Tips Mencegah Karies Gigi Pada Anak

7 bulan lalu, by duniabunda

Tips Mencegah Karies Gigi Pada Anak

Perawatan gigi sangat penting karena dengan gigi yang sehat si kecil dapat mengunyah makanan dengan baik, selain itu gigi yang sehat dapat mempengaruhi perkembangan si kecil di tahap awal belajar berbicara seperti membentuk suara dan bunyi ketika berbicara dan pembentukan rahang mulutnya.

Tiap anak memerlukan waktu yang berbeda-beda untuk tumbuh gigi. Namun umumnya bayi dibawah 12 bulan sudah tumbuh gigi, rata-rata tumbuh 4 gigi. Dan ketika berusia 3 tahun pertumbuhan giginya bertambah pesat menjadi 20 gigi susu.

Cara mengajarkan balita menyikat gigi

Tentunya balita tidak dapat langsung menyikat gigi sendiri begitu saja. Pertama-tama bunda dapat mengajarkannya menyikat gigi dengan air matang untuk belajar berkumur. Pilihlah sikat gigi khusus bayi yang kecil dan berbulu halus agar si kecil nyaman menyikat giginya. Oleskan pasta gigi sedikit saja karena jika terlalu banyak dapat flourida pada pasta gigi dapat merusak tampilan giginya nanti.

Agar kegiatan menyikat gigi menjadi menyenangkan bagi si kecil, Bunda dapat memilihkan sikat gigi yang lucu-lucu baginya.

Tips Mengatasi Karies Gigi Pada Anak

1. Mulai kebiasaan menyikat gigi 2 kali sehari

Karies gigi biasanya muncul karena penumpukan sisa makanan pada gigi yang dapat menyerang enamel gigi sehingga gigi menjadi lubang. Lakukan rutinitas menyikat gigi 2 kali sehari pada anak. Ajari anak menyikat gigi setiap pagi setelah makan pagi dan pada malam hari setelah makan malam untuk mencegah karies gigi.

2. Bunda dan Ayah adalah teladan bagi anak

Jadilah contoh yang baik bagi si kecil. Bunda dan Ayah harus memberikan contoh dengan mengajak si kecil menyikat gigi bersama-sama di waktu-waktu tersebut.

3. Perbanyak asupan kalsium

Untuk membantu pembentukan dan memperkuat pertumbuhan gigi dan tulang,sebaiknya Bunda memperbanyak asupan keju dan susu dalam menu harian si kecil. Kurangi memberikan makanan manis seperti permen, coklat, kue atau wafer dan biskuit yang mengandung gula dan coklat berlebih karena dapat mempercepat timbulnya karies gigi.

4. Hindari makan sebelum tidur

Setelah menyikat gigi di malam hari, jangan memberikan asupan apapun lagi ke anak, walaupun itu hanya berupa minuman jus buah selain air putih. Karena minuman jus buah mengandung gula yang jika bayi tertidur dengan sisa-sisa minuman gula yang menempel digiginya dapat membentuk zat asam yang nantinya akan menyerang enamel gigi dan berlahan-lahan membentuk lubang pada gigi anak.

5. Ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Lakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali, agar dapat mendeteksi dini adanya lubang pada gigi anak. Deteksi dini ini sangat penting untuk menghindari masalah seperti sakit gigi pada si kecil.

Nah itu dia beberapa tips untuk mencegah karies gigi pada anak. Segera di praktekkan sedini mungkin ya Bun karena gigi yang sehat akan mempermanis senyum anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *