Tips Memilih Tempat Bersalin yang Nyaman

3 bulan lalu, by duniabunda

tips memilih tempat bersalin yang nyaman

Sebaiknya sejak kandungan sudah memasuki trimester kedua, Bunda sudah harus mulai memilih rumah bersalin untuk persalinan nanti. Apakah di rumah sakit atau rumah bersalin, dekat rumah atau dekat kantor, yang fasilitasnya seperti apa. Setiap rumah bersalin ada kelebihan dan kekuranganya, jadi tidak ada salahnya Bunda mengeceknya dahulu (window shopping) sebelum memutuskan.

Dalam memilih tempat bersalin ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti:

Budget/anggaran

Bila dana rumah sakit, Bunda tanggung sendiri, sebaiknya perhatikan terlebih dulu budget yang Bunda miliki. Pilihan tentu harus sesuai dengan kondisi keuangan Bunda karena setelah bayi lahir masih akan ada pengeluaran yang lain. Cermati betul, berapa perincian biaya melahirkan di sana. Komponen biaya itu meliputi:

1. Biaya melahirkan.

2. Kamar (fasilitas rawat inap).

3. Kemungkinan tindakan pembedahan (operasi Caesar).

Jarak tempat tinggal ke rumah bersalin

Sebaiknya pilih rumah sakit yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Bunda, jadi bila suatu saat Bunda mengalami kontraksi maka rumah sakit yang dituju bisa dijangkau dalam waktu singkat.

Perhitungkan juga perkiraan lama perjalanan di saat jam sibuk, ini untuk mengantisipasi, kalau-kalau bayi mendesak ingin lahir di luar perkiraan waktu.

Fasilitas

1. Tenaga ahli

Cermati jumlah dokter kandungan yang siap siaga, jumlah bidan, anestesi, dan jumlah dokter anaknya. Apakah dokter yang menangani Bunda selama kehamilan juga praktik di tempat tersebut (sebaiknya dokter yang menangani persalinan adalah dokter yang sama)? Apakah dalam keadaan mendesak para dokter tersebut bersedia dihubungi dan datang? Apakah bila terjadi kondisi darurat sementara dokter utama tidak ada di tempat, rumah sakit menyediakan fasilitas dokter kedua yang siap membantu memecahkan masalah sekaligus mengambil keputusan terbaik bagi pasien.

2. Jumlah kamar, luas, fasilitas dan suasana kamar.

3. Fasilitas Rooming In.

Dengan memilih fasilitas rooming in saat menentukan rumah bersalin, maka setelah proses melahirkan, bayi bunda akan di tempatkan di kamar Bunda sendiri, bukan dikamar khusus bayi.

Keuntungan dari fasilitas rooming in ini adalah, kemudahan dalam bunda untuk menyusui si kecil kapanpun bunda mau, selain itu bunda dapat mengenal ritme menyusu bayi lebih cepat. Terjaminnya si kecil mendapatkan asi akan semakin mendukung kesuksesan budan memberikan Asi Ekslusif kepada bayi.

4. Fasilitas konsultasi laktasi.

Ini penting agar Bunda tahu bagaimana menyusui yang benar sehingga proses menyusui Bunda berjalan lancar dan biasanya mereka juga akan memberikan banyak informasi penting perihal menyusui yang tidak banyak diketahui masyarakat umum, menyusui juga proses belajar dimana Bunda akan memerlukan sedikit panduan. Saya pernah ditertawakan teman saya, ketika saya ikut kelas menyusui. “masak menyusui aja pake ikut kelas?”. Namun ketika saya selesai ikut kelas, saya sadar kelas ini bermanfaat sekali terutama bagi ibu baru seperti saya yang tidak tahu apa-apa.

5. Fasilitas senam hamil.

Senam hamil penting sebagai persiapan melahirkan terutama yang berencana melahirkan secara normal. Senam hamil membantu anda untuk melatih pernafasan, melatih relaksasi, membantu mengurangi keluhan yang anda alami saat hamil tua, Bunda pun akan percaya diri untuk menghadapi proses persalinan nanti

Antisipasi keadaan darurat

Lakukan pengecekan apakah tersedia: ambulan, ruang operasi, Intensive Care Unit (ICU), Neonatal ntensive Care Unit (NICU).

Layanan siaga 24 jam

Pilihlah rumah sakit bersalin yang siaga 24 jam dan layanan hotlinenya dapat dihubungi kapanpun. Waktu bersalin yang tidak bisa diprediksi dapat diantisipasi. Ketika anda mulai merasakan tanda-tanda persalinan anda sangat dianjurkan untuk menelepon rumah sakit bersalin terlebih dahulu agar pihak rumah sakit bersiap-siap begitu anda tiba.

RS Pro IMD dan ASI Eksklusif

Rumah sakit yang mendukung keberhasilan Inisiasi Menyusu Dini dan ASI Eksklusif tentu menjadi pertimbangan utama. Jika Bunda berniat untuk memberikan ASI kepada bayi Anda, teliti prosedur yang ada di rumah sakit tersebut mengenai IMD dan ASI Eksklusif.

Sebelumnya, diskusikan rencana persalinan Bunda dengan dokter atau bidan yang menangani para ibu. Jika hak Anda dan bayi agar dapat melakukan IMD dan memberikan ASI tanpa suplemen lain tidak bisa dikabulkan, sudah saatnya anda berpikir untuk mencari rumah sakit lain.
Tidak semua rumah sakit mendukung pemberian asi eksklusif lho, beberapa rumah sakit sering tidak memberikan informasi yang benar mengenai asi, malah memberikan susu formula kepada bayi yang baru lahir dengan dalih supaya ibu bisa beristirahat.

Suasana

Kebersihan secara keseluruhan. Suasana lingkungan dengan memperhatikan jumlah dan keadaan kamar yang tersedia. Apakah suasananya terasa padat, hiruk-pikuk dan berisik, ataukah terasa tenang, nyaman dan bersuasana rumah. Ibu yang baru saja melahirkan, umumnya perlu waktu untuk istirahat di samping penyesuaian dengan kondisi barunya.

Memang tidak mudah memilih rumah bersalin, yang terpenting dari semuanya adalah, rumah bersalin mana yang menurut Bunda bisa membuat anda merasa nyaman saat melahirkan nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *