15 Rekomendasi Merk Sabun Bayi yang Bagus dan Aman Bagi Kulit Bayi

1 bulan lalu, by duniabunda

merk sabun bayi yang bagus dan aman untuk kulitnya yang sensitif

Memandikan bayi adalah rutinitas yang tidak boleh dilewatkan agar kulit bayi senantiasa bersih dan harum. Tahukah Bunda bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari lho. Mandi 2-3 kali seminggu saja sudah cukup, hal ini untuk menjaga lapisan vernix yang masih menempel di kulit bayi yang berfungsi untuk menjaga tubuhnya tetap hangat. Namun, jika usia bayi sudah beberapa minggu Bunda sudah bisa rutin memandikan bayi setiap hari. Nah, karena kulit bayi masih cenderung sensitif, Bunda harus berhati hati dalam memilih sabun mandi untuk bayi, karena bersentuhan langsung dengan kulitnya. Pilihlah merk sabun bayi yang bagus dan terjamin kualitasnya.

Sebelum menilik beberapa merk sabun bayi yang Bunda butuhkan, ketahui dahulu tips yang benar dalam memilih sabun bayi yang bagus dan aman untuk dipakai sehari-hari.

Tips Memilih Sabun Bayi

1. Sesuaikan pH dengan kebutuhan kulit bayi

Ada perbedaan yang bisa Bunda pahami antara sabun asam dan basa. Pastikan keperluan sabun bayi bisa Bunda pilih melalui perbandingan berikut:

  • Kandungan basa

Dengan bentuk yang padat, Bunda bisa melihat kalau sabun bayi basa menghasilkan lebih banyak busa. Komposisinya mampu membersihkan kotoran secara maksimal. Sabun ini cocok untuk bayi berusia 0 sampai 3 bulan supaya terhindar dari risiko eksim akibat sebum berlebih.

  • Kandungan asam

Mampu mencegah terjadinya iritasi kulit pada bayi. Bunda bisa memberikannya setelah si kecil menginjak usia lebih dari 3 bulan. Namun, tetap hati-hati terhadap risiko alergi apabila tidak cocok, ya Bun.

2. Pilih jenis sabun sesuai usianya

Terdapat 3 jenis sabun bayi yang bisa Bunda pilih, antara lain:

  • Sabun busa diperuntukkan bayi yang baru lahir karena teksturnya lebih ringan dan lebih mudah dibilas. Sekali pump, busa mudah keluar untuk membersihkan tubuh bayi secara cepat. Namun, tetap perhatikan kandungannya karena terkadang sabun busa memasukkan beberapa bahan aditif ke dalam kemasan.
  • Sabun cair bisa diaplikasikan ketika bayi sudah bisa duduk. Ketika menggunakan sabun bayi cair, usahakan cairannya tidak menempel di mulut botol untuk mencegah pertumbuhan jamur. Sabun cair harus dibilas dalam waktu agak lama supaya badan si kecil bersih maksimal.
  • Sabun batang direkomendasikan untuk bayi dengan kulit kering. Kotoran atau keringat yang menempel bisa diatasi dengan baik. Perhatikan kembali komposisinya dan pastikan tidak ada bahan kimia untuk menunjang keamanan pemakaian pada bayi.

3. Gunakan komponen pembersih kalium

Sabun bayi disebut aman apabila ada komposisi tambahan berupa kalium atau soap base. Surfaktan lain yang bisa dipertimbangkan, yaitu sodium cocoyl methylalanine, sodium lauroyl glutamate, lauryl glucoside, dan lain-lain.

Hindari cocamide TEA dan DEA yang mampu menyebabkan iritasi serta bersifat racun bagi tubuh. Maka dari itu, Bunda benar-benar ditekankan untuk mampu memeriksa kembali kandungan yang terdapat di dalam sebuah sabun bayi.

4.  Pakai minyak esensial atau tidak perlu aroma?

Biasanya, Bunda memiliki ketertarikan kepada sabun bayi beraroma lembut dan segar. Hal ini akan membuat si kecil menjadi lebih harum dan ceria sepanjang hari. Gunakan sabun bayi dengan minyak esensial terbaik dan dirasa nyaman untuk bayi.

Namun, apabila si kecil memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilih sabun bayi yang tidak memiliki wangi untuk menjaga kesehatan kulitnya.

Rekomendasi Merk Sabun Bayi yang Bagus dan Aman

1.  Johnson’s Top-to-Toe Hair & Body Baby Bath

Johnson’s Top-to-Toe Hair & Body Baby Bath

Johnson’s Top-to-Toe Hair & Body Baby Bath photo via johnsonsbaby.co.id

Harga: Rp38.000,00-Rp41.000,00

Sabun bayi yang satu ini bersifat multifungsi karena juga dapat bekerja sebagai shampo yang aman bagi kulit sensitif sekalipun.

Sifatnya mencegah iritasi, tidak pedih di mata, tidak meninggalkan sisa di kulit, serta tidak kering karena mampu mempertahankan lapisan alami milik kulit.

Menggunakan formula No More Tears yang terasa lembut layaknya air murni supaya bayi lebih tenang selama mandi bersama Bunda.

Untuk menggunakannya, basahi tubuh dan rambut bayi menggunakan kain mandi atau tangan. Usapkan sabun secara lembut ke sekujur tubuh si kecil sampai berbusa.

Bunda bisa membilasnya dengan air secara merata untuk membersihkan tubuh si kecil yang penuh busa. Jenis kulit sensitif  sekalipun tetap bersih dan halus sepanjang hari.

Baca Juga Rekomendasi Merk Shampo Anak Yang Bagus berikut ini.

2. Pure Baby Wash 2 in 1

Pure Baby Wash 2 in 1

Pure Baby Wash 2 in 1 photo via bukalapak.com

Harga: Rp34.500,00

Merupakan merk sabun bayi yang bagus dan tetap aman untuk kulit sensitif. Produk ini dapat dimanfaatkan sebagai shampo dan sabun untuk bayi.

Menggunakan ekstrak bunga matahari yang bekerja untuk memberikan kesegaran dan keharuman bagi si kecil setiap saat.

Sabun bayi ini juga diformulasikan secara khusus tanpa SLS atau deterjen, sehingga keamanannya lebih terjamin dan dapat diaplikasikan secaraa rutin.

Telah teruji klinis hipoalergenik, terasa lembut di mata, serta memiliki pH 5.5 yang cocok untuk kebutuhan kulit bayi yang sensitif.

Tidak ada paraben atau alkohol di dalam sabun bayi Pure Baby. Diperkaya juga dengan Pro Vitamin B5 yang bekerja menjaga kesehatan kulit bayi dalam masa perkembangannya.

3. Cussons Baby Milk Bath Fresh and Nourish

Cussons Baby Milk Bath Fresh and Nourish

Cussons Baby Milk Bath Fresh and Nourish photo via orami.co.id

Harga: Rp20.000,00

Sabun bayi ini mampu memberikan 100% Extra Kelembapan supaya kulit bayi terasa kenyal dan lebih lembap.

Komposisi Blueberry, Yoghurt, Vitamin E, Dual Moisturizers, dan ekstrak buah segar mampu menutrisi kulit sekaligus membersihkan badan secara lembut.

Dengan pH seimbang, sabun bayi Cussons Baby mampu mempertahankan kesehatan kulit bayi secara maksimal, tanpa menimbulkan iritasi.

Telah teruji dermatologis, sehingga aman untuk bayi yang berkulit sensitif. Aplikasikan secara merata pada tubuh si kecil untuk hasil yang lebih maksimal.

Selain tersedia dalam kemasan botol, Bunda bisa menyiapkan kemasan pouch untuk refill ketika sabun sudah habis.

4. Zwitsal Natural Baby Bath with Minyak Telon

Zwitsal Natural Baby Bath with Minyak Telon

Zwitsal Natural Baby Bath with Minyak Telon photo via review.soco.id

Harga: Rp20.000,00-Rp28.900,00

Sabun cair ini menggunakan formulasi minyak telon bagi si kecil mampu membersihkan kulit lembut bayi dan memberikan kehangatan setelah mandi.

Kehangatannya diperoleh dari kandungan minyak telon yang ramah dan hangat di kulit si kecil untuk menemani aktivitasnya setiap saat.

Bahan-bahan alami yang aman dan nyaman mampu menimbulkan sensasi pengalaman mandi rileks serta menyenangkan.

Kulit bayi yang sensitif sekalipun boleh menggunakan sabun cair ini karena telah teruji hipealergenik. Tidak ada reaksi alergi pada seluruh jenis kulit.

Kelembapan kulit tetap terjaga karena pH yang seimbang. Bentuk kemasan pumpnya praktis dan mampu menyesuaikan kebutuhan Bunda maupun si kecil.

Baca Juga Rekomendasi Merk Minyak Telon Yang Bagus Untuk Bayi

5. Buds Baby Organic Super Soothing Hydrating Cleanser

Buds Baby Organic Super Soothing Hydrating Cleanser

Buds Baby Organic Super Soothing Hydrating Cleanser photo via shopee.co.id

Harga: Rp409.000,00

Sabun bayi ini dikhususkan untuk kulit yang sensitif untuk membunuh bakteri penyebab eksim, merah-merah, dan iritasi.

Kandungan prebiotic telah diseleksi secara khusus untuk mendorong pertumbuhan bakteri sehat dan menghambat pertumbuhan bakteri merugikan.

Aloe Vera bersifat menenangkan dan fruktan mampu menghidrasi zat pembersih yang berasal dari asam amino.

Pengalaman mandi si kecil akan semakin menyenangkan, ditemani sabun bayi Buds Baby yang bekerja efektif melembutkan kulit halus bayi.

Bunda bisa menggunakannya secara langsung pada kulit si kecil atau diteteskan ke dalam air ketika dimandikan.

6. Pigeon Baby Foam Soap

Pigeon Baby Foam Soap

Pigeon Baby Foam Soap photo via susumurahonline.com

Harga: Rp325.000,00

Pigeon kini banyak dikenal sebagai merk sabun bayi yang bagus dan terasa aman digunakan untuk bayi kesayangan Bunda.

Sabun bayi berbentuk foam ini diformulasikan menggunakan bahan pelembap yang mirip seperti fungsi vernix, yaitu lapisan pelindung yang melapisi kulit bayi ketika baru lahir.

Pelembap ini mampu menunjang kebersihan bayi selama mandi. Selain itu, kulit jauh terasa lebih lembut dan terawat untuk mencegah terjadinya kekeringan.

Tidak mengandung pewangi dan pewarna yang tidak direkomendasikan untuk anak bayi. Bunda tidak perlu cemas karena kandungannya sudah aman.

7. Sebamed Baby Bubble Bath

Sebamed Baby Bubble Bath

Sebamed Baby Bubble Bath photo via willowbabyshop.com

Harga: Rp123.000,00

Adalah salah satu pembersih tubuh bayi ultra ringan dan hipoalergenik, cocok untuk kulit sensitif atau masalah tertentu.

Menggunakan bahan aktif chamomile dan ekstrak tanaman untuk membersihkan kulit tanpa merusak jaringannya.

Gunakan setiap kali memandikan si kecil supaya hasilnya terasa maksimal sepanjang hari. Selain mengusapkannya langsung, Bunda bisa memakai kain basah di setiap sela-sela waktu mandi.

Masalah kulit pada bayi yang dikhususkan menggunakan produk ini adalah alergi, miliarisis, psoriasis, dan eksim.

Tidak akan terasa pedih di mata dan masih bisa dipakai untuk bayi Bunda yang baru lahir.

8. Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo photo via guardian.com.sg

Harga: Rp128.000,00

Formulanya tergolong lembut dan teruji secara klinis, sehingga cocok untuk kulit bayi yang sensitif sejak lahir.

Secara lembut mampu membersihkan, menutrisi, dan menjaga kelembapan sekujur tubuh, mulai dari kepala sampai ujung kaki.

Komposisinya tidak membuat si kecil terasa pedih karena telah teruji secara dermatologis dan sifatnya hipoalergenik.

Gunakan dengan cara menuangkan ke tangan atau lap mandi kemudian usapkan ke seluruh rambut serta tubuh bayi.

Gosokkan sabun sampai berbusa kemudian bilas dan keringkan menggunakan handuk bersih.

9. MY BABY Milk Bath Soft and Gentle

MY BABY Milk Bath Soft and Gentle

MY BABY Milk Bath Soft and Gentle photo via shopee.co.id

Harga: Rp19.400,00

Kandungan susu dan gandum mampu memberikan perlindungan yang maksimal terhadap kulit bayi supaya senantiasa lembut sehat.

Formulanya mampu membersihkan, menutrisi, dan mendukung kelembutan kulit halus bayi, termasuk yang sensitif atau kering sekalipun.

Keharumannya tahan lama dan menenangkan si kecil dalam mengisi hari-harinya saat beraktivitas.

Bunda bisa menggunakannya untuk keperluan mandi bayi secara rutin dengan tekstur sabun yang mudah dibilas dan tidak pedih di mata.

Telah teruji secara klinis, sehingga keamanannya terjamin untuk mencegah kulit iritasi yang cenderung mengganggu.

10.  Sleek Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash

Sleek Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash

Sleek Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash photo via lazada.co.id

Harga: Rp25.500,00-Rp27.300,00

Merk sabun bayi yang bagus ini menggunakan formulasi busa yang bisa dipakai untuk bayi baru lahir dan ke atas. Natural Antibacterial mampu menjaga kulit dari bakteri penyebab iritasi.

Komposisi Lavender Extract juga mampu memberikan sensasi yang harum dan menenangkan, si kecil terasa nyaman beraktivitas.

Untuk penggunaannya, cukup keluarkan busa dari botol pump dan usapkan pada bayi dengan lembut. Bilas sampai bersih dan merata di seluruh permukaan tubuh bayi.

Gunakan sabun secara rutin untuk mendapatkan hasil perawatan tubuh bayi yang maksimal dalam masa perkembangannya.

11.  Mustela 2in1 Hair and Body Wash

Mustela 2in1 Hair and Body Wash

Mustela 2in1 Hair and Body Wash photo via willowbabyshop.com

Harga: Rp150.000,00

Produk ini memang diformulasikan secara khusus untuk bayi dan anak-anak, maka dari itu formulanya harus aman terjaga.

Avocado Perseose mampu memperkuat pelindung kulit dan mempertahankan kekuatan sel. Selain itu, ada glycerin yang bertugas sebagai pelembap yang baik.

Coco glucoside sebagai surfaktan yang ringan mampu membersihkan kulit dengan lebih lembut. Aromanya sangat lembut dan cocok untuk pemakaian sekujur tubuh.

Produk ini tidak menyebabkan kekeringan atau iritasi pada kulit dan tidak terasa pedih di mata. Kemasannya berupa tube yang praktis dibawa ke mana saja.

12.  Mitu Baby Milk Bath

Mitu Baby Milk Bath

Mitu Baby Milk Bath photo via shopee.co.id

Harga: Rp38.700,00

Sabun bayi ini diperkaya dengan kandungan alami yang mampu merawat dan menjaga kulit si kecil secara optimal.

Ekstrak Oatmilk berfungsi menjaga kelembutan dan kelembapan kulit dalam mencegah terjadinya iritasi. Vitamin A dan E berguna menjaga kesehatan kulit.

Minyak alami yang terkandung dalam sabun ini adalah Bergamot, Rose, Orange, dan Ylang Ylang sebagai aromaterapi penenang si kecil.

Sabun bayi Mitu sudah teruji secara klinis dan bersifat hipoalergenik untuk menjamin keamanan si kecil dari serangan alergi.

13.  Mothercare Little Softie Top to Toe Wash

Mothercare Little Softie Top to Toe Wash

Mothercare Little Softie Top to Toe Wash photo via sadagar.com

Harga: Rp89.000,00

Sapuan yang lembut dari ujung kepala hingga ujung kaki berasal dari sabun tanpa paraben yang satu ini. Tidak terasa pedih di mata bayi ketika sedang mandi.

Produk ini sudah boleh digunakan oleh bayi baru lahir. Formulanya hipoalergenik untuk mencegah reaksi kulit yang tidak diinginkan.

Bagi bayi dengan kulit sensitif, Bunda bisa memberikan sabun bayi ini untuk menjaga kesehatan dan kelembutannya tanpa memberikan rasa kering.

Gunakan secara merata pada permukaan kulit bayi dan bilaslah sampai bersih. Bunda akan merasakan kelembutannya setiap saat.

14.  Caladine Baby Bar Soap

Caladine Baby Bar Soap

Caladine Baby Bar Soap photo via galenium.com

Harga: Rp14.000,00

Sabun bayi yang satu ini memanfaatkan penggunaan Alpha Bisabolol sebagai sarana anti inflamasi. Tidak ada lagi iritasi yang mudah menyerang bayi.

Kandungan Aloe Vera nyatanya mampu memberikan efek dan sensasi sejuk pada kulit. Vitamin B5 dan Olive Oil berfungsi melembapkan sekaligus menjaga kulit bayi yang tetap halus.

Anti Irritation di dalam produk mampu bekerja dengan baik untuk merawat kulit bayi dalam mengatasi terjadinya iritasi ringan.

Masalah-masalah kulit pada si kecil bisa ditangani secara bertahap oleh sabun bayi Caladine yang ringan dan mudah digunakan.

15.  Aveeno Baby Calming Comfort Bath Lavender and Vanilla

Aveeno Baby Calming Comfort Bath Lavender and Vanilla

Aveeno Baby Calming Comfort Bath Lavender and Vanilla photo via amazon.co.uk

Harga: Rp250.000,00

Setiap malam, bayi akan terus tidur dengan nyaman dan lelap karena kenyamanan dari tubuhnya sendiri. Kombinasikan sabun ini dengan air hangat ketika memandikan si kecil.

Lavender dan Vanilla bekerja sebagai agen yang menenangkan sekaligus membantu bayi menjadi lebih rileks ketika beraktivitas bersama Bunda.

Ekstrak oat mampu menenangkan kulit dan membuatnya lebih terasa halus serta lembap. Formulanya hipoalergenik dan bebas dari rasa perih di mata.

Tidak ada kandungan paraben, yang ada hanyalah kelembutan dalam penggunaan sehari-hari. Bunda bisa mendapatkan manfaatnya dengan melihat si kecil sendiri.

 

Merk sabun bayi yang bagus dan aman kini sudah banyak beredar di pasaran. Pilihlah yang mampu menyesuaikan kondisi perkembangan bayi Bunda dan aman ketika dipakai. Sehingga bunda mempercayakan kebutuhan sabun bayi kepada produk tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *