8 Tips Melangsingkan Perut dan Menurunkan Berat Badan sehabis Melahirkan

1 bulan lalu, by duniabunda

tips melangsingkan pertu setelah melahirkan

Apakah Bunda pernah bertanya-tanya bagaimana caranya agar perut Bunda langsing kembali setelah melahirkan? Apakah Bunda cemas tubuh Bunda tidak akan selangsing dulu lagi?

Saya rasa sebagian besar ibu hamil, pasti sangat mengkhawatirkan bagaimana jadinya perut mereka setelah persalinan. Memiliki perut yang masih besar padahal sudah tidak ada bayi lagi memang sungguh tidak menyenangkan. Banyak ibu hamil yang setelah bayinya lahir membayangkan dirinya bisa memakai pakaian yang biasa dipakai sebelum hamil, sekian waktu berlalu, dan hal itu hanyalah kenangan. Apakah Bunda ingin hal itu terjadi??

Mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil memang tidak mudah, namun itu bukanlah hal yang tidak mungkin, tergantung niat dan kesabaran Bunda.

Tips Melangsingkan Perut Sehabis Melahirkan

Berikut tips cara melangsingkan perut sehabis melahirkan

1. Minumlah banyak air putih.

Jauhi minuman bersoda,dan minuman yang mengandung banyak gula. Pastikan bahwa setidaknya untuk beberapa bulan ke depan, minuman pilihan Bunda adalah air Menguruskan badan seusai melahirkan memang butuh pengorbanan, namun hasilnya akan membuat Bunda senang.

2. Kurangi karbohidrat buruk.

Salah satu poin penting untuk melangsingkan perut adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat buruk Bunda seperti roti putih, produk yang terbuat dari beras, tepung, juga hindari/kurangi asupan bentuk lain dari karbohidrat seperti, kue, coklat, kentang goreng, makanan yang sudah melalui banyak proses tersebut minim gizi tapi kaya karbohidrat buruk.

Sebagai gantinya Bunda bisa mengkonsumsi, makanan yang berbahan dasar gandum, cereal, roti gandum, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

3. Jangan remehkan menyusui.

Salah satu hal termudah bagi saya untuk melangsingkan perut setelah melahirkan adalah dengan menyusui. Menyusui adalah hal terbaik yang bisa Bunda lakukan, karena bagus untuk kesehatan bayi Bunda dan Bunda.

Rahim akan berkontraksi ketika Bunda menyusui, hal ini yang menyebabkan rahim bunda cepat kembali ke ukuran semula.Menyusui akan membuat perut Bunda lebih cepat kembali normal ketimbang yang tidak menyusui, karena dengan menyusui juga akan membantu Bunda membakar kalori secara mudah dan menyenangkan.

4. Lakukan olahraga ringan.

Bunda bisa mulai dengan berjalan kaki setidaknya 3 kali seminggu, kalau Bunda sudah terbiasa, Bunda bisa tingkatkan lagi frekuensinya misalkan 5 kali seminggu. Bunda tidak usah berjalan kaki terlalu lama dan terlalu memaksakan diri Bunda, lakukan semampunya. Jika Bunda hanya kuat 30 menit saja, tidak perlu memaksakan diri untuk berjalan kaki selama 1 jam.

Jika Bunda benar-benar ingin melangsingkan perut sesudah melahirkan, maka hal yang harus Bunda ingat adalah, Bunda harus konsisten. Buat berjalan kaki sebagai daftar prioritas dari kegiatan harian Bunda. Jika Bunda malas dan tidak ada waktu untuk berjalan kaki di luar rumah, Bunda bisa melakukanya di dalam rumah, Bunda bisa berkeliling-keliling rumah.

Setelah kondisi Bunda memungkinkan, biasanya setelah 6 minggu pasca persalinan Bunda bisa melakukan olahraga lainnya seperti berenang, ataupun olahraga lainnya, yang penting badan Bunda bergerak

5. Sit up.

Lakukan sit up lantai. Ini adalah salah satu dari cara terbaik untuk melangsingkan perut setelah melahirkan. Tidak perlu terlalu banyak, 3 kali seminggu saja sudah cukup kok. Yang terpenting adalah Bunda melakukannya dengan tepat, bukan berapa banyak repetisi yang Bunda lakukan.

Jika Bunda merasa terlalu lelah sebaiknya jangan dipaksakan mengingat kondisi fisik wanita setelah melahirkan belumlah pulih betul. Dan sit up sebaiknya baru dimulai 6 minggu setelah melahirkan dan Bunda sudah tidak mengeluarkan darah lagi, ingat konsultasikan dengan dokter dulu ya.

6. Pakai korset.

Korset berguna untuk menahan otot perut Bunda seperti sebelum hamil dan menahan supaya perut tidak menggelambir. Perlu waktu yang lama untuk mengembalikan otot perut Bunda seperti sediakala, karena otot perut Bunda sudah meregang 9 bulan lamanya. Setidaknya dengan menggunakan korset, Bunda akan merasa lebih nyaman, dan postur tubuh akan terlihat bagus.

7. Buatlah rencana yang realistis.

Bunda perlu menyisihkan waktu untuk membuat rencana tertulis, mengenai berapa kilogram berat badan yang Bunda inginkan? berapa lama? Setiap bulan Bunda ingin turun berapa kilo?

Buatlah rencana yang masuk akal. Karena berat badan Bunda saat hamil tidak bertambah seketika tetapi bertahap setiap bulannya, begitupula dengan saat Bunda ingin menurunkan berat badan Bunda kembali, mungkin Bunda butuh waktu 9 bulan untuk membuat berat badan Bunda kembali seperti semula dan stabil. Saya kurang setuju dengan yang diet habis-habisan supaya berat badan cepat turun dalam waktu singkat, diet seperti ini hasilnya hanya sementara, karena yang terpenting adalah bukan cepat turun saja tapi apakah berat Bunda mampu stabil, bukan naik turun. Mengembalikan berat badan seperti semula perlu kesabaran dan waktu.

8. Jangan makan berlebihan.

Menyusui bukanlah alasan untuk makan berlebihan. Perhatikan apa yang Bunda makan kalau Bunda benar-benar serius ingin melangsingkan perut Bunda. Bila perlu tanyakan pada dokter Bunda makanan apa saja yang diperlukan ibu menyusui. Ingat Bunda tetap harus makan karena Bunda punya bayi, namun pastikan bahwa Bunda tidak makan berlebihan.

Setiap wanita yang baru melahirkan sangat dicemaskan dengan berat badannya. Bisakah berat badan saya kembali normal? Dengan usaha dan motivasi, berat badan Bunda bisanya akan kembali normal kurang lebih 9 bulan.

Jika berat badan Bunda belum juga kembali dalam waktu setahun, mungkin ada yang salah, coba teliti lagi apa-apa saja yang sudah Bunda lakukan. Memang menurunkan berat badan bagi kebanyakan wanita tidaklah mudah, mengingat setelah melahirkan banyak sekali hal yang harus diperhatikan dan dilakukan seperti merawat bayi Bunda, namun dengan kemauan yang keras dan motivasi yang kuat, pasti ada waktu luang yang bisa Bunda sisihkan untuk diri Bunda. Dan ketika Bunda berhasil melakukannya, Bunda akan merasa senang sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *