Pertanyaan dan Jawaban Perihal Menyusui

4 minggu lalu, by duniabunda

pertanyaan dan jawaban tentang menyusui

Menyusui merupakan hadiah terindah yang bisa diberikan seorang ibu kepada buah hatinya. Namun, tentunya ada banyak pertanyaan di benak para ibu dan calon ibu tentang menyusui. Ini dia penjelasannya Bunda.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Menyusui

1. Kapan sebaiknya saya pertama kali menyusui?

sebaiknya susui bayi anda secepatnya, bahkan harus dalam satu jam pertama setelah melahirkan.

2. Perlukah memberi bayi saya air gula atau susu bayi pada hari-hari pertama?

secara alamiah, bayi sudah menyimpan banyak kalori, kalori ini ditambah ASI, sudah mencukupi kebutuhan bayi pada hari-hari pertama. Bayi dengan berat badan lahir cukup tidak memerlukan makanan lain. Bayi tidak memerlukan makanan tambahan, jadi jangan memberikan madu, air gula, susu atau cairan lain.

3. Benarkah saya harus menyusukan ASI pertama yang berwarna kuning dan kental?

Ya. ASI berwarna kuning dan kental yang dihasilkan pada hari-hari pertama disebut kolostrum. Ini penting karena kolostrum mengandung zat anti infeksi yang dapat mencegah infeksi serta mengandung beberapa vitamin penting untuk bayi. Karenanya bayi harus diberikan kolostrum ini.

4. Seberapa sering saya menyusui?

Sewaktu masih dalam kandungan, bayi terbiasa dengan lancarnya suplai makanan yang terus menerus. Sewajarnyalah, setelah lahir, bayi akan sering minta menyusu. Biasa setiap jam atau setiap 2-3 jam.

5. Bayi saya sering menangis. Apakah ini berarti bayi saya kurang mendapatkan ASI?

Perlu anda sadari bahwa satu-satunya cara bayi berkomunikasi adalah dengan menangis. Ketidaknyamanan atau sakit, akan membuatnya menangis. Ketika baru lahir, bagi bayi segala sesuatunya terasa sangat asing, sehingga dia sering merasa tidak nyaman.

jika bayi basah dan tidak nyaman, merasa kepanasan atau kedinginan, gatal-gatal atau badannya sakit seperti kolik, maka bayi akan menangis. Kadangkala bayi menangis karena hanya ingin digendong, bayi juga akan menangis jika lapar dan haus. Bila bayi bayi tetap menangis walau telah diberi ASI, periksalah kemungkinan akibat sakit atau ketidaknyamanan.

6. Katanya, jangan pakai botol untuk menyusui bayi saya. Bahayanya apa sih?

cara menghisap dari botol sangat berbeda dengan menghisap puring. Saat menghisap botol, bayi hanya menghisap bagian puting saja, dan susu terus mengalir. Saat menghisap puting payudara, bayi harus menghisap puting dan areola. Susu pertama menetes dan makin lama akan mengalir. Jika diberi botol terlalu dini, bayi akan mengalami kesulitan saat menyusui, sehingga tidak akan menghisap puting payudara dan akibatnya produksi ASI berkurang. Pemberian susu dari botol yang terlalu dini akan mengakibatkan bayi jadi bingung puting dan pada akhirnya bayi bisa jadi hanya mau minum dari botol, tidak mau dari payudara karena lebih gampang minum dari botol.

7. Bagaimana cara mengetahui bayi saya cukup ASI?

Cara terbaik mengetahui bayi cukup ASI adalah memeriksa berat badannya. Seharusnya berat bayi bertambah 100 sampai 150 gram seminggu. Kadang alat timbang bayi tidak akurat dan hasilnya berbeda antara satu klinik dan klinik lainnya. Cara yang lain adalah anda bisa menghitung berapa kali bayi buang air kecil dalam sehari. Bayi yang diberi ASI eksklusifbiasanya buang air kecil 6-8 kali sehari. Ini menunjukkan bayi mendapat cukup ASI.

8. Bila saya sakit, perlukah meneruskan pemberian ASI?

sebagian besar penyakit tidak berpengaruh terhadap pemberian ASI, tubuh ibu memproduksi antibody untuk melawan infeksi dan antibody ini dibawa melalui ASI sehingga melindungi bayi.

9. Bila bayi sakit, haruskah terus diberi ASI?

ASI justru lebih dibutuhkan saat bayi sedang sakit. ASI mengandung antibody yang membantu bayi melawan infeksi. Rasa lapar bayi yang sedang sakit berkurang dan ASI menyediakan nutrisi bagi bayi. Saat bayi terkena diare, ASI menyediakan air dan garam yang dibutuhkan untuk mencegah bayi dehidrasi.

10. Apakah pemberian ASI berpengaruh buruk terhadap bentuk tubuh saya?

ini pandangan yang salah. Justru sebaliknya, proses menyusui mempercepat pengurangan berat badan ibu dan mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Anda sebaiknya menggunakan BH yang dapat menopang payudara.

11. Seberapa lama saya terus menyusui bayi saya?

idealnya, bayi diberi ASI 6 bulan pertama (asi eksklusif), yang berarti bayi tidak diberi jus buah, air, vitamin, dan lain sebagainya. Usia 6 bulan bayi perlu diberi makanan tambahan namun ASI tetap diberikan sampai usia 1-2 tahun. ASI mengandung semua kebutuhan untuk perkembangan bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *