14 Tanda Tanda Bunda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

1 bulan lalu, by duniabunda

tanda tanda akan melahirkan

Apakah bunda sedang menantikan kelahiran sang buah hati? Apa saja tanda tanda bunda akan segera melahirkan? Penasaran kan? Yuk kita simak ulasan berikut ini

Tak terasa perkiraan waktu melahirkan sudah semakin dekat ya bun. Sembilan bulan berlalu dengan begitu cepat. Setelah sembilan bulan mengandung, kini saatnya si kecil lahir ke dunia, semakin melengkapi hidup ayah dan bunda.

Bagaimana perasaan bunda?

Tentunya perasaan senang, sumringah sekaligus gugup bercampur menjadi satu. Kekhawatiran menjelang persalinan nanti merupakan hal yang lumrah.

Tahukah bunda? Jauh sebelum bunda merasakan kontraksi, tubuh sebenarnya sudah memberi tanda tanda bahwa bayi anda akan segera lahir.

Beberapa ibu hamil mungkin tidak menyadarinya. Tetapi, dengan mengetahui tanda tanda tersebut bunda akan jauh lebih siap menjalani proses persalinan.

Apa saja tanda tanda itu bunda?

Waktu melahirkan tidak bisa diprediksi dengan tepat. Bahkan walaupun setelah dokter memberikan tanggal perkiraan kelahiran, proses melahirkan bisa lebih awal atau mundur sampai 2 minggu dari hari perkiraan lahir lho…

Nah itulah pentingnya bunda harus lebih peka terhadap perubahan tubuh yang merupakan tanda tanda bahwa proses kelahiran akan segera terjadi.

Apa Saja Tanda Tanda Bunda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

1. Nafsu Makan Meningkat atau Malah Tidak Nafsu Makan

Pada trimester akhir ini umumnya ibu hamil sedang memiliki nafsu makan yang tinggi tingginya. Hal ini pulalah yang menyebabkan kenaikan berat badan meningkat drastis, disamping itu memang pada tahap ini janin memerlukan asupan gizi yang lebih banyak untuk proses pertumbuhan janin itu sendiri.

Namun, ada pula ibu hamil yang justru mengalami penurunan nafsu makan tiba tiba setelah memasuki bulan terakhir di trimester ketiga ini. Hal ini semata mata disebabkan oleh rasa khawatir dan gugup yang berlebihan menghadapi proses persalinan nanti.

2. Keputihan Semakin Menjadi

Disebabkan oleh produksi lendir yang berlebih yang keluar dari jalan lahir.  Produksi lendir ini sendiri sebagai akibat dari meningkatnya intensitas aliran darah yang mengalir ke serviks.

Disamping itu keputihan dapat diartikan sebagai proses alami oleh tubuh dalam mempersiapkan kelahiran bayi dengan membersihkan area leher rahim dan jalan lahir.

3. Merasa Lebih Lega dan Ringan Karena Posisi Bayi Sudah Menurun

Apakah pada pekan-pekan kelahiran ini bunda tiba tiba akan merasakan perasaan yang ringan dan bisa bernafas lega?

Ya, hal ini disebabkan menurunnya posisi bayi ke area panggul sehingga mengurangi tekanan pada diafragma berkurang.

Tidak seperti bulan bulan sebelumnya yang bunda merasakan sesak, kali ini bunda bisa bernafas lega.

4. Sering Buang Air Kecil

 

sering buang air kecil tanda akan melahirkan

sering buang air kecil tanda akan melahirkan

Nah, berkebalikan dengan kondisi paru paru yang kini bisa bernafas lebih lega.

Posisi janin yang turun akan semakin menekan kandung kemih sehingga menyebabkan bunda jadi lebih sering berkemih.

Jangan ditahan ya bun. Karena dapat mengakibatkan penyakit infeksi kandung kemih jika ditahan.

5. Kram Perut dan Nyeri Punggung

Selain keputihan, respon alami tubuh dalam mempersiapkan kelahiran bayi adalah dengan terjadinya pergeseran pada tulang sendi dan ikatan ikatannya. Hal ini untuk memudahkan jalan lahir.

Terjadinya peregangan pada otot dan sendi tubuh ini menyebabkan adanya tekanan dan kram di area panggu dan dubur. Area paha dan punggungpun akan kerab terasa nyeri.

Selain itu gerakan bayi yang semakin kuat menekan tulang belakang sehingga bertambah nyeri.

6. Proses Pembukaan Jalan Lahir

Nah hal selanjutnya yang menandakan sang buah hati akan segera lahir adalah terjadinya proses pembukaan atau terbukanya leher rahim.

Umumnya pelebaran rahim terjadi secara bertahap, dimulai beberapa hari sebelum hari kelahiran. Menjelang kelahiran proses pembukaan akan semakin cepat dan diiringi dengan adanya kontraksi.

Ketika sudah mendekati waktu persalinan, dokter akan mengecek lebar rahim dengan memasukkan jari tangan ke jalan lahir untuk memastikan apakah rahim sudah cukup lebar untuk keluarnya kepala bayi.

Jika lebar rahim sudah mencapai 10 cm atau 10 jari tangan yang di masukkan, maka hal itu berarti proses persalinan sudah bisa dimulai.

7. Leher Rahim Menipis

Untuk memudahkan proses melebarnya leher rahim, maka kondisi leher rahim akan lebih menipis dan menjadi lebih flexible.

8. Gangguan Pada Proses Pencernaan

Tidak semua wanita hamil mengalami gejala ini. Namun gangguan ini umumnya akan di alami karena pergerakan usus yang aktif akibat hormon melahirkan yang sedang diproduksi oleh tubuh.

Beberapa ibu hamil akan mengalami diare, mual dan muntah-muntah.

9. Muntah

Sebagian besar disebabkan oleh efek psikologis seperti kekhawatiran, rasa takut, rasa sakit dan euphoria menjelang kelahiran.

Penting bagi bunda untuk menenangkan kondisi psikologis dengan berlatih melakukan olahraga nafas atau meditasi. Pengaturan nafas di percaya dapat mengurangi intensitas rasa sakit akibat kontraksi.

Bunda juga dapat berkeluh kesah dengan pasangan atau keluarga untuk sekedar mengurangi beban psikologis menjelang proses persalinan.

10. Perubahan Fisik dan Energi Tubuh

Banyak sekali perubahan fisik dan siklus tubuh yang terjadi pada masa kehamilan semester akhir ini. Salah satunya adalah gangguan pada sistem pencernaan karena perut yang semakin membesar.

Selain itu gangguan susah tidur kerab dialami oleh ibu hamil. Hal ini di sebabkan oleh ketidaknyamanan dalam posisi tidur karena perut yang semakin membesar dan aktivitas bolak balik ke kamar mandi untuk berkemih sepanjang malam.

Semua hal itu cukup menguras energi. Sehingga sebagian besar ibu hamil mengeluhkan cepat merasakan kelelahan.

Namun ada juga ibu hamil yang merasakan sebaliknya. Seperti merasa penuh energi, lebih aktif dan jadi senang bersih bersih.
Nah, hal ini juga merupakan pengaruh psikologis karena senang menyambut dedek bayi yang akan segera lahir.

11. Perubahan Mood

Nah pengaruh perubahan fisik dan psikologis yang cukup besar menyebabkan bunda kerab merasa stress dan kelelahan.

Hal ini pun berangsur akan mempengaruhi mood bunda. Sehingga dapat menjadi mudah marah dan tersinggung.

Kurangi rasa stress dan khawatir dengan banyak banyak membaca buku tentang melahirkan ya bun.

12. Kontraksi Dengan Durasi dan Pola Yang Teratur

Nah akhirnya saat yang dinantikan tiba. Bunda pun merasakan kontraksi.

Diawali dengan perasaan tidak nyaman dan nyeri di bagian perut bawah.

Rasa nyeri awalnya akan berlangsung hanya sebentar. Namun setelah beberapa jam bunda akan merasakan kembali rasa nyeri dengan intensitas yang lebih sakit dari sebelumnya. Semakin lama durasi jeda kontraksi semakin pendek dan diiringi dengan rasa nyeri yang semakin menjadi.

Nyeri yang dirasakan menyerupai menstruasi namun lebih kuat.

Terjadinya kontraksi akan di iringi proses pembukaan leher rahim yang semakin besar.

Namun, jika bunda merasakan kontraksi yang durasi jedanya tidak teratur dan jarang. Hal itu bisa jadi adalah kontraksi palsu. Rasa nyeri saat kontraksi palsu akan hilang sendiri begitu bunda berubah posisi seperti dengan duduk atau tiduran. Pada kontraksi yang asli, rasa sakit tidak akan hilang walaupun bunda merubah posisi tubuh.

Inilah saat yang tepat bagi bunda untuk melatih pernafasan untuk meringankan nyeri yang bunda rasakan. Minta pasangan juga untuk menemani dan memberi semangat.

13. Pecah Ketuban

Kantung ketuban merupakan kantung berisi cairan didalam rahim yang melindungi janin.

Pecahnya kantung ketuban berupa cairan yang menetes dan merembes sedikit demi sedikit dari jalan lahir. Biasanya berwarna bening dan sedikit merah muda.

Dan umumnya akan terjadi beberapa jam sebelum melahirkan.

Segera datangi rumah bersalin yang terdekat ya bun. Jangan dibiarkan karena dapat membahayakan janin.

14. Perut Terasa Mengeras

Tanda tanda bunda akan segera melahirkan berikutnya adalah perut yang terasa mengeras.
Hal ini disebabkan oleh rasa mulas dan selain itu merupakan cara alami tubuh untuk mendorong agar bayi turun ke bawah.

Nah itulah beberapa tanda tanda kalau bunda akan segera melahirkan. Jika Bunda merasakan beberapa dari tanda di atas, Bunda patut mempersiapkan diri ya.

Yang terpenting adalah tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan jangan terlalu kelelahan.

Sehat selalu ya Bunda…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *