14 Merk Susu Untuk Ibu Hamil Yang Bagus Untuk Perkembangan Janin

4 bulan lalu, by duniabunda

Susu untuk ibu hamil

Memenuhi nutrisi selama kehamilan sangat penting bagi pertumbuhan janin dan kesehatan Bunda. Asupan nutrisi yang kurang tentunya akan meningkatkan risiko janin mengalami gangguan, seperti berat badan lahir yang rendah dan hambatan pada tumbuh kembang si kecil. Sedangkan bagi Bunda, kurangnya asupan nutrisi bisa menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya jika kekurangan kalsium selama kehamilan Bunda berisiko mengalami osteoporosis. Jadi, asupan nutrisi merupakan faktor utama yang menentukan kesehatan si kecil dan Bunda. Asupan kalsium tambahan bisa didapat dalam produk susu. Susu untuk ibu hamil umumnya kaya akan kalsium sehingga penting untuk di konsumsi untuk mendukung perkembangan janin

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Selama Masa Kehamilan

Beberapa nutrisi yang harus Bunda penuhi selama kehamilan, antara lain:

  1. Karbohidrat, seperti roti, nasi, mie, pasta.
  2. Protein, seperti telur, daging, tempe, ikan atau kacang-kacangan
  3. Asam folat, seperti alpukat, brokoli, bayam, sereal
  4. Zat besi, seperti daging, telur, sayuran berwarna hijau
  5. Serat dan vitamin, seperti sayur dan buah
  6. Lemak, namun tidak dalam jumlah yang berlebihan ya Bund

Nah, selain makanan di atas ada satu nutrisi yang tidak kalah pentingnya, yaitu kalsium. Kalsium memiliki fungsi yang penting dalam pembentukan tulang dan otot yang kuat bagi si kecil. Kalsium juga diperlukan untuk menjaga detak jantung agar selalu stabil dan sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik. Selain menggunakan suplemen kalsium, Bunda juga bisa memperolehnya dari makanan atau minuman, salah satunya adalah susu. Susu sudah terkenal sejak dahulu sebagai sumber kalsium bagi tubuh, baik untuk anak-anak sampai lanjut usia. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang susu khusus ibu hamil, mari kita pelajari terlebih dahulu manfaat susu saat kehamilan.

Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil

  1. Susu merupakan minuman yang sangat bergizi dan merupakan kaya akan kalsium dan vitamin D yang diperlukan saat kehamilan. Berdasarkan penelitian, Bunda yang mendapatkan asupan Vitamin D yang cukup selama kehamilan dapat menurunkan risiko bayi mengalami alergi di masa mendatang. Bunda juga membutuhkan kalsium sekitar 1.000 mg sampai 1.300 mg setiap harinya untuk mendukung perkembangan si kecil. Dokter juga akan memberikan suplemen kalsium untuk membantu pemenuhan jumlah kalsium setiap harinya.
  2. Mendukung pertumbuhan janin dan membantu si kecil memiliki tulang yang sehat dan tumbuh tinggi di masa mendatang.
  3. Susu kaya akan protein, asam amino, lemak yang penting untuk perkembangan sistem saraf si kecil. Susu kaya akan kalsium dan zat besi, selain membantu pertumbuhant ulang juga membantu untuk mengangkut oksigen dari tubuh Bunda ke janin. Susu juga mengandung vitamin A, B dan D yang juga tidak kalah pentingnya untuk pertumbuhan janin.
  4. Konsumsi susu selama kehamilan juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit, seperti multiple sclerosis dan osteoporosis.

Kapan sebaiknya minum susu untuk ibu hamil?

Bunda sudah bisa memulai menkonsumsi susu sejak merencanakan kehamilan. Tujuannya agar cadangan nutrisi terpenuhi sejak awal terbentuknya janin yaitu dimasa awal kehamilan.

Untuk masa kehamilan yang tergolong masih muda yaitu 4 minggu-an atau 1-3 bulan. Sebagian Ibu hamil sudah mulai merasakan morning sickness dan mual mual. Bunda bisa mengantisipasinya dengan mencoba susu dengan kandungan tertentu yang dipercaya dapat membantu mengurangi rasa mual selama mengkonsumsinya.
Dan jika morning sickness sudah terlewati, disekitar usia kehamilan 4 bulan dan 5 bulan bunda juga bisa mencoba susu lainnya dengan berbagai varian rasa yang Bunda sukai.

Perbedaan Susu Untuk Ibu Hamil dan Susu Biasa

Nah, saat ini sudah banyak produk susu yang dikhususkan untuk ibu hamil. Kira-kira apa ya bedanya dengan susu pada umumnya? Yuk, simak ulasan dari kami Bund!

Susu khusus ibu hamil dibuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, misalnya dengan kandungan asam folat, kalsium, vitamin dan mineral. Namun, ternyata susu khusus ibu hamil tidak selalu diperlukan jika Bunda sudah mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium yang cukup. Tidak mesti susu khusus ibu hamil loh, Bunda juga bisa mengonsumsi susu sapi, susu kambing, atau susu yang terbuat dari tanaman, seperti susu kedelai, atau susu almond.

Susu sapi mengandung banyak protein, lemak dan kalsium, serta vitamin A. Namun, kandungan laktosa dari susu sapi bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan, seperti diare, kembung. Kondisi ini dikenal dengan intoleran terhadap laktosa. Tapi, tidak disarankan untuk mengonsumsi susu murni ya Bund. Susu murni biasanya merupakan susu tanpa pasteurisasi. Pasteurisasi merupakan proses untuk membunuh bakteri pada susu yang berisiko menyebabkan penyakit melalui pemanasan dengan suhu tinggi. Susu yang belum dipasteurisasi berisiko mengandung bakteri atau patogen yang berbahaya baik bagi janin maupun Bunda, sehingga lebih baik untuk menghindarinya selama kehamilan.

Nah, jika Bunda alergi dengan susu sapi, Bunda bisa menggantinya dengan susu yang terbuat dari tanaman. Kandungan kalsium dari susu dengan bahan dasar tanaman memang lebih rendah dibandingkan susu hewani, namun saat ini produk susu dengan bahan tanaman sudah banyak difortikasi dengan berbagai macam vitamin dan mineral. Pastikan Bunda membaca kandungan gizi sebelum mengonsumsinya.

Merk Susu Untuk Ibu Hamil yang Bagus

Namun, juga tidak ada salahnya jika Bunda ingin mengonsumsi susu khusus untuk ibu hamil. Nah, agar Bunda tidak bingung menentukan produk susu yang akan digunakan, kali ini kami akan rangkumkan berbagai merk susu yang ada di pasaran khusus untuk Bunda!

1.Prenagen Mommy

prenagen mommy

prenagen mommy

Prenagen mommy menyediakan asupan nutrisi yang lengkap bagi tumbuh kembang si kecil. Susu ini juga dilengkapi dengan kandungan DHA dan kolin. Keduanya memiliki manfaat untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil. Selain itu, juga memiliki kandungan zat besi, protein, kalsium, vitamin D, mangnesium, fosfor, omega-3, omega-6 dan asam folat. Prenagen Mommy tersedia dalam beberapa rasa, yaitu cokelat, vanilla, moka, strawberry, dan kacang hijau. Selain susu bubuk, Prenagen Mommy juga tersedia dalam bentuk kemasan kecil siap minum, sehingga lebih praktis untuk dibawa jika Bunda bepergian.

2.Prenagen Emesis

prenagen mommy emesis

prenagen mommy emesis

Selain Prenagen Mommy, PT Kalbe juga mengeluarkan varian susu ibu hamil lainnya, yaitu Prenagen emesis. Selain mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, susu ini dilengkapi dengan kandungan vitamin B6 yang sudah teruji secara klinis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah hingga 90%, sehingga asupan nutrisi Bunda dan si kecil dapat tetap terpenuhi. Tersedia dalam 2 varian rasa, yaitu cokelat dan vanilla delight.

3.Prenagen Yogurth

prenagen yogurt

prenagen yogurt

Produk susu Prenagen memang tidak tanggung-tanggung, memiliki banyak varian rasa dan kegunaan, mulai dari persiapan kehamilan, nutrisi selama kehamilan dan menyusui. Nah Prenagen yogurth ini adalah inovasi baru dari PT Kalbe dan merupakan susu khusus ibu hamil pertama dengan kandungan yogurth. Prenagen Yogurh hadir dengan rasa strawberry blush dan merupakan susu bubuk dengan bahan dasar susu fermentasi yang dilarutkan dalam air dingin. Yogurth dalam bentuk bubuk dilengkapi dengan Vitamin B6 dan protein, asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D, omega 3, serta rendah lemak, sehingga selain bernutrisi juga dapat membantu Bunda untuk menjaga salauran pencernaan.

4.Nestle Mom & Me

nestle mom and me

nestle mom and me

Sesuai dengan nama produk “Mom and Me”, susu ini menyediakan nutrisi tidak hanya untuk janin, tetapi juga untuk Bunda. Kandungan Nestle Mom & Me adalah asam folat, zat besi, kolin, DHA dan tentunya kalsium.

5.Anmum Materna

anmum materna

anmum materna

Selain menyediakan asupan asam flat, DHA, kalsium dan zat besi, Anmum materna memberikan tambahan kandungan Inulin. Inulin merupakan salah satu jenis serat dan sumber karbohidrat yang diperoleh dari tumbuhan. Inulin bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan Bunda selama kehamilan dengan memberikan bakteri baik pada usus. Kandungan Inulin ini juga dapat membantu Bunda agar tidak sembelit. Susu ini hadir dengan rasa buah strawberry dengan campuran coklat putih, sehingga Bunda tidak mual ketika mengonsumsinya.

6.Bebemama

bebe mama

bebe mama

Bebemama hadir dengan rasa vanilla dan berry. Nah, yang berbeda dari Bebemama adalah penambahan kandungan minyak ikan. Minyak ikan kaya akan kandungan omega-3 yang baik untuk perkembangan otak si kecil.

7.Enfamama A+

enfamama A+

enfamama A+

Enfamama A+ hadir dengan kandungan nutrisi yang tidak kalah lengkapnya dengan produk susu lainnya, yaitu asam folat, zat besi, kalsium, vitamin C, dan protein, serta serat pangan yang tentunya berguna bagi Bunda dan si kecil. Nah, uniknya susu ini tidak hanya dapat digunakan selama kehamilan, tapi juga disarankan untuk digunakan saat Bunda menyusui, karena dapat memberikan asupan nutrisi tinggi ke air susu Bunda.

8.Frisomum Gold Dualcare+

frisomum gold

frisomum gold

Produk susu ini dapat digunakan selama kehamilan dan menyusui, mengandung prebiotik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi konstipasi atau sembelit yang sering dialami oleh ibu selama kehamilan. Susu ini mengandung zat besi, kalsium dan ALA/LA yang merupakan asam lemak penting bagi perkembangan sel yang normal.

9.Lactamil Pregnasis

lactamil pregnasis

lactamil pregnasis

Lactamil Pregnansis bisa menjadi pilihan bagi Bunda yang menyukai rasa susu coklat. Produk susu ini hadir dengan formula ADIK+, yaitu asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium.

10.Lovamil

lovamil

lovamil

Lovamil merupakan hasil produksi dari PT Kalbe, sama seperti susu Prenagen. Lovamil memiliki harga yang lebih ekonomis, dengan formula “CINTA” yang merupakan singkatan dari Cerna, Impian, Nutrisi tambahan, Tumbuh dan Aktivitas. Hal tersebut tercapai dengan kandungan dari susu Lovamil, yaitu serat pangan (inulin), omega-3, omgea 6, vitamin, kalsium, fosfor serta zat besi. Kandungan lengkap dengan harga ekonomis bisa dijadikan pilihan Bunda.

11.SGM Bunda

sgm bunda

sgm bunda

SGM Bunda hadir dengan formula Complinutri, yaitu nutrisi khusus untuk masa kehamilan hingga menyusui dan tinggi akan kandungan mikronutrisi. SGM Bunda juga mengandung omega-3, omega-6, inulin, vitamin B, vitamin C, vitamin D, kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc, serta nutrisi penting lainnya.

12.Frisian Flag Mama

frisian flag mama

frisian flag mama

Frisian Flag Mama dilengkapi dengan kandungan asam folat, inulin, zat besi dan mengandungan banyak vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk pertumbuhan janin dan kesehatan Bunda.

13.SUN Ibu

sun ibu

sun ibu

SUN Ibu memiliki rasa buah strawberry yang dikombinasikan dengan vanilla. Sama seperti dengan susu ibu hamil lainnya, SUN diperkaya dengan nutrisi yang diperlukan Bunda dan janin.

14.Vidoran Ibunda

vidoran ibunda

vidoran ibunda

Saat ini, Vidoran Ibunda merupakan susu satu-satunya yang mengandung nutrisi tambahan cod liver oil, yang telah diketahui kaya akan DHA dan EPA untuk perkembangan otak si kecil, serta juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A yang baik untuk mata si kecil.

Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Selain susu, Bunda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium sebagai sumber kalsium tambahan. Makanan ini juga bisa sebagai alternatif jika Bunda tidak menyukai susu.

•Keju
•Yogurth
•Ikan, seperti ikan sarden, ikan teri
•Kacang kedelai
•Tahu

Pada dasarnya, semua merk susu hamil yang beredar di pasaran memiliki kandungan yang hampir mirip, karena memang tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dan Bunda. Oleh karena itu, tidak ada produk susu yang lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Jadi, Bunda bebas untuk memilih produk susu kemasan atau susu yang berasal dari tanaman, seperti kedelai atau almond, karena yang terpenting adalah asupan kalsium dan nutrisi yang dikonsumsi harus cukup untuk memenuhi kebutuhan si kecil dan Bunda.

Bunda jangan lupa baca juga Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi Untuk Ibu Hamil ini ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *