Tips Menghindari Stress karena Merawat Bayi

2 minggu lalu, by duniabunda

tips mengatasi stress karena merawat bayi

Di awal kelahiran sang buah hati, wajar jika Bunda merasa stress karena sibuk merawatnya. Itu artinya Bunda sedang perlu relaksasi. Yuk ikuti tips tips untuk menghindari stress karena merawat bayi berikut ini.

Banyak wanita yang saat hamil begitu menggebu-gebu menanti lahirnya sang buah hati tapi begitu bayinya lahir semua kebahagian yang ditunggu-tunggu berganti dengan rasa letih, stress rasanya ingin kembali seperti saat belum punya bayi.

Saya tidak akan berkata bahwa hal itu tidak benar.

Mengurus bayi memang sangat melelahkan apalagi jika harus merawat bayi Bunda sendirian, kadang jadi lupa mandi, lupa makan, rumah berantakan, tidak bisa jalan-jalan. Rasanya Bunda hanya terbenam kedalam rutinitas bersama bayi Bunda. Kalau sudah begini rasa bahagia karena punya bayi jadi berkurang loh.

Namun Bunda harus segera menyadari bahwa, merawat bayi bukanlah hal yang harus dijadikan beban tapi harus dinikmati detik tiap detiknya karena makhluk mungil itu tidak akan selamanya seperti itu. Semakin hari dia akan terus tumbuh dan berkembang dan suatu hari akan jadi mandiri dan sibuk dengan dunianya. Saat dia baru lahir jelaslah dia sangat membutuhkan sosok orangtua terutama ibu untuk memenuhi kebutuhannya. Yang bisa Bunda lakukan adalah bagaimana mengatur kembali waktu Bunda.

Yang dibutuhkan seorang bayi adalah sepasang orangtua yang bahagia. Jadi jika Bunda terlihat stress, letih dll, bayi Bunda juga tidak akan bahagia.

Tips Untuk Menghindari Stress Karena Merawat Bayi

Dunia Bunda punya beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk membuat kegiatan merawat bayi menjadi fun :

1.Berjalan-jalan.

Luangkanlah waktu Bunda setidaknya sekali seminggu untuk berjalan-jalan misalnya pergi ke mal atau ke tempat-tempat yang Bunda sukai.

2.Mandi.

Yang saya maksud disini bukanlah sekedar mandi namun mandi yang spesial. Mandilah secara perlahan, nikmati waktu mandi Bunda, lakukan yang Bunda sukai misalkan bernyanyi, menyikat tubuh, menggunakan scrub badan dll. Hal ini sangat membantu menenangkan Bunda.

3.Kunjungi teman.

Kunjungilah teman yang juga punya bayi supaya Bunda bisa berbagi, kalau tidak ada, Bunda bisa kunjungi teman yang biasanya berpikiran positif.

4.Kunjungi salon kecantikan.

Manjakan diri Bunda dengan potongan rambut baru atau nikmati kegiatan creambath, luluran, lakukan kegiatan yang mungkin tidak bisa anda lakukan dirumah.

5.Beristirahat.

Saat Bunda memperoleh waktu senggang saat beristirahat, jangan selalu merasa berkewajiban keluar rumah. Terkadang yang Bunda butuhkan hanya dengan menutup pintu kamar tidur dan rileks disana melakukan yang Bunda inginkan.

6.Lupakan perfeksionisme.

Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan Bunda padahal Bunda sudah berusaha semampunya, ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna.

Bunda tidak perlu merasa bersalah jika melakukan apa yang saya sebutkan diatas, Bunda layak dan harus meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak dari kegiatan merawat bayi. Ingatlah bahwa yang dibutuhkan bayi Bunda adalah orangtua yang bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *