15 Merk Susu Formula Yang Bagus Untuk Bayi Alergi Susu Sapi

1 minggu lalu, by duniabunda

merk susu formula yang bagu

Sistem kekebalan tubuh bayi belumlah terbentuk sempurna, sehingga sebagian bayi rentan terkena masalah kesehatan seperti alergi. Salah satunya adalah alergi terhadap susu sapi. Jenis alergi ini disebabkan oleh tubuh bayi belum bisa menyerap laktosa dengan baik yang biasa ditemukan dalam salah satu asupannya, yaitu susu sapi.   Selain itu, terdapat reaksi berlebihan dari tubuh bayi terhadap protein yang terkandung didalam susu susu sapi. Hal ini menyebabkan bayi mengalami gangguan kesehatan seperti diare, sembelit, kembung, muncul ruam dan bengkak-bengkak pada kulitnya. Jika dibiarkan dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius. Dan bayi menjadi rewel akibat sakit perut, tidak mau menyusu dan pertumbuhannya terganggu. Sehingga penting bagi bunda untuk berhati hati dalam memilih susu formula yang tepat untuk bayi dengan kondisi khusus seperti alergi susu sapi tersebut. Pastikan Bunda memilih merk susu formula yang diformulasikan khusus untuk bayi yang alergi susu sapi. Berikut rekomendasi merk susu formula yang bagus untuk bayi alergi susu sapi.

Apabila Bunda mulai kebingungan dengan asupan tepat bagi bayi yang tidak bisa minum susu sapi, sekarang tidak perlu cemas lagi untuk memilih produk terbaik di pasaran.

Mengapa Ada Bayi yang Tidak Bisa Minum Susu Sapi?

Terdapat kondisi tertentu yang menjadi penyebab bayi tidak bisa minum susu sapi. Salah satunya adalah alergi protein susu sapi.

Alergi ini melihat susu sapi sebagai sebuah zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Selanjutnya, terjadi rangsangan imunitas oleh zat histamin yang menyebabkan tubuh si kecil menjadi ruam, gatal-gatal, kemerahan, dan lain-lain.

Selain alergi, Bunda bisa menemukan adanya intoleransi laktosa, yaitu ketika pencernaan laktosa tidak mampu berubah menjadi energi akibat rendahnya enzim lactase. Hal tersebut memicu diare, kembung, hingga sendawa yang lebih sering.

Sebelum memberikan susu formula yang sesuai, Bunda konsultasikan terlebih dahulu kondisi di atas kepada dokter atau ahli di bidangnya.

Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi Alergi Susu Sapi

1. Pilih jenis susu formula yang sesuai

Tidak dapat dipungkiri kalau susu formula yang beredar di pasaran didominasi oleh susu sapi. Namun, Bunda bisa menemukan beberapa jenis yang lebih cocok untuk bayi dengan alergi susu sapi.

Soya based milk atau susu formula yang komposisi utamanya protein kedelai bisa dipertimbangkan bagi si kecil. Isolat protein kedelai tersebut didukung dengan nutrisi pelengkap lainnya.

Selain itu, ada susu formula partially hydrolyzed atau terhidrolisis parsial. Protein di dalamnya berukuran lebih kecil untuk meringankan pemecahan protein tubuh. Umumnya, susu formula ini diberikan kepada bayi yang alergi susu kedelai maupun susu sapi.

Yang ketiga, ada susu formula spesial yang hanya diberikan oleh dokter dalam mengatasi penyakit atau masalah tertentu. Harganya cenderung lebih mahal dan tidak sembarangan dijual di tempat-tempat umum.

2. Susu formula mudah dicari dan dikonsumsi

Merk susu formula yang bagus untuk bayi alergi susu sapi harus mudah dicari di lingkungan sekitar tempat tinggal Bunda. Hal ini dikarenakan susu formula pasti mudah habis dalam waktu yang relatif singkat. Bunda memerlukan waktu yang efisien untuk repurchase susu formula ketika dibutuhkan.

Ada beberapa bentuk susu formula yang bisa Bunda temui, antara lain bubuk, konsentrat cair, hingga kemasan siap saji.

Susu formula bubuk dan konsentrat cair harus dicairkan dulu menggunakan air hangat atau sesuai takaran. Sedangkan, kemasan siap saji bisa langsung diminum oleh bayi secara kondisional.

3.Periksa harga dan kemasannya

Selain memeriksa komposisi utama dan bentuknya, yang terpenting sesuaikan juga dengan budget Bunda setiap bulannya. Paling tidak, Bunda sudah tahu apakah produk tersebut akan direpurchase secara mingguan atau bulanan.

Cek kembali apakah kemasannya kuat, tahan lama, dan mudah disimpan. Hal ini harus diperhatikan untuk mencegah kerusakan pada susu formula.

Baca juga Rekomendasi Merk Susu Formula yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak Anak

Rekomendasi Merk Susu Formula Untuk Bayi Alergi Susu Sapi

1. Bebelac Gold Soya

Bebelac Gold Soya

Bebelac Gold Soya photo via luweshomeshopping.com

Harga: Rp73.000,00

Menjadi satu-satunya susu formula soya yang tinggi serat dan diperkaya dengan nutrisi penting lainnya. Bunda bisa memberikan produk ini ketika usia bayi sudah lebih dari 12 bulan.

Kandungan minyak ikan dalam produk ini mampu memaksimalkan perkembangan otak ketika menjalani masa pertumbuhan emas si kecil. Kombinasi serat dan prebiotik FOS inulin mampu menjaga kinerja pencernaan yang lancar.

Selain itu, masih ada komposisi Omega 3 dan 6, 13 vitamin dan mineral, serta zat besi yang melancarkan aliran oksigen dalam darah.

Isolat protein soya menjadi salah satu protein yang esensial bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil setiap harinya.

2. BMT Soya Moricare+ Prodiges

BMT Soya Moricare+ Prodiges

BMT Soya Moricare+ Prodiges photo via tokopedia.com

Harga: Rp89.000,00

Susu formula ini dikhususkan bagi bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan. Menjadi salah satu susu formula yang dikeluarkan Morinaga untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi.

Dengan rasa plain yang mampu menyesuaikan kemampuan bayi baru lahir, Bunda akan mendapatkan kemasan sebanyak 300 gram per kemasan.

Susu formula BMT Soya ini juga cocok untuk bayi yang menderita galaktosemia karena tidak mengandung susu maupun hasil pengolahannya.

ASI memang masih menjadi asupan nutrisi terbaik bagi bayi. Bunda bisa mengonsultasikannya dahulu kepada dokter sebelum memberikannya kepada si kecil.

3.  Isomil Plus Advance Soya

Isomil Plus Advance Soya

Isomil Plus Advance Soya photo via shopee.co.id

Harga: Rp124.000,00

Merupakan susu pertumbuhan yang dikombinasikan dengan isolat protein kedelai bebas susu sapi dan tidak mengandung laktosa.

Produk ini sudah diformulasikan secara khusus untuk si kecil yang barusia 12 bulan sampai 10 tahun. Bisa diberikan kepada bayi yang alergi terhadap susu sapi, intoleransi laktosa, hingga galaktosemia sekalipun.

Protein di dalam susu juga disertai dengan tingkat kalsium yang cukup tinggi. Kalsium di sini memiliki peran pada pembentukan tulang sekaligus mempertahankan kepadatannya.

Isomil Plus tersedia dalam pilihan rasa Vanilla yang lezat dan disukai si kecil. Selain itu, kemasan kalengnya tersedia dalam ukuran 400 gram dan 850 gram.

4. Nestle NAN Lactose Free

Nestle NAN Lactose Free

Nestle NAN Lactose Free photo via medicinaonline.ae

Harga: Rp112.000,00

Susu formula non laktosa ini direkomendasikan untuk bayi berusia 0 sampai 12 bulan. Sebaiknya, Bunda konsultasikan dulu kepada dokter sebelum menggunakan produk susu ini.

Produk ini mengandung OPTIPRO HA Protein Hypoallergenic yang bekerja secara khusus dalam mengurangi risiko alergi.

Selain itu, susu diperkaya dengan probiotik Bifidus BL dalam menjaga daya tahan tubuh yang optimal sekaligus melancarkan kinerja pencernaan.

Kandungan yang bebas laktosa diformulasikan secara khusus supaya lebih mudah dicerna dan diserap nutrisinya oleh bayi. Hal ini mendukung konsumsi susu formula yang baik selama bayi terkena diare.

5. Enfamil A+ Gentle Care 1

Enfamil A+ Gentle Care 1

Enfamil A+ Gentle Care 1 photo via susumurahonline.com

Harga: Rp175.000,00

Menjadi susu pertumbuhan bagi bayi berusia 0 sampai 6 bulan menggunakan teknologi PHP atau Partially Hydrolyzed Protein yang diproduksi di Belanda. Proteinnya cenderung halus dan mudah dicerna oleh bayi.

Produk ini juga mengandung DHA yang sudah disesuaikan dengan rekomendasi para ahli. Selain itu, ada kandungan asam folat yang membantu pembentukan sel darah merah.

Kombinasi setiap vitamin mampu mendukung tumbuh kembang bayi dalam periode emas. Terdapat dukungan kalsium yang bekerja memperkuat tulang selama masa pertumbuhan.

Selain itu, masalah pencernaan pada bayi bisa diatasi dengan baik melalui asupan nutrisi dari Enfamil. Keseimbangan metabolisme tubuh bayi bisa berlangsung dengan baik.

6.Nutrilon Royal Soya 3 Actiduobio+

Nutrilon Royal Soya 3 Actiduobio+

Nutrilon Royal Soya 3 Actiduobio+ photo via shopee.co.id

Harga: Rp99.000,00

Produk ini khusus diformulasikan untuk bayi berusia 12 bulan hingga 36 bulan sesuai anjuran yang sudah diberikan.

Komposisi nutrisinya merupakan kombinasi dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral tanpa ada tambahan laktosa atau sukrosa. Melalui kelengkapan tersebut, si kecil bisa tumbuh dengan lebih optimal.

Untuk mendukung perkembangan otak, produk ini mengandung FOS, AA, dan DHA yang maksimal sekaligus mudah dicerna oleh buah hati.

Berikan susu ini apabila bayi mengalami intoleransi laktosa atau susu sapi dan galaktosemia yang harus mampu diatasi dengan alternatif susu formula.

7. Enfa A+ Nutramigen LGG

Enfa A+ Nutramigen LGG

Enfa A+ Nutramigen LGG photo via shop.enfamil.ca

Harga: Rp325.000,00

Merk susu formula yang bagus untuk bayi alergi susu sapi ini dikhususkan secara ekskulsif bagi si kecil yang berusia 0 sampai 6 bulan.

Menggunakna formula hipoalergenik yang mampu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian bayi. Bebas dari kandungan laktosa yang tidak dibutuhkan bayi dengan alergi atau intoleransi laktosa.

Produk ini menjadi salah satu susu formula protein terhidrolisa ekstensif yang juga dianjurkan untuk bayi dengan kondisi medis khusus. Oleh sebab itu, penggunaannya harus diawasi oleh tenaga medis tertentu.

Dengan hidrolisa ekstensif tersebut, susu formula telah terbentuk menjadi molekul berukuran sangat kecil untuk meminimalisir kemungkinan reaksi alergi.

8. Prestigimil Formula Bayi Hipoalergenik

Prestigimil Formula Bayi Hipoalergenik

Prestigimil Formula Bayi Hipoalergenik photo via shopee.co.id

Harga: Rp340.000,00

Merupakan susu khusus bayi dengan alergi susu sapi, intoleransi laktosa, serta tidak dapat menyerap lemak atau terjadi malabsorpsi lemak.

Kandungan nutrisinya terdiri dari protein terhidrolisis ekstensif, DHA, ARA, LA, ALA, kolin, 12 vitamin, dan 5 mineral yang efektif mengoptimalkan perkembangan si kecil.

Produk ini cocok untuk bayi berusia 0 sampai 12 bulan sekaligus menjaga sistem pencernaannya dengan baik. Pertumbuhan si kecil akan berlangsung dengan lebih sempurna.

Namun, susu formula ini bisa dikonsumsi apabila sudah ada persetujuan dari dokter maupun ahli kesehatan anak yang lainnya.

9.Nutren Junior

Nutren Junior

Nutren Junior photo via shopee.co.id

Harga: Rp136.000,00

Susu formula ini dianjurkan untuk bayi yang berusia di atas 12 bulan sampai usia 10 tahun. Kebutuhan harian nutrisi bisa terpenuhi sesuai dengan optimalnya tumbuh kembang bayi.

Mengandung 50% protein whey yang kaya sistein dan antioksidan dalam menunjang peningkatan daya tahan tubuh si kecil. Kandungan probiotiknya mampu menjaga keseimbangan microbiota baik di dalam usus.

Dengan rasa Vanilla yang lezat, produk ini bebas laktosa dan memiliki komposisi Omega 3, Omega 6, DHA dalam membantu perkembangan otak bayi.

Lemak nabati pada susu formula ini juga mengandung Mono Saturated Fatty Acid yang mampu menjaga kesehatan jantung pada bayi.

10.Wyeth S-26 Nursoy Gold

Wyeth S-26 Nursoy Gold

Wyeth S-26 Nursoy Gold photo via carousell.sg

Harga: Rp110.000,00

Diformulasikan secara khusus bersama AA dan DHA dalam mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan eksplorasi otak dari waktu ke waktu.

Selain itu, terdapat kandungan kolin yang bekerja untuk menunjang perkembangan mental bayi dalam masa pertumbuhannya.

Susu formula ini bisa digunakan sebagai pendamping ASI eksklusif bagi bayi yang memiliki alergi susu sapi atau intoleransi laktosa.

Menggunakan komposisi taurine yang baik untuk melancarkan sekaligus menyehatkan pencernaan. Si kecil jadi tidak mudah rewel ketika harus menerima asupan berupa susu formula.

11.  Similac Alimentum

Similac Alimentum

Similac Alimentum photo via amazon.in

Harga: Rp1.000.000,00

Susu formula ini akan mengurangi rasa rewel pada bayi akibat reaksi alergi yang terjadi karena pengaruh susu sapi.

Merk susu formula yang satu ini tergolong mudah dicerna, memiliki kandungan gizi yang lengkap, dan terpercaya bagi Bunda yang sedang mencari asupan khusus bayi alergi susu sapi.

Dengan formula bebas laktosa, susu formula ini mengandung ARA serta DHA sebagai nutrisi khusus dalam membantu perkembangan otak dan mata.

Selain itu, produk ini tidak mengandung minyak sawit untuk memberikan pengalaman asupan susu formula yang persis seperti saat menerima ASI.

12.  SGM LLM+ Presniutri

SGM LLM+ Presniutri

SGM LLM+ Presniutri photo via luweshomeshopping.com

Harga: Rp60.000,00

Susu formula ini tidak mengandung laktosa yang cenderung tidak dianjurkan bagi bayi dengan intoleransi laktosa.

Selain itu, produk ini juga mengandung asam amino esensial yang terdiri dari isoleusin, leusin, lisin, fenilalanin, metionin, triptofan, tirosin, hingga sistein.

Susu formula SGM ini cocok untuk bayi baru lahir sampai usia 12 bulan. Sebelum menggunakan produk ini, sebaiknya Bunda lakukan konsultasi bersama dokter atau ahli kesehatan anak lainnya.

Namun, Bunda bisa melanjutkan pemberiannya kepada si kecil hingga usianya cukup mencapai 2 tahun. Pertumbuhannya akan melesat dengan baik dan optimal sepanjang waktu.

13.  Nutricia Neocate LCP

Nutricia Neocate LCP

Nutricia Neocate LCP photo via shopee.co.id

Harga: Rp300.000,00

Penggunaan susu formula ini harus didasarkan pada konsultasi bersama dokter maupun tenaga medis anak lainnya. Cocok untuk bayi 0 sampai 12 bulan.

Selain itu, produk ini dikhususkan bagi bayi yang memiliki alergi susu sapi sekaligus kondisi intoleransi protein tertentu.

Neocate memiliki formula hipoalergenik bernutrisi lengkap yang mengandung asam amino esensial bagi kelangsungan kinerja tubuh.

Produk ini baik dipakai oleh bayi yang memiliki alergi susu sapi dan kondisi lain yang membutuhkan formula dengan bahan dasar asam amino.

14.  Enfamil A+ Puramino

Enfamil A+ Puramino

Enfamil A+ Puramino photo via shopee.co.id

Harga: Rp450.000,00

Bagi si kecil yang memiliki alergi maupun kondisi medis tertentu, Bunda bisa jadi disarankan untuk memberikan asupan susu formula yang satu ini.

Susu formula berbasis hipoalergenik ini diperuntukkan bayi baru lahir hingga usia 24 bulan. Cocok untuk alergi susu sapi berat maupun makanan berprotein lainnya.

Diperkaya dengan MCT oil 33% dalam rangka penyerapan nutrisi yang mudah dan sempurna. Kandungan DHA mendukung perkembangan jaringan otak pada bayi.

Protein di dalam setiap porsi susu sudah dipecah menjadi asam amino yang lebih kecil supaya tidak memicu reaksi alergi.

Puramino sendiri sudah mengandung zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi yang optimal sekaligus bisa digunakan sebagai satu-satunya sumber asupan hingga usia 6 bulan.

15.  Karihome Infant Formula

Karihome Infant Formula

Karihome Infant Formula photo via happyfresh.my

Harga: Rp290.000,00

Susu formula ini berbasis susu kambing untuk menjadi solusi asupan nutrisi bagi bayi yang alergi susu sapi.

Karihome menghadirkan susu formula yang efektif untuk bayi usia 6 bulan sampai 3 tahun. Mengandung kebaikan susu kambing yang bergizi dan mampu memenuhi keperluan perkembangan si kecil.

Selain itu, susu formula ini ramah terhadap sistem pencernaan bayi karena mengandung taurine. Diperkaya juga dengan CPP yang bekerja menaikkan penyerapan dan kelarutan nutrisi di dalam tubuh bayi.

Masalah pencernaan pada bayi, seperti sembelit maupun diare cenderung efektif berkurang dan bekerja dengan baik dalam periode emas pertumbuhannya.

 

Beragam merk susu formula yang bagus untuk bayi alergi susu sapi di atas bisa Bunda pertimbangkan penggunaannya sebagai alternatif pengganti susu sapi. Pastikan Bunda sudah berkonsultasi dengan dokter maupun ahli di bidangnya terkait asupan susu formula tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *