9 Rekomendasi Gadget yang Ramah Anak

2 bulan lalu, by duniabunda

gadget ramah anak

Saat ini, perkembangan yang pesat dari dunia teknologi mau tidak mau mendorong anak-anak untuk tertarik sejak dini dan mengoperasikannya. Biasanya, orang tua menggunakan media gadget pribadi agar bisa dipakai oleh si kecil. Meskipun demikian, ternyata orang tua harus tahu bahwa ada berbagai merk gadget yang tidak membuat anak jadi kecanduan. Paling tidak, gadget tergolong ramah anak bila dipakai sehari-hari.

Tips Memilih Gadget yang Ramah Anak

Sebelum memutuskan untuk memberikan gadget pada anak, ternyata Bunda juga perlu mengetahui tips yang tepat untuk menyiapkannya. Apalagi, jika si kecil akan mendapatkan produk baru dari Bunda. Secara umum, gadget ramah anak bisa Bunda peroleh lewat beberapa hal di bawah ini:

1.  Mampu menghadirkan konten aman bagi anak

Hingga saat ini, sudah banyak permainan atau aplikasi interaktif yang bermanfaat bagi perkembangan anak. Beberapa di antaranya mampu mencakup kemampuan berbahasa, motorik, pengenalan warna, maupun bentuk.

Kemampuan yang beragam tersebut juga perlu menyediakan sarana agar setiap konten cocok dengan usia si kecil. Perlu ada fitur pengawasan yang bisa dilakukan oleh orang tua dengan mudah. Pengontrolan dapat dilihat melalui keleluasaan Bunda dalam memilih konten yang bisa diberikan kepada anak.

2. Cenderung awet dan bisa dipakai secara jangka panjang

Gadget khusus anak setidaknya sudah diperhitungkan sejak usianya memperoleh perangkat genggam hingga memasuki usia 12 tahun. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menentukan gadget berdasarkan ketahanan dan usia pakai tersebut.

Selain lebih hemat pengeluaran, Bunda dapat mengajarkan kepada anak soal tanggung jawab dalam merawat barang miliknya sendiri. Dengan begitu, kebiasaan ini mampu diterapkan hingga dewasa. Apalagi, ketika nantinya mereka mendapat tanggung jawab yang lebih besar.

3. Tahan terhadap bantingan dan benturan

Apabila gadget diperuntukkan balita hingga anak-anak, sebaiknya pastikan bahwa perangkat tidak mudah pecah. Dalam artian, gadget perlu mengutamakan fitur tahan banting karena memang khusus dipakai oleh buah hati Bunda.

Meskipun tidak mudah pecah dan tahan banting, Bunda harus tetap menyediakan pelindung gadget, silicon, atau case yang mampu melindungi barang tersebut.

4. Layar gadget harus nyaman bagi anak

Jika suatu merk gadget memang mengklaim bahwa produknya cocok untuk anak-anak, tentu Bunda tidak ingin melewatkan fitur layar aman bagi mata. Setidaknya, ada fitur khusus yang mampu menyesuaikan kondisi pencahayaan atau pengaturan khusus pada layar.

Selain mengoptimalkan sinar dan kondisi layar yang akan dilihat oleh mata, perhatikan juga lebar layar yang ditawarkan. Apabila lebih lebar, tentu Bunda bisa melihat si kecil lebih leluasa ketika memakai gadget. Mempelajari sesuatu tentu lebih mudah karena adanya objek yang mudah ditangkap oleh mata.

Meskipun demikian, Bunda tidak boleh lengah untuk memberikan batasan waktu selama bermain gadget. Bagaimanapun juga, anak-anak membutuhkan waktu istirahat bagi kedua mata setelah melihat layar yang cukup terang. Jadwal penggunaan gadget tetaplah disesuaikan dengan kebiasaan si kecil.

5. Tergolong gadget yang mudah dibawa oleh anak

Pertimbangkan gadget dengan berat yang ringan dan pas digenggam oleh anak. Apabila gadget berbentuk tablet, paling tidak si kecil tidak kesusahan untuk melakukan mobilitas dengan gadget. Selain itu, gadget juga perlu mendukung kemudahan pengoperasian yang cocok untuk si kecil.

Bunda bisa mendampingi anak-anak terlebih dahulu saat beradaptasi dengan gadget tersebut. Apabila merasa kesusahan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan alat bantu untuk menopang perangkat pintar. Yang terpenting adalah kemampuan gadget untuk menyesuaikan gerak aktif pada si kecil.

Baca juga  Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Rekomendasi Gadget yang Ramah Anak

1. Samsung Galaxy Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e photo via news.samsung.com

Harga: Rp6.499.000,00

Gadget yang satu ini menawarkan berbagai kelebihan dan fitur yang sungguh cocok bagi anak. Menjadi sebuah tablet andalan yang tipis dan ringan sehingga tidak terasa berat jika dibawa ke mana saja oleh si kecil.

Bunda bisa memanfaatkan fitur Kids Mode untuk mengatur segala keperluan gadget anak. Pengaturan ini terdiri dari pembatasan kontak, aplikasi, hingga waktu penggunaan. Selain itu, Samsung juga menyediakan fitur untuk mengarahkan si kecil menuju toko aplikasi yang sesuai dengan nilai pendidikan seusianya.

Apabila si kecil menggunakan gadget untuk bermain dan menonton, tentu akan terasa lega karena ukuran layar sudah lebih dari mumpuni. Baterainya tahan hingga 15 jam agar anak puas belajar sembari bersenang-senang.

2. Apple iPad Mini

Apple iPad Mini

Apple iPad Mini photo via eling.co.id

Harga: Rp6.000.000,00-Rp8.000.000,00

Meskipun tergolong berukuran paling kecil di kelasnya, ternyata iPad Mini mempunyai performa yang mampu dipakai siapa saja, termasuk anak-anak. Ukurannya memang pas dalam genggaman anak-anak sehingga mereka belajar dan beradaptasi menggenggam tablet.

Meskipun sudah menggunakan casing, Bunda perlu ketahui bahwa kerangka gadget sudah didesain lebih aman ketika terjadi benturan. Menggunakan layar retina dengan ukuran piksel yang optimal sehingga tidak mengganggu mata ketika digunakan oleh anak-anak.

Anak-anak yang mulai belajar membaca dapat menggunakan aplikasi interaktif pada iPad Mini. Hal ini dikarenakan ukurannya malah direkomendasikan sebagai sarana membaca yang ideal.

3. Lenovo Smart Tab M8

Lenovo Smart Tab M8

Lenovo Smart Tab M8 photo via notebookcheck.net

Harga: Rp2.100.000,00-Rp2.400.000,00

Dengan harga yang terjangkau, Bunda sudah bisa menyediakan fasilitas gadget sebagai sarana belajar dan bermain. Meskipun begitu, kualitasnya tidak diragukan lagi karena fitur yang disediakan juga sudah tergolong canggih.

Bagi anak-anak, gadget ini sangat cocok untuk menemani belajar dan bermain karena mempunyai kelebihan untuk menyaring cahaya pada layar. Alhasil, si kecil tidak perlu mengalami keluhan mata yang mudah lelah.

Selain itu, masih ada kemampuan kontrol dari orang tua agar anak-anak bisa memakainya dengan tepat. Tablet ini sangat melegakan dengan layar besar untuk dipakai menonton film atau acara edukasi favorit anak-anak.

4. Microsoft Surface Go 2

Microsoft Surface Go 2

Microsoft Surface Go 2 photo via ubuy.co.id

Harga: Rp6.000.000,00

Merupakan gadget 2in1 karena bisa digunakan sebagai laptop maupun tablet. Proporsi ukurannya sangat cocok untuk anak-anak ketika menghabiskan waktu di rumah. Pembelajaran video menjadi lebih maksimal karena menggunakan audio yang berkualitas.

Bunda bisa mendampingi penggunaan tablet pada si kecil yang mampu bertahan hingga 10 jam. Baik Bunda maupun si kecil sudah mampu memenuhi kebutuhan masing-masing hanya dengan Microsoft Surface Go 2 yang elegan.

Resolusi layar termasuk yang terbaik di kelasnya. Apalagi, seri Surface Go 2 sudah mengalami banyak pembaruan pada sistem maupun fisik produk. Anak-anak akan menyukai gadget tersebut untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya.

5. Evercoss U70A

Evercoss U70A p

Evercoss U70A photo via shopee.co.id

Harga: Rp900.000,00

Gadget ini memiliki layar sebesar 7 inch yang mampu memberikan kenyamanan ketika membaca atau menonton video. Terasa aman bagi anak-anak karena sudah dilengkapi dengan teknologi fingerprint. Menariknya, Evercoss menyediakan kemampuan koneksi dengan WiFi maupun dua slot SIM card.

Kamera sudah dilengkapi dengan flash apabila anak-anak hobi mengambil gambar memakai tablet. Resolusi layar dirancang sedemikian rupa agar tetap nyaman ketika dipakai bermain atau menonton acara favoritnya dari tablet Evercoss.

Untuk jaringan internetnya sendiri sudah berada di tingkatan 4G LTE dalam memaksimalkan koneksi selama pemakaian. Sangat nyaman digenggam dan dibawa oleh anak-anak berdasarkan mobilitasnya.

6. Huawei MatePad New

Huawei MatePad New

Huawei MatePad New photo via selular.id

Harga: Rp3.900.000,00

Jika Bunda ingin menyiapkan gadget untuk anak dengan harga yang terjangkau, maka tablet ini adalah salah satunya. Dilengkapi dengan layar yang berukuran cukup luas agar anak-anak leluasa melihat tontonan atau pembelajaran secara langsung.

Selain itu, anak-anak juga lebih jelas ketika belajar tentang bentuk dan warna karena perangkat sudah dilengkapi dengan 16 juta warna. Tingkat kecerahan juga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan visual anak-anak.

Huawei sudah melengkapi gadget ini dengan prosesor yang mumpuni sehingga cocok dipakai untuk belajar, bermain, maupun bekerja. Selain itu, sinyalnya cenderung stabil untuk menghasilkan koneksi download lebih besar. Anak-anak bisa menikmati tontonan sembari offline.

7. Advan i10

Advan i10 photo via shopee.co.id

Harga: Rp2.500.000,00

Dengan resolusi yang sudah pasti HD, si kecil mampu menikmati waktu bermain dan belajar dengan baik akibat kualitas gambar tidak pecah. Kapasitas baterai yang cenderung besar bisa bertahan untuk dipakai hingga 15 sampai 20 jam.

Ukurannya sangat ideal untuk diberikan kepada anak-anak. Dengan genggaman yang pas, Bunda tetap tidak boleh lupa untuk memasang casing agar lebih kuat dan aman. Dampingi anak jika baru kali pertama untuk mencoba dan mengotak-atik gadget barunya dari Advan.

Selain itu, si kecil sudah bisa mendapatkan paket lengkap untuk beraktivitas dengan gadget. Advan mampu memberikan operasi yang lebih cepat, baik koneksi maupun pemakaian aplikasi. Memori internal dan eksternal dengan total 38 GB mampu memenuhi keperluan si kecil kapan saja.

8. Advan Tab Sketsa

Advan Tab Sketsa

Advan Tab Sketsa photo via trendtech.id

Harga: Rp2.099.000,00

Satu lagi gadget keluaran Advan yang ramah bagi anak-anak Bunda, yaitu Advan Tab Sketsa. Sesuai namanya, tablet ini cocok Bunda berikan kepada si kecil yang sangat suka menggambar dan ingin mengembangkan kemampuannya secara digital.

Selain itu, menggambar memakai stylus pen juga dirasa sangat menyenangkan. Tidak hanya itu, si kecil juga dapat belajar menulis secara leluasa. Keamanannya juara karena sudah dilengkapi Face ID anak selama digunakan.

Baterai dengan kapasitas 6000 mAh di dalamnya mampu mendukung tontonan video selama 72 jam. Apalagi, streaming video edukasi dan permainan jadi semakin lancar dengan adanya teknologi WiFi 5G. Sangat cocok untuk Bunda yang membiasakan anak-anak berkembang bersama media teknologi.

9. Samsung Galaxy Tab A with S Pen

Samsung Galaxy Tab A with S Pen

Samsung Galaxy Tab A with S Pen photo via samsung.com

Harga: Rp4.499.000,00

Dengan pilihan warna hitam dan putih yang netral, kecanggihan gadget ini memadai kebutuhan anak-anak. Apalagi jika si kecil sudah cukup umur untuk bertanggung jawab atas barangnya sendiri. Bunda bisa mendapatkan S Pen saat membeli tablet ini untuk anak.

Selain itu, tablet ini mendukung kesehatan mata penggunanya, termasuk anak-anak yang aktif. Pada pagi hingga malam hari, anak-anak bisa melihat layar yang memakai filter cahaya biru agar lebih nyaman. Kelebihan lainnya adalah fisik yang tahan air maupun debu.

Dengan harga tersebut, Bunda memperoleh bonus lain yang menguntungkan, seperti power bank Axmix B5 serta akses khusus menuju Cisco Webex dan Quipper Video 1 bulan. Ukuran dan modelnya tergolong ringan nan ideal bagi anak-anak untuk bermain sambil belajar.

 

Itulah beberapa rekomendasi gadget yang ramah anak dan bisa Bunda kenalkan kepad si kecil sebagai sarana hiburan maupun edukasi. Jangan lupa untuk mempertimbangkan persiapan budget, kesediaan produk, serta ketahanannya sampai si kecil memasuki jenjang usia tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *