Rekomendasi 16 Merk Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil

1 bulan lalu, by duniabunda

skincare yang aman untuk ibu hamil

Kehamilan tidak menghalangi bunda untuk tetap tampil cantik. Yuk kenali skincare yang aman untuk ibu hamil berikut ini.

Skincare adalah sebuah bentuk perawatan yang lazim dilakukan oleh seluruh perempuan.Salah satu usaha untuk mempercantik diri dengan menggunakan beragam produk yang meremajakan kulit wajah hingga badan.

Tentunya, rangkaian skincare bisa Bunda aplikasikan pada waktu-waktu tertentu, misalnya setiap pagi dan malam hari.

Bahkan, Bunda juga perlu mengetahui skincare yang aman untuk ibu hamil supaya ketika mengandung, Bunda tetap memancarkan aura kulit yang sehat dan cerah.

Dilansir dari sharecare.com, Bunda perlu menggunakan skincare untuk menciptakan kulit yang sehat sebagai pelindung dari berbagai serangan infeksi.

Selain itu, apa saja manfaat dari penggunaan skin care?

Manfaat Menggunakan Skincare

Kulit adalah garda terdepan dalam melawan infeksi. Selain itu, Bunda perlu mengetahui manfaat positif lain dari penggunaan skincare sehari-hari.

1. Memberikan nutrisi yang baik untuk kulit

Bunda pasti melakukan berbagai macam aktivitas yang akan mempengaruhi kesehatan kulit. Debu dan polusi seringkali hinggap di kulit cantik Bunda.

Mungkin saat ini dampaknya belum terlihat, namun suatu saat akan terjadi perubahan signifikan apabila Bunda tidak menjaga kesehatan kulit sedini mungkin.

Mengaplikasikan skincare secara rutin akan mentransfer nutrisi bermanfaat lagi kesehatan dan kekenyalan kulit.

Kulit Bunda semakin hari akan semakin kencang, ternetralisir dari radikal bebas, lembap, hingga cerah bersinar sepanjang hari.

Kandungan skincare yang mampu mencegah kerusakan kulit adalah vitamin C, licorice, hyaluronic acid, AHA dan BHA, hingga vitamin E.

2. Mencegah kerutan dan garis halus

Seiring bertambahnya usia, Bunda pasti memperhatikan beberapa area pada wajah seperti dahi dan mata. Kedua area tersebut rentan memunculkan kerutan dan garis halus.

Belum lagi dengan lipatan kulit wajah yang akan memberikan kesan tua. Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda bisa mulai mengaplikasikan skincare anti aging yang membantu melawan kerutan dan garis halus.

Dikutip dari fashionista.com, retinol dan niacinamide merupakan dua bahan yang mampu mengatasi masalah penuaan. Skincare dengan kedua kandungan tersebut akan membantu regenerasi sel kulit sehingga terjadi peremajaan.

3. Mengurangi risiko munculnya dark spot

Tidak jarang Bunda harus menghabiskan aktivitas di bawah panasnya sinar matahari. Sinar UV yang menempel pada kulit akan berpotensi menimbulkan dark spot, terutama pada kulit wajah.

Penggunaan sunscreen yang cocok dengan kulit dan aktivitas akan membantu mencegah munculnya dark spot yang bisa jadi mengganggu penampilan.

Dilansir dari ehe.health, penggunaan sunscreen juga akan mengurangi risiko terkena kanker kulit dan mempertahankan skin tone dari potensi menjadi lebih gelap.

Sunscreen menjadi salah satu skincare wajib yang harus diaplikasikan sebelum berpaparan langsung dengan sinar matahari.Bunda bisa memilih sunscreen yang menyerap sempurna di wajah dan memberikan hasil yang nyaman serta tidak lengket.

4. Kulit cerah anti kusam

Semua perempuan menginginkan kulit yang cerah dan tidak kusam saat berkegiatan di mana saja.Kulit kusam disebabkan oleh hilangnya kandungan hidrasi pada kulit.

Padahal, hidrasi yang baik akan membantu memudahkan Bunda untuk mengaplikasikan make up secara mudah.

Menurut altilisbeauty.com, complexion yang terhidrasi oleh kulit akan membuat kulit menjadi kenyal, sehat, dan tampak lebih muda.

Hidrasi yang baik adalah sesuatu yang seimbang, tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak.

5. Kulit yang kenyal

Kulit yang kenyal akan bersamaan dengan kulit yang lembut. Kulit kenyal akan membuat Bunda terlihat lebih sehat dan segar.

Bunda dapat memperoleh kulit kenyal dari skincare yang memiliki kandungan kolagen untuk menjaga intensitas nutrisi kulit yang sehat.

Bunda bisa mengombinasikan perolehan kebutuhan kolagen melalui skincare dan konsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

6. Meminimalisir masalah pada kulit

Jerawat dan komedo merupakan momok yang senantiasa dihindari oleh perempuan.Untuk mengatasi dan mengurangi kemungkinan permasalahan tersebut, Bunda bisa mulai mencari skincare dengan kandungan yang sesuai tipe kulit.

Penggunaan skincare secara langsung akan membersihkan dan memberi nutrisi pada wajah, sehingga masalah kulit akan teratasi dalam jangka waktu tertentu dengan menyesuaikan tipe dan kondisi kulit Bunda saat itu.

7. Perlindungan dari make up

Bunda memakai make up selama seharian penuh. Keesokan harinya, Bunda bangun pagi ditemani runtutan jerawat yang tiba-tiba saja muncul di wajah.

Pernahkah mengalami kejadian seperti itu?

Sebelum menggunakan make up, ada baiknya Bunda mengaplikasikan urutan skincare routine untuk membantu membersihkan dan melindungi kulit wajah dari lapisan make up yang tebal.

Dilansir dari clartici.com, skincare sebelum make up akan menghasilkan make up yang flawless dan tahan lama. Kulit tetap terjaga, lembap, dan mengurangi risiko munculnya jerawat.

Apa yang Terjadi Pada Kulit Bunda Ketika Hamil?

Dilansir dari marieclaire.co.uk, Bunda akan lebih mudah terkena jerawat akibat perubahan hormonal yang terjadi. Selain itu, kulit menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami hiperpigmentasi akibat produksi hormon estrogen.

Kondisi tersebut mengharuskan Bunda untuk tetap menggunakan produk skincare tertentu yang bersifat aman, namun memberikan manfaat positif yang menunjang kehamilan Bunda.

Kandungan Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui manfaat penggunaan skincare, berikut beberapa kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil

1. Zinc Oxide dan Titanium Dioxide

Kedua kandungan ini dapat Bunda temukan pada sunscreen yang bersifat wajib digunakan walau Bunda sedang hamil.

Mengapa? Sejak hamil, kulit Bunda akan cenderung menjadi sensitif dan perlu perlindungan ekstra ketika harus terpapar sinar matahari.

Dikutip dari whattoexpect.com, Zinc Oxide dan atau Titanium Oxide adalah pilihan tepat untuk ibu hamil karena bersifat hipoalergenik dan mampu melindungi Bunda dari masalah kulit seperti hiperpigmentasi akibat sinar UV.

Jangan lupa untuk tetap memakai busana lengan panjang dan aksesoris pelindung seperti kacamata atau topi ketika Bunda harus keluar rumah pada pukul 12.000-16.000.

2. AHA

AHA merupakan kandungan pada skincare yang lengkap bersama BHA. Namun, AHA lebih aman digunakan untuk ibu hamil karena termasuk dalam golongan Glycolic Acid atau Lactic Acid.

Bagi Bunda yang sedang mengandung dan memiliki masalah dengan jerawat, penggunaan AHA mungkin bisa dipertimbangkan dan sebisa mungkin menggunakan takaran yang kecil.

Dilansir dari healthline.com, AHA juga berfungsi untuk kebutuhan exfoliating, mencegah kerusakan kulit karena sinar matahari, dan memberikan efek anti aging.

3. Shea Butter

Kita tahu sekarang bahwa kehamilan akan menyebabkan perubahan signifikan pada kulit. Skincare yang aman untuk ibu hamil dengan kandungan shea butter bekerja membantu melembapkan kulit Bunda yang kering ketika mengandung.

Shea Butter biasa ditemukan pada produk lip balm untuk menghindari bibir kering, mengelupas, atau pecah-pecah.

4. Hidrokortison

Biasa disebut juga sebagai Steroid dan ampuh mengatasi beberapa masalah kulit yang dialami oleh ibu hamil.Beberapa masalah tersebut adalah iritasi, radang, gatal-gatal, eksim ringan, psoriasis, dan ruam dermatitis kontak.

Namun, dikutip dari parenting.firstcry.com,  Hidrokortison sebaiknya hanya diaplikasikan pada penggunaan wajah atau area kulit selain perut. Untuk area perut perlu konsultasi dokter terlebih dahulu.

Jangan sampai skincare dengan kandungan bahan ini tertelan, ya Bun.Akan sangat berbahaya bagi janin karena mampu melewati plasenta.

5. Clindamycin

Clindamycin dapat berupa obat jerawat antibiotik topikal yang dioleskan ke kulit.Namun, memungkinkan pula apabila Bunda menemukannya pada toner, pelembap, dan serum wajah.Clindamycin masuk dalam kategori A obat-obatan, sehingga termasuk aman bagi ibu hamil.

Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare berbahan Clindamycin untuk membasmi masalah jerawat selama kehamilan.

6. Hyaluronic

Hyaluronic sangat aman untuk digunakan ibu hamil.Beberapa manfaat yang dimiliki oleh kandungan skincare satu ini adalah menghidrasi wajah, mencegah penuaan, mencerahkan, melembapkan, dan mengantisipasi terjadinya melasma atau hiperpigmentasi.

Hyaluronic merupakan senyawa yang alami dan tidak akan memberikan efek samping pada ibu hamil dan kandungannya.

Menurut parents.com, Hyaluronic terkandung dalam moisturizer dan telah teruji aman untuk melembapkan kulit.

7. Glycerin

Sama seperti Hyaluronic dan Shea Butter, Glycerin merupakan kandungan pada pelembap yang sangat aman dan boleh digunakan oleh ibu hamil.

Moisturizer dengan kandungan Glycerin akan bekerja mengatasi kulit kering dengan melembapkannya. Bunda tidak perlu khawatir dengan penggunaan rutin Glycerin karena tidak akan mengganggu kesehatan atau berbahaya bagi kulit.

8. Vitamin C

Untuk penggunaan serum, Bunda dapat memilih produk skincare dengan kandungan vitamin C. Penggunaan yang rutin akan membantu mencerahkan dark spots dan pigmentasi kulit.

Bunda akan tampak glowing secara alami dengan kulit wajah yang lembut dan halus. Dilansir dari Sunday Riley, produk skincare dengan vitamin C akan lebih efektif mengatasi dark spots daripada Hydroquinone yang berbahaya untuk ibu hamil.

9. Asam Azelaic

Kandungan Asam Azelaic bisa ditemukan pada beberapa produk serum.Kandungan ini mampu menggantikan bahan berbahaya, seperti Retinol dan Asam Salisilat.

Asam Azelaic akan mengatasi jerawat kemerahan dan membunuh bakteri yang bersarang di pori-pori wajah. Selain itu, kandungan ini akan memberikan hasil kulit wajah yang cerah dan halus.

10. Erythromycin

Kandungan pada produk skincare ini berfungsi untuk menghapus jerawat yang datang selama masa kehamilan. Erythromycin memiliki cara kerja yang selaras dengan Clindamycin.

Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk berbahan dasar Erythromycin supaya mendapatkan jumlah takaran yang cukup dan tidak berlebihan.

Rekomendasi Merk Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah rangkaian skincare yang aman untuk ibu hamil dan patut untuk Bunda coba.

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser photo by amazon.in

Bunda dapat mencuci muka sebanyak dua kali sehari menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser.Kandungannya aman untuk ibu hamil dan mampu membersihkan wajah secara ringan.

Produk ini tidak mengandung parfum yang dihindari oleh ibu hamil dan mampu mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah.

2. The Ordinary Azelaic Suspension 10%

 The Ordinary Azelaic Suspension 10%


The Ordinary Azelaic Suspension 10% photo by shopee.co.id

Larutan Asam Azelaic dari The Ordinary akan bekerja untuk menghilangkan jerawat hingga melembutkan kulit. Bunda akan merasakan wajah yang cerah setelah menggunakan produk ini secara rutin.

3. Bio Oil

Bio Oil

Bio Oil photo by orami.co.id

Produk yang satu ini akan membantu menghidrasi wajah Bunda dan penggunaannya aman untuk ibu hamil. Berfungsi menghilangkan dark spots dan hiperpigmentasi yang menjadi masalah sebagian ibu hamil.

4. Nature Republic Soothing and Moisture Aloe Vera 90% Toner

Nature Republic Soothing and Moisture Aloe Vera 90% Toner


Nature Republic Soothing and Moisture Aloe Vera 90% Toner photo by shopee.co.id

Produk toner dari Nature Republic ini tidak mengandung paraben yang terbukti berbahaya bagi ibu hamil. Kulit akan terasa halus , lembap, dan terhidrasi selama Bunda menjalani masa kehamilan.

5. Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum

Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum

Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum photo by albania-desertcart-com

Produk serum yang satu ini berfungsi mencegah masalah pigmentasi pada kulit di masa kehamilan. Mengandung vitamin C yang akan mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam di wajah.

6. Neutrogena Hydro Boost Gel Cream

Neutrogena Hydro Boost Gel Cream

Neutrogena Hydro Boost Gel Cream photo by walmart.com

Merupakan produk moisturizer yang mengandung Hyaluronic yang mampu melembapkan kulit wajah dan bersifat anti aging. Selain menghidrasi, moisturizer ini akan memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit baru sehingga lebih terawat.

7. Elta MD UV Clear SPF 46

Elta MD UV Clear SPF 46


Elta MD UV Clear SPF 46 photo by powaydermatology.com

Produk sunscreen yang mengandung Niacinamide, Zinc Oxide, dan Titanium Oxide yang tentu sangat aman digunakan oleh ibu hamil. Produk ini akan melindungi Bunda dari paparan sinar matahari yang berpotensi menyebabkan masalah kulit pada kehamilan.

8. Sensatia Botanicals Seastem Marine Essence.

Sensatia Botanicals Seastem Marine Essence

Sensatia Botanicals Seastem Marine Essence photo by shopee.co.id

Sensatia Botanica adalah merk skincare yang hanya menggunakan bahan bahan alami di dalam komposisi produknya. Bahan bahan alami yang di gunakan antara lain minyak cendana, argan oil, rosehip oil dan shea butter, sehingga sangat aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Saking alaminya merk skincare ini bahkan tidak menggunakan hewan sebagai uji coba produknya.

Hadir dalam varian skincare yang lengkap dari face cleanser hingga face essence. Dan umumnya cocok untuk berbagai kondisi kulit karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti sulfat, phthatale, paraben dan silikon.

Salah satu andalan merk ini adalah varian Face Essence-Sensatia Botanica Seastem Marine Essence. Dengan tekstur sangat ringan seperti air, sangat mudah meresap ke dalam kulit dan memberikan extra kelembapan yang tahan lama.

Selain itu varian andalan dari Sensatia Botanica lainnya adalah Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum dan Face Cleansernya- Original Soapless Facial Cleanser, pembersih wajah yang tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

9. The Body Shop

The body Shop

The body Shop photo by amazon.com

Dari sejak awal kemunculannya, brand ini mempromosikan dirinya sebagai produk perawatan wajah dan tubuh yang hanya memformulasikan bahan bahan alami di setiap kandungan didalamnya tanpa melakukan pengujian produk terhadap hewan.

Merk ini menyediakan varian lengkap dari perawatan kulit, rambut, make up dan lain lain.

10. Sebamed Moisturizing Cream

Sebamed Moisturizing Cream

Sebamed Moisturizing Cream photo by bukalapak.com

Merk perawatan kulit ini berasal dari jerman, memiliki kandungan Ph yang sama dengan kulit yaitu 5.5, sehingga aman dan tidak menyebabkan iritasi.

Selain direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui juga dapat di pakai oleh anak anak.

Sebamed mempunyai rangkaian produk khusus untuk kulit sensitive, dan kering.

Salah satu variannya yaitu Sebamed Moisturizing Cream, diformulasikan sangat ringan, dan mencegah timbulnya jerawat dan masalah kulit sekaligus melembabkan.
Sangat cocok untuk kulit kering dan berminyak.

11. Bioderma

Bioderma Sensibio H2O

Bioderma Sensibio H2O photo by watsons.co.id

Merk perawatan wajah yang tak kalah alaminya adalah Bioderma.

Dilengkapi rangkaian produk perawatan untuk kulit sensitive. Produk ini menawarkan perpaduan bahan bahan alami yang aman bagi kulit.

12. Avoskin-Perfect Hydrating Treatment Essence

Avoskin-Perfect Hydrating Treatment Essence

Avoskin-Perfect Hydrating Treatment Essence photo by shopee.co.id

Menggunakan bahan bahan seperti tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan sebagai komposisi utama di dalam produknya, Avoskin hadir sebagai merk skincare lokal yang memanfaatkan kearifan alam tropis.

Tersedia dalam berbagai varian produk perawatan kecantikan salah satunya adalah Perfect Hydrating Treatment Essence. Face essence ini bekerja untuk mencerahkan, mengurangi bintik hitam dan memperbaiki tekstur kulit.

Sangat alami dan dapat direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui

13. Neogen-British Rose Body Essence

Neogen

Neogen photo by farmaku.com

Kualitasnya tidak perlu di ragukan lagi karena merupakan merk skincare asal korea. Diformulasikan dengan bahan bahan alami dan organik.

Jangan lewatkan berbagai varian produknya yang bisa bunda coba.

14. Safi Rejuvenate and Brighten Radian Day Emulsion SPF 25

Safi Rejuvenate and Brighten Radian Day Emulsion SPF 25

Safi Rejuvenate and Brighten Radian Day Emulsion SPF 25 photo by klikindomaret.com

Safi adalah merk kosmetik asal malaysia yang sudah terkenal selama 30 tahun. Dikenal sebagai kosmetik yang halal proses pembuatannya, hanya menggunakan bahan alami seperti habbatussauda dan jintan hitam.

Salah satu rangkaian produk yang terkenal aman untuk di gunakan untuk ibu hamil adalah Safi Rejuvenate and Brighten Radian Day Emulsion SPF 25. Bekerja melindungi kulit dari radikal polusi dan radikal bebas, Krim ini aman untuk diaplikasikan untuk ibu hamil sebagai krim sehari hari. Hal ini dikarenakan kandungannya bebas alkohol dan gelatin. Selain itu produk hanya bekerja dipermukaan kulit dan tidak masuk ke dalam darah.

15. Innisfree – Perfect UV protection cream triple care SPF50+/PA+++ 50mL

Innisfree – Perfect UV protection cream triple care SPF50

Innisfree – Perfect UV protection cream triple care SPF50+/PA+++ 50mL photo by shopee.co.id

Merk Skin Care asal Korea ini hanya memanfaatkan bahan bahan alami khas pulau Jeju dalam kandungannya..

Sunscreen adalah varian skincare yang tersulit di cari yang aman untuk ibu hamil. Bunda bisa coba Perfect UV protection cream triple care SPF50+/PA+++ 50mL

16. Kiehl’s- SUPERBLY RESTORATIVE ARGAN BODY LOTION

Kiehl's- SUPERBLY RESTORATIVE ARGAN BODY LOTION

Kiehl’s- SUPERBLY RESTORATIVE ARGAN BODY LOTION photo by shop.stanstedairport.com

Memilih skincare yang aman untuk ibu hamil bukanlah perkara mudah. Bunda harus teliti membeli dan selalu mengecek bahan bahan yang terkandung didalamnya demi keamanan janin.
Namun tidak semua skincare memiliki kandungan yang berbahaya untuk janin. Kielh’s mengerti kebutuhan ibu hamiml dan mengeluarkan rangkaian produk skincare ayng aman, terbuat hanya dari bahan alami dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Dan tentunya telah teruji secara klinis untuk keamanannya

Dalam masa kehamilan, kondisi kulit itu hamil berbeda beda. Ada ibu hamil yang cenderung memiliki kulit kusam, kering dan muncul stretch mark. Melakukan pencegahan dini lebih baik agar stretch mark tidak menjadi permanen.

Bunda bisa gunakan produk andalah Kielh’s yaitu SUPERBLY RESTORATIVE ARGAN BODY LOTION secara teratur untuk menjaga kelembapannya

 

Itulah beberapa kandungan dan rekomendasi skincare yang aman untuk ibu hamil dari Dunia Bunda. Bunda tetap mampu memberikan nutrisi pada kulit selama kehamilan tanpa perlu was-was dengan komposisi yang berbahaya.

Selalu perhatikan kandungan setiap produk skincare yang Bunda miliki untuk mendapatkan hasil perawatan kulit atau wajah secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *