12 Tips Membuat Bayi Yang Baru Lahir Tidur Lelap Sepanjang Malam

2 minggu lalu, by duniabunda

cara menidurkan bayi yang baru lahir

Sering saya mendengar keluhan kekurangan tidur di malam hari dari ibu-ibu yang baru melahirkan bayinya. Mereka mengatakan bayinya suka bangun di malam hari (selain untuk ganti popok dan minum susu) dan susah untuk di tidurkan kembali. Apakah Bunda mengalaminya?

Tahukah Bunda Bagaimana Pola Tidur Bayi Sehat?

Perlu Bunda ketahui bahwa bayi yang baru lahir tidak mengenal adanya perbedaan antara siang dan malam, baginya sepanjang hari sama saja. Nah, tugas Bunda adalah untuk membantunya mengenali perbedaan antara siang dan malam hari.

Akan banyak manfaatnya bagi Bunda dan bayi,  jika Bunda mampu menciptakan rutinitas tidur yang baik bagi bayi Bunda. Bundanda akan merasa segar di pagi hari, dan bayi Bunda pun bahagia karena ibunya terlihat bahagia dan siap menemaninya. Yang diperlukan disini adalah kedisiplinan dan kesabaran. Ingatlah bayi Bunda perlu suatu ritme.

Bayi yang memiliki rutinitas tidur dan jadwal yang jelas, akan lebih mudah tertidur dibandingkan dengan bayi yang waktu tidurnya tidak teratur

Berikut hal-hal yang bisa Bunda lakukan untuk membantu bayi anda tidur lelap di malam hari:

1. Tidurkan bayi Bunda di jam yang hampir sama di setiap malamnya

Ini akan membuat tubuhnya terbiasa dengan waktu tidur yang anda buat. Dan lama kelamaan dia pun akan selalu merasa mengantuk di jam yang hampir sama.

2. Buatlah rutinitas sebelum tidur

Sebelum anda menidurkan bayi Bunda, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang sama setiap malamnya sebelum Bunda menidurkannya seperti, ganti popok lalu mengganti bajunya, membacakan cerita, mendengarkan muski lembut, dll. Dengan hal seperti ini setiap harinya sebelum ia tidur, dia akan mengerti bahwa jika Bunda melakukan hal itu (ganti popok lalu mengganti bajunya, membacakan cerita, mendengarkan music lembut, dll) dia akan tahu bahwa sebentar lagi waktunya untuk tidur.

3. Bedakan kegiatan siang dan malam hari

Di malam hari saat Bunda akan menidurkannya, matikan sumber-berisik seperti tv, radio, dll. Buatlah suasana setenang mungkin, jangan lagi bermain-main dengan bayi Bunda. Buat dia mengerti bahwa siang hari adalah waktunya bermain, diajak bercanda, makan, minum, ditimang-timang sedangkan malam hari adalah waktunya tidur.

4. Gunakan lampu tidur/ lampu yang redup

Saat tidur lebih baik gunakan penerangan seminimal mungkin, untuk membuat dia mengerti bahwa kalau sudah gelap berarti sudah waktunya tidur

5. Jangan ladeni jika bayi terbangun di malam hari

Jika bayi Bunda terbangun di malam hari dan terlihat aktif, jangan diladeni, Bunda bisa memeluknya dan mengajaknya tidur kembali.

6. Tidurlah disamping bayi ya, Bun

Usahakan jangan tidur terpisah (jangan letakkan bayi di dalam boks bayi). Bayi akan merasa nyaman ketika Bunda tidur disampingnya sepanjang malam, saat dia terbangun di malam hari, dia tidak akan ketakutan karena dia tahu ibunya selalu ada disampingnya.

7. Berikan asi sebelum tidur

Lebih baik Bunda memberikan asi anda di malam hari ketimbang memberikan susu botol. Ketika bayi anda lapar, Bunda cukup memiringkan tubuh anda ke bayi Bunda, lalu bayi Bunda bisa menyusu dengan mudah, Bunda tidak perlu terganggu tidurnya, karena bisa menyusui sambil tiduran, bayi pun tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk menunggu Bunda menyiapkan sebotol susu.

8. Mengapa bayi bisa terbangun di malam hari

Adalah wajar jika bayi bangun di malam hari, karena ada pengalihan dari fase tidur REM ke non REM. Saat fase inilah bayi sering terbangun. Tugas Bunda adalah membantunya untuk tidur kembali, usap saja kepalanya, nyanyikan sebuah lagu lembut, jangan diajak mengobrol atau hal lain.

9. Jangan bangunkan bayi yang masih tertidur

Jangan membangunkan bayi untuk ditimang atau dikagumi orang.

10. Jangan biasakan bayi tidur selain di tempat tidur

Seperti di ruang tamu dengan televisi dan ditemani banyak orang. Tempat untuk tidur hanyalah di tempat tidur

11. Bedakan pemberian susu di malam hari dan siang hari

Di siang hari Bunda dapat menyusuinya sambil mengajaknya bicara dan bermain, sedangkan di malam hari sebaiknya sunyi, dan tidurkan bayi Bunda setelah dia minum susu.

12. Gunakan diaper/pospak, bukan popok kain

Penggunaan diaper akan membuat bayi Bunda merasa nyaman karena tidak perlu sering-sering bangun karena pantatnya basah. Jadi frekuensi bangun karena popok basah bisa diminimalkan.

Gunakan popok yang daya serapnya bagus, dan bersihkan kelamin dan pantatnya setiap ganti popok agar tidak muncul ruam. Kalau bayi Bunda bangun karena BAB, segera ganti popoknya dan bersihkan kelamin dan pantatnya.

Setiap bayi tidaklah sama, jadi Bunda juga bisa menggunakan cara anda sendiri dengan mencoba-coba, sehingga Bunda akan tahu yang mana yang cocok diterapkan untuk bayi Bunda.

Di beberapa minggu pertama kelahirannya, mungkin dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mengenalkannya rutinitas tidur pada bayi Bunda, karena bayi Bunda masih melakukan penyesuaian dengan dunia yang begitu asing baginya, beberapa bayi bisa saja lebih sering menangis dibanding bayi lainnya. Dia begitu membutuhkan orangtuanya terutama ibunya, kasih sayang Bunda akan membuatnya merasa nyaman.

Sekarang bayi saya sudah setahun, dan dia selalu tidur lelap sekali di malam hari, jam 20.30 dia mulai tidur dan kira-kira jam 06.30 bangun. Selama tidur malam kira-kira dia menyusu 2-3 kali (saya tidak benar-benar bangun saat menyusui bayi saya, hanya memiringkan tubuh saya dan memberikan payudara saya, lalu tidur lagi deh). Jadi saya pun bisa beristirahat di malam hari.

Selamat mencoba ya, Bun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *