Rekomendasi Pompa Asi Terbaik Yang Nyaman Digunakan

5 bulan lalu, by duniabunda

memilih pompa asi terbaik

Bunda lagi bingung memilih pompa asi? Yuk cari tahu rekomendasi pompa asi terbaik dan pastinya nyaman untuk digunakan disini ,Bun.

Saat ini di pasaran, pompa ASI memiliki dua jenis yaitu pompa ASI elektrik dan manual. Kedua jenis pompa ASI tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pompa ASI sendiri merupakan solusi bagi para Bunda yang ingin selalu menyediakan stock ASI untuk anaknya meskipun dia sedang tidak berada di rumah atau tidak berada di dekat anak. Dengan pompa ASI, Bunda dapat memastikan nutrisi buah hati dapat tercukupi meskipun Bunda sedang bekerja. Pasalnya ASI merupakan makanan utama bagi bayi yang memiliki banyak kandungan nutrisi.

Selain itu pompa ASI juga merangsang payudara untuk mengeluarkan ASI lebih mudah. Pompa ASI juga memberikan waktu bagi Bunda untuk beristirahat dan Bunda bisa bergantian dengan ayah untuk memberikan ASI pada buah hati melalui botol.

Jenis Pompa Asi dan Kelebihannya

Yang pertama adalah pompa ASI elektrik, pompa ASI jenis ini menggunakan baterai atau listrik untuk menggerakkannya. Dengan pompa ASI elektrik, Bunda tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih. Karena alat akan otomatis memerah ASI. Pompa ASI listrik memiliki daya hisap yang lebih cepat dibandingkan pompa ASI yang menggunakan baterai. Selain itu juga terdapat pompa ASI listrik ganda yang dapat mengurangi waktu saat memompa ASI.

Selanjutnya adalah pompa ASI manual, pompa ASI jenis ini digerakkan secara manual dengan tangan. Dengan pompa manual, proses memerah ASI terbilang lebih lama dibandingkan pompa ASI elektrik. Namun Bunda dapat mengendalikan daya hisap dari pompa tersebut sesuai dengan kekuatan. Pompa ASI manual juga lebih mudah digunakan dan dibersihkan serta memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga pompa ASI jenis ini sangat cocok bagi seorang wanita pekerja.

Tips Dalam Memilih Pompa ASI Terbaik

Dalam memilih pompa ASI Bunda juga tidak bisa sembarangan, ada baiknya Bunda tentukan jenis pompa mana yang akan Bunda gunakan. Jika Bunda adalah seorang wanita karir, ada baiknya Bunda menggunakan pompa manual karena tidak terlalu memakan tempat saat dibawa di dalam tas.  Namun jika Bunda adalah ibu rumah tangga, Bunda bisa menggunakan pompa ASI elektrik karena memiliki daya hisap yang lebih cepat sehingga setelah memerah ASI, Bunda dapat langsung mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang tertunda.

Perhatikan juga corong pompa ASI apakah lembut ataukah tidak, sesuaikan corong dengan ukuran payudara Bunda. Puting payudara harus berada di tengah corong agar tidak melukai payudara.

Dan yang lebih penting, pilihlah pompa ASI yang mudah digunakan. Bunda dapat melihat review dan rekomendasi pompa ASI dari para ibu yang sudah pernah menggunakannya sehingga Bunda dapat membandingkan antara satu merek pompa ASI dengan merek lainnya.

Cara Menyiapkan Pompa ASI Sebelum Digunakan

Bunda harus memperhatikan kebersihan sebelum menggunakan pompa ASI, cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum menggunakannya dan keringkan dengan handuk ataupun tisu bersih. Bersihkan payudara terlebih dahulu, Bunda bisa menggunakan krim, salep ataupun produk lain.

Jangan lupa untuk membaca instruksi penggunaan pompa ASI.
Setelah pompa ASI selesai digunakan, pisahkan bagian-bagian pompa untuk dapat membersihkan secara menyeluruh. Bersihkan menggunakan sabun yang tidak mengandung deterjen dan air hangat. Keringkan pompa ASI yang sudah digunakan, sebelum disimpan pastikan pompa benar-benar kering ya Bun.

Berikut Rekomendasi Pompa Asi Elektrik Terbaik

Bunda berikut ini adalah rekomendasi merk pompa asi elektrik yang bagus dan murah.  Bunda bisa coba salah satunya.

1. Spectra

specktra elektrik

pompa asi spectra elektrik – photo by bukalapak.com

Jenis pompa ASI ini merupakan pompa ASI yang paling banyak dibicarakan para Bunda. Hadir dengan ukuran kecil dan ringan dibandingkan pompa elektrik lainnya. Selain itu jenis Spectra 9 plus juga memiliki dua tabung yang membuat proses memerah ASI menadi lebih cepat. Terdapat 10 pilihan kecepatan yang bisa Bunda sesuaikan.

2. Little giant

pompa asi elektrik little giant

pompa asi elektrik little giant – photo by bukalapak.com

Little Giant hadir dengan jenis pompa ASI dengan suara yang tidak mengganggu. Selain itu Little Giant bebas bahan berbahaya seperti BPA. Hadir dengan ukuran yang mini sehingga dapat dibawa kemanapun dan digunakan kapan saja.

3. Philips

pompa asi elektrik philips avent

pompa asi elektrik philips avent – photo by kids-room.com

Rekomendasi merk pompa asi terbaik lainnya adalah Phillips Avent. Salah satu jenisnya yaitu Philips Avent Comfort Double hadir dengan daya hisap yang baik serta memiliki beberapa fitur seperti pelindung payudara ayang lebut serta penutup yang sesuai dengan pelindung payudara. Jenis pompa menggunakan aliran listrik untuk penggunaannya.

4. Medela

pompa asi medela elektrik

pompa asi medela elektrik – photo by bukalapak.com

Medela hadir dengan ukuran yang kecil dan ringan namun memiliki daya hisap yang kuat. Produk satu ini memiliki ritme hisapan dua tahap yang mirip dengan hisapan bayi.

5. Crown

pompa asi crown elektrik

pompa asi crown elektrik – photo by bukalapak.com

Crown memiliki tingkat kecepatan yang bisa Bunda atur sesuai keinginan. Selain itu pompa asi Crown mudah dipasang dan dioperasikan. Bunda juga dapat dengan mudah membersihkannya.

6. Pigeon

pompa asi pigeon elektrik

pompa asi pigeon elektrik – willowbabyshop.com

Siapa yang tidak kenal Pigeon, merk satu ini memiliki teknologi silent monitor yang memudahkan Bunda saat memerah susu sambil menyusui si kecil. Jadi Bunda tidak perlu khawatir si kecil akan bangun karena suara pompa yang berisik.

7. Real Bubee

pompa asi real bubee elektrik

pompa asi real bubee elektrik – photo by bukalapak.com

Terdapat 18 model ritme yang bisa Bunda gunakan hanya dengan menekan tombol yang ada. Sama seperti Pigeon, Real Bubee juga hadir dengan getaran rendah sehingga si kecil tidak akan terbangun saat Bunda memompa sambil menyusui.

8. Claires

pompa asi claires elektrik

pompa asi claires elektrik – bukalapak.com

Claires hadir dengan suction cup, bottle stand dan bottle converter yang memudahkan Bunda memompa ASI lebih banyak dalam waktu singkat.

Pompa ASI Manual Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi merk pompa asi manual yang bagus ya bun.

1. Pigeon

pompa asi pigeon manual

pompa asi pigeon manual – id.carousell.com

Bukan hanya pompa elektrik, Pigeon hadir dengan tuas yang memudahkan Bunda saat memompa. Hadir dengan desain yang ringkas sehingga Bunda bisa membawanya kemanapun.

2. Phillips

pompa asi philips avent manual

pompa asi philips avent manual – babyloania.com

Hadir dengan desain ergonomis yang tidak akan membuat tubuh Bunda pegal saat memompa ASI. Selain itu corong di desain dengan silikon lembut sehingga payudara Bunda akan terhindar dari rasa sakit.

3. Tomme Tippe

pompa asi tomme tipee manual

pompa asi tomme tipee manual – photo by lazada.co.id

Merk satu ini memiliki desain hisapan yang mirip dengan hisapan bayi. Tuasnya pun memiliki desain ergonomis sehingga tidak akan membuat Bunda pegal saat menggunakannya.

4. Medela

pompa asi medela manual

pompa asi medela manual – shopee.co.id

Medela juga hadir dengan pompa ASI manual yang memiliki hisapan mirip dengan hisapan bayi, sehingga membuat Bunda nyaman saat menggunakannya. Pompa ASI ini juga memudahkan Bunda saat membongkar pasang sehingga dapat dibersihkan secara menyeluruh.

5. NUK

pompa asi NUK manual

pompa asi NUK manual – photo by amazon.co.uk

NUK hadir dengan pompa ASI yang mudah di bongkar pasang sehingga memudahkan saat membersihkannya. Selain itu NUK juga memiliki suara yang cukup rendah sehingga Bunda tak perlu takut si kecil akan bangun. Gagangnya pun di desain sedemikian rupa sehingga memudahkan Bunda saat memompa dengan satu tangan.

Di antara semua merek tersebut kami merekomendasikan Pigeon, karena Pigeon hadir dengan harga terjangkau. Selain itu memiliki desain yang memudahkan Bunda saat memompa ASI sehingga tidak akan membuat tangan Bunda pegal. Kekuatan hisapannya pun dapat Bunda sesuaikan.

Berapa Harga Pompa Asi Manual Di Apotik?

Nah bagi bunda yang sudah memantapkan hati untuk memilih pompa asi manual, tentunya harus menyiapkan budget terlebih dahulu. Harga pompa asi manual cukup bervariasi, namun pada umumnya dibawah 1 juta rupiah.

Jangan lupa untuk mengutamakan kenyamanan ya , bun. Pompa asi yang lebih mahal belum tentu cocok dengan bentuk payudara bunda. Sebelum membeli, alangkah baiknya bunda mengecek terlebih dahulu review dari pengguna pompa asi tersebut di jejaring sosial atau situs-situs yang menyediakan review konsumen.

Berikut kisaran harga pompa asi manual yang beredar di apotik, sebagai referensi Bunda dan Suami dalam menyiapkan budget.

  • Pigeon Manual Breast Pump : IDR 295.000 – IDR 345.000
  • Phillips Avent Comfort Breast Pump : IDR 560.000 – IDR 610.000
  • Tomme Tippe Manual Breast Pump: IDR 325.000
  • Medela Harmony Manual Breast Pump : IDR 418.000 – IDR 500.000
  • Nuk Jolie Manual Breast Pump : IDR 576.000

Harga pompa asi di pasaran dapat berubah-ubah tergantung versinya. Apakah tersedia dalam versi yang terbaru atau masih versi yang lama. Selain itu, beberapa merk pompa asi menyediakan paket bundling dengan produk yang berkaitan, misalnya paket pompa asi dengan kantong asi atau sparepart tambahan pompa asi lainnya.

Tips Tambahan Saat Memompa ASI di Kantor

Saat Bunda bekerja, waktu di kantor memang tidak terlalu banyak. Jadi Bunda tidak perlu mencuci pompa saat berada di kantor namun saat selesai memompa bagian alat yang terkena ASI secara langsung harus disimpan di lemari es bagian chiller, tapi tidak dengan mesinnya ya Bun. Bunda pun dapat mencucinya begitu sampai di rumah.

Hal-Hal Yang Dihindari Saat Memompa Asi

Saat memompa ASI sebaiknya Bunda jangan menunggu hingga payudara terasa penuh. Karena saat ASI terkumpul hingga penuh, level FIL (kandungan protein) akan meningkat dan memberi tanda jika ASI sudah berlebih sehingga dengan sendirinya akan menghentikan supplai ASI.

Selain itu, jika Bunda menunggu hingga payudara terasa penuh akan membuat payudara Bunda bengkak. Jadi jangan tunggu hingga payudara penuh ya Bun, tetap pompa ASI guna produksi ASI tetap terjaga.

Tips Sukses Memompa ASI

1. Bunda bisa mengompres payudara dengan handuk hangat guna memperlancar keluarnya ASI.
2. Seringlah memompa agar Bunda mendapatkan lebih banyak ASI. Jika memungkinkan Bunda bisa memompa kedua payudara secara bersamaan untuk meningkatkan produksi prolaktin.
3. Jaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, Bunda bisa menkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak menghasilkan nutrisi yang berkualitas. Batasi makanan junk food, minuman bersoda, dan minuman berkafein.
4. Usakan memompa segera setelah menyusui si kecil, guna meningkatkan pasokan ASI.
5. Jika bisa, gunakan pompa elektrik. Karena jumlah ASI yang didapatkan serta selisih waktu dengan menggunakan pompa manual cukup jauh berbeda.

Pompa ASI Unik Yang Diciptakan Terinspirasi Dari Permasalahan Bunda

Anabella Breast Pump diklaim dapat memerah ASI 100%. Selain itu cara kerjanya mirip seperti hisapan bayi yang membuat Bunda bisa merasa seolah-olah sedang menyusui si kecil. Kekuatan hisapannya pun bisa Bunda sesuaikan sendiri. Gerakan yang dihasilkannya mirip seperti lidah bayi sehingga menstimulasi ASI keluar dari payudara.

Kesimpulan

Tidak penting mahal atau pun murah yang terpenting pompa ASI nyaman saat digunakan oleh bunda dan pas dikantong.

Jangan khawatir jika ditempat kerja susah menemukan waktu pumping. Asal ada usaha pasti ada jalan. Anak itu anugerah Tuhan. Jika kita mengupayakan yang terbaik untuknya pasti Tuhan akan membantu. Untuk kebaikan si kecil pasti akan ada jalan. Bunda bisa berbincang dengan atasan agar diberikan solusi agar tetap bisa pumping di waktu kerja.

Semoga tips tentang memilih pompa asi terbaik dari Dunia Bunda diatas dapat menginspirasi Bunda untuk terus mengasihi si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *