19 Ide Permainan Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah

6 bulan lalu, by duniabunda

permainan bersama anak di rumah

Bunda kehabisan ide permainan seru yang bisa dilakukan bersama anak? Yuk simak ulasan dari Dunia Bunda berikut ini…

Virus Corona telah meresahkan masyarakat, tidak terkecuali Bunda dan keluarga. Situasi dan kondisi saat ini menuntut Bunda untuk bekerja dari rumah.

Setelah lebih dari dua bulan beraktivitas di rumah, tentu anak Bunda mudah merasa bosan karena tidak bisa bertemu dan bermain bersama teman-temannya.

Mereka hanya bisa belajar dan bermain secara mandiri dengan ditemani Ayah dan Bunda.

Di sini peran Bunda sangat besar untuk menyiasati kegiatan apa yang disukai anak dan membuatnya tidak bosan selama di rumah.

Kegiatan quarantine dapat diisi dengan tidak melulu bermain gadget atau sekadar menonton TV. Melakukan beberapa permainan yang seru bisa jadi salah satunya.

Bunda bisa memikirkan beberapa permainan seru dan menarik yang mudah dilakukan bersama anak.

Manfaat Bermain Bersama Anak

Permainan yang menyenangkan akan menghilangkan rasa bosan anak saat merasa suntuk dengan kegiatan yang itu-itu saja. Mereka akan menjadi lebih produktif dalam satu hari.

Dilansir dari pro.psychcentral.com, bermain bersama anak akan membantu mengasah kemampuan kognitif, fisik, sosial, dan emosionalnya dengan baik.

Bunda akan menemukan banyak jenis permainan yang memutar otak maupun penuh gerak.

Selain itu, Bunda akan kembali mempunyai waktu untuk dihabiskan bersama anak yang sebelumnya mungkin tertunda oleh pekerjaan.

Kegiatan permainan seru yang dilakukan bersama anak tentu akan meningkatkan bonding atau ikatan dengan mereka. Bunda jadi lebih memahami dan mengerti kemampuan mereka serta apa yang mereka inginkan.

Bunda dan si kecil akan menghabiskan waktu dengan hal-hal yang menyenangkan.

Memilih Permainan yang Cocok Untuk Dilakukan

Bunda dapat memilih permainan yang mampu menyesuaikan tipe anak.Ada yang menyukai permainan tenang, ada pula yang menyukai permainan aktif.

Pastikan mereka suka dan tertarik untuk menghabiskan beberapa waktu untuk melakukannya bersama Ayah atau Bunda.

Beberapa mungkin menyukai permainan edukatif dan membuatnya tidak beranjak selama beberapa jam.Bunda sesuaikan dengan minat dari si kecil agar dapat berlangsung dengan maksimal.

Dikutip dari momjunction.com, skill alami dan kreativitas pada anak akan mudah berkembang setelah melakukan berbagai aktivitas permainan.

Permainan Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Di Rumah

Berikut beberapa permainan yang bisa Bunda sediakan untuk anak-anak untuk mengatasi rasa bosan saat harus melakukan kegiatan di rumah

1. Permainan Puzzle

Bermain puzzle termasuk cukup sulit dan menantang untuk orang dewasa, namun tidak ada salahnya apabila anak-anak mencoba permainan tersebut selama di rumah.

Permainan ini juga tersedia dalam berbagai bentuk.Tidak hanya karton hingga balok, Bunda dapat menemukannya dalam bentuk buku yang interaktif dan menarik.

Cara bermain puzzle juga dapat dimodifikasi sedemikian rupa agar anak Bunda tidak cepat bosan dan meninggalkan puzzle yang belum diselesaikan.

Bunda dapat membentuk permainan menjadi beberapa level.Apabila si kecil mampu melewati level tersebut, Bunda dapat memberinya penghargaan supaya termotivasi untuk menyelesaikan puzzle di level berikutnya.

Tentu Bunda dapat membaginya dari yang paling mudah ke yang paling susah.

2. Berburu Harta Karun

Kalau rumah Bunda dirasa memungkinkan untuk menjalankan permainan satu ini, cobalah menyiapkan permainan berburu harta karun bersama anak.

Bunda siapkan beberapa klu atau petunjuk rahasia yang mengarahkannya ke beberapa ruangan di dalam rumah.

Supaya lebih seru, Bunda dapat meminta si kecil untuk menggunakan kostum superhero atau tokoh kartun kesukaannya.

Tentukan siapa yang akan menjadi tokoh antagonis atau protagonis dengan alur cerita tertentu, sehingga anak akan penasaran dan ingin menyelesaikan teka-teki yang mereka dapatkan untuk menuju tempat tersimpannya harta karun.

Bunda dapat menyelipkan harta karun tersebut dengan hadiah yang menarik dan disukai oleh anak Bunda, seperti mainan, snacks, atau buku cerita baru untuk menambah koleksinya.

Berburu Harta Karun merupakan salah satu permainan yang akan meningkatkan daya konsentrasi dan observasi si kecil ketika menganalisis sesuatu.

3. Memancing Ikan

Memancing ikan? Bukan ikan sungguhan kok, Bun.Bunda dapat menggunakan alternatif ikan mainan yang sudah ditempeli magnet.

Kemudian, ikan-ikan itu dimasukkan ke dalam bak mandi atau bathtub yang berisi air.Siapkan alat pancing mainan untuk bermain bersama anak.

Kalau tidak punya alat pancing mainan, Bunda bisa membuatnya sendiri dengan kain yang dikaitkan pada tongkat atau lidi.Tambahkan magnet pada tali.

Barulah Bunda dan si kecil bisa memancing sebanyak-banyaknya.

Namun, kalau Bunda ingin set lengkap untuk memudahkan permainan, kini sudah banyak toko online yang menjual alat dan bahan permainan memancing lengkap dengan kolamnya.

4. Mencoba Permainan Tradisional

Permainan tradisional sarat akan nilai kebangsaan dan gotong royong. Sejak kecil Bunda bisa mengajarkan nilai-nilai tersebut melalui aktivitas permainan yang seru untuk mereka.

Bunda dapat mengajarkan anak untuk bermain permainan tradisional.Banyak permainan jadul yang bisa dicoba dan dimainkan bersama-sama.

Selain menyenangkan, tentu aktivitas ini akan mengedukasi anak Bunda untuk melestarikan kebudayaan Indonesia lewat permainan.

Beberapa permainan tradisional yang bisa Bunda berikan kepada anak adalah

  • Dakon atau congklak

Permainan ini menggunakan batuan atau biji kecil yang diputar pada sebuah papan khusus yang sudah berlubang.

  • Lompat tali

Bunda dapat menggunakan alternatif karet yang dironce sebagai alat permainan lompat tali. Permainan ini akan melatih konsentrasi dan ketangkasan si kecil ketika melewati rintangan.

  • Bola bekel

Bola bekel biasanya dimainkan oleh anak perempuan.Bunda dapat menyediakan alat-alat permainan lawas ini untuk melatih ketangkasan dan motorik.

Cara bermainnya adalah dengan melemparkan bola sambil membalik beberapa kecik sesuai tingkatan dan urutannya.

  • Engkle

Bunda bisa memanfaatkan lantai atau taman untuk bermain engkle dengan meletakkan alas yang sudah diberi angka, kemudian melompat-lompat di atas angka sambil menyanyikan sebuah lagu.

Permainan tradisional tersebut dapat Bunda kombinasikan supaya anak tidak mudah bosan.

5. Bermain Adonan

Buat adonan kue dari tepung yang telah ditetesi pewarna.Adonan yang sudah berwarna kini dapat dibentuk sesuai keinginan si kecil.

Bunda dapat membuat adonan dengan beberapa warna yang menarik, seperti merah, hijau, biru, dan kuning.

Biarkan anak Bunda bersenang-senang membentuk adonan menjadi tokoh kartun atau makanan mini favoritnya.

6. Membangun Benteng

Ajak anak Bunda untuk membuat bentengnya sendiri dan buatlah sebuah cerita seru untuk memanfaatkan benteng buatannya.

Benteng dapat dibuat dari barang-barang yang sudah ada di rumah, seperti sprei, kasur, mainan, sofa, dan lain-lain.

Bantu si kecil untuk mengasah kreativitasnya dalam membuat sebuah benteng yang mampu melindunginya ketika bermain perang-perangan atau menyembunyikannya ketika bermain petualangan.

7. Sentuh dan Tebaklah

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk Sentuh dan Tebaklah hanya kotak sepatu dan objek yang dapat dimasukkan ke dalam kotak sepatu.

Sediakan beberapa kotak sepatu dan gunting bagian atas berbentuk lingkaran.Pastikan tangan si kecil bisa masuk ke kotak melalui celah lingkaran tersebut.

Kemudian, masukkan beberapa objek yang berbeda ke dalam masing-masing kotak.

Bantu mereka memasukkan tangan ke dalam kotak dan mintalah untuk menebak benda apa yang sudah disentuh olehnya.

Bunda dapat memodifikasi permainan ini dengan menutup mata dan memasukkan guntingan kertas atau rumbai-rumbai buatan agar lebih menarik dan objek di dalam kotak tidak mudah terlihat.

8. Bermain Board Game

Board game adalah permainan yang didesain untuk dimainkan dengan dua orang atau lebih. Permainan ini menggunakan berbagai alat yang sudah disediakan dan digunakan dengan cara tertentu.

Board game sendiri memiliki banyak jenis permainan, beberapa mudah ditemukan dan diajarkan kepada anak Bunda sebagai salah satu ide permainan seru yang dilakukan bersama anak.

  • Monopoli

Monopoli merupakan permainan miniatur ekonomi menggunakan uang mainan. Bunda dan si kecil akan menggerakkan pion di atas papan permainan dengan beberapa pilihan untuk membeli properti dan mengembangkannya.

Pemenangnya adalah siapa yang paling akhir memiliki seluruh kekayaan properti monopoli atau yang mengumpulkan uang paling banyak.

  • Ular tangga

Ular tangga adalah permainan pion dengan mengincar tangga dan menghindari ular melalui kocokan dadu dari angka yang muncul.

Pemenang dari ular tangga ditentukan dari siapa yang lebih dulu mencapai angka terakhir dan pionnya terletak di atas gambar piala sebagai tanda juara.

  • Scrabble

Scrabble adalah salah satu board game edukatif yang dimainkan dengan menyusun dan merangkai kata-kata dari dadu berhuruf secara bersambung.

Biasanya, pemenangnya ditentukan dari akumulasi nilai kata yang sudah dibentuk berdasarkan angka yang tertera pada dadu berhuruf.

  • Jenga

Jenga adalah permainan yang membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dengan mengambil susunan balok satu per satu dan mempertahankan keseimbangannya agar tidak jatuh berserakan.

Kalau sudah asyik, biasanya anak mampu menghabiskan waktu bermain boardgame bersama Bunda hingga berjam-jam.

9. Bermain Origami

Origami atau kertas lipat menjadi salah satu permainan yang juga menyenangkan, lho Bun.

Bunda hanya menyediakan kertas lipat warna-warni dan beberapa tutorial pembuatan origami yang bermacam-macam.

Permainan ini akan melatih ketelatenan dan kesabaran si kecil ketika harus melipat kertas untuk membentuk suatu objek yang lucu dan tidak biasa, misalnya kapal, bunga, mobil, hingga anjing dan kucing.

Tertarik bermain origami bersama anak, Bun?

10. Permainan Lego

bermain lego bersama anak dirumah

bermain lego bersama anak dirumah

Anak Bunda pasti sudah familiar dengan permainan yang satu ini.Banyak objek yang bisa dibuat dengan kreativitas tinggi melalui macam-macam paduan lego.

Lego adalah permainan bongkar pasang plastic yang didesain khusus agar mudah disusun dan dilepas.Lego biasanya disukai oleh semua kalangan, baik anak laki-laki maupun perempuan.

Bunda bisa mengadakan perlombaan membuat lego dan menyiapkan hadiah untuk anak-anak dengan hasil buatan paling menarik dan kreatif.

11. Bermain Pasir dengan Mainan Excavator

Agar tidak bosan terus didalam rumah, bunda bisa mengajak si kecil bermain pasir di halaman.

Bunda bisa membeli sekantong pasir di toko pertanian terdekat atau jika bunda mempunyai halaman yang cukup luas. Bisa menggunakan tanah di halaman.

Beberapa anak laki laki menyukai mobil mobilan alat berat contohnya excavator. Jadi mereka bisa bermain mengeruk pasir dengan mainan excavator dan memindahkannya ke mainan truk pasir.

12. Membuat Mobil Mobilan atau Pesawat dari Kardus

Selain seru permainan ini dapat menstimulasi kreatifitas anak lho  bun.

Bunda bisa membeli kardus bekas dari toko toko terdekat. Lalu bunda bersama anak bisa merancang kardus itu sendiri mau di buat apa. Misalkan membuat pesawat

Setelah selesai bunda bisa membiarkan si kecil mewarnai sendiri pesawatnya.

Tentunya pasti seru dan si kecil tidak cepat bosan.

13. Bermain Menempel dan Gunting Kertas

Bunda bisa menyiapkan kertas berwarna warni untuk digunting, lem dan buku gambar untuk anak menempelkan hasil karyanya.

Jika si kecil belum bisa menggunakan gunting, bunda bisa membantu menggunting sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Kemudian biarkan si kecil yang menempelkannya di buku gambar

14. Face Painting atau Melukis Wajah untuk Anak Anak

Permainan ini sangatlah menyenangkan lho bun.

Bunda bisa mendapatkan bahan face painting di toko-toko mainan.

Lalu lukis wajah anak menjadi semenarik mungkin dengan berbagai warna dan minta anak juga melukis wajah bunda.

Untuk tema face paintingnya bisa peri, drakula, nenek sihir dan lain lain. Bisa ditambahkan akserori lainnya seperti mahkota agar lebih seru lho bun.

Kemudian bunda bisa mengabadikan hasil face painting tersebut sebagai kenang kenangan

15. Gelembung Sabun

Nah permainan gelembung sabun ini tak kalah menyenangkan.  Lakukanlah di halaman rumah ya bun.

Bunda bisa membeli atau membuatnya sendiri. Anak anak pasti sangat menyukainya.

16. Ajak Anak Mandi di Halaman

Sekali sekali tak ada salahnya  bunda mengajak si kecil untuk mandi di luar.

Untuk melepaskan kekangenan bermain di taman air. Bunda bisa memandikan mereka dengan air yang disemprotkan dari selang, seperti bermain hujan-hujanan.  Ajak anak tetangga juga biar lebih seru bun.

Anak anak pasti riang sekali berlari lari ke sana ke mari bermain air.

Tapi harap diingat, jika cuaca sedang tidak mendukung seperti mendung dan udara dingin, sebaiknya rencana mandi diluar ini di tunda dulu.

17.  Bertanam

Ajak si kecil belajar untuk mencintai lingkungan sedini mungkin dengan memperkenalkan dia dengan kegiatan bercocok tanam.

Bunda bisa menyiapkan pot kecil, tanah, sekop dan benih pohon.

Ajari  si kecil cara bertanam dan untuk selalu ingat menyiramnya.

Jangan khawatir si kecil kotor bun.  Dijamin si kecil pasti menyukainya.

mencintai Lingkungan

18. Bercerita/ Mendongeng

Kegiatan mendongeng ini mengasah daya imajinasi anak  lho bun. Jika  bunda tidak punya buku cerita  bunda bisa mencari ide cerita anak di internet untuk diceritakan kembali kepada anak.

Buatlah intonasi dan mimik yang seru dan lucu agar anak suka bun.

19. Bermain Berbelanja di Supermarket

Permainan belanja belanjaan ini juga menarik. Biasanya untuk anak perempuan.

Aturlah beberapa barang dirumah menyerupai rak rak disupermarket.  Bunda bisa meletakkan susu, kue dan lain lain.

Anak anak juga bisa berpura pura menjadi kasirnya.

Mau Pilih Permainan yang Mana, Bun?

Kini, Bunda bisa mempersiapkan diri untuk bermain bersama anak di rumah sebagai salah satu cara menghilangkan rasa bosan ketika harus di rumah aja.

Beberapa referensi di atas akan membantu Bunda menentukan permainan seru yang bisa dilakukan bersama anak.

Jangan lupa untuk menyesuaikan umur si kecil dengan permainan yang ada. Permainan yang sesuai umur tidak akan membuat si kecil bingung atau cepat bosan ketika baru saja memulainya.

Buatlah suasana se menyenangkan mungkin bersama Ayah dan anak-anak.

Selamat bermain bersama, Bun!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *