seharian.

Kandungan vitamin E mampu menutrisi kulit sekaligus melindunginya dari serangan radikal bebas. Kelembapannya terjaga dengan baik untuk mengurangi risiko terjadinya alergi akibat sinar matahari.

Bunda bisa menegaplikasikannya pada seluruh jenis kulit. Teksturnya tidak lengket, cepat meresap, dan anti air, sehingga cocok dipakai ketika berenang atau melakukan aktivitas air lainnya.

Selain bagus untuk melindungi kulit si kecil supaya tidak terbakar, produk ini juga tidak merusak aman serta aman untuk biota laut. Dengan kemasan yang praktis, Bunda bisa membawanya ketika berlibur ke mana saja untuk menjaga kesehatan kulit anak-anak.

2. Banana Boat Kids Sport Spray

Banana Boat Kids Sport Spray

Banana Boat Kids Sport Spray Photo Via Amazon.com

Dengan kandungan SPF 50, kulit anak-anak yang aktif berolahraga tetap terjaga dengan baik walaupun terpapar sinar matahari.

PowerStay Technology yang ringan mampu menghindari terjadinya iritasi dan memberikan proteksi maksimal selama beraktivitas.

Produk ini menjamin keamanan dan perlindungan lebih efektif untuk menangkal UVA dan UVB yang merugikan. Selain itu, produk ini juga memiliki formula tear-free dan sting-free yang aman untuk kulit sensitif.

Teksturnya ringan dan mampu meresap dengan instan setelah disemprotkan. Komposisinya juga tidak akan melukai mata si kecil. Jangan khawatir, sunblock ini juga bersifat water resistant dan ramah lingkungan.

Sudah siap menemani si kecil bermain bersama sunblock Banana Boat yang aman untuknya?

3. Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Spray Broad Spectrum SPF 70+

Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Spray Broad Spectrum SPF 70+

Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Spray Broad Spectrum SPF 70+ Photo Via Neutrogena.com

Pernahkah Bunda bermasalah dengan sunblock yang suka menetes ketika diaplikasikan pada kulit anak yang basah? Bunda bisa mengatasi hal ini dengan mencoba produk dari Neutrogena.

Sunblock ini diformulasikan dengan SPF 70 serta oil-free sehingga terasa aman dan nyaman untuk si kecil yang aktif bergerak.

Menggunakan Helioplex Technology untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dalam spectrum yang cukup luas setelah diaplikasikan.

Tidak perlu cemas dengan reaksi alergi tertentu karena sifatnya hipoalergenik. Selain itu, produk ini mampu menahan air hingga 80 menit pemakaian. Si kecil mampu bermain dengan bebas tanpa khawatir sunburn atau risiko kelainan kulit lainnya.

4. Beauty Barn Kids Sun Shield

Beauty Barn Kids Sun Shield

Beauty Barn Kids Sun Shield Photo Via Beautybarnindonesia.com

Sunblock dari Beauty Barn telah diformulasikan dengan bahan-bahan alami untuk menciptakan produk yang mampu melindungi sekaligus melembapkan kulit.

Sifatnya anti air dan bisa diaplikasikan pada semua jenis kulit. Sebaiknya, Bunda berikan produk ini untuk anak-anak yang berusia di atas 6 bulan.

Beberapa bahan aktif yang bekerja untuk memberikan manfaatnya, antara lain:

  • Zinc Oxide, merupakan salah satu bahan alami yang melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB. Senyawa ini mampu membentuk penghalang antara kulit anak dengan sinar matahari.
  • Red Raspberry merupakan bahan anti peradangan yang memiliki nilai SPF mulai dari 28 sampai 50.
  • Shea Butter sebagai pelembap yang baik untuk mengatasi beberapa masalah kulit serta kekeringan. Kandungan ini juga mampu mengatasi kulit rusak supaya lebih terjaga dalam jangka waktu yang lama.

5. Beach Hut Kids Max SPF100++ Lotion Sunscreen

Beach Hut Kids Max SPF100++ Lotion Sunscreen

Beach Hut Kids Max SPF100++ Lotion Sunscreen Photo Via Lazada.com.ph

Meskipun memiliki kandungan SPF tinggi, Bunda bisa memberikan sunblock ini pada bayi di atas 6 bulan atau anak-anak karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Kombinasi vitamin E dan antioksidan menangkal radikal bebas sekaligus memberikan nutrisi yang penting untuk melindungi kulit si kecil. Sengatan matahari yang panas mampu ditepis secara maksimal.

Ketika pergi ke pantai atau berenang, bawalah sunblock ini karena sifatnya sudah tahan air. Si kecil bisa dibiarkan bebas bermain tanpa takut sunblock gagal melindungi kulit karena luntur terkena air.

Dibuat dari formula hipoalergenik, sangat cocok untuk mencegah reaksi alergi atau iritasi yang sangat mengganggu. Anak-anak jadi lebih bebas dan gembira ketika bermain bersama Bunda, deh!

6. Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28 Photo Via spekharga.cokoladaforum.com

Tidak hanya cocok untuk orang dewasa, merk sunblock dari Cetaphil ini juga bisa digunakan oleh anak-anak. Produk ini bisa diaplikasikan pada area wajah maupun seluruh tubuh.

Teknologi Mexoryl SX mampu memberikan proteksi yang tinggi serta melindungi kulit dari UVA/UVB secara luas. Telah teruji klinis, sehingga cocok untuk anak-anak dengan jenis kulit apapun.

Beberapa kelebihannya, yaitu cepat meresap ke dalam kulit, tidak meninggalkan bekas, serta tidak terasa lengket setelah dioleskan.

Produk ini bisa dipakai untuk kulit sensitif tanpa menimbulkan reaksi alergi tertentu. Si kecil akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama beraktivitas.

7. Alteya Organics Kids and Baby Sunscreen

Alteya Organics Kids and Baby Sunscreen

Alteya Organics Kids and Baby Sunscreen Photo Via amazon.co.uk

Merk sunblock anak terbaik dari Alteya Organics bekerja dengan aman dan efektif tanpa menggunakan komposisi yang berbahaya bagi anak-anak.

Memberikan manfaat yang besar bagi kulit dengan perlindungan optimal dari terbakar akibat sinar matahari hingga kerusakan sel-sel yang sudah terpapar.

Ekstrak mawar dan kalendula mampu meresap pada permukaan kulit si kecil dengan baik. Mampu melembapkan selama seharian tanpa khawatir kalau mereka merasa tidak nyaman.

Teksturnya yang lembut dan menenangkan juga mampu menahan air selama 40 menit. Memiliki kandungan SPF 30 yang sudah direkomendasikan untuk penggunaan secara rutin.

Tenang, Bunda juga bisa ikut nimbrung memakai produk ini tanpa perlu repot-repot mencari merk yang berbeda dengan si kecil.

8. Badger Sunscreen Bug Repellent

Badger Sunscreen Bug Repellent

Badger Sunscreen Bug Repellent Photo Via Amazon.com

Saatnya mencoba produk sunblock 2in1 dari Badger yang mampu menahan air dan keringat selama 40 menit. Terbuat dari bahan-bahan organik yang mampu meresap ke dalam kulit, seperti Olive Oil, Beeswax, dan Castor Oil.

Mengapa disebut sebagai produk 2in1? Karena sunblock ini memiliki fungsi perlindungan dari sinar matahari dan serangga secara bersamaan ketika diaplikasikan. Perlindungan dari serangga bisa bertahan hingga 4 jam.

Produk ini termasuk ramah terhadap lingkungan sekaligus biota laut. Selain itu, sertifikasi cruelty-free menandakan bahwa sunblock ini tidak melukai makhluk hidup sebagai percobaannya.

Aromanya yang lembut dan menenangkan semakin lengkap dengan teksturnya yang mudah melapisi permukaan kulit secara maksimal.

9. Mustela High Protection Sun Lotion

Mustela High Protection Sun Lotion

Mustela High Protection Sun Lotion Photo Via Willowbabyshop.com

Sunblock dari Mustela sudah dirancang secara khusus untuk melapisi permukaan kulit bayi dan anak-anak secara sempurna. Hal ini bertujuan untuk melindungi si kecil dari sinar radiasi yang berbahaya bagi kulit.

Terbuat dari bahan-bahan yang natural dan alami, seperti Avocado yang membantu mempertahankan sel-sel kulit dan mencegahnya dari kerusakan. Sunblock dari Mustela juga memiliki kandungan pelindung sebesar 50 SPF.

Menariknya, produk ini tidak mengandung paraben, pengharum, maupun alkohol. Terasa aman ketika diaplikasikan secara merata pada bayi atau anak-anak sejak dini.

Jangan khawatir, ya Bun. Produk ini sudah teruji secara dermatologis, sehingga tidak menimbulkan alergi atau reaksi tertentu yang bisa melukai kulit.

10. Cancer Council Kids Tube

Cancer Council Kids Tube

Cancer Council Kids Tube Photo Via Cancercouncilshop.org.au

Kandungan SPF 50+ pada produk ini akan melindungi kulit dalam jangkauan area yang lebih luas. Untuk kulit yang lebih baik, produk ini sudah diformulasikan secara spesial dan teruji dermatologis.

Selain itu, komposisinya juga ringan dan tidak mengandung paraben atau pengharum. Sifatnya yang tahan air bisa berlangsung sangat lama, yaitu sampai sekitar 4 jam. Kondisi ini membantu Bunda untuk mengaplikasikannya secara lebih praktis dan efisien.

Perhatikan usia anak-anak, ya Bun. Jangan berikan produk ini kepada bayi berusia di bawah 6 bulan dan gunakan secara bijak.

Teksturnya tidak lengket di kulit serta mampu meresap sempurna. Tidak ada bahan kimia yang berbahaya atau mengganggu kesehatan kulit si kecil setiap hari.

11. Coppertone Kids Sunscreen Lotion SPF 70+

Coppertone Kids Sunscreen Lotion SPF 70+

Coppertone Kids Sunscreen Lotion SPF 70+ Photo Via Popsugar.com

SPF 70+ nyatanya mampu melindungi kulit si kecil dari sinar UVA/UVB dengan maksimal ketika mereka memiliki aktivitas yang padat.

Anak-anak dengan kulit sensitif tidak perlu khawatir dengan risiko iritasi karena produk ini termasuk hipoalergenik.

Kandungan vitamin E memberikan nutrisi yang bagi bagi kesehatan kulit. Anak-anak mampu bergerak secara leluasa tanpa kulit yang mudah rusak.

Keamanannya sudah teruji secara dermatologis, artinya produk ini bisa diaplikasikan pada kulit si kecil secara optimal tanpa mengoleskan bahan-bahan berbahaya.

12. La Roche Posay Anthelios Dermo Pediatrics SPF 50+ Smooth Lotion

La Roche Posay Anthelios Dermo Pediatrics SPF 50+ Smooth Lotion

La Roche Posay Anthelios Dermo Pediatrics SPF 50+ Smooth Lotion Photo Via Sohaticare.com

Apakah saat ini si kecil memiliki masalah alergi yang ekstrem terhadap sinar matahari? Coba merk sunblock anak terbaik yang satu ini.

Selain bersifat anti air, produk ini juga bebas paraben dan pengharum yang kurang baik bagi kesehatan kulit. Telah teruji dermatologis serta berada dalam pengawas pediatri.

Teknologi Mexoplex yang lebih ketat mampu memberikan perlindungan yang lebih optimal. Kombinasi La Roche Posay Thermal Spring Water berperan sebagai antioksidan yang menenangkan.

Teksturnya ringan, mudah diaplikasikan, tidak lengket, dan tidak berminyak. Bunda bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan tabir surya si kecil setiap hari.

13. Mambino Organics SPF 30 Pure Mineral Face+Body Sunscreen

Mambino Organics SPF 30 Pure Mineral Face+Body Sunscreen

Mambino Organics SPF 30 Pure Mineral Face+Body Sunscreen Photo Via Shopee.co.id

Sunblock yang satu ini cocok untuk seluruh jenis kulit dan aman untuk pemilik kulit sensitif parah. Mampu menahan air selama kurang lebih 80 menit.

Kandungan Zinc Oxide dipastikan membentuk pertahanan ekstra dalam rangka melindungi kulit anak-anak dari sinar UVA dan UVB berbahaya bagi mereka.

Selain itu, produk ini menggunakan kemasan pump yang lebih praktis supaya lebih hemat dan tidak membuangnya terlalu banyak.

Produk ini direkomendasikan untuk dibawa ketika bepergian liburan atau bertamasya bersama keluarga. Jangan ragukan lagi bahan-bahan alami yang sudah digunakan untuk mempertahankan kesehatan kulit si kecil.

14. Pure Baby Sunblock

Pure Baby Sunblock

Pure Baby Sunblock Photo Via Spekharga.cokoladaforum.com/blibli.com

Kandungan Zinc Oxide Micronized Particle sudah pasti akan berfungsi secara aktif untuk membentengi kondisi kulit yang lebih sehat.

SPF 25 di dalamnya bisa membantu melindungi kulit bayi dan anak-anak untuk beraktivitas hingga 4 jam. Minyak Apricot Kornel mampu melembapkan sekaligus bertingkah sebagai antioksidan.

Selain usia anak-anak, Bunda sudah bisa memberikannya kepada adik bayi. Meskipun demikian, perhatikan anjuran serta syarat yang sudah disediakan supaya kulit si kecil tidak bermasalah.

15. Alba Botanica Very Emollient Kids Sunscreen SPF 45

Alba Botanica Very Emollient Kids Sunscreen SPF 45

Alba Botanica Very Emollient Kids Sunscreen SPF 45 Photo via evitamins.com

Merupakan sebuah produk sunblock dengan paket lengkap. Proteksinya dilakukan secara alami dan mampu memainkan UVA atau UVB.

Produk ini juga direkomendasikan untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan kulit, seperti paraben.

Perlindungan yang alami nyatanya sudah membantu melembapkan kulit secara alami juga. Aplikasinya juga mudah karena produk terasa tidak lengket sekaligus mudah diserap dengan baik secara maksimal.

16. Babyganics SPF 50 + Sunscreen

Babyganics SPF 50 + Sunscreen

Babyganics SPF 50 + Sunscreen Photo via babyganics.com

Babyganics SPF 50+ Sunscreen adalah merk sunscreen yang berbahan dasar mineral alami dan tidak pedih dimata sehingga aman untuk diaplikasikan pada kulit bayi dan anak anak yang sensitif.

Telah teruji secara dermatologis, merk sunscreen ini tidak menyebabkan alergi dan bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya seperti phthalates, parabens dan PABA, serta tidak menggunakan pengharum. Pemakaian secara rutin, dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit karena paparan sinar matahari.

Aplikasikan lotion ini 15 menit sebelum si kecil beraktifitas di bawah terik matahari. Lotion ini dapat bertahan hingga 2 jam pemakaian. Segera aplikasikan kembali setelah 2 jam untuk memastikan kulit si kecil benar-benar terlindungi.

17. Sebamed Baby Sun Cream SPF 50+

Sebamed Baby Sun Cream SPF 50+

Sebamed Baby Sun Cream SPF 50+ Photo Via ebay.com

Sebamed Baby Sun Cream SPF 50+ Sunscreen adalah produk asal negara Jerman dan merupakan krim sunscreen rekomendasi dokter untuk berbagai permasalah kulit seperti alergi, eksim, kulit yang terbakar sinar matahari dan kulit yang yang tipis dan sensitif.

Dengan tingkat keasaman yang setara dengan kulit normal yaitu PH 5,5 yang menjaga keseimbangan alami kulit sehingga aman digunakan oleh bayi baru lahir sekalipun.

Vitamin E yang terkandung didalamnya berperan melindungi kulit bayi dari radikal bebas. Selain itu Formula Hydro-Fructolnya melindungi kulit bayi dari masalah kulit kering. Dan Provitamin B5 dan Bisabolol yang memberikan kesejukan ekstra pada kulit bayi.

Krim sunscreen ini tidak mengandung minyak sehingga tidak terasa lengket di kulit bayi serta tidak meninggalkan bekas noda pada pakaian saat diaplikasikan.

18. Corine de Farme Protective Lotion Face & Body SPF 50 Kids

Corine de Farme Protective Lotion Face & Body SPF 50 Kids

Corine de Farme Protective Lotion Face & Body SPF 50 Kids Photo Via bukalapak.com

Merupakan lotion sunscreen yang melindungi kulit dan wajah anak anak dari sinar matahari sekaligus menjaga kelembapan kulitnya.

Formula tahitian Monoi yang terkandung didalamnya bersifat melembabkan dan menenangkan kulit. Dan mengandung ekstrak vegetal alami 100 persen, serta tanpa tambahan zat-zat kimia seperti paraben dan tanpa parfum.
Lotin ini bersifat water resistance dan hypoallergenic, serta telah teruji secara klinis dibawah pengawasan dermatologi.

 

Memilih sunblock yang tepat ternyata bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan aktivtas si kecil waktu itu. Bunda harus memahami kondisi kulit si kecil terlebih dahulu sebelum memutuskan kriteria yang dipakai.

Beberapa merk di atas bisa dijadikan sebuah pertimbangan sebelum berbelanja untuk membeli merk sunblock anak terbaik. Sudah siap mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *