10 Tips Menyimpan Makanan Yang Baik Di Kulkas Agar Awet

1 bulan lalu, by duniabunda

Tips Menyimpan Makanan di kulkas

Menyimpan makanan dikulkas tidak boleh sembarangan lho bun. Salah salah nanti makanannya malah busuk dan terbuang. Yuk cari tahu tips menyimpan makanan di kulkas yang benar

Setelah berbelanja atau membeli beragam stok makanan, Bunda pasti memutuskan untuk menyimpannya di kulkas supaya makanan lebih awet dan tahan lama.

Beberapa mungkin termasuk ke dalam jenis frozen food yang wajib disimpan dalam freezer di kulkas supaya dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Sebenarnya lebih dari itu, apa saja alasan Bunda rajin menyimpan makan di kulkas?

Mengapa Makanan Harus Disimpan Di Kulkas?

Berikut beberapa alasan yang wajib Bunda perhatikan supaya kulkas dapat berfungsi dengan baik untuk mempertahankan kesegaran, kebersihan, dan ketahanan bahan makanan maupun makanan jadi.

Menghindari pertumbuhan bakteri jahat

Dikutip dari fda.gov, bakteri yang merusak makanan akan berkembang secara cepat pada suhu ruangan. Semakin banyak bakteri, semakin besar kemungkinan Bunda dan keluarga jatuh sakit.

Kulkas memiliki temperatur yang dingin yang mencegah bakteri berkembang biak. Sebisa mungkin masukkan makanan yang mudah terkontaminasi ke dalam kulkas untuk menghindari kerusakan oleh serangan bakteri.

Memperlambat pembusukan

Bunda pasti paham kan kalau bahan makanan dan makanan olahan tidak selamanya mampu bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama?

Kulkas akan membantu menahan pembusukan yang akan menyerang makanan dan mengawetkannya selama beberapa waktu.

Namun, Bunda juga harus tetap mengawasi kulkas supaya tetap bersih supaya tidak cepat rusak dan mesin pendingin bekerja dengan baik untuk menjaga makanan di dalamnya.

Sebagai tempat menampung persediaan makanan

Kulkas akan berperan sebagai wadah atau penampung yang besar untuk menyimpan stok makanan yang tersedia selama beberapa waktu ke depan. Salah satu keuntungan yang diberikan adalah Bunda bisa memasak dan menyiapkan makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan siap dikonsumsi.

Jenis-Jenis Kulkas

Jenis Kulkas Yang Bagus Untuk Menyimpan Makanan

Jenis Kulkas Yang Bagus Agar Makanan Awet

Berikut adalah jenis-jenis kulkas yang bisa Bunda sesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya makanan yang harus masuk untuk disimpan supaya memilliki umur awet yang lebih panjang.

1. Top freezer

kulkas top freezer

kulkas top freezer

Merupakan kulkas yang paling banyak digunakan karena sudah memiliki kelengkapan 2 in 1. Bunda bisa memanfaatkan freezer pada bagian atas untuk membuat es batu atau menyimpan makanan beku.

Bunda akan mendapatkan sebuah kulkas dengan rak-rak multifungsi pada bagian bawah untuk menempatkan sayuran, telur, buah, serta botol susu atau minuman lainnya. Dengan kapasitas yang besar, Bunda bisa meletakkan banyak kebutuhan makanan dan minuman.

Namun, perhatikan selalu kebersihannya dan jangan memaksakan top freezer menyimpan makanan terlalu banyak supaya tidak menyesakkan pendingin yang bekerja.

2. Freezer less

kulkas freezer less

kulkas freezer less

Memiliki ukuran yang lebih kecil dari top freezer, kulkas ini memiliki satu pintu yang sudah cukup untuk kebutuhan serbaguna Bunda.

Umumnya, kulkas ini masih dipakai untuk kebutuhan menyimpan sayuran, buah, telur, dan minuman berkapasitas lebih sedikit atau sebagian besar orang yang tinggal di rumah minimalis untuk menyesuaikannya serta menghemat tempat.

Harga kulkas freezer less cenderung lebih murah dan terjangkau dibandingkan top freezer. Sangat cocok untuk Bunda yang memperhatikan budget, namun ingin mempunyai kulkas berkualitas.

3. French door

kulkas french door

kulkas french door

Termasuk dalam jajaran kulkas populer karena memiliki desain yang unik dan multifungsi. Kulkas French door memiliki pintu side by side berkapasitas cukup luas dan satu pintu pada bagian bawah.

Kulkas jenis ini banyak dipilih oleh masyarakat menengah ke atas dengan rumah yang cukup untuk menampung kulkas besar.

Dengan memperlihatkan kemewahan, Bunda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang sebanding dengan harga yang cukup mahal. Rak multifungsi yang besar bisa menyimpan makanan apapun dan freezernya mampu memuat enam tempat penyimpanan.

4. Side by side

kulkas side by side

kulkas side by side

Mirip dengan French door, kulkas side by side hanya memiliki dua pintu, namun sudah sangat luas untuk dimanfaatkan sehari-sehari.

Biasanya, kulkas jenis ini memiliki delapan rak multifungsi pada bagian atas, empat penyimpanan freezer pada bagian bawah, dan sepuluh rak yang berjajar di bagian samping pintu kulkas.

Terdapat satu tempat tambahan pada bagian luar untuk menempatkan minuman supaya tetap dingin dan segar. Dengan kapasitas 500 liter, Bunda akan memiliki kulkas yang elegan dan mewah untuk dipakai sehari-hari.

5. Bottom freezer

kulkas bottom freezer

kulkas bottom freezer

Dengan kombinasi dan kemiripan seperti side by side maupun French door, bottom freezer memiliki ukuran yang lebih kecil, namun mampu menampung banyak makanan dan minuman.

Fitur utamanya adalah freezer pada bagian bawah, sedangkan pintu bagian atas ada yang memiliki satu atau dua pintu.

Bunda bisa memilih kulkas tipe bottom freezer apabila ingin memiliki kulkas sejenis side by side atau frech door, tetapi dengan harga yang lebih murah.

6. Showcase

kulkas showcase

kulkas showcase

Adalah salah satu kulkas yang biasa Bunda temui di minimarket atau supermarket dan berfungsi untuk menyimpan minuman dingin.

Bunda hanya akan menemukan fitur pintu kaca transparan yang mampu memperlihatkan isi dari kulkas tersebut. Hal ini yang mendasari mengapa minimarket dan supermarket memanfaatkan kulkas ini untuk menunjukkan produk-produk minumannya.

7. Kulkas wine

kulkas wine

kulkas wine

Kulkas ini biasa digunakan oleh keluarga yang menyimpan dan menyediakan stok wine selama di rumah. Saat ini, banyak toko yang sudah menjual kulkas wine dalam beragam bentuk, model, dan kapasitas.

Dengan desain khusus dan elegan, mulai dari belasan hingga puluhan botol wine mampu ditampung dalam sebuah kulkas untuk menjaga rasanya supaya tetap enak dan tersimpan dengan baik.

8. Kulkas mini

kulkas mini

kulkas mini

Memiliki daya listrik yang kecil karena didukung dengan ukuran yang juga jauh lebih kecil. Hanya dengan satu pintu, kulkas mini menyediakan dua sampai tiga rak untuk menyimpan makanan dan minuman dengan ukuran yang beragam.

Apabila Bunda ingin yang praktis dan tidak selalu menyiapkan makanan dalam jumlah yang banyak, kulkas mini dapat menjadi salah satu alternatif tempat penyimpanan yang praktis untuk kebutuhan sehari-hari.

Tips Menyimpan Makanan Di Kulkas

tips menyimpan daging di kulkas

tips menyimpan daging di kulkas

Kalau sudah tahu tipe kulkas yang Bunda inginkan atau sudah miliki, simak juga tips menyimpan makanan di kulkas yang benar dan aman untuk simpanan harian bagi keluarga.

1. Jangan over packing makanan

Pastikan pembungkus atau penutup makanan tidak terlalu kedap apabila Bunda akan memasukkan makanan ke dalam kulkas.

Makanan tersebut harus memiliki sirkulasi udara yang lancar agar udara dingin mampu menembus dan melindungi dari pembusukan. Apabila Bunda menemukan pembungkus terlalu erat, Bunda bisa mengganti atau melonggarkannya sebelum disimpan.

2. Hindari kulkas yang terlalu penuh dan sesak

Tidak hanya Bunda, anggota keluarga yang lain biasanya juga senang menaruh makanan yang tidak habis ke dalam kulkas dan tidak jarang asal-asalan. Suatu hari kulkas menjadi penuh dengan makanan dan minuman yang belum dihabiskan.

Dikutip dari bobvila.com, kulkas yang terlalu penuh akan memperkecil, atau bahkan meniadakan ventilasi udara. Makanan jadi cepat rusak dan tidak bisa dikonsumsi kembali.

Apabila kondisi ini bertahan dalam waktu yang cukup lama, maka akan memungkinkan kulkas Bunda jadi cepat rusak karena condenser kulkas yang terlalu panas dan terbakar.

3. Bersihkan kulkas dari tumpahan dengan segera

Kebiasaan ini akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri listeria dan terjadinya kontaminasi silang yang mampu berkembang serta menyebar pada makanan yang Bunda simpan di kulkas.

Dilansir dari foodpoisoningbulletin, gunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan tumpahan tersebut. Setelah selesai, Bunda bisa membersihkan kembali dengan menggunakan air biasa.

Ternyata, menjaga kebersihan kulkas akan lebih baik serta memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan Bunda dan keluarga.

4. Pastikan makanan dalam keadaan tertutup

tips menyimpan makanan di kulkas agar awet

tips menyimpan makanan di kulkas agar awet

Sesuatu yang berlebihan cenderung tidak baik, begitu pula dengan cara menyimpan makanan. Apabila Bunda tidak disarankan untuk menyimpan makanan terlalu erat, jangan sampai makanan tersebut terlalu terbuka di dalam kulkas.

Sembari membungkus makanan dengan benar, jangan lupa untuk memeriksa makanan atau minuman sisa setiap hari supaya tidak diletakkan dengan sembarangan atau terlalu terbuka.

5. Cek tanggal kadaluarsa yang tertera pada makanan

Makanan selain buah dan sayuran segar biasanya memiliki tanggal kadaluarsa pada bagian kemasannya. Simpan di kulkas sebelum mencapai tanggal tersebut, kalau bisa segeralah konsumsi supaya Bunda dan keluarga bisa menikmati makanan yang masih segar.

Apabila makanan tersebut sudah menumpuk terlalu lama di kulkas dan melewati waktu kadaluarsa, segera buang untuk tidak dikonsumsi lagi. Gantilah dengan persediaan yang baru untuk ditampung dalam kulkas.

6. Bersihkan kulkas secara rutin

Bersamaan dengan jadwal membersihkan rumah, Bunda juga tidak boleh lupa untuk membersihkan kulkas secara rutin supaya tidak cepat rusak ketika menampung makanan setiap hari.

Dikutip dari safefood.eu, Bunda bisa mengikuti cara-cara berikut:

  • Bersihkan kulkas setiap minggu, perhatikan bagian handle, rak, dan seluruh rangka penyimpanan.
  • Gunakan lap kering untuk membersihkan kulkas supaya dapat menjangkau kotoran secara menyeluruh.
  • Jangan gunakan pembersih yang mengandung bahan berbahaya dan mampu terpapar pada makanan.
  • Buang makanan yang sudah tidak dikonsumsi setiap satu minggu sekali.

7. Letakkan telur pada tempatnya

Kulkas pada umumnya mempunyai empat khusus untuk meletakkan telur. Tips menyimpan makanan di kulkas berikutnya adalah memanfaatkan wadah tersebut untuk telur supaya tidak tertekan.

Telur yang diletakkan pada rak bebas memungkinkan telur mudah pecah karena harus berdampingan dengan makanan lain yang berukuran lebih besar.

Bahkan, apabila telur pecah, Bunda harus membersihkan kulkas sampai bersih supaya tidak berbau busuk dan tidak mengontaminasi bahan makanan atau minuman yang lainnya.

8. Tidak usah mencuci buah sebelum disimpan dalam kulkas

Mencuci buah sebelum disimpan hanya akan meningkatkan kelembapan dan mempercepat pembusukan. Jangan lupa untuk menaruh buah di bagian rak yang terbuka supaya mendapatkan pertukaran udara yang cukup.

Buah segar tahan ditaruh di dalam kulkas dalam jangka waktu 1-2 minggu, sedangkan yang sudah berubah menjadi buah potong hanya bertahan dalam waktu 3-4 hari saja.

9. Sayur dapat dicuci terlebih dahulu

tips menyimpan sayuran di kulkas

tips menyimpan sayuran di kulkas

Sebaliknya, aturan yang berbeda berlaku untuk sayur. Bunda harus memastikan kalau bahan makanan berupa sayuran harus segar sepanjang waktu karena mudah membusuk.

Cuci dan tunggu sampai sayur benar-benar kering kemudian masukkan ke dalam plastik berlubang atau bungkusan kertas.

Letakkan berjauhan dengan buah-buahan dan bawang untuk mencegah gas penyebab kekuningan. Simpan di kulkas selama 2-3 hari pada laci atau rak khusus sayur-sayuran.

10. Daging, ikan, dan unggas wajib terbungkus wadah

Jangan biarkan daging, ikan, dan unggas yang baru saja Bunda beli tersimpan di kulkas tanpa pembungkus atas alas wadah. Melepas bungkus yang sudah menutupi bahan makanan tersebut hanya akan memicu sarang bakteri.

Bunda bisa menggunakan alas supaya kandungan air pada daging-dagingan tersebut tidak menetes pada makanan yang ada di sekitarnya.

 


Tips menyimpan makanan di kulkas pada penjelasan di atas memang harus Bunda perhatikan setiap hari. Penyimpanan yang benar akan berdampak positif pada makanan yang tetap sehat dan higienis ketika dikonsumsi bersama keluarga. Jangan lupa untuk menjaga kebersihannya, ya Bun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *