16 Merk Susu Formula yang Bagus Untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

5 bulan lalu, by duniabunda

Merk Susu Formula Yang Bagus Untuk Bayi

Setelah bayi lahir, normalnya akan langsung dilakukan proses IMD atau inisiasi menyusui dini. Dalam proses ini bayi yang baru lahir akan di letakkan diatas dada ibu sehingga terjadi proses skin to skin antara bayi dan ibu. Dengan proses ini diharapkan bayi dapat mengenali puting ibu dan belajar menyusu. Namun terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan proses menyusui terhambat diantaranya tongue tie pada bayi dan kondisi kesehatan pada ibu yang menyebabkan ibu harus minum obat tertentu sehingga tidak bisa menyusui. Pada kondisi ini bayi bisa diberikan susu formula sebagai pengganti asi. Pastikan Bunda memilih merk susu formula yang bagus dan aman untuk bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembangnya secara optimal.

Manfaat Asi

Air Susu Ibu atau ASI adalah cairan yang disekresikan melalui payudara ibu berupa makanan alamiah atau susu bernutrisi dan berenergi tinggi dan diproduksi sejak masa kehamilan.

Dilansir dari healthline.com, beberapa manfaat ASI untuk bayi adalah sebagai berikut:

  • Mengandung antibodi penting yang harus dibentuk sejak kecil oleh bayi.
  • Memberikan nutrisi yang ideal untuk bayi dan membantu tumbuh kembangnya.
  • Mengurangi risiko penyakit.
  • Membantu membentuk kecerdasan bayi.

Kapan Bunda Dapat Mengganti ASI Dengan Susu Formula?

ASI merupakan nutrisi esensial utama yang didambakan oleh Bunda supaya bayinya dapat tumbuh secara alami dan sehat.Dikutip dari kidshealth.org, pemberian ASI eksklusif yang optimal diterapkan selama 6 bulan hingga 12 bulan.

Namun, ada beberapa kondisi atau kendala tertentu yang mungkin mengharuskan Bunda memberikan asupan susu formula kepada anak.

Apa sajakah itu?

1. Bayi yang menolak menerima ASI dari payudara

Keadaan ini disebut sebagai bingung puting, di mana bayi Bunda tidak mau menyusu kembali di payudara akibat Bunda telah mengenalkan botol susu bayi secara bersamaan.

Banyak dari Bunda yang mungkin sudah berusaha untuk menyembuhkan bingung puting pada bayi. Namun ketika akses informasi kurang memadai dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar, Bunda akan tetap menyusui si kecil dengan susu formula setiap hari.

2. Bunda berhenti menyusui karena hamil

Beberapa Bunda memiliki kecemasan berlebih apabila harus menyusui ketika hamil. Hal ini disebabkan oleh kontraksi uterus ringan yang muncul ketika harus mengeluarkan ASI untuk bayi.

Dilansir dari americanpregnancy.com, ibu hamil yang tidak memiliki masalah pada kehamilan cenderung diperbolehkan untuk tetap menyusui, kecuali sedang mengalami beberapa kondisi berikut:

  • Kehamilan risiko tinggi dan peluang persalinan prematur.
  • Mengandung bayi kembar.
  • Memiliki pendarahan atau rasa sakit pada uterine.

Mungkin timbul rasa bersalah pada sebagian Bunda yang tidak bisa memberikan nutrisi pada bayinya.Kita tidak perlu menghakimi pilihan terbaik akibat terdampak dari kondisi sebenarnya.

3. Kondisi medis pada bayi

Kondisi yang tidak memungkinkan dan terjadi pada bayi menyebabkan adanya dorongan untuk memberikan susu formula pada bayi. Berikut adalah kondisi medis serius yang harus dihindari untuk mencegah komplikasi pada si kecil:

  • Maple syrup urine disease, bayi harus diberikan asupan susu formula yang tidak mengandung asam amino.
  • Galactosemia, sebuah kondisi di mana bayi membutuhkan susu formula bebas galaktosa.
  • Phenyketonuria, bayi membutuhkan susu formula yang tidak mengandung asam amino phenylanine.

4. Kondisi medis pada Bunda

Sebelumnya Bunda sudah memahami kondisi medis pada bayi yang menghalangi pemberian ASI. Selanjutnya, ada beberapa kondisi ibu yang harus diperhatikan untuk mengganti ASI menuju susu formula, yaitu:

  • Herpes Simplex Virus dengan luka pada payudara
  • HIV
  • Kanker payudara dan sedang dilakukan terapi
  • Tuberkulosis
  • Sifilis pada puting atau payudara
  • Brucellosis

5. Susu formula sebagai tambahan nutrisi untuk bayi

Tidak hanya kondisi medis yang harus dipahami, beberapa bayi mengalami kekurangan nutrisi yang tidak bisa dipenuhi hanya dengan asupan ASI, yaitu:

  • Dehidrasi berat
  • Hipoglikemi atau gula darah rendah
  • Buang air besar tidak normal
  • Bilirubin tinggi, sehingga penyakit kuning diderita lebih lama

15 Merk Susu Formula yang Bagus Untuk Bayi

Setelah mengetahui kondisi khusus yang mengharuskan Bunda menyiapkan susu formula bagi bayi, pilihlah merk susu formula yang bagus untuk bayi . Berikut beberapa pilihan yang bisa Bunda masukkan ke daftar referensi.

1. Morinaga BMT

Merk Susu Formula Morinaga BMT

Merk Susu Formula Morinaga BMT photo via goapotik.com

Merupakan susu formula yang diproduksi khusus untuk memenuhi kebutuhan bayi usia 0-6 bulan. Komposisinya terdiri dari laktosa, maltodekstrin, protein whey, minyak nabati, protein kasein, AA, DHA, lesitin kedelai, probiotik, laktulosa, taurin, nukleolida, karnitin, serta beragam vitamin dan mineral.

Komposisi tersebut akan mendukung perkembangan dan membantu bayi kecil mampu kenyang lebih lama.

Takaran yang dianjurkan oleh Morinaga BMT:

  • Usia 0 bulan 30 ml setiap 2-3 jam
  • Usia 1-2 bulan 30-60 ml setiap 3-4 jam
  • Usia 2-6 bulan 60-90 ml setiap 3-4 jam

Susu formula ini akan bekerja untuk mengurangi alergi dan tidak dianjurkan untuk anak bayi yang memiliki gangguan medis.

Bunda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memberikannya kepada si kecil.

2. SGM LLM+ Presinutri

Merk Susu Formula SGM LLM+ Presinutri

Merk Susu Formula SGM LLM+ Presinutri photo via orami.co.id

Susu formula dari SGM ini merupakan susu bebas laktosa dan diindikasikan untuk bayi berusia 0-12 bulan. Bagi anak Bunda yang intoleran dengan laktosa atau galaktosemia, Bunda bisa mempertimbangkan pemberiannya.

SGM LLM+ Presinutri juga dapat Bunda berikan untuk bayi yang memiliki masalah pencernaan ketika buang air besar atau diare.

Beberapa komposisi yang akan memberikan manfaat besar adalah kalsium, protein, zat besi, isolat protein kedelai, dan asam linoleat yang bekerja untuk pertumbuhan otak serta tubuh si kecil.

Produk ini juga bersifat sebagai tambahan, apabila Bunda memerlukan bimbingan dari dokter, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi.

3. Nutricia Bebelove 1

Merk Susu Formula Nutricia Bebelove 1

Merk Susu Formula Nutricia Bebelove 1 photo via shopee.co.id

Nutricia merupakan sebuah perusahaan yang berpengalaman selama lebih dari 100 tahun dalam Early Life Nutrition. Untuk itulah susu formula Nutricia Bebelove 1 disediakan untuk bayi yang membutuhkan susu formula.

Menyediakan kemasan 400 gram dan 1800 fram, Bunda menyiapkan susu formula ini untuk bayi usia 0-6 bulan. Mengandung probiotik FOS GOS yang akan melancarkan pencernaan si kecil dan Lactoferrin untuk meningkatkan sistem imun.

Dilengkapi dengan kalsium dan zat besi untuk membentuk pertumbuhan tulang serta mencegah terjadinya anemia.

Susu formula ini tidak disertai dengan penambahan gula untuk mencegah terjadinya obesitas, sehingga dapat dikonsumsi dengan aman.

4. Nutricia Neocate LCP

Merk Susu Formula Nutricia Neocate LCP

Merk Susu Formula Nutricia Neocate LCP photo via shopee.co.id

Susu formula keluaran Nutricia berikutnya termasuk dalam merk susu formula yang bagus untuk bayi berusia 0-12 bulan. Produk ini dapat diberikan untuk memenuhi rangkaian formula hipoalergenik yang mengandung 100% asam amino.

Tanpa kandungan susu sapi, Nutricia Neocate aman diberikan kepada bayi yang memiliki alergi susu sapi atau intoleransi protein. Kebutuhan nutrisi akan dipenuhi oleh komposisi lengkap yang menyeluruh dan memengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Bunda harus menyesuaikannya dengan kondisi si kecil dan takaran yang sudah dianjurkan oleh dokter, ahli laktasi, atau tenaga kesehatan lainnya.

5. Abbott Similac Advance 2

Merk Susu Formula Abbott Similac Advance 2

Merk Susu Formula Abbott Similac Advance 2 photo via klikindomaret.com

Menjadi salah satu susu formula yang cocok untuk bayi berusia 6-12 bulan untuk menggantikan ASI Bunda pada kondisi tertentu.

Susu ini diperkaya dengan kandungan AA dan ALA, kalsium, zat besi, vitamin, dan mineral yang dikombinasikan untuk memberikan nutrisi lebih banyak kepada si kecil.AHA dan DHA pada komposisinya akan mendukung perkembangan otak bayi menuju 1000 hari pertama.

Susu formula ini juga tidak akan membuat mual. Bunda bisa menyajikannya sesuai takaran yang dianjurkan.Bunda dapat memberikannya dengan 2 sendok yang dilarutkan dalam 120 ml air.

6. Nestle NAN pH Pro

Merk Susu Formula Nestle NAN pH Pro

Merk Susu Formula Nestle NAN pH Pro photo via klikindomaret.com

Dalam konsumsi yang diberikan untuk bayi, susu formula ini mengeluarkan 2 varian, yaitu Nestle NAN pH Pro 1 untuk bayi 0-6 bulan dan Nestle NAN pH Pro 2 untuk bayi usia 6-12 bulan.

Asupan nutrisi yang penting dari susu ini akan membantu fungsi pencernaan dan perkembangan otak, mengurangi alergi, serta menunjang pertumbuhan tulang.

Formula tersebut ada dalam komposisi OPTIPRO HA Protein Allergenic, Bifidobacterium lactis, dan DHA pada susu formula ini.

Namun, perlu diingat untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk si kecil yang berusia di bawah 6 bulan.

7. Enfamil A+

Merk Susu Formula Enfamil A+

Merk Susu Formula Enfamil A+ photo via eamart.com

Susu formula ini menyediakan pilihan Tahap 1 untuk bayi usia 0-6 bulan dan Tahap 2 untuk usia 6-12 bulan. Makanan pendamping ini tentu bisa diberikan atas saran dokter.

Enfamil A+ dilengkapi dengan Kolin, vitamin C sebagai sumber antioksidan yang bekerja sama dengan vitamin E, Probiotik GOS untuk meningkatkan kinerja pencernaan, serta kombinasi protein, lemak, dan karbohidrat untuk membentuk energi pada tubuh si kecil.

Dengan memberikan produk ini, perkembangan otak dan penglihatan si kecil akan bekerja maksimal akibat kandungan DHA dan ARA. Sistem kekebalan tubuh akan terbentuk sempurna dalam menghadapi bakteri dan virus di sekitar.

8. Wyeth S26 Promil Gold

Merk Susu Formula Wyeth S26 Promil Gold

Merk Susu Formula Wyeth S26 Promil Gold photo via shopee.co.id

Mengandung MultiExcel yang bekerja untuk perkembangan otak, S26 Promil Gold diindikasikan untuk si kecil yang berusia 0-12 bulan. Perbedaan usia dapat dilihat dari Tahap 1 untuk bayi 0-6 bulan dan Tahap 2 untuk bayi 6-12 bulan.

Diperkaya dengan nutrisi esensial untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan si kecil, yaitu zat besi, iodium, zinc, asam linoleat, asam folat, serta ragam vitamin dan mineral penting yang mendukung pertumbuhan bayi yang baru lahir.

S26 Promil Gold tersedia dalam kemasan kaleng berukuran 400 gram yang efektif untuk pemberian kepada bayi kecil Bunda.

9. Nutribaby Royal 1

Merk Susu Formula Nutribaby Royal 1

Merk Susu Formula Nutribaby Royal 1 photo via shopee.co.id

Merupakan susu formula untuk konsumsi bayi umur 0-6 bulan. Gizi yang terkandung di dalamnya terdiri dari Omega 3 dan 6, AA dan DHA, laktosa, prebiotik, zat besi, asam linoleat untuk perkembangan otak, serta 18 bentuk vitamin dan mineral.

Dengan rasa yang enak, bayi Bunda tentu tidak akan rewel dan mampu menghabiskan susu formula dengan lahap sebagai asupannya.

Formula ActiDuoBio akan menjaga pertahan tubuhnya terbentuk secara optimal dalam menghadapi serangan patogen selama masa pertumbuhan.

10. Arla Baby and Me Organic

Merk Susu Formula Arla Baby and Me Organic

Merk Susu Formula Arla Baby and Me Organic photo via shopee.co.id

Arla Baby and Me Organic merupakan merk susu formula yang bagus untuk bayi baru lahir berusia 0-6 bulan. Tidak hanya itu, susu formula ini juga diproduksi dengan tahapan yang organik.

Mengandung Omega 3 dan 6 organik, FOS GOS, serta 15 vitamin dan 12 mineral yang berperan penting dalam memberikan asupan tambahan bagi si kecil.

Produk ini sudah terjamin kualitasnya melalui sertifikasi organik dari Indonesia dan Eropa, dilengkapi dengan sertifikasi Halal dari MUI. Menjadikannya aman ketika dikonsumsi oleh bayi dengan usia yang sesuai dengan anjuran kemasan.

11. Friso Frisolac Gold 1

Merk Susu Formula Friso Frisolac Gold 1

Merk Susu Formula Friso Frisolac Gold 1 photo via klikindomaret.com

Dengan konsumsi pada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, susu formula ini memerlukan konsultasi dan saran dari dokter terlebih dahulu.

Beberapa kandungan nutrisi pada Frisolac Gold 1, yaitu protein yang mudah dicerna, probiotik yang berperan dalam daya tahan tubuh serta pencernaan, nukleotida, kolin, dan vitamin B yang menunjang perkembangan otak.

Makronutrisi penyusun susu formula ini akan memenuhi kebutuhan bayi baru lahir supaya bisa beradaptasi dengan asupan pengganti ASI pada kondisi tertentu.

12. Lactogen 1 Gold

Merk Susu Formula Lactogen 1 Gold

Merk Susu Formula Lactogen 1 Gold photo via babypapaya.id

Susu formula untuk si kecil yang berusia 0-6 bulan ini mengandung 12 vitamin dan 11 mineral sekaligus karbohidrat, protein, dan lemak yang memenuhi kebutuhan asupan harian pengganti ASI.

Prebiotik FOS GOS akan mendukung pembentukan sistem pencernaan yang optimal. Zat besi yang terkandung pada Lactogen 1 Gold mencegah terjadinya anemia defisiensi besi.

Nutrisi LA dan ALA sebagai sumber asam lemak esensial untuk pembentukan DHA yang bekerja untuk perkembangan otak. Bunda bisa membantu tumbuh kembang si kecil yang harus diberikan susu formula secara optimal sejak ia lahir.

13. Nutramigen LGG

Merk Susu Formula Nutramigen LGG

Merk Susu Formula Nutramigen LGG photo via susumurahonline.com

Susu ini diperkaya dengan protein hidrolisa ekstensif berupa molekul berukuran kecil untuk mengecilkan peluang terjadinya alergi.

Mengandung formula hipoalergenik untuk mencegah bayi yang tidak dapat menerima protein susu sapi atau kedelai, Nutramigen LGG juga tidak mengandung laktosa.

Gizi lain yang akan diperoleh bayi baru lahir dengan asupan susu formula ini adalah lemak, karbohidrat, LA dan ALA, ARA dan DHA, serta mineral. Tentu akan semakin melengkapi kebutuhan harian bayi kecil Bunda, bukan?

14. Similac Neosure HMF

Merk Susu Formula Similac Neosure HMF

Merk Susu Formula Similac Neosure HMF photo via spekharga.cokoladaforum.com

Susu formula ini merupakan pendamping khusus serta pembantu tumbuh kejar bersama ASI bagi Bayi Sangat Prematur dan Berat Badan Lahir Sangat Rendah.

Diperkaya dengan kandungan asam lemak esensial DHA, lutein, dan vitamin E, si kecil akan mampu berkembang dengan baik oleh asupan ekstra yang mendukungnya untuk terus bertumbuh.

Pemenuhan kebutuhan tulang akan dirasakan oleh bayi Bunda karena kandungan kalsium dan fosfor yang membantu komposisi Similac Neosure HMF secara maksimal.

Susu formula yang satu ini memberikan kemasan sachet yang praktis dan sudah sesuai takaran.Bunda cukup mengikuti instruksi pembuatan tanpa harus mengira-ngira takaran yang tidak menentu.

15. Frisian Flag Awal Tahap 1

Merk Susu Formula Frisian Flag Awal Tahap 1

Merk Susu Formula Frisian Flag Awal Tahap 1 photo via orami.co.id

Satu lagi susu formula yang diberikan kepada bayi baru lahir berumur 0-6 bulan, yaitu Frisian Flag Awal Tahap 1. Menariknya, susu formula ini tidak ditambahkan gula pasir, sehingga aman untuk mempertahankan berat badan bayi yang ideal.

ALA dan LA berperan sebagai asam lemak esensial, kolin membentuk bagian dari sel membran, prebiotik membantu melancarkan saluran pencernaan, serta zat besi akan mengatasi pencegahan anemia.

Frisian Flad telah memiliki pengalaman selama lebih dari 95 tahun untuk menyediakan kebutuhan susu dan asupan nutrisi penting bagi perkembangan bayi hingga anak-anak.

16. SGM Ananda

Merk Susu Formula SGM Ananda

Merk Susu Formula SGM Ananda photo via tokominggu.com

SGM Ananda mengandung komposisi lengkap yaitu asam amino esensial sebagai komponen penyusun protein.

Selain kandungan protein yang lengkap terdapat juga kandungan lainnya yaitu zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah. Dan dilengkapi  komposisi prebiotik FOS insulin untuk menjaga kesehatan saluran cerna bayi.

Terkandung juga kolin yang baik untuk pembentukan membran sel.

Komposisi tambahan lainnya adalah inulin, maltodekstrin, mineral dan kandungan DHA dalam susu mengandung antioksidan natrium askorbat dan tokoferol.

Harga susu ini pun relatif terjangkau dan dapat digunakan untuk bayi berusia 0 sampai 6 bulan.

 

ASI adalah asupan utama yang harus didahulukan dan sangat ditekankan sebelum Bunda memutuskan untuk memberi konsumsi susu formula kepada si kecil yang baru saja lahir. Susu formula adalah lini kedua yang boleh memenuhi kebutuhan asupan dan nutrisi ketika terjadi sebuah keadaan khusus pada Bunda atau bayi.

Pilihlah merk susu formula yang bagus untuk bayi upaya kebutuhan dasar bayi yang krusial mampu bekerja dengan optimal dan maksimal untuk tumbuh kembang anak yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *