13 Rekomendasi Merk Susu Formula Yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak Anak

2 bulan lalu, by duniabunda

merk susu yang bagus untuk kecerdasan otak anak

Sejak kecil, anak-anak diberikan berbagai asupan yang kaya akan nutrisi seimbang. Setelah memberikan nutrisi untuk anak dalam bentuk ASI, Bunda pasti memberikan tambahan berupa susu formula yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otak dalam masa tumbuh kembang anak. Apa saja merk susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak?

Sebelum memilih susu yang cocok untuk buah hati, Bunda harus memperhatikan usia dan kandungan yang ada di dalam susu tersebut.

Nah, Bunda dapat membantu mempersiapkan kebutuhan tersebut dengan mulai mengetahui berbagai nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan si kecil.

Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak

Kami akan memberikan beberapa tips tambahan untuk Bunda dalam memilih merk susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak. Yuk, dilihat, Bun!

1.Ingat kembali usia anak Bunda, sudah sesuai anjuran?

Apakah Bunda suka memperhatikan anjuran umur pada beberapa merk susu formula? Ya, beberapa menyediakan susu formula dengan rentang umur yang berbeda.

Ada merk yang menghadirkan susu formula untuk anak usia 1-10 tahun, 1-3 tahun, atau 3-5 tahun. Mungkin Bunda pernah menemukan rentang umur yang berbeda.

Nah, kami menyarankan Bunda untuk mengikuti aturan minum tersebut karena dapat dipastikan bahwa merk sudah memberikan takaran yang pas untuk masing-masing tahapan umur.

Formulasinya sudah disesuaikan dengan tumbuh kembang anak pada usia tertentu.

2.Kenali jenis susu formula di luar sana

Susu formula yang rendah gula akan lebih baik untuk dikonsumsi anak, Bun. Nah, untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah beberapa jenis susu formula yang dijual bebas di pasaran

  • Susu formula dengan bahan susu sapi untuk Bunda yang menginginkan anak cepat gemuk
  • Susu formula kedelai untuk anak Bunda yang intoleransi laktosa
  • Susu formula rendah laktosa atau bebas laktosa dengan sedikit atau tanpa gula sama sekali. Jenis ini biasanya menggunakan sirup jagung sebagai pengganti laktosa dan diperuntukkan anak dengan intoleransi laktosa

Setelah mengetahui jenis-jenis susu formula tersebut, jangan sampai Bunda kelupaan untuk menyesuaikannya dengan kondisi si kecil, ya.

Namun, menurut babycentre.co.uk, Bunda disarankan untuk sebisa mungkin menghindari susu formula kedelai untuk anak karena penggunaannya harus melalui pengawasan dokter terlebih dahulu.

3.Perhatikan komposisi, cek kandungan nutrisi

Setelah menimbang-nimbang dua tips di atas, kini saatnya bagi Bunda untuk meneliti kandungan nutrisi pada susu formula.

Biasanya, Bunda akan memilih susu formula untuk perkembangan otak sebagai sarana pendukung golden years yang krusial.

Setelah ini, kami akan membagikan apa saja jenis nutrisi yang penting untuk fungsi kognitif anak.

Nutrisi yang Bagus Untuk Perkembangan Otak Anak

Apa saja kandungan yang harus diperhatikan dan penting untuk pembentukan optimal otak? Kita simak di bawah ini, ya Bun!

1.AA (Arachidonic Acid)

AA merupakan salah satu asam lemak yang terdapat di dalam otak. Senyawa ini berperan penting dalam menginisiasi perkembangan otak anak pada critical period.

Selain itu, AA bekerja untuk pertumbuhan sistem saraf pusat, yaitu sebagai neurotransmitter. Asupan AA tentu akan membantu anak menjadi lebih aktif dan tanggap.

Disamping mendukung perkembangan otak, AA beperan aktif dalam sistem penglihatan pada retina dan pembentukan imun, lho, Bun. Sumber nutrisi ini dapat Bunda peroleh dari salmon, tuna, daging, telur, hingga susu.

2.DHA (Docosahexaenoic Acid)

DHA adalah asam lemak esensial yang berguna untuk perkembangan otak sejak janin hingga anak-anak. Senyawa ini mempengaruhi kesehatan jantung dan sebagai sumber anti inflamasi.

Dilansir dari verywellmind.com, DHA mendukung pembentukan otak anak melalui kemampuan problem-solving yang lebih baik. Hal ini sangat berkaitan dengan kemampuan belajar dan berpikir kritis.

Dengan pemenuhan DHA, Bunda akan melihat tumbuh kembang anak semakin positif dalam tingkah laku dan kemampuan kognitifnya berangsur semakin kompleks.

3.Omega 3 (Asam Alfa Linoleat)

Omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh pembentuk DHA. Fungsinya adalah membantu perkembangan otak dalam hal kekuatan memori, mental, dan kemampuan belajar.

Selain itu, Omega 3 mampu menjaga hormon dopamin dan serotonin yang bekerja menangkal penyakit pada sistem saraf, seperti Alzheimer dan Demensia.

Dikutip dari parents.com, Omega 3 membantu perkembangan otak dan penglihatan sejak fetus hingga usia 7 tahun.

Senyawa ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, Bun. Artinya, pemberian susu yang mengandung Omega 3 sangat penting untuk menyokong kinerja otak sang anak.

4.Omega 6 (Asam Linoleat)

Bagaimana ya Bun kerja Omega 6 pada perkembangan otak? Jawabannya adalah dengan meningkatan fungsi kerja fokus dan konsentrasi.

Menurut penelitian, konsumsi Omega 6 mampu meningkatkan minat baca anak. Hal ini akan mempengaruhi prestasi akademik sang anak karena kemampuannya yang tinggi dalam mempelajari sesuatu.

Susu yang mengandung nutrisi Omega 6 akan mengakselerasi fungsi otak dan kecerdasan anak Bunda di masa pertumbuhan.

5.Kolin

Menurut penelitian, Kolin merupakan senyawa yang mendukung pertumbuhan kecerdasan. Produksi Kolin penting untuk pembentukan membran sel otak.

Asupan Kolin ampuh meningkatkan fungsi kognitif, mengatur penyimpanan memori verbal, visual, dan memberdayakan fungsi logika.

Tubuh menghasilkan Kolin dalam jumlah yang sangat sedikit. Bunda dapat memberikan sumber nutrisi Kolin kepada buah hati melalui daging, susu, telur, tahu, dan almond.

6.Zat Besi

Zat besi memiliki peran dalam pembentukan serabut saraf mielin yang menyempurnakan kinerja otak. Selain itu, zat besi juga aktif mengatur aktivitas rangsangan saraf.

Apabila anak Bunda kurang mendapatkan asupan zat besi, disarankan untuk membiasakannya mulai sekarang. Mengapa begitu? Kekurangan zat besi bisa menimbulkan hiperaktif, Bun. Jangan sampai si kecil kekurangan zat besi, ya.

Rekomendasi Merk Susu Formula Yang Bagus Untuk Kecerdasan Otak Anak

Setelah mengetahui dan memahami manfaat nutrisi untuk perkembangan kognitif, ada baiknya Bunda mampu menyeleksi produk susu yang tepat untuk perkembangan otak anak.
Berikut beberapa rekomendasi untuk Bunda

1.S-26 Procal Gold

S-26 Procal Gold

S-26 Procal Gold merupakan susu dengan formula Multiexcel Alfa-Lipids System yang membantu meningkatkan kemampuan belajar dan daya tahan tubuh.
Produk ini mengandung nutrisi baik yang akan menstimulasi kerja otak secara progresif, yaitu

  • DHA 24 mg per sajian untuk memenuhi kebutuhan harian
  • Omega 3 dan Omega 6 yang bekerja membentuk AA DHA serta membran sel otak
  • Kolin dan zat besi untuk mendorong fungsi daya ingat

Susu ini cocok untuk Bunda yang ingin memaksimalkan golden years dan pertumbuhan anak di usia 1-3 tahun.

S-26 Procal Gold menyediakan varian rasa vanila yang lezat seperti cake dan disukai oleh anak-anak.

2.Nutrilon Royal 3 Actiduobio+

Nutrilon Royal 3 Actiduobio+

Nutrilon Royal 3 Actiduobio+

Nutrilon Royal 3 Actiduobio+ telah dilengkapi dengan kombinasi Actiduobio+ untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan berpikir secara optimal.

Untuk mendukung kemampuan berpikir, Nutrilon Royal menghadirkan formulasi Omega 3, Omega 6, DHA, zat besi, dan FOS:GOS yang melancarkan pencernaan. Vitamin C dan vitamin E juga membantu meningkatkan daya tahan si kecil.

Susu formula ini diperuntukkan bagi anak Bunda yang berusia 1-3 tahun dan menyukai rasa vanilla atau madu.

3.Pediasure Complete Triplesure

Pediasure complete Triplesure

Pediasure complete Triplesure

Pediasure Complete Triplesure dapat dikonsumsi untuk anak umur 1-10 tahun. Susu ini cocok untuk buah hati Bunda yang mengalami masalah dengan pola makan. Kalau anak rewel tidak mau makan, Bunda jadi tidak perlu khawatir lagi, deh.

Pediasure menghadirkan komposisi Omega 3, Omega 6, AA DHA, dan Kolin untuk membantu tumbuh kembang otak anak.

Bunda juga tidak perlu bingung, produk ini memiliki varian rasa vanila yang cocok untuk anak dengan intoleransi laktosa, sehingga kebutuhan susu formula pasti akan terpenuhi.

4.Morinaga Chill School Soya Moricare+Prodiges

Morinaga Chill School Soya Moricare+Prodiges

Morinaga Chill School Soya Moricare+Prodiges

Morinaga Chill School Soya Moricare+Prodiges menyimpan formula pertumbuhan dengan isolat protein serta kombinasi gizi makro, karbohidrat, protein, dan lemak. Mikro vitamin dan mineralnya dapat memenuhi kebutuhan pertumbuhan anak.

Susu ini juga bisa Bunda berikan bagi anak yang mengalami intoleransi laktosa dan protein susu, serta galaktosemia.

Morinaga Chill School Soya Moricare+Prodiges ini mengandung Bifidobacterium Longum BB536 dan Bifidobacterium Breve M16V yang aman untuk pencernaan anak usia 3-12 tahun.

5.SGM Eksplor 3+ Complinutri

SGM Eksplor 3+Complinutri

SGM Eksplor 3+Complinutri

SGM Eksplor 3+ menghadirkan formula Complinutri untuk melengkapi nutrisi lengkap di masa sekolah yang terdiri dari Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan Inulin, Zinc, Vitamin C, dan lainnya.

Kandungan gizi pada SGM Eksplor 3+ Complinutri bagus untuk perkembangan anak dan meningkatkan kemampuan kognitif pada anak.

Bunda dapat memberikan produk ini untuk anak di usianya 3-5 tahun. Menyediakan rasa coklat, madu, dan vanila favorit anak-anak dan sangat cocok mendukung kemampuan belajarnya di usia sekolah.

6.Nutren Junior

nutren junior

nutren junior

Nutren Junior memiliki 50% protein whey yang diperkaya sistein dan antioksidan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Omega 3 dan 6 serta AA dan DHA mampu mendukung perkembangan otak serta fungsi penglihatan anak Bunda.

Nutren ini juga mengandung probiotik bifidobacterium longum dan lactobacillus paracasei, lho Bun. Mereka berfungsi untuk menyeimbangkan biota di usus dan probiotik serat pangan yang mampu menjaga kesehatan saluran cerna.

Produk ini sangat cocok untuk anak Bunda yang berisiko malnutrisi akibat gangguan pola makan dan pencernaan, serta mempercepat masa penyembuhan saat sedang sakit.

7.Dancow 3+ Excel Nutri

Dancow 3+ Excel Nutri

Dancow 3+ Excel Nutri

Dancow 3+ Excel Nutri menghadirkan minyak ikan serta Omega 3 dan Omega 6 untuk mendukung kemampuan otak sehingga anak mudah fokus dan mampu menangkap berbagai informasi baru. Hal ini akan mendukung proses belajarnya dalam berpikir kritis, Bun.

Susu ini juga kaya protein, mineral, dan kalsium untuk pertumbuhan badan buah hati agar semakin tinggi serta menciptakan imunitas yang kuat. Dancow 3+ Excel Nutri menyediakan varian madu yang akan menjaga kesehatan pencernaan.

8.Frisian Flag Karya Suprima

Frisian Flag Karya Suprima

Frisian Flag Karya Suprima

Frisian Flag Karya Suprima dapat diberikan untuk anak dengan usia 4-6 tahun. Susu ini mengandung isomaltulosa sebagai zat khusus energi untuk otak.

Selain itu, produk ini termasuk tinggi makronutrien, zat besi, yodium, serat pangan inulin, serta multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan pencernaan.

Bunda dapat memilih varian madu, vanilla, dan coklat yang lezat untuk anak.

9. Susu vidoran Xmart 1+

 vidoran Xmart 1+

vidoran Xmart 1+

Tersedia dalam 3 varian rasa yaitu vanilla, coklat dan madu.

Susu Vidoran Xmart 1+ adalah susu pertumbuhan yang kaya akan kandungan minyak hati ikan kod dan nutrisi pelengkap lain seperti inulin dan asam linoleat yang penting untk mendukung pertumbuhan anak.

Minyak hati ikan kod kaya akan nutrisi omega 3, vitamin A dan Vitamin D yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan memaksimalkan perkembangan jaringan otaknya.

Asam linoleat berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak.
Selain itu Inulin adalah kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anak.

10. Enfagrow A+ Gentle Care

Enfagrow A+ Gentle Care

Enfagrow A+ Gentle Care

Enfagrow A+ Gentle Care adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun.

Susu ini dirancang khusus bagi balita yang memiliki masalah pencernaan. Dengan kandungan proteinnya yang memiliki tekstur lebih halus dan susu formula lain, sehingga lebih mudah dicerna oleh anak. Jadi jika si kecil memiliki riwayat masalah pencernaan bunda bisa mencoba berikan susu ini.

Adapun nutrisi yang terkandung didalam susu ini adalah DHA, Asam Folat, Kalsium untuk pembentukan tulang, protein untuk pembentukan jaringan tubuh, Vitamin C, Zat besi, Vitamin A, B6 dand B12 yang berperan dalam menjaga imunitas, sistem metabolisme dan pembentukan sel darah merah

11. BEBELAC 3

bebelac 3

bebelac 3

Bebelac 3 adalah susu formula khusus untuk anak usia 1-3 tahun. Produk susu formula ini terbilang kaya nutrisi sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Selain kandungan minyak ikan, Bebelac 3 kaya akan kandungan 12 jenis vitamin dan 9 jenis mineral.
Tambahan nutrisi lainnya yang dikandung dalam susu ini adalah Prebiotik FOS dan GOS yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan si kecil.

Kelebihan dari susu ini adalah cita rasanya yang nikmat sehingga disukai oleh anak anak.

12. Anmum Essential

Anmum Essential

Anmum Essential

Anmun Essential mengandung formula nuelipid yang sangat penting untuk sistem ganglion sebagai penghantar saraf pada otak.

Pada bagian komposisi, Bunda akan menemukan GA, DHA, zat besi, dan kalsium yang bekerja aktif untuk daya tahan tubuh dan kinerja kognitif anak.

Oh iya, Bun, Anmum Essential ini adalah satu-satunya produk susu formula yang tidak mengandung gula tambahan. Sehingga, akan mengurangi risiko diabetes, obesitas, dan karies gigi pada anak.

13. Lactogen 3 Probiotics

Lactogen 3 Probiotics

Lactogen 3 Probiotics

Lactogen 3 Probiotics dapat dikonsumsi untuk anak umur 1-3 tahun. Susu ini diformulasikan dengan nutrisi yang baik untuk gizi anak.

Mengandung zat-zat pembangun sel otak, yaitu AHA, DHA, Omega 3, dan Omega 6. Susu ini akan menemani anak Bunda bertumbuh secara optimal.

Selain itu, terkandung beberapa senyawa yang membantu reaksi pembentukan energy dan jaringan, yaitu Tiamin, Riboflavin, dan Niasi. Probiotik pada susu formula keluaran Nestle ini mampu menjaga pencernaan anak. Bun.

Itu dia beberapa rekomendasi merk susu formula yang bagus untuk kecerdasan otak anak yang dapat Bunda pertimbangkan. Pastikan anak menyukai pilihan rasanya supaya tidak menghindari kebiasaan minum susu.

Sesuaikan juga dengan kebutuhan anak untuk memaksimalkan potensi kognitif mereka, ya Bun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *